3 Cara Mengecek Akurasi Kecepatan Internet Yang Diakses di PC dan HP

01 Mei
Cara Cek Kecepatan Internet - Mau tahu berapa kecepatan internet yang sedang kamu akses ? Jangan khawatir, kamu bisa melakukan sendiri tes kecepatan WiFi dan data seluler di PC dan Androidmu dengan 3 metode berikut.

Di era digital saat ini semua orang bisa mengakses internet dengan mudah. Cukup berlangganan kuota internet mobile Telkomsel, Indosat IM3/Ooredo, 3, XL, atau Smartfrend anda bisa berkirim mengunggah video ke media sosial, hingga bermain game online di ponsel. Atau ingin internetan sambil nonton siaran TV cukup berlangganan Paket Wifi Rumah Murah Dari Provider Terbaik.

Namun ada kalanya pelanggan internet mengeluhkan kecepatan akses internetnya yang cenderung tidak stabil. Terkadang koneksinya putus-putus dan padahal sinyalnya full. Apalagi sudah berlangganan Kecepatan WiFi level tinggi. Tentu anda penasaran kan berapa sebenarnya kecepatan koneksi yang diakses perangkat saat terhubung dengan internet ?

Bagaimana Mengetahui Kecepatan Koneksi Internet di Perangkat ?


cek kecepatan internet online secara akurat

Kecepatan akses internet adalah kecepatan transfer data pada saat mengakses informasi melalui jalur atau jaringan internet. Satuan kecepatan internet dinyatakan dengan bps (bit per second), artinya seberapa banyak bit data yang ditransfer atau dipindahkan dari satu komputer ke komputer lainnya. Bila anda adalah pengguna internet seluler maupun pelanggan WiFi sangat perlu mengetahui berbagai jenis kecepatan internet ini.

Kecepatan internet dapat diukur dengan berbagai sejumlah metode baik berbayar maupun gratis. Namun bila memilih cara yang gratis maka anda bisa lakukan cek kecepatan internet dengan aplikasi, menguji kecepatan koneksi internet dengan ping CMD, dan uji kecepatan akses internet via website.

Dengan melakukan cek kecepatan internet kamu akan mengetahui kecepatan akses internet, mengetahui estimasi waktu proses download dan upload file selama terkoneksi dengan internet, dan alternatif jenis internet lainnya yang kecepatannya lebih stabil.

Langkah-langkah untuk mengecek berapa kecepatan akses internet di PC dan smartphone-mu setiap metodenya dijelaskan berikut ini.

1.Gunakan Aplikasi OpenSignal Untuk Melacak Kecepatan Jaringan

aplikasi untuk test kecepatan internet di laptop dan hp
Berapa kecepatan internet di laptop dan hp mu ? Coba di aplikasi OpenSignal internet speed checker ini

Cara mengetahui kecepatan internet di PC dan Android yang pertama TeknoPlug sarankan adalah lewat aplikasi. Metode pengujian kecepatan akses internet menggunakan aplikasi ini cukup mudah. Saat internetan di hp menggunakan sambungan seluler maupun internet WiFi kamu bisa mengecek melalui speed test Android App seperti OpenSignal.

Sebelum melakukan uji kecepatan internet aplikasinya terlebih dahulu didownload dan diinstal, Tidak usah bingung karena aplikasi cek kecepatan internet ini akan terinstal otomatis ketika mendownloadnya dari Play Store.

Bagaimana Melakukan Cek Kecepatan Internet di Aplikasi OpenSginal

Langkah-langkah pengujian internet speed via aplikasi : download dan instal aplikasi OpenSignal. Setelah itu akan muncul tampilan halaman berupa speedometer. Lalu tekan tombol "Mulai", atau "Start"(bahasa yang digunakan berbeda-beda). Berikutnya aplikasi akan melakukan proses terhadap perintah tersebut. Tidak perlu menunggu berjam-jam, karena beberapa menit berikutnya data kecepatan transfer, kecepatan upload, kecepatan download, dan kecepatan ping internet yang kamu akses saat ini segera muncul.

Selain kedua aplikasi tersebut kamu juga bisa mengetahui berapa kecepatan akses internetmu dengan melakukan uji kecepatan melalui aplikasi Network Speed MonitoringSpeed Test Master, atau aplikasi Simple Speed Test.

Baca Juga : Cara Upgrade HP 3G ke 4G Di Android dan iPhone

2. Lakukan Ping Test CMD

metode ping cmd untuk mengetahui berapa kecepatan internet
Metode lain untuk mengetahui kecepatan internet yaitu CMD prompt

Bila anda ragu dengan hasil speed test via aplikasi cara berikutnya yang bisa anda lakukan untuk mengecek internet speed di PC dan HP mu adalah melakukan ping CMD. Hasil pengujian menggunakan metode test kecepatan internet CMD ini tergolong akurat. Fungsi utama ping sendiri yaitu untuk mengecek akses pada koneksi jaringan yang sedang digunakan. Pada dasarnya uji kecepatan internet dengan ping test CMD ini merupakan speed test Google karena ping testnya menggunakan DNS dari google.

Trik mengukur kecepatan internet Wifi atau internet broadband/internet mobile di laptop menggunakan ping test CMD ini cukup umum dilakukan. Bagi yang memahami coding melakukan cek kecepatan internet dengan CMD ini tergolong mudah. Namun anda yang tidak paham kode pun bisa melakukan uji kecepatan akses internet dengan metode ini, langkahnya sebagai berikut.

Langkah-Langkah Melakukan Cek Kecepatan Internet Dengan CMD | Speed Test Google CMD

Pertama, pastikan PC dan smartphone-mu sudah terhubung dengan internet.

Kedua, seret cursor mouse-mu ke arah Windows Start pada pojok kiri bawah laptop/PC Windows-mu (bisa juga dengan menekan tombol Windows + R secara bersamaan). Kemudian ketik "cmd", dan tekan "Enter". Jendela "command prompt" atau CMD akan segera muncul.

Ketiga, ketik kode "8.8.8.8 -t-1000 " (tanpa tanda petik), kemudian tekan "Enter". Hasil uji kecepatan internet akan segera muncul layar laptop-mu.
Perhatikan kode-kode ini :

"8.8.8.8" merupakan kode DNS dari Google. Ketika melakukan ping berarti perangkat komputer dari dns yang ada di laptop kita sedang melakukan ping. 
"-t "adalah keberlanjutan ping hingga sampai diberhentikan secara manual oleh cmd.
"-1" merupakan besaran paket data yang dikirimkan dalam proses ping.
- Bila "Time=" semakin kecil maka kecepatan internet kamu semakin cepat
- Bila "Time=" semakin besar berarti kecepatan akses internet yang sedang kamu akses apakah itu wifi atau internet share dari sumber lainnya seperti internet 4G itu sedang melambat.
"request time out" artinya koneksi internet kamu terputus.
"1000" adalah berapa byte kecepatan yang anda kirimkan ke pc/laptop kamu.Angka ini bisa kamu ubah sesuai keinginanmu.

3. Mengetahui Kecepatan Internet Dengan Cara Speed Test Online di Website

cara cek kecepatan internet di situs bandwidthplace,com
Website juga bisa jadi media untuk menguji kecepatan internetmu seperti di situs BandwidthPlace ini.

Cara mengecek kecepatan internet dapat dilakukan secara online. Cek kecepatan internet online ini dilakukan di website speedtest. Prinsip kerja saat melakukan cek kecepatan akses internet online lewat situs yaitu menampilkan feedback hasil pengukuran kecepatan internet yang ditunjukkan dengan bergeraknya speedometer aplikasi web tersebut berupa kecepatan ping, kecepatan upload, serta kecepatan download memanfaatkan sejumlah server terdekat meskipun tidak semua situs melakukannya.

Langkah-Langkah Mengetes Kecepatan Internet Android dan WiFi di Website

Menguji berapa kecepatan koneksi internet melalui website ini simple tapi akurasinya tergolong tinggi. Anda cukup mengunjungi alamat website Speedtest.Net. Pada homepage situs tersebut anda langsung melihat tampilan aplikasi (biasanya berbentuk speedometer). Anda cukup klik tombol "Start", atau tombol "Mulai" (tergantung tampilan masing-masing situs). Hanya dalam beberapa menit website akan menampilkan hasil uji berupa kecepatan transfer yaitu kecepatan upload, kecepatan download, dan kecepatan ping.

Baca Juga : Test Kecepatan Internet Android dan WiFi via Website

Situs lainnya yang bisa anda jadikan tempat untuk menguji kecepatan internet yang sedang kamu akses yaitu situs BandWidthPlace.Com, website Testmy.netSpeed Test CBN, dan Fast.Com.

Bagaimana Meningkatkan Kecepatan Internet di PC dan HP ?

Setelah menguji dan mengecek kecepatan internet di PC dan Android bagaimana hasilnya, memuaskan atau mengecewakan ? Bila mengewakan coba deh trik mempercepat internet berikut ini :
  1. Mempercepat Koneksi Internet Wifi Dengan Mudah
  2. Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi di Android.
  3. 3 Cara Sederhana Mempercepat Koneksi Internet WiFi Budget Rendah
  4. Trik Mempercepat Koneksi Internet Android Telkomsel/Indosat/3.
Nah sob, itu dia 3 Cara Cek Kecepatan Internet Sendiri Di PC dan HP. Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 Comments:

Write Comments
03 Mei, 2018

Untuk cek kecepatan internet sih speedtest.net itu speedometernya cepat dan akurat

avatar