10 Cara Mempercepat Koneksi Wifi Ampuh 100% Work

27 November
Cara Mempercepat Koneksi Wifi adalah topik yang sering dicari pengguna internet mengingat seringkali pengguna Wifi mengeluhkan koneksinya lambat. Apa sebenarnya penyebab koneksi wifi lambat, lalu bagaimana cara mempercepat Wifi yang ampuh dan efektif di laptop dan di android ?

Saat ini ada banyak jenis kecepatan internet yang bisa diakses di perangkat laptop/PC. Berdasarkan salurannya, kecepatan akses internet terdiri atas Dial Up, ASDL (Asymetric Digital Sucriber Line), GPRS (General Pocket Radio Service), 3G, HSPA (High Speed Packet Acsess), WLAN (Wireless LAN), dan Broadband Internet.

Internet WiFi sendiri merupakan salah satu jenis kecepatan internet nirkabel, alias tanpa kabel. Untuk mengakses internet WiFi, kamu mesti berlangganan terlebih dahulu dengan provider internet/ISP atau penyedia layanan Wifi.

Tapi tidak sedikit yang mengeluhkan koneksi internet Wifinya sering lemot saat browsing. Internetan yang lemot saat mengakses Wifi bukan hanya terjadi di perangkat PC/laptop, tapi juga di perangkat Android seperti smartphone dan tablet yang sudah menyediakan fitur WiFi otomatis.

Mempercepat Koneksi Internet Wifi Di PC/Laptop

Apa Penyebab Koneksi Internet Wifi Lemot ?

Koneksi internet WiFi yang lambat jelas berdampak pada aktivitas sehari-hari. Misalnya lambat mengirimkan data laporan ke pimpinan perusahaan, atau game online yang lama banget. Sering juga terjadi kerugian apalagi saat bertransaksi online. Penyebab internet Wifi yang lemot pada komputer bisa disebabkan beberapa hal sebagai berikut :


#1 Spek Perangkat/komponen yang tidak mendukung

Penyebab akses internet lambat salah satunya disebabkan oleh spek perangkat yang tidak mendukung. Membuka banyak aplikasi berat saat mengakses internet justru membuat kinerja laptop jadi lambat, hal ini karena "tenaga" komputer sangat terkuras untuk mengelola banyak aplikasi dan memakan memory usage.

#2 Menggunakan Sistem Operasi (OS) Versi Lama, Tidak Update, dan Corrupt

Sistem operasi yang tidak maksimal bisa menjadi penyebab lemotnya internetan. Kalau anda masih menggunakan OS lawas di perangkat, baik laptop maupun smartphone jelas kalah canggih dong kemampuannya dibandingkan OS terbaru, karena OS terbaru sudah mengalami banyak peningkatan dalam hal performa yang mendukung browsing, downloading, streaming menggunakan Wifi dsb.
Selain itu, kinerja sistem operasi bisa terganggu saat mengelola jaringan internet di perangkat karena OS yang rusak (corrupt), atau kena virus.

#3 Penggunaan Aplikasi/Software yang berlebihan

Seperti halnya poin 1, kinerja perangkat saat mengakses internet tergantung dengan spek komputer serta software yang terpasang di dalamnya. Mengoperasikan banyak aplikasi misalnya membuka browser Chrome, Mozilla, dan Opera pada saat bersamaan padahal punya fungsi yang sama jelas menjadi hal mubazir dan menyebabkan memory usage serta bandwidth dikuras.

#4 Membuka Banyak Tab di Browser
Fitur multi tab adalah salah satu fitur yang dimiliki oleh sejumlah browser baik di laptop maupun di smartphone. Kalau membuka multi tab saat browsing secara bersamaan, apalagi dengan browser yang berbeda, justru membuat bandwidth tergerus. Selain itu juga bisa menjadi penyebab laptop lemot saat internetan.

Baca Juga :Penyebab Laptop Lemot Saat Internetan.

#5 Ada Virus, Junk Files (file sampah) dan malware

Sudah bukan rahasia umum lagi kalau virus adalah salah satu kendala terbesar saat browsing saat ini. Kecanggihan virus salah satunya adalah penginfeksian lewat jaringan internet. Kalau saat internetan tidak ada proteksi virus seperti internet security maupun antivirus, jelas membuat virus merajalela menginfeksi semua file. Proses internet menjadi sangat lama tapi tidak ada satupun aplikasi yang bisa dibuka.  Kinerja laptop menjadi lambat dan bisa bikin laptop mati mendadak.

#6 Pemilihan Paket Atau Kuota Kecepatan Akses Internet Yang Tidak Tepat

Memilih paket kuota internet dari ISP abal-abal bisa menjadi penyebab internet lemot. Cukup banyak yang mengeluhkan hal ini. Sudah bayar paket internet mahal-mahal, tapi internetan lemot. Selain itu, salah memilih paket kecepatan internet wifi juga menjadi salah satu faktor pendorong lemotnya internetan.

#7 Ketersediaan Jaringan dan Infrastruktur dari Provider Internet Yang Belum Maksimal

Penyebab internet lambat lainnya adalah berlangganan paket internet dari provider tapi infrastrukturnya belum tersedia di area domisilimu. Paksa banget khan berlangganan Wifi tapi jaringannya belum tersedia ?
Baca Juga :Faktor Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet Wifi/Gadget

Bagaimana Cara Mempercepat Koneksi WiFi

Buat kamu yang sudah berkali-kali mencoba mempercepat koneksi internet tapi tidak menunjukkan hasil yang signifikan, berikut ini adalah beberapa cara alternatif yang bisa dilakukan.

Cek Kecepatan Internet WiFi Indihome Di Situs Speed Checker

Sebelum melakukan tindakan tentunya kamu harus tahu terlebih dahulu berapa sebenarnya kecepatan koneksi internet yang diperoleh perangkat kamu. Caranya adalah dengan menguji kecepatan WiFi tersebut melalui website atau aplikasi.

Cara mudah mengukur kecepatan WIFI khususnya bagi pengguna WiFi Indihome adalah melalui website internet speed checker seperti situs Speedtest By Ookla, situs TestMy.Net.

Baca selengkapnya : Uji Kecepatan Internet Wifi Indihome Melalui Website

Dengan mengecek kecepatan koneksi WiFi ini kita akan memperoleh data kecepatan uploading, downloading, dan ping dari akses internet sebenarnya. Bila memang kecepatannya di bawah nilai kontrak, lakukanlah langkah-langkah berikut ini.

1. Periksa Keadaan Dan Posisi Modem/Router, Lakukan Restart

Ketika anda berlangganan Wifi biasanya provider akan memberikan seperangkat modem/router setelah sebelumnya petugas memasang sambungan ke rumah dari jaringan yang tersedia. Yang perlu anda lakukan adalah dengan memastikan antena router sudah terpasang dengan benar.
  1. Pastikan antena modem (router) dalam posisi tegak dan lurus. Posisi ini akan membuat kecepatan internet stabil. 
  2. Letakkan router di tempat yang memiliki celah terbuka dan tidak terhalang oleh material seperti kayu, besi dan batu. 
  3. Restart modem bila perlu.

Bila langkah di atas tidak memberikan dampak terhadap kekuatan koneksi, maka pastikan kabel-kabel yang terhubung antara modem, router dengan sumber listrik tidak bermasalah (putus atau copot). Bila memang putus maka sebaiknya anda hubungi petugas untuk mengganti yang baru. Tapi kalau memang copot, anda bisa kok memasangnya langsung. Bagaimana, sudah lancar ? Bila belum lancar bisa jadi ada settingan di laptop yang belum sesuai.

2. Lakukan Setting Konfigurasi DNS

Setelah sebelumnya memastikan apakah kecepatan internet wifi yang anda peroleh sesuai dengan kontrak dengan cara mengecek kecepatan Wifi di Internet Speed Checker, langkah berikut adalah dengan memeriksa settingan konfigurasi DNS. Pada proses ini anda bisa mendongkrak kecepatan WiFi sehingga jadi lebih cepat dan setidaknya sesuai dengan nilai kontrak.

Mempercepat koneksi internet pengaturan DNS (Domain Name System) di PC pada prinsipnya adalah menggunakan TCP / IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol).
  1. Langkah-Langkah Konfigurasi DNS untuk Windows sebagai berikut :
  2. Klik Start Up Windows lalu pilih Control Panel
  3. Setelah itu pilih Network and Internet, lalu klik Network and Sharing Center
  4. Pilih koneksi internet (Acces type Connections/Internet Types) kemudian klik Properties
  5. Pada Properties Internet, akan terlihat pengaturan IP dan DNS di komputer (PC). Pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) lalu klik Properties
  6. Setelah itu pilih Use the Following DNS Server Address. Pada kolom ketika angka ini : Preferred DNS Sertver : 208.67.222.222 / Alternate DNS Server : 208.67.220.220
  7. Setelah itu pada pilihan tadi (poin 4) klik kanan Internet Protocol Version 6 (TCP/IPv6) lalu pilih Properties
  8. Isi angka berikut : Preferred DNS Server : 2620:0:ccc::2 / Alternate DNS Server : 2620:0:ccd::23. 

Cara Mempercepat Koneksi WiFi CMD di Laptop

Bagi anda pengguna internet yang terbiasa berinternetan di laptop namun sering kali merasa koneksi WiFi hilang atau lemot lambat anda bisa melakukan langkah-langkah di atas. Bila koneksi Wifi masih lambat, trik lainnya yaitu dengan CMD.

Cara mempercepat koneksi WiFi CMD ping ini adalah trik mempercepat WiFi yang cukup mudah karena tanpa memerlukan aplikasi tambahan. Melalui cmd (command prompt) dapat diketahui IP Address. Fungsi cmd berperan meningkatkan kecepatan akses internet melalui ping. Selama menggunakan internet, biarkan cmd yang sudah melakukan ping tetap terbuka.

Langkah-Langkah Mempercepat Koneksi Internet Wifi dengan CMD
  • Pertama anda harus membuka cmd administrator.
  • Setelah itu ketikkan perintah ipconfig/all pada monitor CMD
  • Carilah DNS Servers, lantas anda tulis supaya gampang di ingat. Kita contohkan saja DNS servers-nya 8. 8. 8. 8 jadi selanjutnya anda ketikkan perintah di cmd ping -l 50000 8. 8. 8. 8 -t
Bila kamu telah sudah melakukan langkah-langkah di atas di atas dengan benar, biarkan CMD tetap berjalan (running). Jangan diclose, kamu cukup meminimize saja.

Versi Lain Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi CMD yaitu :
  • Pertama anda harus membuka cmd administrator.
  • Apabila CMD sudah terbuka, maka selanjutnya anda rubah alamat drive  ke drive “C : ”, dengan cara  mengetik ” cd  C/” lalu "Enter" (tanpa tanda petik).
  • Selanjutnya anda ketika perintah di CMD yang terbuka dengan berikut ini  "netsh interface tcp set global autotuning=disabled" (tanpa tanda petk).

Perhatian : Bila ingin menormalkan kembali lakukan langkah berikut ini, yaitu :
  • ketik : “netsh interface tcp set global autotuning=normal” (tanpa tanda petik).
  • Tetap diingat bahwa kondisinya tetap pada " run as administrator ".

4. Cara Mempercepat Koneksi WiFi Menggunakan Software Penguat Sinyal

Selain mempercepat koneksi Wifi di atas, kamu juga bisa melakukan trik lainnya agar akses internet benar-benar maksimal. Caranya yaitu menggunakan aplikasi penguat sinyal atau WiFi booster.

Mempercepat koneksi internet WiFi menggunakan software WiFi booster ini juga tergolong mudah, karena kamu hanya mendownload software gratis saja lalu menginstalnya di laptop.

Beberapa aplikasi untuk mempercepat koneksi Wifi di laptop antara lain :
  • Aplikasi WeiFi, yaitu aplikasi yang mendeteksi sinyal Wifi kemudian mengoptimalkannya sehingga kecepatan Wifi jadi stabil. 
  • Aplikasi Wireless Wizard, fungsinya hampir sama dengan aplikasi WeiFi yaitu mendeteksi sinyal serta menstabilkan sinyal Wifi yang sering lambat dan terputus-putus.
  • Aplikasi Easy WiFi, merupakan aplikasi Wifi Booster yang mempercepat akses Wifi dan membuat koneksi lebih efisien di laptop Windows. 
  • Internet Speed Booster, merupakan aplikasi yang punya fitur cukup lengkap. Aplikasi ini bukan cuma bisa meningkatkan kecepatan Wifi, tapi juga sebagai RAM Booster.
  • Speedify, merupakan aplikasi yang memungkinkan perangkat mengkombinasikan berbagai koneksi internet seperti WiFi, ethernet, DSL, jaringan 3G/4G, dan hot spot menjadi satu jalur koneksi.
Dengan menggunakan aplikasi penguat sinyal Wifi, akan terjadi peningkatan kecepatan saat mengakses internet di laptop.

5. Meningkatkan Sinyal dan Mempercepat WiFi Menggunakan Wireless Adapter

Selain mendownload aplikasi pemercepat koneksi Wifi dan sekaligus penguat sinya Wifi (WiFi Booster), kamu juga bisa membeli internet booster atau WiFi extender. Contohnya adalah TP-Link TL-WA860RE Range Extender milik produsen perangkat jaringan TP-Link. Alat ini jangkauannya lebih luas dibandingkan wifi extender sejenisnya. Cukup dengan mencolokkannya di sambungan listrik di rumah dan kecepatan koneksi internet dipastikan bertambah.

6. Mempercepat Koneksi Wifi Di Laptop Menggunakan Kaleng

Trik mempercepat akses WiFi juga bisa lho dengan cara-cara sederhana. Mungkin hanya sedikit orang yang tahu kalau kaleng bisa jadi alat untuk memperkuat sinyal WiFi.

Trik memperkuat koneksi WiFi menggunakan kaleng ini pada prinsipnya adalah untuk  menghindari overheating (kelebihan panas) pada perangkat dan modem. Perlu diketahui bahwa overheating bisa membuat perangkat menjadi cepat panas. Bila perangkat panas maka proses pengumpulan data internet menjadi lambat.

7. Mempercepat dan Memperkuat Sinyal Wifi Dengan Kabel USB

Trik mempercepat koneksi Wifi menggunakan kabel perpanjangan USB cukup efektif dan sangat murah. Umumnya panjang kabel tersebut antara 3-5 meter. Caranya cukup mudah, yaitu dengan memasangkan modem dengan kabel USB tersebut. Lalu meletakkan modem di tempat yang lebih tinggi. Biasanya hal ini cukup berhasil meningkatkan kecepatan internet dan berdampak terhadap kecepatan browsing internet.

Baca selengkapnya tentang trik mempercepat koneksi WiFi dengan kaleng (trik 6) dan kabel USB (trik 7) pada artikel Mempercepat Koneksi Internet Wifi Dengan 3 Trik Rahasia.

8. Mempercepat Koneksi Wifi Di Android Dengan Memasang Aplikasi Ads Blocker

Memasang Ads Blocker sangat efektif mempercepat loading saat internetan di Android maupun di laptop. Salah satu penyebab kecepatan akses internet lambat adalah iklan. Iklan membuat tidak nyaman. Selain itu, adanya iklan melayang atau iklan pop up menyebabkan sejumlah bandwidth terpakai alias terbagi.

9. Cara Mempercepat Koneksi WiFi di Android Menggunakan VPN

Khususnya bagi kamu yang seringkali uring-uringan karena internetan lambat di smartphone bisa juga mempercepat koneksi internet menggunakan aplikasi VPN. Misalnya Smart VPN.

Aplikasi Smart VPN terkenal punya kemampuan mengakses server yang memiliki kecepatan akses hingga 1000Mbps. Internetan di smartphone menggunakan Smart VPN akan lebih cepat baik saat download video atau streaming karena adanya fitur proxy modifikasi.

Salah satunya adalah adanya proxy modifikasi yang bisa membuat internet kamu jadi lebih kencang. Baik saat menggunakan aplikasi ataupun streaming dan download video dalam kualitas tinggi. Selain itu aplikasi VPN ini juga bisa membuka situs yang diblokir lho.

10. Gunakan Software Internet Downloader Untuk Mempercepat Proses Download

Selain itu, bagi internet user yang gemar download file berkapasitas besar bisa menggunakan aplikasi download manager, misalnya Internet Download Manager (IDM) yang sangat terkenal karena kelebihannya melakukan download cepat tanpa melalui browserSelain itu setting kecepatan dan bandwidth bisa dilakukan di software ini sehingga memungkinan melakukan download lebih dari satu file secara bersamaan.

Baca Juga :Penyebab Internet Telkomsel, Indosat, XL, 3 Lemot di Smartphone

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Untuk Mendapatkan Kecepatan Wifi Yang Maksimal di Laptop Windows 7/8/10

  • Pilih Paket WiFi Kecepatan Tinggi
  • Gunakan Perangkat Yang Spesifikasinya Mumpuni
  • Gunakan Aplikasi Seperlunya
  • Melakukan Aktivitas Online Sesuai Kebutuhan
  • Rajin melakukan perawatan dan pemeliharaan perangkat secara berkala.
Nah, itulah beberapa Cara Mempercepat Koneksi Wifi yang terbukti ampuh dan work 100%. Selamat mencoba.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

5 Comments

Write Comments
11 Mei, 2018

Terimakasih banyak atas informasi yang diberikan. Semoga artikel ini senantiasa bermanfaat untuk kita semua

avatar
06 Agustus, 2018

Yang nomor 1 sama nomor 2 paling oke buat mempercepat koneksi internet wifi. Saya udah coba, pokoknya joss

avatar
31 Desember, 2018

setau saya nih, junk files dan aplikasi gak mutlak jadi penyebab lemotnya koneksi wifi. tapi kalau virus bisa jadi sih, yang paling umumnya biasanya jenis koneksi dan sistem jaringan dari vendornya yang jadi sumber masalah. Jadi kalau mau mempercepat koneksi wifi, pastikan dulu jenis paket data yang digunakan.

avatar
10 Juni, 2019

Ada tutorial/cara menangkap sinyal atau instalasi wifi dirumah gak bang, tapi lokasinya jauh dari jaringan telfon milik indihome?

avatar
18 Agustus, 2019

Terima kasih banyak....

avatar