Macam Jenis Versi CorelDraw Yang Paling Sering Digunakan Dari Awal Sampai Sekarang

07 Oktober
TeknoPlug - Corel Corporation telah merilis berbagai jenis Versi Corel Draw terbaru. Pastinya setiap versi yang dirilis Corel Draw selalu mengalami peningkatan dan penambahan fitur. Tapi tahukah anda apa saja versi-versi Corel Draw dari pertama hingga terbaru ? Lalu apa versi CorelDraw yang sering digunakan dalam mengolah gambar?


Corel Draw saat ini menjelma menjadi salah satu software desain grafis yang sangat banyak digunakan didunia. Corel Corporation punya andil sangat besar dalam dunia grafis dengan aplikasi desain yang secara menerus mengalami perbaikan. Sasaran utama produk mereka adalah para desainer, baik web desainer, fashion desainer, ilustrator, arsitek sampai seniman. Bila dikaji, aplikasi ini memadukan grafis dengan seni, atau sebaliknya.Selain itu, CorelDraw juga dirilis mengikuti perkembangan media desainnya yaitu komputer PC/laptop serta Operating System (OS)-nya.

Baca Juga : Sejarah dan Prinsip Kerja Corel Draw

Perkembangan Corel Draw Terbaru Saat Ini

macam-macam versi corel draw

Sebagai software pengolah gambar dan grafis yang berbasis vektor (titik dan garis), Corel Draw telah dirancang dan dibuat oleh para ahli pembuat software sesuai perkembangan jaman dan perkembangan teknologi.

Seiring dengan perkembangan desain grafis yang dulunya manual (menggunakan tangan dan mesin manual) serta perkembangan dunia komputer yang tidak lagi hanya berfungsi sebagai alat komputasi dan perhitungan matematika, Corel Draw telah dibuat agar kompatibel dengan perangkat komputer.

Perkembangan Corel Draw terbaru saat ini tidak terlepas dari kompatibilitas dengan perangkat komputer. Agar para pendesain dapat menggunakan Corel Draw secara lebih optimal dan menghasilkan karya yang bagus maka harus didukung oleh spesifikasi perangkat yang mumpuni.

Kompatibilitas antara Corel Draw software dengan perangkat komputer khususnya adalah pada operating system (OS), processor, kartu grafis (GPU), RAM, internal storage dan fitur-fitur pada OS yang harus mendukung pengoperasian Corel Draw.

Baca Juga : Cara Memilih Laptop Yang Bagus

Macam Jenis Versi CorelDraw Dari Awal Hingga Sekarang Yang Paling Sering Digunakan

Semakin tinggi versi Corel Draw, maka semakin tinggi syarat minimum perangkat agar bisa mengoperasikan Corel Draw sesuai kebutuhan. Dalam perkembangannya, Corel Draw telah merilis banyak versi software mulai generasi awal hingga yang terbaru yaitu Corel Draw X8 (2016).

CorelDraw Versi 1.0 (Tahun 1988)

CorelDraw Versi 1.0 berjalan pada OS Windows 3.0 dan Windows 3.1. Instalasinya menggunakan 2 keping disket 3,5 inchi. Update berlangsung hingga Februari 1990.

Corel Draw Versi 2.0 (Tahun 1990)

Pada Corel Draw Versi 2.0 terdapat fitur baru untuk memecah gambar atau teks (Envelope Tool), mensimulasi gambar dan volume objek (Extrusion), memecah objek sepanjang sudut X dan Y menjadi bidang perspektif (Perspective).

Corel Draw Versi 3.0 (Tahun 1992)

Corel Draw Versi 3.0 mengalami perbaikan efisiensi memori sehingga kinerja aplikasi cepat. Desain grafis dapat dilihat dengan real time. Pada versi ini aplikasi desain telah dirilis Photo Paint.

Corel Draw Versi 4.0 (Tahun 1993)

Corel Draw Versi 4.0 ini kemampuannya telah meningkat sebagai software desktop publisihing dan telah dilengkapi dengan multipage.

CorelDraw Versi 5.0 (1994)

CorelDraw Versi 5.0 ini cukup populer dan sempat lama menjadi aplikasi pendukung para desainer grafis karena sudah memiliki Colour Management, Screen Calibration (Kalibrasi layar), Effect PowerClip, Artistic Media, Bitmap Effect, Lens dan yang paling disukai adalah karena sudah bisa terhubung ke Printer dan Scanner.

Kelemahannya terletak pada karakter huruf saat file disimpan hanya 8 karakter.

CorelDraw Versi 6.0 (1996)

CorelDraw Versi 6.0 sudah menyesuaikan dengan hadirnya OS Windows 95 dan versi software ini pada 32byte. Tidak banyak fitur baru.

CorelDraw Versi 7.0 (1997)

Versi terbaru Corel Draw setelah versi 6.0 adalah Corel Draw 7.0. CorelDraw Versi 7.0 mengalami peningkatan pada Spell Checker, Grammar Checker, Convert to Bitmaps, Transparency Tools, Interactive and Blend Tools, Natural Pen Tool, Draft and Enhanced Display, Find And Replace With Zoom).

CorelDraw 8.0 (1998)

Pada CorelDraw Versi 8.0 kebutuhan spek hardware menjadi meningkat, antara lain proccessor, memori penyimpanan dan memori grafis. Ada fitur baru antara lain Distortion Tools dan Drop Shadow.

CorelDraw Versi 9.0 (1999)

Dalam CorelDraw Versi 9.0 Corel Corp merilis fitur Windows Navigator, Multilingual Document Support, Page Sorter, Web Graphic Tools, Perfect Shapes, vector animation (CorelR.A.V.E).

CorelDraw Versi 10.0 (2000)

Corel Corp. merilis fitur Open, Save, Save As, Import dan Export dalam format SVG di CorelDraw Versi 10.0 ini.

Corel Draw 11.0 (2002)

Corel Draw Versi 11.0 merilis fitur baru yaitu Pemotong Gambar, Pressure Sensitive, Vector Brushes, 3 Point Curve fitur penggambar dan kumpulan simbol-simbol.

Corel Draw Versi 12.0 (2003)

Tampilan Corel Draw pada versi 12.0 ini semakin membaik. Ada tambahan fitur Dynamic Guideline dan Snap To Object membuat objek lebih sempurna. Kelemahannya yaitu pada proses cetak gambar (printing) yang lambat.

Corel Draw Versi X3 (2005) - Versi Corel Draw Terbaik Untuk Pemula

Versi CorelDraw terbaru setelah versi 12 adalah Versi X3 dan merupakan Versi Corel Draw yang sering digunakan. X3 merupakan software pertama yang mampu memotong grup vector dan bitmap dalam waktu yang sama. Fitur baru lainnya antara lain Smart Fill Tool, Chamfer, Fillet, Scallop, Emboss Tool, Image Adjusmet Lab (ruang pengaturan gambar), Power Trace (penjiplak terintegrasi). Fitur-fitur ini membuat X3 menjadi versi CorelDraw terbaik untuk desainer pemula.

Corel Draw Versi X4 (2008)

Corel Draw Versi X4 adalah versi yang kompatibel dengan Windows Vista. Fitur baru yang dirilis antara lain pengindetifikasi huruf, Concept Share, Table Tool, Independent Page Layers, Live Text Formatting, dan sudah mendukung kamera dengan format ekstensi .RAW.

CorelDraw Versi X5 (2010)

Versi CorelDraw yang cukup sering digunakan berikutnya yaitu CorelDraw X5. CorelDraw Versi X5 sudah kompatibel dengan OS Windows 7 dan proccessor multicore. Fitur baru antara lain Pengelolaan Warna, Graphics dan Animation Tools, Pixel View, Mesh Tool. Versi ini sudah mengembangkan Tool Transform yang mampu membuat banyak salinan objek.

CorelDraw Versi X6 (2012)

CorelDraw Versi X6 sudah tersedia dalam versi 32-bit dan 64-bit. Fiturnya hanya penyempurnaan dari versi sebelumnya.

CorelDraw Versi X7 (2014), Versi CorelDraw Yang Sering Digunakan

Di CorelDraw Versi X7 ini kapasitas file instalasi bertambah, sehingga spek minimal komputer PC atau laptop juga meningkat. Beberapa perubahan signifikan antara lain workspace lebih interaktif, fill and transparency tool dapat dikontrol sesuai keinginan, desain antar muka lebih dapat disesuaikan dengan konsep metro design. Versi ini semakin mempermudah pengguna memilih font dengan tampilan nyaman. Ada special effect pada editing foto. Sudah mendukung resolusi tinggi dan multi display.

CorelDraw Versi X8 (2016)

Sama seperti Versi X6 dan X7, kebutuhan akan spek minimum hardware (perangkat keras) pendukung berjalannya aplikasi cepat ini semakin meningkat. Spek minimum komputer antara lain Windows 7 ke atas versi 32-bit dan 64-bit, proccessor Intel i3 ke atas atau AMD Athlon 64, RAM 2 Gb ke atas, support Microsoft Internet Explorer 11 ke atas, Microsoft .Net Framework versi 4.6. Spek tinggi ini juga menyesuaikan harga software original full version yang sampai jutaan.

CorelDraw Graphic Suite 2018

Inilah versi Corel Draw terbaru untuk desain grafis. CorelDraw Graphic Suite 2018 merupakan versi tercanggih dari Corel saat ini. Fitur-fitur terbarunya yaitu pada mode state-of-the-art Symmetri, efek kreatif pada tool Block Shadow, publikasi langsung ke Wordpress, fitur terbaru yang terintegrasi pada tool Impact, PhotoCocktail dan masih banyak lagi.

Apa Versi CorelDraw Terbaik Bagi Pemula ?

Corel Draw memang saat ini sudah sangat canggih dengan fitur-fitur yang memuaskan. Namun bagi para pengguna pemula tentu saja akan kesulitan menggunakan fitur-fitur CorelDraw yang cukup komplet bila tidak melatihnya dari dini.

Lalu apa versi coreldraw yang paling bagus untuk para pemula ? Kalau menurut pengalaman TeknoPlug, CorelDraw X3, X5, dan X6 sangat pas untuk digunakan desainer yang baru mulai belajar mengolah gambar. Selain ketiga versi tersebut merupakan versi CorelDraw yang ringan untuk laptop spek rendah, fitur dan tool yang tersedia juga cukup bisa dimengerti para pengguna yang masih memulai mengolah desain gambar.

Baca juga :


Nah, agar bisa mendapatkan skill mahir di bidang desain grafis yang bisa mengoperasikan sejumlah software, kamu perlu belajar desain grafis. Kamu bisa jadi jagoan desain di Kursus Desain Grafis Dumet School, salah satu tempat kursus desain grafis unggulan di Jakarta, Depok dan Tangerang.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 Comments:

Write Comments
18 Oktober, 2019

gw dulu udah pernah nyoba versi corel draw yang portable. Ternyata memang enak pakai yang full version

avatar