Apa Itu Indonesia Internet Exchange dan Manfaat IIX Untuk Kecepatan Internet

Indonesia Internet Exchange adalah infrastruktur fisik yang terdiri dari penyedia jasa internet di Indonesia untuk mempercepat koneksi internet.

Indonesia Internet Exchange - Untuk meningkatkan efisiensi serta pengalaman berinternet dengan kecepatan akses layanan digital yang berlatensi rendah, Pemerintah membangun kolaborasi melalui simpul Indonesia Internet Exchange atau IIX. Dengan kolaborasi IIX oleh sesama Penyedia Jasa Internet Indonesia jangkauan dan percepatan konten digital bagi akan semakin luas.

Indonesia Internet Exchange atau disingkat IIX dilaunching untuk menjadi salah satu solusi strategis mengingat kecepatan internet yang lambat dan luas jangkauan koneksi internet yang bisa diakses pengguna masih terbatas. Hal ini menyebabkan transformasi digital dalam digitalisasi di Indonesia masih dirasa lambat.

Apa itu Indonesia Internet Exchange dan manfaat IIX untuk pengguna internet di Indonesia ? Kali ini TeknoPlug akan mengulas tentang koneksi internet di Indonesia dan peran provider internet untuk mendorong percepatan transformasi digital.

Mengenal International Exchange (IX)

internet exchange
Manfaat Indonesia Internet Exchange (IIX) untuk koneksi internet di Indonesia

Kecepatan koneksi internet dan jangkauan internet yang luas adalah hal penting yang sangat dibutuhkan pengguna internet di Indonesia. Meningkatnya penggunaan internet untuk membuat konten digital dan semakin banyaknya pelaku bisnis UMKM yang memanfaatkan internet tentu saja harus diimbangi dengan perluasan jangkauan koneksi internet.

Kecepatan internet yang lambat dan masih terbatasnya koneksi internet yang diakses antara lain disebabkan oleh masih terbatasnya infrastruktur jaringan telekomunikasi di Indonesia, sehingga sambungan internet harus transit dulu ke jalur internet di luar negeri. Kondisi demikian berakibat pada biaya (cost) yang dikeluarkan oleh provider sehingga berdampak pula pada biaya internet yang dirasa mahal oleh pengguna.

Baca Juga : Browser Terbaik Untuk Internetan Dengan Cepat

Apa Itu Indonesia Internet Exchange

Berasal dari istilah internet exchange, kehadiran IIX menyebabkan sambungan internet di Indonesia tidak lagi harus melalui jalur yang ada di luar negeri. Koneksi internet Indonesia memang (masih) menggunakan sambungan luar negeri.

Internet exchange adalah fasilitas infrastruktur yang menghubungkan secara lokal antara operator, Penyedia Layanan Internet (ISP), jaringan pengiriman konten, perusahaan web, perusahaan hosting, dan penyedia cloud. Internet exchange yang demikian sering diistilahkan dengan titik pertukaran internet atau internet exchange point (IXP).

Definisi Indonesia Internet Exchange

Indonesia internet exchange merupakan konteks luas berkaitan dengan infrastruktur jaringan dan layanan internet dari penyedia jasa internet, dalam hal ini yaitu international exchange.

International exchange adalah infrastruktur fisik bagi penyedia layanan Internet (ISP) dan Jaringan Pengiriman Konten (CDNs) menukar lalu lintas Internet antara jaringan mereka ke jaringan internet internasional, atau lebih singkatnya IX adalah link luar negeri atau website dan CDN yang berada di luar negeri.

Indonesia internet exchange adalah infrastruktur antar sesama Internet Service Provider (ISPs) atau PJII (Penyedia Jasa Internet Indonesia). Berbagai penyedia jasa internet di Indonesia berkumpul di IIX yang berdiri di Agustus 1997 dan dikelola oleh APJII (Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia).

IIX berbeda dengan OpenIXP (Open Internet eXchange Point). Bila IIX dikelola oleh APJII maka OpenIXP dikelola oleh perusahaan datacenter yang bernama IDC (Indonesia Data Center).

Tujuan Indonesia Internet Exchange

Tujuan berdirinya Indonesia Internet Exchange adalah menyatukan lalu lintas antar penyedia jasa internet di Indonesia agar tidak perlu transit ke jalur internet luar negeri, dan membentuk jaringan interkoneksi yang punya abilitas dan fasilitas sesuai kebutuhan.

Fasilitas internet termasuk infrastuktur jaringan ini nantinya dapat digunakan secara bersama-sama oleh setiap penyedia jasa internet yang memiliki izin beroperasi di Indonesia. Biaya yang dikenakan kepada penyedia jasa internet di Indonesia yang terhubung ke IIX hanya biaya sambungan fisik antara lain serat optik, jalur nirkabel, dan sewa fasilitas yang berbeda sesuai kebutuhan masing-masing ISP. Sementara ISP atau PJI tidak dikenakan biaya lebar pita.

Penyedia Jasa Internet Dalam Indonesia Internet Exchange

Sejumlah provider internet atau penyedia jasa internet di Indonesia telah tergabung dalam Indonesia Internet Exchange. Provider internet atau penyedia jasa internet tersebut antara lain yaitu IndosatM2, 3G-Net, CBN (CBN Internet Exchange C2IX Indonesia dan CBN Cyber 2 Internet Exchange), Biznet Internet Exchange, dan masih banyak lagi perusahaan dan konsorsium yang tergabung dalam IIX.

Salah satu peran perusahaan provider atau ISPs/JPII dalam IIX adalah menyediakan bandwidth tertentu. Dengan penambahan-penambahan bandwidth tersebut tentu saja kecepatan koneksi yang bisa diakses pengguna akan lebih baik.

Baca Juga : 5 Provider Internet Rumah Terbaik Di Indonesia

Perkembangan Indonesia Internet Exchange 2022

Perkembangan Indonesia Internet Exchange sangat dinamis. Meskipun berdiri di tahun 1997 dan sempat didapuk sebagai program teknologi jangka panjang pada kabinet Indonesia Bersatu II yang diharapkan selesai di tahun 2012 melalui program Nusantara Internet Exchange (NIX), namun berhenti di 2015 yang mana saat itu fasilitasnya baru terbangun di 19 provinsi.

Selanjutnya NIX direvitalisasi, dimana Kemkominfo mendesain ulang kewajiban pelayanan universal (universal service obligation/USO) di bidang telekomunikasi dan informatika (TI).

Pada rencana strategis (renstra) Kemkominfo 2015-2019 diketahui 19 NIX tersebut belum termanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan kecepatan layanan internet dan mengurangi biaya trafik internet.

Indonesia Internet Exchange sebagai kebijakan jangka panjang tetap berlangsung bahkan lebih intensif. Dalam 3rd Digital Economy Working Group (DEWG) Meeting Presidensi G-20 Indonesia 2022 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 26 Juli 2022, topik lalu lintas internet antar negara menjadi salah satu pembahasan.

Ini menunjukkan bahwa Indonesia Internet Exchange memiliki peran sangat penting bagi layanan digital di Indonesia.

Manfaat Indonesia Internet Exchange

IIX atau Indonesia Internet Exchange memiliki manfaat yang sangat banyak dan perannya sangat vital bagi akses internet di Indonesia, meskipun banyak regulasi yang terus digodok seperti regulasi cross border.

Beberapa manfaat penting IIX

  1. Koneksi internet tidak lagi harus ke jalur internet luar negeri
  2. Jangkauan akses internet lebih luas
  3. Kecepatan akses internet lebih cepat
  4. Memangkas biaya dan internet menjadi lebih murah
  5. Bisa menjadi pintu masuk arus pertukaran data lintas negara
  6. Meningkatkan konten digital
  7. Mendorong perkembangan UMKM
  8. Mempercepat transformasi digital di berbagai aspek

Itulah ulasan tentang apa itu Indonesia Internet Exchange, perkembangan IIX di Indonesia, dan manfaat Indonesia Internet Exchange yang perlu diketahui.

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>