Table of Content

7 Aplikasi Browser Tercepat & Terbaik Android Untuk Internetan

Daftar aplikasi browser Android terbaik dan tercepat serta ringan agar anda mendapatkan pengalaman internetan yang cepat dan aman di perangkat.

Aplikasi Browser Terbaik dan Tercepat - Aplikasi browser adalah salah satu aplikasi penting yang wajib ada bila ingin internetan di smartphone kalian. Namun agar konten terakses dengan cepat, nyaman, dan aman tentu saja kamu harus internetan di browser terbaik.

Akses WiFi dan internet seluler yang mudah diperoleh kini membuat orang bisa mengakses beragam konten kapan saja dari smarpthone.

Dengan buka browser, kamu bisa membaca berita, mengakses situs pencari hotel untuk mencari hotel murah, maupun beragam informasi lainnya di Android.

Saat ini terdapat berbagai macam web browser Android di Playstore. Mulai aplikasi browser terpopuler, maupun aplikasi browser terbaru. Kamu bisa download aplikasi browser Android tersebut gratis.

Namun sebagian besar aplikasi browser tidak cukup bagus untuk internetan di smartphone Android. Lalu apa rekomendasi web browser terbaik untuk internetan di smartphone ?

Daftar Isi

Memilih Aplikasi Browser Android

browser Android terbaik
Daftar browser terbaik dan tercepat untuk internetan di smartphone

Dari berbagai sumber, diketahui bahwa sejumlah browser untuk Android belum didukung teknologi pengolah Javascript/HTML yang mumpuni serta fitur ads blocker.

Alhasil loading aplikasi peramban di Android pun terasa lama meskipun sudah menggunakan paket Wifi kecepatan tinggi.

Adanya script iklan dalam website maupun aplikasi peramban sering menjadi penyebab internetan lemot, juga berdampak pada loading laptop lemot.

Baca juga: Cara Menghapus Iklan di HP

Kriteria web browser terbaik untuk OS Android adalah loadingnya cepat, mampu membaca Javascript dengan baik, didukung kemampuan melakukan screen retizing, rendering, support HTML5 (WebGL, video, web worker, game, Canvas), data arrays, DOM operations, text parsing, serta efisien dalam penggunaan memori.

Rekomendasi Aplikasi Browser Terbaik dan Tercepat Untuk Android

Berikut ini adalah daftar aplikasi browser terbaik, aman, dan tercepat untuk Android dan PC anda.

Brave Browser

Peramban Brave adalah salah satu aplikasi browser terbaru. Namun peramban Android Brave merupakan salah satu web browser Android terbaik dengan loading tercepat.

Kecepatan loading Brave Browser dua kali lebih baik saat dioperasikan di perangkat Windows dan 8 kali lebih cepat di smartphone.

Selain memiliki kelebihan dalam hal loading yang cepat, aplikasi penelusur Android yang satu ini memiliki fitur proteksi keamanan privacy. Kehadiran Brave bisa menjadi alternatif browser terbaik selain Mozilla atau Google Chrome yang lebih dulu menjadi aplikasi browser terpopuler di dunia.

Puffin Browser

Aplikasi mobile browser terbaik dan tercepat di Android berikutnya adalah Puffin. Seperti halnya Brave, Puffin merupakan browser terbaru. Browser Puffin sendiri merupakan salah satu browser Android terbaik dalam hal keamanan dan privacy karena memiliki fitur safe browsing dan protokol keamanan sendiri.

Waktu loading browser terbaik ini juga cepat. Berdasarkan pengujian di SunSpider v1.0.2 yang dilakukan oleh Edgar Cervantes (Androiauthority.com), kemampuan membaca Javascript Puffin yaitu 149,5 miliseconds. Ini berarti kecepatan mengakses situs sangat tinggi dan lebih cepat dibandingkan Mozilla ataupun Chrome for Android.

Selain di Android, browser Puffin juga sudah kompatibel untuk perangkat iOS, Windows, MacOS. Puffin juga bisa kamu jadikan browser untuk TV Android.

Firefox for Android

Aplikasi peramban terbaik berikutnya yang cepat loading serta aman untuk data pribadi anda adalah Firefox. Aplikasi Mozilla merupakan salah satu browser terpopuler untuk internetan yang sebelumnya dikenal dengan Mozilla.

Web browser Mozilla Firefox for Android memiliki fitur-fitur dan adds on yang sangat mendukung aktivitas browsing antara lain multi tab. Selain itu, kompatibilitas Mozilla cukup baik.

Saat ini kamu biswa download aplikasi browser Mozilla versi 113 untuk Android. Beberapa fitur terbarunya antara lain yaitu mampu menampilkan gambar yang jauh lebih baik untuk markah terbaru di bagian berandanya.

Chrome Android

Chrome atau Google Chrome adalah aplikasi web browser Android terpopuler di dunia. Perusahaan raksasa Google bukan hanya andal dalam mengakuisisi sejumlah aplikasi start up dan search engine, tapi juga menciptakan aplikasi browser terbaik.

Salah satu kelebihan Google Chrome adalah kompresi data yang sangat mumpuni sehingga pengoperasiannya sangat ringan serta loadingnya cepat. Seperti halnya Mozilla, Chrome juga didukung mode incognito.

Opera Mini

Opera adalah aplikasi browser yang sangat ringan dan kecepatan loading yang tinggi. Mirip browser Chrome, peramban Opera versi terbaru mampu mengkompresi data.

Opera sudah memiliki aplikasi untuk smartphone dalam wujud Opera Mini. Sejak era smartphone dengan OS Symbian, aplikasi Opera Mini telah digunakan untuk mengakses internet.

Yandex Browser

Aplikasi Yandex adalah salah satu web browser Android paling ringan dengan kemampuan kompresi data yang cukup tinggi. Browser Yandex versi Android memiliki aplikasi pop up blocker sendiri, sehingga setiap kali ads pop up muncul di laman web yang diakses akan terblokir otomatis.

Salah satu kelebihan browser Yandex adalah support web master tools, dimana search engine yang digunakan adalah milik Yandex sendiri.

Safari Browser

Safari adalah web browser yang dikembangkan oleh Apple. Kecepatannya mumpuni bila dioperasikan di perangkat PC karena selain sudah memiliki kemampuan kompresi Safari juga punya fitur ads blockee.

Secara keamanann Safari juga layak diperhitungkan karena ada fitur password manager. Secara overall Safari cocok buat anda yang ingin internetan secara aman dan nyaman namun tetap cepat aksesnya.

Maxthon

Aplikasi browser terakhir yang direkemendasikan untuk diinstal di smartphone kamu adalah Maxthon. Saat ini Maxthon telah dijadikan sebagai browser default baik di smartphone maupun PC oleh lebih dari 670.000.000 pengguna di dunia.

Kalau anda ingin mendownload konten-konten di internet maya maka Maxthon adalah browser yang tepat untuk itu. Selain itu Maxthon juga didukung oleh dua mesin render sehingga sangat cepat pengoperasiannya.

Tips Internetan Cepat dan Aman di Browser

Sebagai saran, sebaiknya kamu mengecek kecepatan internet yang terakses oleh perangkatmu. Dengan mengetahui kecepatan akses internet kamu bisa menentukan kapan saatnya untuk melakukan download apk atau mengupload file. Caranya antara lain dengan menguji kecepatan internet di Website Speed Test.

Selain itu, berhati-hatilah membuat akun di browser tanpa proteksi internet yang mumpuni, karena keamanan yang rendah membuat akun dan informasi pribadi kamu mudah disadap orang lain antara lain dengan menyusupkan malware.

Itulah aplikasi browser terbaik dan tercepat di Android. Selamat browsing.

Suka Teknologi