-->

9 Emulator Android Terbaik Ringan Cepat Menjalankan Game HP di PC

Daftar emulator laptop terbaik (2022) ringan cepat untuk menjalankan aplikasi Android di laptop spek rendah, emulator Android gratis maupun berbayar

Main game HP pakai emulator Android di komputer tapi malah lemot ? Bisa jadi emulatornya memberatkan laptop. Saatnya menggunakan aplikasi emulator Android yang ringan di komputer.

Mengenal Apa Itu Emulator Android

emulator android di PC

Emulator Android adalah perangkat lunak yang memungkinkan program pada perangkat berplatform Android dapat dijalankan/diemulasikan pada perangkat berplatform lain seperti laptop Windows dan Mac.

Versi Android yang terus mengalami pembaharuan memungkinkan aplikasi-aplikasi kekinian dapat dipasang dan digunakan dengan mudah di smartphone, contohnya game MOBA Lokapala dan android TV Toshiba

Semakin kesini, aplikasi-aplikasi ponsel pun dapat dibuka di PC dan laptop menggunakan aplikasi emulator.

Fungsi dan Kegunaan Emulator Untuk PC Laptop

Mengutip situs developer.android :

Emulator menyediakan (hampir) seluruh kemampuan perangkat Android, menyimulasikan perangkat Android di komputer, serta menguji aplikasi di berbagai perangkat dan API level Android tanpa harus memiliki setiap perangkat fisik.

Berdasarkan statement tersebut, maka emulator Android memiliki fungsi dan kegunaan sebagai berikut:

  1. Membantu meringankan kerja developer aplikasi
  2. Mendorong peningkatan produktivitas pengguna smartphone
  3. Memudahkan dan memuluskan kerja perangkat ketika menjalankan aplikasi Android di komputer.

Menilik fungsi dan kegunaan emulator Android, maka ketika misalnya kamu menjalankan aplikasi smartphone seperti game game Mobile Legend di laptop seharusnya semuanya berjalan lancar.

Namun nyatanya banyak aplikasi smartphone di PC berjalan lambat ketika digunakan. Ini bisa saja disebabkan spek laptop yang rendah sehingga terasa berat ketika emulator Android dijalankan. Kemungkinan kedua yaitu aplikasi emulator yang filenya terlalu berat sehingga laptop tidak mampu menjalankan emulator dengan normal.

Bila tetap mempertahankan emulator Android terpopuler di laptop spek rendah, maka saatnya kamu mengganti laptop yang bagus.

Tapi bila tetap mempertahankan laptop yang spesifikasinya rendah untuk menjalankan aplikasi smartphone maka sebaiknya gunakan aplikasi emulator terbaik dan ringan untuk PC dan laptop.

Rekomendasi Emulator Android Terbaik Yang Ringan Di Laptop Spek Rendah

Apa saja aplikasi emulator ringan untuk memainkan game-game Android di PC Windows dan Mac ? Berikut ini adalah daftar emulator Android yang terbaik dan ringan di komputer kamu.

1. Leapdroid

emulator android yang bagus dan ringan
Leapdroid | Emulator Android Terbaik Selain Bluestack Yang Ringan untuk PC

Emulator android ringan untuk Pc yang speknya rendah salah satunya yaitu Leapdroid. Meskipun tergolong emulator Android terbaru, spesifikasi Leapdroid yang ringan berdampak pada komputer menjadi lebih cepat menjalankan aplikasi smartphone. Kelebihan emulator Leapdroid terdapat pada banyaknya tweak dan sudah teroptimasi dengan baik sehingga bisa berjalan lancar. Selain itu secara default Leapdroid sudah memiliki akses root Android. Leapdroid juga emulator Android yang ringan dan gratis didwonload di PC.

2. Youwave

emulator android ringan terbaik
Youwave | Emulator Android Ringan dan Gratis Terbaik Buat PC Windows 7 8 10 Selain Bluestacks

Rekomendasi emulator yang ringan dijalankan di komputer berikutnya adalah Youwave. Emulator android Youwave punya kapasitas file app kecil (150MB). Kelebihan emulator Youwave terdapat pada kinerjanya yang cepat, smooth, responsif dan mudah dioperasikan. Saat menjalankan Youwave di PC akan tersaji dua sisi user interface, dimana pada sebelah kiri merupakan daftar aplikasi yang diinstal, sementara sebelah kanan merupakan potret layar. Sayangnya emulator android yang gratis pengguna Youwave hanya mendapatkan versi OS Android Ice Cream Sandwich (Android v4.4.0 ICS), karena emulator PC full versionnya berbayar.

3. Nox

aplikasi emulator android gratis terbaik untuk pc
Emulator Android Untuk PC/laptop Ringan

Emulator terbaik yang ringan dan cepat untuk PC selain Bluestack dan Youwave adalah Nox. Nox merupakan aplikasi emulator Android online gratis, dan tergolong emulator Android paling ringan. Bagi gamer combat ini adalah emulator Android terbaik untuk Free Fire dan PUBG karena pengoperasiannya cepat di komputer. Kelebihan emulator Nox terdapat pada utilitas dan interfacenya sehingga para gamer bisa mengendalikan game menggunakan keyboard dan mouse dengan antarmuka yang bersih. Adanya charm bar di sebelah kanan layar monitor mempermudah pengguna mengakses fitur Nox (mirip tablet dengan OS Android 4.4.2 Kitkat). Emulator android ringan terbaik yang satu ini sudah terintegrasi dengan Google Play Store.

4. Droid4x

emulator android ringan dan gratis terbaik
Droid4x | Aplikasi Android Emulator Gratis Terbaik Yang Ringan Di PC

Bila kamu menggunakan laptop lawas, Droid4x yang sudah support add-on adalah aplikasi Android paling ringan untuk PC jadul. Pengguna bisa mengontrol game dan aplikasi aplikasi android untuk pc lainnya lewat smartphone karena memungkinkan pengguna untuk mengkonfigurasikan smartphone sebagai pengontrol (Joystick simulation), dengan fitur "Shake it" (menggoyang UI) pada emulator. Keunggulan emulator Droid4x terletak pada instalasinya yang mudah, hanya dengan drag and drop. Interface emulator android gratis yang sudah terintegrasi dengan Google Play Store ini dibekali grafis bagus dan dilengkapi tools canggih. Dengan tampilan menyerupai tablet (tab desktop) bisa menampilkan seluruh game android maupun aplikasi-aplikasi android untuk Pc yang telah diinstal.

Alternatif Lain Emulator Android Ringan Terbaik Lainnya

Selain emulator android ringan untuk PC yang sudah disebutkan tadi, kamu juga bisa kok menginstal emulator yang ringan dan cepat lainnya di laptop. Berikut ini adalah rekomendasi emulator terbaik yang cepat untuk PC.

5. Emulator Android Studio

Android Studio bisa jadi pilihan emulator android gratis buat PC kamu. Cukup banyak pengembang yang menggunakan emulator Android Studio ini karena fitur-fiturnya tergolong lengkap.

6. Genymotion

Emulator Genymotion adalah emulator Android terbaik untuk para profesional. Artinya buat kamu yang memang berkutat sebagai pengembang profesional maka Genymotion layak dipasang. Kelebihan Genymotion terletak pada utilitasnya yang ramah pengguna dan fiturnya lebih lengkap dibandingkan Android Studio. Sayangnya emulator Android terbaik untuk PC ini bukanlah emulator android gratis karena untuk mendapatkannya kamu harus beli softwarenya.

7. Bliss

Emulator Bliss juga cocok menyandang predikat emulator Android terbaik buat PC dan layak kamu pasang. Bliss bisa digunakan pada mode dual boot. Selain itu Bliss sudah bisa didapatkan gratis melalui Google Play Store dan terus diupdate.

8. MEmu Emulator

Kamu juga bisa coba Memu App Player sebagai emulator terbaik dan cepat di laptop. Instalasi yang cepat dan pengoperasian yang ringan membuat Memu cocok dipasang di PC spesifikasi rendah. Interfacenya juga ramah pengguna.

9. Andy App Player

Aplikasi Andy juga emulator android gratis yang terbaik buat kamu pasang di PC. Kelebihan utama emulator android buat PC yang satu ini adalah bisa mengganti keyboard PC dengan ponsel sebagai joystick atau remotenya saat main game.

BlueStacks: Emulator Android Terbaik dan Canggih

emulator android terbaik
Bluestacks | Emulator Android Terbaik Paling Populer Saat Ini

Emulator Bluestacks tak bisa dipungkiri adalah salah satu emulator Android terbaik yang sering digunakan saat ini. Bukan hanya untuk pengguna biasa, tapi juga oleh para developer aplikasi. Kelebihan Bluestacks terutama adalah pada pengaturannya yang cukup mudah, interface sederhana, mudah digunakan untuk siapa saja, terdapat opsi pengaturan ukuran layar, serta minim bug. Saat menginstal maupun saat mengoperasikannya di PC terbilang.

Bluestacks memang emulator android ringan untuk developer. Namun Bluestacks tidak cocok sebagai emulator untuk laptop RAM 2GB karena Bluestacks hanya bisa dioperasikan normal pada komputer dengan RAM 4GB ke atas.

Bagaimana Menjalankan Emulator Android di Komputer Spek Rendah

Cara menjalankan emulator di komputer cukup mudah. Namun sebelumnya kamu harus mendownload dan menginstal terlebih dahulu aplikasi emulator tersebut di PC. Tutorialnya : Cara Instal Aplikasi Emulator Android di PC, silakan diikuti panduannya dari awal sampai selesai.

Nah, itulah berbagai pilihan Emulator Android Terbaik Yang Cepat, Ringan, dan Gratis Untuk PC rekomendasi TeknoPlug buat kamu yang ingin memainkan game Android di PC Windows dan Mac.

Anda mungkin menyukai postingan ini

2 komentar

  1. Clashofking
    saya baru pernah nyobain emulator droid4x, oke juga tuh
  2. Tradingku
    mau coba-coba gaming android di PC ? pakai emulator android yang ringan aja. tapi mending gamingnya pakai game PC aja.
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>