6+ Aplikasi Browser Tercepat & Terbaik Untuk Dipasang Di Android & Laptop

16 Desember
Aplikasi Web Browser Terbaik-Aplikasi browser adalah salah satu aplikasi penting yang wajib ada di perangkat ketika internetan. Namun untuk mendapatkan beragam informasi dan konten dengan cepat, nyaman, dan aman tentu saja anda harus menggunakan browser terbaik.

Belakangan ini akses WiFi dan data seluler sering digunakan untuk menyebarluaskan konten-konten negatif dan membahayakan keamanan data pribadi pengguna gadget. Hadirnya sejumlah aplikasi penjelajah web yang sistem keamanannya buruk bahkan tidak punya proteksi sama sekali malah tidak membantu mengatasi situasi ini.

Selain itu banyak sekali browser yang tidak didukung teknologi pengolah Javascript/HTML yang mumpuni serta fitur ads blocker. Alhasil loading pun jadi lebih lama meskipun sudah menggunakan paket Wifi kecepatan tinggi. Advertisement atau iklan sudah lama ditengarai sebagai salah satu penyebab internetan lemot karena menggerus bandwidth. Di sisi lain loading lama juga berdampak pada laptop lemot apalagi bila anda online di perangkat berspek rendah.

Bila mengalami hal yang sama maka sudah saatnya kamu menghapus aplikasi penelusur yang digunakan saat ini dan menginstal aplikasi browser yang tepat. Berikut ini adalah daftar aplikasi browser terbaik, aman, dan tercepat untuk Android dan PC anda.

Aplikasi Mobile Browser Terbaik dan Tercepat

aplikasi browser terbaik dan tercepat untuk pc dan android

Kategori web browser yang terbaik untuk sistem operasi Android adalah memiliki kemampuan yang baik saat membaca Javascript dan cepat dalam hal loadingnya, screen retizing, rendering, HTML5 (WebGL, video, web worker, game, Canvas), data arrays, DOM operations, text parsing, serta efisien dalam penggunaan memori.

Apa saja aplikasi browser terbaik yang paling direkomendasikan untuk diinstal di perangkat Android anda ?

Rekomendasi Aplikasi Mobile Browser Terbaik dan Tercepat Untuk Android

1. Brave Browser-Loading 8x Lebih Cepat Di Smartphone

Peramban Brave tergolong baru dan mungkin sebagian netter belum banyak mengenalnya. Namun untuk page loading Brave browser adalah yang tercepat, dimana kecepatannya dua kali lebih baik saat dioperasikan di perangkat Windows dan 8 kali lebih cepat di smartphone.

Selain fitur kecepatan loading tinggi, aplikasi penelusur yang satu ini juga mengusung proteksi keamanan privacy sehingga sangat cocok untuk anda yang merasa tidak nyaman dengan tracking ketika berinternetan di ponsel. Kehadiran Brave tentu saja menjadi alternatif terbaik untuk anda yang kurang cocok dengan browser popular lainnya seperti Mozilla atau Google Chrome.

2. Puffin -Aplikasi Browser Tercepat dan Ringan Di Android

Seperti halnya Brave, Puffin merupakan peramban baru yang bisa anda jadikan alternatif untuk browsing di perangkat. Browser Puffin termasuk dalam kategori peramban terbaik dalam hal privacy karena sudah memiliki fitur safe browsing dan protokol keamanan sendiri sehingga anda nyaman dan aman untuk eksis di dunia maya.

Selain itu kecepatan loadingnya juga tinggi. Berdasarkan pengujian di SunSpider v1.0.2 yang dilakukan oleh Edgar Cervantes (Androiauthority.com) untuk menguji kemampuan membaca Javascript Puffin memiliki waktu loading terendah yaitu 149,5 miliseconds. Ini berarti kecepatan mengakses situs sangat tinggi dan lebih cepat dibandingkan Mozilla ataupun Chrome for Android.

Selain di Android, browser Puffin juga sudah bisa dipasang di perangkat iOS, Windows, dan sudah pasti OS Puffin sendiri.

3. Mozilla for Android -Browsing Lebih Cepat Dan Aman

Aplikasi peramban terbaik berikutnya yang cepat loading serta aman untuk data pribadi anda adalah Mozilla. Aplikasi Mozilla adalah browser terpopuler untuk menjelajah dunia maya. Mozilla memiliki fitur-fitur dan adds on yang sangat mendukung aktivitas brwosing antara lain multi tab. Selain itu, kompatibilitas Mozilla cukup baik.

4. Chrome for Android

Chrome atau Google Chrome adalah aplikasi web browser milik Google. Perusahaan raksasa Google bukan hanya andal dalam mengakuisisi sejumlah aplikasi start up dan search engine, tapi juga menciptakan aplikasi browser terbaik. Salah satu kelebihan Google Chrome adalah kompresi data yang sangat mumpuni sehingga pengoperasiannya sangat ringan dan loadingnya cepat. Seperti halnya Mozilla, Chrome sudah memiliki aplikasi android yang juga ringan dan kecepatan loading tinggi karena kompresinya.

5. Opera Mini

Opera adalah aplikasi browser yang sangat ringan dan kecepatan loading yang tinggi. Seperti halnya Google Chrome, peramban Opera versi terbaru mampu mengkompresi data. Opera sudah memiliki aplikasi untuk smartphone dalam wujud Opera Mini, jauh sebelum Google Chrome versi android dirilis. Sejak jaman OS Symbian aplikasi Opera Mini telah dibuat untuk mengakses internet.

6. Yandex Browser

Aplikasi Yandex adalah salah satu web browser paling ringan dengan kemampuan kompresi data yang cukup tinggi. Selain itu browser Yandex versi Android memiliki aplikasi pop up blocker sendiri, sehingga setiap laman web yang diakses memunculkan ads pop up secara otomatis sudah terblokir. Ini menyebabkan pengguna menjadi aman dan nyaman. Kelebihan Yandex yang lain adalah adanya web master tools.

Namun bila anda ingin lebih nyaman dan online dengan loading cepat di laptop, 6 web browser berikut ini sangat recommended untuk diinstal.

Daftar Aplikasi Web Browser Terbaik Dan Tercepat Untuk PC

Sebuah browser terbaik diukur dari kecepatan, kompatibilitas, fitur, sistem dan protokol keamanan, serta layanan pendukung seperti Help & Support.

Aspek kecepatan browser, yang diukur adalah Speed And Compability yaitu Ease of Use (%), Initial Start Up, Average Start Up Time, Navigation Time, Mobile Browser App, dan Synchorization.

Aspek fitur browser, yang dinilai adalah Tabbed Browsing, Bookmarks, Integrated Search Engine, Add-Ons, Save Tabs, Customization Options, Zoom, Find-On-Page Function, Password Manager, Autofill, Automatic Updates, Spell Check, Seamless Download Manager, Mouse Gestures, Voice Interaction, Open-Source Development, dan Parental Controls.

Aspek keamanan, yang dinilai adalah pada tersedianya Pop-Up Blocker, Clear Data, Anti-Spyware, Anti-Virus, Anti Phishing, dan Private Mode.

Aspek dukungan pengguna, yang dinilai yaitu adanya Online Knowledgebase, User Guide, User Forums, FAQs, Tutorials, Email Support.

Lalu, browser mana yang terbaik untuk PC ? Berikut adalah hasil pengujian yang dilakukan Top Ten Reviews pada aspek-aspek tersebut.

Daftar Aplikasi Browser Terbaik dan Tercepat Untuk PC

1. Mozilla : Browser Terpopuler, Terbaik, dan Tercepat Untuk Browsing

Bagi anda yang sering mendownload file-file besar sangat disarankan menggunakan Mozilla. Untuk aspek kecepatan Mozilla memang terkenal cepat karena sistem kompresinya bekerja cukup baik sehingga waktu loading terpangkas. Mozilla mendapat skor 9,75 lebih baik dibandingkan Google Chrome yang cuma 9,38 untuk aspek ini.

Mozilla juga mudah digunakan dengan berbagai fitur pendukung. Selain itu Mozilla sudah support synchronize sehingga akun email anda bisa terotomatisasi sebagai akun browser. Secara overall Mozilla adalah peramban yang terbaik dan tercepat untuk anda melakukan aktivitas online di PC.

2. Google Chrome : Browser Dengan Loading Cepat dan Sistem Cloud Terbaik

Browser tercepat lainnya yang recommended dipasang di PC adalah Google Chrome. Seperti halnya Mozilla, Chrome adalah penjelajah web populer. Untuk aspek kecepatan Chrome memang di bawah Mozilla. Namun untuk urusan fitur, keamanan, dan layanan pengguna Chrome dapat mengimbangi Mozilla. Bahkan untuk cloud computing Google adalah yang terbaik di kelasnya. Secara keseluruhan, Chrome sangat direkomendasikan sebagai aplikasi terbaik dan tercepat untuk laptop anda.

3. Opera Browser : Browser Terbaik Dan Ringan Untuk PC

Selain Mozilla dan Chrome browser terbaik berikutnya yang punya kecepatan mumpuni untuk internetan di laptop adalah Opera. Secara sepintas Opera memang mirip Chrome karena menggunakan base yang sama. Namun Opera punya keunikan tersendiri karena memiliki sidebar yang bisa anda gunakan untuk menempelkan link dari situs favorit, bookmark, ataupun shortcut ke email dan jendela chatting.

Bagi sebagian orang menganggap Opera bukanlah peramban yang bagus karena sejumlah fitur tidak support di beberapa OS. Bahkan bila dibandingkan versi smartphone Opera punya kecepatan lebih buruk dibandingkan Puffin atau Mercury dan Naked browser. Namun untuk di laptop (Opera for Windows dan MacOS) punya kompresi yang bagus sehingga loadingnya cepat.

Sistem keamanan browser Opera juga mumpuni ditambah lagi ada fitur incognito tablature sehingga tidak dapat ditracking. Alhasil internetan pun jadi nyaman dan aman. Secara overall Opera dapat anda jadikan alternatif utama bila ingin memasang browser yang tercepat dan terbaik di PC.

4. Safari Browser : Browser Terbaik Untuk Mac OS / iOS

Safari adalah web browser yang dikembangkan oleh Apple. Kecepatannya mumpuni bila dioperasikan di perangkat PC karena selain sudah memiliki kemampuan kompresi Safari juga punya fitur ads blockee.

Secara keamanann Safari juga layak diperhitungkan karena ada fitur password manager. Secara overall Safari cocok buat anda yang ingin internetan secara aman dan nyaman namun tetap cepat aksesnya.

5. Edge / Internet Explorer : Aplikasi Browser Terbaik Untuk PC/Laptop Windows

Internet Explorer adalah salah satu browser tertua yang muncul di era internet. Setelah merilis berbagai versi IE, Windows kemudian merilis Edge sebagai browser terbaru khusus Windows. Kecepatan loadingnya lumayan. Selain itu browser yang satu ini juga sudah punya proteksi tingkat tinggi dan otomatisasi akun.

6. Maxthon : Browser Cepat Dan Aman Untuk Cloud Dan Download

Aplikasi browser terakhir yang direkemendasikan untuk diinstal di laptop/PC anda adalah Maxthon. Saat ini Maxthon telah dijadikan sebagai browser default baik di PC maupun smartphone oleh lebih dari 670.000.000 pengguna di dunia.

Kalau anda ingin mendownload konten-konten dunia maya maka Maxthon adalah browser yang tepat untuk itu. Selain itu Maxthon juga didukung oleh dua mesin render sehingga sangat cepat pengoperasiannya.


Bagaimana Mengukur Kecepatan Internet

Sekedar saran nih ya, sebaiknya kamu mengecek kecepatan internet yang terakses oleh perangkatmu. Dengan mengetahui kecepatan akses internet kamu bisa menentukan kapan saatnya untuk melakukan download apk atau mengupload file. Caranya antara lain dengan menguji kecepatan internet di Website Speed Test.

Itulah Aplikasi Browser Terbaik Dan Tercepat Untuk Internetan di HP Android dan PC anda. Pastinya anda harus bijak memanfaatkan konten-konten digital saat ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

5 Comments

Write Comments
22 Desember, 2017

Browser terbaik itu yandex. Gw pake di hp gw ringan banget.
Pup up diblokir.

avatar
05 Januari, 2018

kalo saya mah aplikasi browser terbaik itu google chrome, soalnya ringan dan cepat.

avatar
25 Februari, 2018

aplikasi browser terbaik menurut saya mozilla, soalnya di smartphone saya pake mozilla sih.
tapi kalo di laptop saya pake mozilla dan google chrome juga sih

avatar
21 Maret, 2018

Google chrome, aplikasi browser favorit saya untuk browsing Super cepat di smartphone.

avatar
21 Maret, 2018

iya saya juga suka google chrome

avatar