Trik Mempercepat Internet All Operator di Android

Panduan lengkap mempercepat koneksi internet di Android paling ampuh untuk mengatasi jaringan lemot Telkomsel, Indosat, dan 3
Mempercepat Koneksi Internet Seluler di Android - Era milenium adalah eranya teknologi digital. Internet bisa diakses dengan mudah oleh siapa saja. Kebutuhan akan internet cepat juga turut meningkat, menyebabkan provider internet berlomba-lomba meningkatkan layanan paket internet kepada para penggunanya.

Kecepatan Internet Seluler

Cara Mempercepat Koneksi Internet Telkomsel Indosat 3 di Android
Telkomsel, Indosat, dan 3 merupakan beberapa provider internet mobile yang dikenal punya kecepatan yang baik. Tapi meskipun dikatakan internet cepat, sering kali koneksi Telkomsel, Indosat, dan 3 yang diakses oleh Android tidak stabil. Bahkan terputus-putus.

Koneksi internet seluler yang lambat ini Ini tentu saja menimbulkan permasalahan bagi sebagian kalangan. Hal ini membuktikan pernyataan dari Akamai bahwa koneksi internet Indonesia masih tergolong lambat, karena berada pada peringkat ke-92 di dunia.

Bisa dibayangkan bukan, ketika mengirim dokumentasi kegiatan lewat WhatsApp, berkirim email, mengupload video, mendownload aplikasi tiba-tiba di tengah jalan jadi lelet minta ampun, bahkan terputus ? Pastinya bikin jengkel.

Baca Juga : Urutan Versi Android, Versi Android Terbaru, dan Versi Android Tertinggi Saat Ini

Ada gak sih trik buat mempercepat koneksi internet di Android ? Ada dong. Nah, kali ini TeknoPlug akan berbagi informasi buat sobat TeknoPluggers yang sering mengalami masalah internet lemot di Android.

1. Mempercepat Koneksi Internet di Android Melalui Setting VPN

Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android Pelanggan Telkomsel salah satu triknya adalah melakukan pengaturan VPN. Apa itu VPN (Virtual Private Network) ? VPN adalah suatu koneksi private melalui jaringan publik (public access atau public connection). Fungsi VPN yaitu memodifikasi atau membuat jaringan dalam jaringan. VPN sangat berguna untuk mempercepat koneksi internet wifi di PC serta mempercepat akses internet pada smartphone saat sedang lemot.

a. Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android Dengan Setting VPN

  • Dari menu utama pada home screen Android, klik “Settings” atau “Setelan”.
  • Klik “Wi-Fi” pada menu.
  • Layar akan menunjukkan semua jaringan wireless yang di temukan oleh smartphone Android Anda.
  • Tekan lama pada nama jaringan yang terhubung dengan smartphone Android Anda, kemudian klik “Modify Network”.
  • Pada beberapa perangkat, Anda mungkin perlu mencentang kotak “Advance” atau “Lanjutan” untuk melihat pengaturan lebih lanjut.
  • Untuk menyesuaikan pengaturan DNS pada smartphone Android Anda, Anda perlu mengganti pengaturan alamat IP dari DHCP (“Dynamic” atau “Dinamis”) ke “Static” atau “Statis”.
  • Setelah di ubah, akan muncul menu setting DNS.
  • Tambahkan DNS server yang ingin Anda gunakan.
  • Simpan pengaturan Anda.:
Harap diingat, bahwa pengaturan DNS di atas hanya berlaku pada perangkat Android yang mengakses internet Wifi. Lalu bagaimana langkah-langkah yang diperlukan untuk pengaturan DNS untuk pengguna mobile data ?

Baca Juga : Penyebab Internet Telkomsel, Indosat, XL, 3 Lemot di Android

b. Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android Dengan Setting VPN Tanpa Root Menggunakan Aplikasi DNSet

Cara mempercepat koneksi internet di Android khususnya bagi pelanggan provider Telkomsel, Indosat, dan 3 yaitu dengan setting VPN menggunakan DNSet. DNSet adalah sebuah perangkat lunak yang dikembangkan oleh "Gambero & Di Florio" yang bisa diinstal pada perangkat Android tanpa root. Bagi anda yang memiliki perangkat Android tanpa root (unrooted), DNSet cocok untuk dipasang di smartphone Android kamu.

Yang perlu diingat yaitu DNSet versi gratis (free version) hanya mengijinkan pengguna agar beralih ke Public Google DNS saja.

Langkah-Langkah Mempercepat Kecepatan Internet di Android Menggunakan Aplikasi DNSet (Aplikasi Android Tanpa Root) :

  • Download dan install terlebih dahulu aplikasi “DNSet” pada smartphone Android Anda, bisa anda lakukan lewat Google Play Store yang sudah terpasang di ponsel dengan keyword "dnset". Pastikan bahwa anda sudah punya akun Google Play agar bisa terakses ke Google Play Store.
  • Setelah ter-install pada smartphone Android Anda, buka software “DNSet”.
  • Klik tombol “Start” pada antarmuka perangkat lunak “DNSet”. Biasanya akan muncul kotak dialog “Attention” atau “Peringatan”, hal tersebut di karenakan perangkat lunak DNSet akan membuat sambungan VPN
  • Centang “I trust this application” atau “Saya percaya aplikasi ini”.
  • Klik “OK”.
  • Sesi DNSet akan di mulai dan perangkat Android Anda terhubung ke jaringan WiFi atau mobile data melalui DNS server Google.
Menggunakan VPN saat browsing bisa mempercepat koneksi internet di android dengan cara menghubungkannya ke alamat IP negara lain. Selain mempercepat koneksi internet android VPN juga bisa membuka situs yang terblokir.

2. Mempercepat Akses Internet Dengan Memasang Ads Blocker

Banyaknya konten berupa iklan melayang, sticky ads maupun pop up di web saat membuka situs sangat mengganggu. Selain membuat tidak nyaman juga memperlambat loading. Mengapa ? Karena semua konten web akan menggunakan bandwidth. Bandwidth yang terbagi menyebabkan internetan juga lemot. Untuk mempercepat koneksi internet pada smartphone dan tablet gunakan aplikasi ads blocker sehingga iklan bisa terblokir secara otomatis.

Aplikasi Ads Blocker Terbaik Untuk Mempercepat Koneksi Internet Di Ponsel Android

Mempercepat akses internet Android Indosat bisa dilakukan dengan menggunakan web browser yang didalamnya memiliki fitur Ads Blocker. Selain menggunakan web browser yang punya fitur Ads Blocker, kamu juga bisa mengunduh aplikasi pemblokir iklan sehingga saat browsing anda akan nyaman tanpa gangguan.

Beberapa jenis Aplikasi Ads Blocker Untuk Mempercepat Koneksi Android antara lain yaitu :

#1 Pemblokir Iklan Block This

Block This adalah adblocker terbaik untuk Android yang dapat memblokir semua iklan berbahaya dan tidak diinginkan untuk meningkatkan kinerja Android kita.

Selain sebagai adblocker, Block This juga dapat mempercepat loading browser dan menghemat sedikit kuota internet Telkomsel, Indosat, atau 3 kamu.

#2 Pemblokir Iklan NetGuard

Agar koneksi internet di Android kamu semakin meningkat, memasang aplikasi NetGuard menjadi solusi terbaik. NetGuard adalah aplikasi terbaik lainnya yang dirancang untuk melindungi perangkat dari iklan jahat.

Dengan memasang NetGuard, pelanggan Telkomsel, Indosat, dan 3 pengguna Android dapat menurunkan penggunaan data, menghemat baterai dan melindungi privasi. Setelah membuka aplikasi, kamu akan melihat daftar semua aplikasi yang terpasang di Android. Cukup ketuk aplikasi apa saja untuk melihat unduhan konsumsi internet pengunggahan aplikasi itu.

#3 Pemblokir Iklan AppBrain Ad Detector

Aplikasi pemblokir iklan berikutnya yang bisa dipasang agar bisa meningkatkan koneksi internet di Android bagi pelanggan Telkomsel, Indosat, dan 3 yaitu AppBrain Add Detector.

Aplikasi ini tidak akan membiarkan satu iklan pun lolos masuk ke smartphone Android kamu. Dengan fitur-fiturnya yang lengkap, AppBrain Ad Detector akan menjamin kenyamanan kamu pada saat browsing ataupun membuka aplikasi yang terkoneksi dengan internet Telkomsel, Indosat, atau 3 kamu. Aplikasi ini bahkan bisa mendeteksi langsung sebelum iklan benar-benar mencoba menyusup ke smartphone kamu.

#4 Pemblokir Iklan AdGuard

Aplikasi adbloc lainnya yang bagus untuk mempercepat akses internet di Android yaitu AdGuard. AdGuard adalah aplikasi yang akan membantu kamu menghindari semua iklan yang tidak diinginkan pada halaman web manapun. Aplikasi ini memudahkan Anda memblokir semua jenis iklan berbahaya, yang mencuri informasi pribadi Anda.

Selain itu, Adguard menghapus semua data dan informasi yang terkait dengan iklan di halaman yang Anda kunjungi. Jadi, para pelanggan Telkomsel, Indosat, dan 3 bisa browsing lebih cepat saat semua iklan banner hilang. Selain itu, AdGuard juga melindungi Anda dari virus berbahaya yang akan masuk ke smartphone Anda saat mendownload aplikasi atau perangkat lunak apa pun.

#5 Pemblokir Adblock Fast

Aplikasi adblock terakhir yang cukup recommended agar bisa mempercepat koneksi Telkomsel, Indosat, dan 3 di Android yaitu Adblock Fast.

Adblock Fast adalah aplikasi pemblokir iklan tanpa harus membuka akses root maupun pindah ke peramban lain. Aplikasi ini beroperasi dengan menjalankan penyaringan halaman web untuk menghemat ruang penyimpanan dan memori, meringankan proses, sekaligus memblokir iklan. Jadi, Anda bisa menikmati selancar di internet tanpa gangguan iklan lagi!

3. Mengatasi Jaringan Lemot di Android Menggunakan Internet Booster

Untuk mempercepat koneksi internet Android pelanggan Indosat, kamu bisa pakai Aplikasi yang gunanya menangkap sinyal atau penguat sinyal. Aplikasi untuk mempercepat koneksi internet ini fungsinya bukan hanya mengoptimalkan perangkat, tapi juga memaksimalkan koneksi internet itu sendiri.

Contoh aplikasi yang digunakan untuk mempercepat koneksi internet adalah Internet Speed Booster. Aplikasi ini sangat mudah digunakan, hanya dengan melakukan tap pada pilihan menu yang ada. Internet Speed Booster memiliki algoritma tersendiri yang bisa meningkatkan kecepatan akses internet android.

Aplikasi-Aplikasi Internet Booster Untuk Mempercepat Koneksi Internet Android Pelanggan Telkomsel, Indosat, dan 3

Ada banyak aplikasi Android khususnya untuk meningkatkan kecepatan akses internet mobile data pelanggan ISP Telkomsel, Indosat, dan 3. Beberapa aplikasi terbaik Android tersebut antara lain yaitu :
  • Internet Booster & Optimizer
  • Free Internet Speed Booster
  • Internet Speed Boster 3G/4G
  • Internet Speed Boster
  • Speedyfy
  • Faster Internet 2X

4. Mempercepat Koneksi Internet Indosat/Telkomsel/3 Dengan Android Root

Trik mempercepat koneksi internet Indosat berikutnya yaitu dengan root. Mempercepat koneksi internet di Android root dilakukan dengan memodifikasi konfigurasi RAM dan ROM. Contoh aplikasi yang digunakan untuk meningkatkan kecepatan internet yaitu Internet Booster (root). Aplikasi root ini memanipulasi sistem ROM sehingga mampu menambah kecepatan 40 hingga 70 persen lebih cepat dari keadaan semula. Trik ini juga bisa diterapkan untuk pelanggan Telkomsel dan 3.

Selain untuk memodifikasi RAM dan ROM, mempercepat koneksi internet Telkomsel, Indosat, dan 3 di Android root juga berfungsi untuk setting VPN.

Pada poin 1 langkah B telah dinyatakan bahwa untuk mempercepat koneksi internet Android pelanggan mobile data seperti Telkomsel, Indosat, dan 3 bisa dilakukan dengan setting VPN Android tanpa root. Nah, lalu bagaimana pengaturan untuk menambah kecepatan internet di Android root ?

Trik Menambah Kecepatan Koneksi Internet Indosat, Telkomsel, 3 di Android Root Menggunakan Aplikasi 3G/4G Speed Optimizer

Kamu bisa meningkatkan kecepatan internet di Android root bagi pelanggan seluler menggunaakan aplikasi 3G/4G Speed Optimizer. Tapi untuk bisa menggunakan cara ini, smartphone kamu harus sudah di root terlebih dahulu.

Langkah-langkah Mempercepat Koneksi Internet Telkomsel, Indosat, 3 di Android Root Menggunakan Aplikasi 3G/4G Speed Optimizer
  • Download dulu aplikasi 3G/4G Speed Optimizer via Play Store.
  • Install aplikasinya seperti biasa kemudian jalankan.
  • Nantinya Sobat akan disediakan banyak pilihan. Silahkan pilih “Max Speed” supaya koneksinya optimal.
  • Langkah selanjutnya, silahkan pilih “Apply Tweak”.
  • Restart smartphone Sobat, dan silahkan coba kembali untuk browsing.
Baca Juga : Cara Cepat Mengubah HP 3G Menjadi 4G di Android dan IPhone

5. Meningkatkan Kecepatan Internet Dengan Membersihkan File Sampah

Selain dengan Android root, cara mempercepat koneksi internet 3 jgua bisa dilakukan dengan melakukan pembersihan file sampah.

Kamu harus tahu, bahwa setiap kita mengoperasikan perangkat baik di komputer maupun di smartphone akan menyisakan temporary internet files atau junk files (file sampah). Apabila kamu internetan pakai kuota internet Telkomsel, Indosat, atau 3 lewat web browser di smartphone Android juga akan meninggalkan jejak berupa file cache. Junk files dan cache yang menumpuk di direktori maupun di browser bisa membuat laptop dan smartphone jadi lambat. Kalau smartphone lambat, biasanya mengakses internet juga lama.

Lalu bagaimana triknya supaya bisa meningkatkan koneksi internet di Android ? Ada 2 cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan membersihkan perangkat dengan aplikasi, dan membersihkan cache tanpa software. Trik ini juga berlaku untuk pelanggan Telkomsel dan Indosat.

a. Cara Meningkatkan Kecepatan Akses Internet di Android Dengan Melakukan Pembersihan Cache di Web Browser

Setiap browser memiliki pengaturan (setting) yang hampir sama. Biasanya dalam pengaturan tersebut terdapat beberapa fungsi pengaturan, mulai dari pengaturan server, pengaturan akun, hingga pengaturan pasca browsing (after browsing).

Langkah-Langkah Pembersihan File Sampah dan Cache di Web Browser Android Untuk Meningkatkan Akses Internet

Kalau kamu menggunakan browser Chrome, Mozilla, Yandex browser, atau Opera Mini di smartphone, berikut ini langkah-langkah membersihkan file cache untuk meningkatkan kecepatan internet di Android.
  • Buka aplikasi yang sering kamu gunakan untuk browsing.
  • Pilih fitur "Setting" atau "Pengaturan". Akan terbuka sebuah jendela pengaturan dengan bermacam-macam opsi di sana.
  • Cari opsi "History". Di sana akan muncul jejak atau sejarah borwsing mulai dari 1 jam sebelumnya, hari ini (today), kemarin (yesterday), minggu lalu (las week), atau dari awal (from beginning). Tiap browser mungkin punya opsi berbeda, misalnya 1 hours ago, 24 hours ago, this week, this month, atau from the beginning.
  • Pilih "Deleted Files". Ada juga yang berbunyi perintah "Hapus cache". Sebaiknya pilih "Hapus Dari Awal".
Setelah itu lakukan pengaturan berikut agar setiap kali kamu browsing cachenya tidak tersimpan atau secara otomatis terhapus.
  • Masih dari opsi "Setting" atau "Pengaturan".
  • Pilih "History".
  • Lalu pilih opsi "Never Save Cache" atau "Jangan Simpan Cache". Ada juga opsi "Never Save Password" atau "Jangan Simpan Password". Khusus opsi ini tergantung dengan keinginanmu apakah akan tetap membiarkan password semua akun yang terintegrasi di browser atau tidak.
  • Pilih "Save" atau "Simpan"
Selain dengan pengaturan manual di browser, kamu juga bisa meringankan beban smartphone saat mengakses internet Telkomsel, Indosat, atau 3 lewat aplikasi yang bernama CC Cleaner.

b. Cara Meningkatkan Kecepatan Akses Internet Android Pengguna Telkomsel, Indosat, 3 Menggunakan CC Cleaner

CC Cleaner adalah sebuah software yang membantu meningkatkan performa perangkat sekaligus meningkatkan kecepatan internet. CC Cleaner bisa digunakan untuk mempercepat koneksi internet pc maupun gadget. Caranya hampir mirip dengan defragment (kompres), namun CC Cleaner juga menghapus file yang susah didelete.

Langkah-langkah Menggunakan CC Cleaner Untuk Meningkatan Koneksi Internet di Ponsel Android Pelanggan Telkomsel, Indosat, dan 3

  • Download dan pasang terlebih dahulu CC Cleaner di perangkat.
  • Setelah terinstal, buka aplikasi CC Cleaner tersebut.
  • Setelah terbuka, kemudian pilih tab Cleaner. Di jendela ini akan ditampilkan struktur atau isi direktori perangkat.
  • Centang direktori mana yang akan dibersihkan. Agar smartphone semakin ringan, pilih saja direktori file "Temporary Internet Files", "History", "Cookies".
  • Selain folder di atas, kamu juga bisa menghapus registry yang ingin dibersihkan.
  • Selesai.

Baca Juga : Internetan masih lemot juga ? Sebelum mempercepat koneksi internet android Telkomsel/Indosat/3 di smartphone, terlebih dahulu kamu mesti cek kecepatan internet kamu. Misalnya dengan melakukan pengujian kecepatan internet di website speed test (Baca Juga : Uji Kecepatan Internet Dengan Website Speed Test). Dengan melakukan pengujian, kamu jadi tahu apakah akses internetmu kencang atau lambat.

Anda mungkin menyukai postingan ini

2 komentar

  1. COK Player
    Mempercepat koneksi internet di android saya mah gampang aja gak pake ribet. Cukup pake browser ringan dan cepat, bersihkan cache, pakai aplikasi online yg perlu-perlu aja.
  2. Bang Oben
    trik no 2 sama no 3 lumayan ampuh tuh kayaknya buat mempercepat koneksi internet di android, bukan cuman telkomsel kayaknya
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>