10+ Emulator Android Ringan Paling Cocok Untuk PC Spesifikasi Menengah Ke Bawah

11 April
Kamu sering pakai emulator untuk membuka aplikasi Android di laptop tapi terasa berat atau sering lag saat memainkan game mobile di PC ? Itu bisa jadi disebabkan emulator di laptop yang digunakan berkapasitas besar. Saatnya kamu gunakan emulator Android yang ringan di laptop.

Apa Itu Emulator Android

Aplikasi smartphone saat ini sangat mudah ditemukan dan dipasang di perangkat. Seiring dengan semakin canggihnya tekonologi aplikasi-aplikasi smartphone khususnya yang berbasis Android juga bisa dioperasikan dari PC dan laptop. Caranya yaitu menggunakan emulator.

Emulator Android adalah perangkat lunak yang memungkinkan program pada perangkat berplatform Android dapat dijalankan/diemulasikan pada perangkat berplatform lain seperti laptop Windows dan Mac.

Versi Android yang terus mengalami perkembangan dan update menyebabkan developer aplikasi tidak kesulitan menciptakan emulator sehingga siapa pun memainkan game mobile seperti Free Fire, game MOBA Lokapala maupun aplikasi lain yang berplatform Android di PC. Bahkan nonton android TV Toshiba pun tidak ribet setelah memasang aplikasi emulator di perangkat.

Namun tak jarang ketika bermain game, laptop malah jadi lemot. Sering pula game mengalami lag dan berat saat dioperasikan.Mengapa demikian ?

Penyebab Laptop Berat dan Game Lag Saat Menggunakan Emulator Android

Ada beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan laptop serasa berat saat membuka aplikasi, atau gambar patah-patah ketika bermain Free Fire atau memainkan hero tank Mobile Legend.
  1. Spesifikasi laptop yang kurang mumpuni untuk mengoperasikan emulator Android, atau
  2. Kapasitas aplikasi emulator yang terlalu berat di laptop.
  3. Koneksi internet yang lemot saat memainkan game Android online via emulator.

Bila ternyata koneksi internet WiFi lancar tapi memainkan game masih lambat, bisa jadi karena aplikasi emulator yang dipasang tidak sesuai dengan spesifikasi laptop. Untuk mengantisipasinya tentu saja kamu harus pintar-pintar memilih laptop gaming yang bagus.

Misalnya laptop RAM 4GB dan processor Core i5 model HQ atau QM.

Tapi kalau kamu belum punya dana untuk beli laptop gaming, maka solusinya adalah memasang emulator Android ringan di laptop. Dengan demikian kamu masih bisa memainkan beragam game dan membuka aplikasi lainnya di laptop yang spesifikasinya rendah.

Apa Aplikasi Emulator Android Terbaik Saat Ini ?

emulator android di PC

Bicara tentang yang terbaik pastilah tidak pernah habis, termasuk bila membahas apa emulator Android terbaik. Yang perlu dipahami adalah tidak semua emulator Android terbaik untuk PC, apalagi bila dipasang di laptop berspesifikasi pas-pasan, yang RAM-nya kurang dari 4GB.

Maka dari itu, yang harus dilakukan adalah mencari tahu apa emulator Android terbaik untuk PC spek rendah.

Ya, dengan laptop spek rendah yang kamu miliki, kamu butuh emulator Android ringan.

Menggunakan emulator Android yang cepat dan ringan di PC berspesifikasi rendah menghindarkan laptopmu mengalami lemot dan lag. Apa nikmatnya main game Android di laptop yang lemot dan lambat, bukan ?

Rekomendasi Emulator Android Ringan Untuk Laptop Spek Rendah

Nah, lalu apa saja aplikasi emulator terbaik dan ringan untuk memainkan game-game Android di PC Windows dan Mac berikut ini adalah daftarnya.

1. BlueStacks

emulator android terbaik
Bluestacks | Emulator Android Terbaik Paling Populer Saat Ini

Emulator Bluestacks tak bisa dipungkiri adalah salah satu emulator Android terbaik yang sering digunakan saat ini. Bukan hanya untuk pengguna biasa, tapi juga oleh para developer aplikasi. Kelebihan Bluestacks terutama adalah pada pengaturannya yang cukup mudah, interface sederhana, mudah digunakan untuk siapa saja, terdapat opsi pengaturan ukuran layar, serta minim bug. Saat menginstal maupun saat mengoperasikannya di PC terbilang.

Bluestacks memang emulator android ringan untuk developer. Sayangnya Bluestacks bukan tergolong emulator Android ringan untuk laptop RAM 2GB. Apalagi bila dipaksakan menggunakan Bluestacks laptop justru akan mengalami lemot.

Download Emulator Android Bluestacks Untuk PC dan Mac

2. Leapdroid

emulator android yang bagus dan ringan
Leapdroid | Emulator Android Terbaik Selain Bluestack Yang Ringan untuk PC
Bagi gamer, alternatif terbaik emulator android ringan untuk game di laptop yang speknya rendah adalah Leapdroid. Meskipun tergolong emulator Android terbaru, spesifikasi Leapdroid yang ringan dan cepat membuatnya sering digunakan gamer untuk memainkan game-game Android di laptop Windows dan Mac. Main game android di pc bisa dilakukan pada dua game yang sama sekaligus tapi dengan akun yang berbeda secara side by side.

Kelebihan emulator Leapdroid terletak pada banyaknya tweak dan sudah teroptimasi dengan baik sehingga bisa berjalan lancar. Emulator Leapdroid untuk Android secara deafault sudah memiliki akses root. Tim developernya juga aktif melayani thread di forum sehingga para pengguna tahu mendapatkan tutorial cara download aplikasi PC, cara menginstal aplikasi android di laptop, serta cara menjalankan berbagai jenis aplikasi emulator android di Linux/Mac/Windows. Leapdroid juga emulator Android yang gratis untuk dipasang di PC.

Download Leapdroid Emulator Android

3. Youwave

emulator android ringan terbaik
Youwave | Emulator Android Ringan dan Gratis Terbaik Buat PC Windows 7 8 10 Selain Bluestacks

Alternatif berikutnya emulator terbaik yang ringan dan cepat untuk memainkan game Android di PC selain Blustacks dan Leapdroid adalah Youwave. Emulator android Youwave punya kapasitas file app yang cuma 150MB tapi bisa menjalankan banyak aplikasi android canggih di PC.

Kelebihan utama emulator Youwave terletak pada kinerja yang cepat, smooth, responsif dan mudah dioperasikan serta memungkinkan terjadinya pengubahan resolusi dengan cepat. Interface emulator yang satu ini juga unik. Saat menjalankan Youwave di PC akan disajikan dua sisi user interface, dimana pada sebelah kiri merupakan daftar aplikasi yang diinstal, sementara sebelah kanan merupakan potret layar.

Aplikasi Youwave memiliki dua versi yaitu aplikasi android PC gratis dan versi aplikasi android PC berbayar. Youwave juga aplikasi emulator Android 5.1 Lollipop serta support 4.0 ICS. Sayangnya emulator android yang gratis penggunaYouwave hanya mendapatkan versi OS Android Ice Cream Sandwich (Android v4.4.0 ICS). Artinya kalau ingin mendapatkan aplikasi android untuk PC full version harus mengeluarkan biaya alias berbayar (diperkirakan antara $28 hingga $30). Tapi yang versi berbayar ini pun hanya bisa dioperasikan pada laptop PC 64 bit saja.

Download Emulator Youwave v3.31 Terbaik dan Ringan Untuk PC

4. Nox

aplikasi emulator android gratis terbaik untuk pc
Emulator Android Untuk PC/laptop Ringan

Berikutnya emulator Android untuk PC adalah Nox. Nox merupakan aplikasi emulator Android online gratis, dan tergolong emulator Android paling ringan saat ini dan cocok jadi emulator Android terbaik untuk free fire bagi penyuka game perang, karena pengoperasiannya yang cepat di komputer, karena hanya membutuhkan RAM setidaknya 1,5 GB dengan dukungan OpenGL 2.0 dan hardisk kosong minimal 1,5 GB.

Kelebihan utama emulator Nox terletak pada utilitasnya sehingga para gamer bisa mengendalikan game menggunakan keyboard dan mouse. Kelebihan lain Nox emulator yaitu pada antarmuka yang bersih serta adanya charm bar di sebelah kanan layar monitor untuk mengakses sejumlah fitur Nox mirip tablet dengan OS Android 4.4.2 (Kitkat). Emulator android ringan terbaik yang satu ini sudah terintegrasi dengan Google Play Store.

Download Nox Emulator Android Terbaik Untuk Game

5. Droid4x

emulator android ringan dan gratis terbaik
Droid4x | Aplikasi Android Emulator Gratis Terbaik Yang Ringan Di PC

Kamu cuma punya laptop lawas ? Droid4x yang sudah support add-on adalah aplikasi Android paling ringan untuk PC jadul. Pengguna bisa mengontrol game maupun aplikasi aplikasi android untuk pc lainnya lewat smartphone. Android emulator untuk PC ini sudah mengusung fitur-fitur kekinian dan memungkinkan pengguna untuk mengkonfigurasikan smartphone sebagai pengontrol (Joystick simulation), dengan fitur "Shake it" (menggoyang UI) pada emulator.

Keunggulan emulator android Droid4x juga terletak pada cara instalnya yang mudah, hanya dengan drag and drop. Hebatnya Droid4x bersifat freeware alias emulator android gratis dan sudah terintegrasi dengan Google Play Store. Interface emulator Android ke PC yang satu ini punya grafis keren yang dilengkapi tools canggih. Dengan tampilan menyerupai tablet (tab desktop) bisa menampilkan seluruh game android maupun aplikasi-aplikasi android untuk Pc yang telah diinstal.

Free Download Emulator Android Droid4x for PC

Alternatif Lain Emulator Android Ringan Terbaik

Selain 5 emulator android ringan untuk PC di atas, kamu juga bisa kok menginstal emulator android lainnya. Berikut ini adalah rekomendasi TeknoPlug buat kamu yang mau pasang emulator android terbaik yang ringan di PC :

6. Emulator Android Studio

Android Studio bisa jadi pilihan emulator android gratis buat PC kamu. Cukup banyak pengembang yang menggunakan emulator Android Studio ini karena fitur-fiturnya tergolong lengkap.

7. Genymotion

Emulator Genymotion adalah emulator Android terbaik untuk para profesional. Artinya buat kamu yang memang berkutat sebagai pengembang profesional maka Genymotion layak dipasang. Kelebihan Genymotion terletak pada utilitasnya yang ramah pengguna dan fiturnya lebih lengkap dibandingkan Android Studio. Sayangnya emulator Android terbaik untuk PC ini bukanlah emulator android gratis karena untuk mendapatkannya kamu harus beli softwarenya.

8. Bliss

Emulator Bliss juga cocok menyandang predikat emulator Android terbaik buat PC dan layak kamu pasang. Bliss bisa digunakan pada mode dual boot. Selain itu Bliss sudah bisa didapatkan gratis melalui Google Play Store dan terus diupdate.

9. MEmu Emulator

Kalau bosan dengan fitur emulator android sebelumnya, kamu bisa coba emulator android ringan lainnya yaitu Memu App Player. Instalasi yang cepat dan pengoperasian yang ringan membuat Memu cocok dipasang di PC spesifikasi rendah. Interfacenya juga ramah pengguna.

10. Andy App Player

Aplikasi Andy juga emulator android gratis yang terbaik buat kamu pasang di PC. Kelebihan utama emulator android buat PC yang satu ini adalah bisa mengganti keyboard PC dengan ponsel sebagai joystick atau remotenya saat main game.

Baca tutorial Cara Instal Aplikasi Emulator Android di PC.

Nah, itulah berbagai pilihan Emulator Android Terbaik Yang Cepat, Ringan, dan Gratis Untuk PC rekomendasi TeknoPlug buat kamu yang ingin memainkan game Android di PC Windows dan Mac.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 Comments

Write Comments
30 November, 2018

saya baru pernah nyobain emulator droid4x, oke juga tuh

avatar
30 November, 2018

mau coba-coba gaming android di PC ? pakai emulator android yang ringan aja. tapi mending gamingnya pakai game PC aja.

avatar