3 Cara Mempercepat & Meningkatkan Koneksi Wifi Yang Lambat di Laptop dan Android

19 Maret
Koneksi WiFi di laptop atau smartphone kamu melambat ? Hari gini internetan masih lemot ? Wah, pastinya banyak pekerjaan terbengkalai bila ada gangguan di jaringan internet kamu. Nah agar koneksi internet jadi cepat lagi, kamu bisa menggunakan trik mempercepat WiFi di Windows 7, 8, 10, dan Android dengan cara-cara berikut ini. Efektif dan pastinya berbiaya murah.
Internet saat ini jadi kebutuhan bagi sebagian besar penduduk di dunia. Terlebih lagi provider internet berlomba-lomba menawarkan produk internet tercepat. Dengan menggunakan kuota internet pengguna laptop dan smartphone bisa mendapatkan informasi dengan cepat, berbelanja di aplikasi online shop, nonton film online, hingga bermain game eSport.

Salah satu layanan internet cepat yang banyak digandrungi pengguna gadget adalah WiFi. Internet WiFi atau Wi-Fi merupakan sebuah teknologi internet berkecepatan tinggi yang memanfaatkan perangkat elektronik untuk bertukar data menggunakan gelombang radio (nirkabel) melalui jaringan komputer. Internet WiFi bisa diakses melalui PC atau laptop misalnya Windows 7, 8, 10 dan beragam Sistem Operasi lainnya termasuk Android smartphone.

Namun ada kalanya ketika sedang internetan di laptop dan di smartphone kecepatan WiFi yang diakses terasa lambat.

Berapa Sebenarnya Kecepatan Wi-Fi di Laptop dan Smartphone ?

Semisal kamu berlangganan WiFi Indihome, ada banyak paket kecepatan internet yang ditawarkan mulai paket WiFi berkecepatan 10Mbps, 20 Mbps, hingga 100Mbps. Namun berapa sebenarnya kecepatan wi-Fi yang diakses pengguna latpop dan Android ? Nah untuk mengetahuinya kamu perlu melakukan uji kecepatan internet. Cara mengecek kecepatan Wi-Fi ini bisa lewat website dan CMD.

Baca Juga : 5 Provider Terbaik Penyedia Paket WiFi Murah.

Dengan melakukan pengujian tersebut kamu bisa mengetahui berapa kecepatan upload, kecepatan download, serta kecepatan ping.

Baca Juga :

Seperti apa kecepatan internet Wi-Fi yang kamu akses, lambat atau cepatkah ? Kalau internet Wi-Fi yang kamu akses berkecepatan tinggi ya syukur. Tapi kalau kecepatan Wi-Fi di laptop dan Android kamu lambat jangan buru-buru menyalahkan provider. Mungkin saja disebabkan ada gangguan jaringan Wi-Fi akibat cuaca, atau sedang dalam perbaikan jaringan. Bisa juga karena disebabkan oleh perangkat itu sendiri.

Baca Juga: Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Koneksi Internet.

Lalu apa solusi agar koneksi Wi-Fi menjadi lebih cepat ?

Cara Mempercepat Koneksi WiFi di Laptop dan Android


cara mempercepat koneksi wifi dengan mudah

WiFi lelet di laptop dan Android sebenarnya bisa diatasi dengan berbagai cara. Beberapa trik yang biasa diterapkan untuk menambah kecepatan internet Wifi antara lain yaitu mempercepat koneksi internet wifi via CMD serta mempercepat koneksi internet wifi dengan aplikasi internet booster.

Namun selain cara diatas masih ada metode alternatif lain untuk mempercepat akses Wi-Fi yang lambat. Misalnya dengan 3 cara berikut ini. Apa saja ? Yuk simak penjelasannya.

Baca Juga : Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Pengguna Telkomsel/Indosat/3

1. Cara Mempercepat Wi-Fi Dengan Modem Berkecepatan Tinggi

Mempercepat sinyal wifi bisa dilakukan dengan menggunakan modem. Bagi pengguna internet yang menggunakan modem bisa terlebih dulu mencari informasi beberapa modem yang menyediakan akses internet yang kecepatannya besar. Modem dengan kecepatan 100 Mbps tentu lebih kencang daripada 7,2 Mbps. Daripada beli 2 atau 3 kali, lebih baik beli 1 kali tapi memuaskan meskipun harganya mahal.

Bagi pengguna internet yang terlanjur sudah membeli modem yang dipakai saat ini, tidak ada salahnya untuk meningkatkan kecepatan internet dengan membeli modem yang lebih canggih saat ini. Kan mau cepat ?

Cara meningkatkan sinyal Wifi lainnya yaitu dengan memanfaatkan kabel USB yang lebih panjang, dan menggunakan kaleng sebagai penguat sinyal.

2. Mempercepat Koneksi WiFi Menggunakan Kaleng

Trik Mempercepat Koneksi Wifi dengan menggunakan kaleng ternyata bisa membantu meningkatkan sinyal internet Wifi. Penggunaan kaleng sebagai penguat sinyal modem hampir mirip fungsinya seperti parabola, yaitu menangkap sinyal dan mengumpulkannya pada pusat lempengan.

Cara Mempercepat Koneksi Wifi dengan kaleng yaitu :

  1. Ketahui terlebih dahulu kecepatan modem anda. Bila frekuensi modem adalah 900 mhz, maka jarak lubang modem dan dasar kaleng adalah 1-1,5 inchi. Ini berlaku kelipatan. Misalnya frekuensi 1800 mhz, maka jaraknya 2-3 inchi. 
  2. Setelah mengukur ketinggian dari dasar kaleng, lubangi tepi kaleng sesuai dengan besar modem. Kalau kalengnya tebal, anda bisa pakai alat bantu berupa bor atau semacamnya. 
  3. Haluskan tepian lubang atau pasang selotip agar modem tidak lecet saat dimasukkan. Masukkan modem yang sudah dilengkapi dengan perpanjangan kabel USB, lalu hadapkan kaleng ke menara pemancar sinyal terdekat. Dipastikan cara mempercepat koneksi internet wifi dengan metode ini akses internet akan jauh lebih cepat.

3. Gunakan Kabel USB Panjang

Trik mempercepat koneksi Wifi lainnya adalah dengan memanfaatkan kabel USB. Caranya cukup mudah, yaitu dengan memasangkan modem dengan kabel USB tersebut. Lalu meletakkan modem di tempat yang lebih tinggi. Biasanya hal ini cukup berhasil meningkatkan kecepatan ping, kecepatan upload maupun kecepatan download menggunakan WiFi.

Trik menggunakan kabel USB untuk meningkatkan kecepatan WiFi tergolong efektif dan efisien karena biayanya juga murah, cukup membeli kabel USB yang panjangnya antara 3-5 meter sesuai kebutuhan.

Baca Juga :


Nah, itulah 3 Cara Untuk Mempercepat Koneksi Wifi Paling Efektif dan Efisien untuk browsing mudah tanpa ribet bagi pengguna modem dan wifi. Masih lemot juga browsingnya ? Tunggu artikel Teknoplug selanjutnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

6 Comments

Write Comments
Anonim
19 Oktober, 2017

Punya sy internetnya cepat

avatar
Anonim
27 Oktober, 2017

Mau gimana juga kalo broadband internetnya abal-abal ya tetap aja browsingnya lemot.

avatar
31 Oktober, 2017

Gw udh pernah coba cara no 1 dan no 3 aja. Lumayanlah buat cepatin koneksi internet gw. Tp kalo pas lg ke lapangan yg gak ada jaringan ya apa boleh buat nganggur jadinya2

avatar
01 November, 2017

Gw pakai internet wifi aja gak ada hambatan kok

avatar
06 Agustus, 2018

sebenarnya percepat koneksi wifi pake modem kecepatan tinggi dan pake kabel udah lama diterapin, jadi rasanya gak aneh-aneh amat lah

avatar
15 Oktober, 2019

Kalo mau internet yg cepat ya pakai kuota dr developer terpercaya yg udh terbukti wuss gitu

avatar