3 Cara Mempercepat Koneksi Wifi Di Android Dan Laptop Tanpa Aplikasi, Tanpa Root

Cara Mempercepat WiFi Tanpa Aplikasi Tanpa Root - WiFi adalah saluran internet tercepat saat ini terlebih sudah menggunakan teknologi fiber. Namun seringkali orang mengalami internet lemot di PC dan hp meskipun sudah menggunakan sambungan WiFi.

Masalah kecepatan WiFi yang lambat di perangkat bisa terjadi kapan saja tanpa pemberitahuan contohnya saat berbelanja di ;aplikasi online shop, sedang nonton siaran Liga Champions di aplikasi bola live, atau streaming game di Google Stadia.

Padahal sudah berlangganan paket WiFi murah untuk di rumah misalnya WiFi Indihome, GIG Indosat dan lainnya.

Cara Mempercepat Koneksi WiFi Di Android Dan PC Tanpa Aplikasi, Tanpa Root

Penyebab internet lemot sangat beragam. Bisa saja disebabkan oleh spesifikasi perangkat yang digunakan untuk internetan, bisa juga karena gangguan di jaringan. Ciri-cirinya bisa dilihat pada indikator sinyal yang sering kali berkurang atau bahkan hilang di PC dan hp. Tentunya masalah ini sangat meresahkan karena berbagai aktivitas yang mengandalkan internet jadi terganggu.

Mungkin kamu sudah pernah mencoba sejumlah cara mempercepat WiFi dengan root di laptop, mempercepat Wifi melalui settingan DNS, maupun dengan metode ping CMD.

Atau mungkin juga sudah melakukan berbagai cara mempercepat koneksi Wifi dengan aplikasi di Android dan PC kamu, misalnya dengan aplikasi penguat sinyal WiFi.

Bila semua metode sudah dilakukan namun koneksi Wi-Fi di Android dan PC masih juga belum mengalami peningkatan level kecepatan yang nyata, bisa jadi itu disebabkan oleh tipe modem WiFi yang kamu gunakan.

Baca Juga : Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Pengguna Telkomsel/Indosat/3.

mempercepat koneksi wifi di Android dan pc tanpa aplikasi tanpa root

Periksa Modem Wifi Yang Digunakan Apakah Sudah Support Teknologi Jaringan Terbaru

Modem adalah piranti Wifi yang wajib ada pada pengguna WiFi. Tanpa modem saluran Wifi tidak dapat dideteksi oleh laptop dan hp. Oleh provider/ISP modem biasanya disertakan untuk konsumen yang ingin berlangganan WiFi.

Nah disinilah muncul permasalahan. Teknologi jaringan sekarang semakin canggih sehingga piranti yang disediakan seharusnya juga mengikuti teknologi yang ada. Coba cek apakah modem yang kamu gunakan di rumah sudah support dengan teknologi termutakhir yaitu tipe n dan ab yang kecepatannya lebih tinggi dan lebih stabil. Jangan-jangan router WiFi mu masih menggunakan teknologi Wifi tipe a, b, dan g.

Lalu apa solusinya agar koneksi Wi-Fi tidak lemot lagi dan bisa internetan lebih cepat dari sebelumnya ?

Gunakan Cara Tanpa Aplikasi, Tanpa Root Mempercepat Koneksi WiFi Berikut Ini :

  • 1. Ganti Modem Wifi Dengan Model Terbaru

Mengganti modem Wifi ke model terbaru merupakan cara mempercepat jaringan wifi di android dan PC tanpa root dan pastinya juga tanpa aplikasi apapun. Tentnya kamu harus menghubungi provider untuk meminta penggantian modem baru yang sudah support teknologi jaringan terbaru bila modem lama sudah terpasang dirumah saat ini.

Bila kecepatannya belum signifikan maka manfaatkan kabel USB yang lebih panjang, dan menggunakan kaleng sebagai penguat sinyal.

  • 2. Mempercepat Koneksi WiFi Menggunakan Kaleng

Trik Mempercepat Koneksi Wifi dengan memanfaatkan kaleng ternyata bisa membantu meningkatkan sinyal internet Wifi. Penggunaan kaleng sebagai penguat sinyal modem hampir mirip fungsinya seperti parabola, yaitu menangkap sinyal dan mengumpulkannya pada pusat lempengan.

Cara Mempercepat Koneksi Wifi Tanpa Root Tanpa Aplikasi Menggunakan Kaleng

Langkah 1 : Ukur ketinggian, jarak lubang, dan panjang kabel USB.

Ketahui terlebih dahulu kecepatan modem anda. Bila frekuensi modem adalah 900 mhz, maka jarak lubang modem dan dasar kaleng adalah 1-1,5 inchi. Ini berlaku kelipatan. Misalnya frekuensi 1800 mhz, maka jaraknya 2-3 inchi.

Langkah 2 : Melubangi kaleng.

Setelah mengukur ketinggian dari dasar kaleng, lubangi tepi kaleng sesuai dengan besar modem. Kalau kalengnya tebal, anda bisa pakai alat bantu berupa bor atau semacamnya.

Langkah 3 : Hubungkan kabel USB dengan kaleng.

Haluskan tepian lubang atau pasang selotip agar modem tidak lecet saat dimasukkan. Setelah itu masukkan modem yang sudah dilengkapi dengan perpanjangan kabel USB. Kemudian hadapkan kaleng ke menara pemancar sinyal terdekat.

Cara mempercepat Wifi tanpa aplikasi menggunakan kaleng akan efektif bila langkah-langkahnya dilakukan dengan benar, dan koneksi internet wifi akan jauh lebih cepat.

  • 3. Gunakan Kabel USB Panjang

Trik mempercepat koneksi Wifi tanpa aplikasi dan tanpa root selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan kabel USB.

Bagaimana mempercepat koneksi WiFi tanpa aplikasi, tanpa root dengan kabel USB ?

Caranya cukup mudah, yaitu dengan memasangkan modem dengan kabel USB tersebut. Lalu meletakkan modem di tempat yang lebih tinggi. Biasanya hal ini cukup berhasil meningkatkan kecepatan ping, kecepatan upload maupun kecepatan download menggunakan WiFi.

Trik menggunakan kabel USB untuk meningkatkan kecepatan WiFi tergolong efektif dan efisien karena biayanya juga murah, cukup membeli kabel USB yang panjangnya antara 3-5 meter sesuai kebutuhan.

Baca Juga : Browser Terbaik Untuk PC dan Android Agar Internetan Ngebut.

Tips : Tanpa Aplikasi Untuk Mempercepat Jaringan Wifi, Coba Ubah Posisi Modem

Bila kamu masih sering mengalami internetan lambat padahal sinyal full di Android dan laptop, bisa jadi karena penempatan modem yang tidak pas dan posisi antena yang tidak tepat.

Coba perhatikan kembali dimana kamu meletakkan modem Wifi. Bila kamu meletakkannya dekat dengan perangkat elektronik, atau di lantai, di ruangan kedap udara, maka selekasnya pindahkan laptop ke tempat yang lebih baik. Yaitu di atas meja, agak jauh dari perangkat audio dan elektronik lainnya.

Pastikan pula posisi antena tidak terhalang oleh media atau benda lainnya, karena akan membuat sinyal Wifi jadi susah ditangkap.

Bagaimana Cara Mengetahui Kecepatan WiFi di Laptop dan Smartphone ?

Semisal kamu berlangganan WiFi Indihome, ada banyak paket kecepatan internet yang ditawarkan mulai paket WiFi berkecepatan 10Mbps, 20 Mbps, hingga 100Mbps. Namun berapa sebenarnya kecepatan wi-Fi yang diakses pengguna latpop dan Android ? Nah untuk mengetahuinya kamu perlu melakukan uji kecepatan internet. Cara mengecek kecepatan Wi-Fi ini bisa lewat website dan CMD.

Dengan melakukan pengujian tersebut kamu bisa mengetahui berapa kecepatan upload, kecepatan download, serta kecepatan ping. Cek kecepatan WiFi mu melalui tutorial berikut ini :

Nah, itulah 3 Cara Mempercepat Koneksi Wifi di Android dan PC Tanpa Aplikasi Tanpa Root untuk browsing mudah tanpa ribet bagi pengguna modem dan wifi. Masih lemot juga browsingnya ? Tunggu artikel Teknoplug selanjutnya.

5 komentar

  1. Punya sy internetnya cepat

    BalasHapus
  2. Mau gimana juga kalo broadband internetnya abal-abal ya tetap aja browsingnya lemot.

    BalasHapus
  3. Gw udh pernah coba cara no 1 dan no 3 aja. Lumayanlah buat cepatin koneksi internet gw. Tp kalo pas lg ke lapangan yg gak ada jaringan ya apa boleh buat nganggur jadinya2

    BalasHapus
  4. Gw pakai internet wifi aja gak ada hambatan kok

    BalasHapus
  5. sebenarnya percepat koneksi wifi pake modem kecepatan tinggi dan pake kabel udah lama diterapin, jadi rasanya gak aneh-aneh amat lah

    BalasHapus

Posting Komentar