16 Faktor Penyebab WiFi Lemot di PC dan HP Padahal Sinyal Bagus

Apakah koneksi WiFi di perangkat anda lemot ? Membuka situs terasa lama padahal sinyal full ? Saat nonton Youtube atau main game sering lag dan koneksi terputus-putus ? Jangan keburu su'udzon dengan ISP, karena bisa saja jaringan Wifi anda sedang buruk, atau sinyal WiFi mengalami gangguan. Atau anda keliru berlangganan paket kecepatan Wifi ? Bisa jadi.

Internet saat ini memang menjadi kebutuhan utama masyarakat yang senantiasa beraktivitas secara daring. Apalagi teknologi jaringan semakin canggih sehingga orang dapat menikmat beragam konten dengan cepat. Salah satu jenis internet yang biasa digunakan untuk online adalah WiFi.

Kecepatan WiFi yang tinggi dan koneksi yang stabil adalah alasan utama mengapa orang berlangganan paket Wifi rumah, misalnya paket Indihome. Namun demikian bukan berarti tidak ada kendala selama internetan menggunakan WiFi. Ada kalanya kecepatan internet melambat bahkan terputus tiba-tiba meskipun sinyal penuh. Pastinya keadaan ini membuat aktivitas menjadi terhambat, bahkan berdampak pada menurunnya produktivitas kerja.

Untuk mengetahui cepat atau lambatnya kecepatan akses internet di perangkat anda coba lakukan uji kecepatan koneksi internet. Salah satu cara menguji kecepatan internet misalnya melalui website speed test.

Lalu, mengapa internet khususnya WiFi bisa lambat ? Berikut ini adalah ulasan tentang faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab WiFi lemot.

Penyebab Koneksi Internet Lemot di HP dan Laptop

penyebab jaringan telkomsel indosat xl 3 lemot

1. Infrastruktur Jaringan Belum Memadai

Infrastruktur jaringan dan teknologi komunikasi adalah salah satu faktor utama penentu majunya teknologi sebuah negara. Harus diakui bahwa dibandingkan negara-negara maju di dunia dan di Asia seperti Singapura, Jepang, dan Korea Selatan, Indonesia tergolong lambat dalam hal kecepatan internet. Salah satunya karena infrastruktur jaringan yang belum memadai.

Infrastruktur jaringan yang belum mendukung ini menimbulkan beragam dampak misalnya pada koneksi internet yang buruk, sinyal yang sering hilang, dan kecepatan akses yang tidak stabil. Padahal kecepatan yang stabil dan koneksi yang kencang sangat dibutuhkan pengguna yang sering mendownload file besar atau streaming game misalnya di Google Stadia.

2. Coverage Area Terbatas Karena Topografi

Belum maksimalnya ketersediaan infrastruktur jaringan salah satunya disebabkan oleh kontur dan topografi alam. Indonesia adalah negara kepulauan. Setiap pulau memiliki topografi yang dinamis yang umumnya dikelilingi perbukitan dan gunung. Keadaan alam seperti ini pastinya membutuhkan pengerjaan infrastruktur yang kompleks.

Semisal anda berada di daerah perbukitan dan sinyal internet hanya sedikit di indikator HP itupun putus putus maka hal yang wajar bila koneksi sangat lambat ketika internetan.

3. Gangguan Internet Yang Disebabkan Bencana Alam

Koneksi yang buruk juga sangat sering disebabkan oleh bencana alam. Gempa bumi adalah jenis bencana alam yang paling mempengaruhi kecepatan internet. Frekuensi gangguan yang disebabkannya juga tinggi. Gempa bumi dapat disebabkan oleh pergeseran lempeng tektonik dan efek vulkanisasi. Dampaknya sangat luar biasa, antara lain tower pemancar dan penerima sinyal bisa roboh dan rusak. Alhasil jaringan internet pun terganggu dan sinyal sulit ditangkap di perangkat.

4. Faktor Ketersediaan Daya dan Listrik Padam Tiba-Tiba

Kamu lagi internetan tapi tiba-tiba semua yang diakses di peramban tidak bisa dibuka ? Coba cek apakah sinyal full atau berkurang tinggal satu balok lagi di hp mu. Jangan-jangan kantor provider di daerahmu sedang mengalami pemadaman.

Saat ini beberapa provider memberlakukan pengoperasian dan layanan secara regional. Semisal Telkomsel pengoperasiannya dilakukan sesuai kebutuhan regional termasuk penggunaan listrik dari PLN sebagai sumber daya utama. Ketika di daerahmu PLN memberlakukan pemadaman listrik pada waktu tertentu bisa jadi listrik di kantor dan infrastruktur yang tersedia di regional ISP langgananmu juga dimatikan. Alhasil sinyal internet di perangkatmu hilang.

5. Penyebab Internet Lemot Karena Cuaca Buruk

Gangguan lain yang menyebabkan masalah koneksi internet lambat adalah hujan yang disertai petir. Di Indonesia faktor cuaca ekstrim adalah yang paling sering mengganggu koneksi internet. Petir memiliki gelombang dan tegangan listrik super tinggi sehingga menyebabkan sinyal WiFi lemah . Frekuensi radio yang digunakan sebagai saluran internet juga kerap terganggu karena angin kencang. Akibatnya perangkat hp atau PC anda sukar mengakses berbagai aplikasi dan lambat browsingnya.

6. Menggunakan Channel Yang Trafficnya Padat

Secara teknis, pengguna internet dapat menikmati layanan internet cepat bila jalur akses atau jaringan yang digunakan dalam kondisi sepi atau tidak ada pengguna lain di sekitarnya. Namun apabila pada saat yang bersamaan ada pengguna internet di sekitar yang juga memanfaatkan jalur tersebut, maka potensi internetan menjadi lemot selalu ada. Contohnya adalah saat melakukan proses registrasi SIM beberapa waktu lalu, selama berhari-hari registrasi selalu gagal karena sangat padatnya lalu lintas jaringan yang digunakan oleh seluruh pengguna internet di Indonesia dalam waktu yang bersamaan.

7. Memilih Paket Kecepatan WiFi Yang Tidak Tepat

Di Indonesia ada cukup banyak ISP baik ISP WiFi yang menawarkan beragam paket Wifi dan data seluler.

Namun ketika bicara kecepatan internet maka yang perlu anda ketahui adalah berapa Mbps (megabit per detik) sebenarnya kecepatan akses internet pada setiap paket dari masing-masing provider tersebut.

Selain itu apakah provider langganan ada sudah memiliki infrastruktur jaringan yang mumpuni ? Dimana saja coverage area-nya ? Apakah memiliki tower pemancar sendiri atau nebeng dengan provider lain ? Hal-hal ini haruslah dipertimbangkan saat memilih provider sebelum berlanggan internet.

Anda bisa mengatasi kendala lemot saat internetan menggunakan kuota internet seluler melalui trik ini : Mempercepat Koneksi Internet di Android Telkomsel, Indosat, dan 3.

8. Internetan di Perangkat Yang Belum Support Teknologi Jaringan Termutakhir

Apakah anda internetan via hp Android atau iPhone yang masih menggunakan piranti konektivitas tipe lama ? Bila iya maka bisa dipastikan kecepatan koneksinya lebih lambat dibandingkan tipe terbaru.

Saat ini smartphone dan laptop terbaru sudah didukung oleh teknologi jaringan terbaru. Anda bisa melihat spesifikasinya pada setiap paket kemasan produk.

Kalau kamu ingin meningkatkan hp mu jadi lebih kencang internetan coba terapkan tutorial Cara Upgrade HP 3G Menjadi 4G di Android dan IPhone.

9. Spesifikasi Perangkat Masih Semenjana ? Siap-Siap Lemot Saat Online

Masalah koneksi internet yang lambat sering mendera pengguna yang internetan di perangkat berspesifikasi rendah. Menggunakan hp atau laptop yang RAM-nya kecil dan processor nya tipe jadul menyebabkan kemampuan dan kinerja perangkat selama terhubung ke internet jadi lambat. Kinerja pemrosesan dan multitasking rendah ini terlihat saat kamu mengalami lag atau loading yang terlalu lama ketika membuka situs Youtube.

10. Membiarkan Banyak Aplikasi Terbuka dan Berjalan Secara Background di Perangkat

Beragam aplikasi bisa kita operasikan di HP dan laptop. Namun bila anda membukanya terlalu banyak justru menyebabkan bandwidth tersedot. Parahnya lagi selain menyebabkan proses loading jadi sangat lama juga bisa menyebabkan perangkat hang dan mati sendiri. Ini biasanya terjadi pada perangkat-perangkat berspesifikasi rendah.

11. Memakai Modem Tipe Lama Yang Lebih Lambat Kecepatan Aksesnya

Modem adalah piranti utama agar perangkat bisa mengakses sinyal internet. HP dan PC terbaru pastinya sudah menggunakan modem tersebut. Namun ketika anda berlangganan WiFi bisa saja koneksi Wifi mu berjalan sangat lambat. Apa sebab ? Kemungkinan besar karena router WiFi yang dipasang di rumah masih tipe lama yang menggunakan teknologi a, b, dan g yang kecepatan koneksinya lebih lambat dibandingkan tipe ab dan n.

12 Meletakkan Router WiFi Tidak Tepat Dan Posisi Antena Modem Tidak Pas

Bila anda berlangganan paket Wifi berkecepatan 30Mbps tapi terasa lambat saat online padahal sinyal full, kemungkinan besar ini disebabkan posisi modem Wifi yang keliru peletakannya dan antena router yang tidak pas.

Meletakkan modem router dekat dengan perangkat elektronik, meletakkan modem di bawah meja dan temat tidur justru membuat sinyal Wifi lemah sehingga sukar ditangkap oleh receiver di perangkat. Posisi antena yang tidak tegak lurus juga menyebabkan sinyal wifi sering putus-putus meskipun jarak router dekat denganmu.

13. Bandwidth Terkuras

Penyebab internet WiFi lemot berikutnya yaitu bandwidth yang terkuras. Jaringan internet Indosat lemot bila menggunakan browser yang tidak memiliki Adblocker (pemblokir iklan). Asal kamu tahu, iklan yang muncul bertebaran di dalam browser sangat menguras bandwidth. Ketika bandwidth terkuras oleh iklan, maka kuota bandwidth yang dibutuhkan untuk membuka situs atau aplikasi yang kamu inginkan jadi over sehingga internetan jadi lemot.

Sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi Adblocker untuk mengatasi internet Indosat lemot. Langkah lainnya yaitu dengan memasang browser yang ringan yang terintegrasi dengan Ads Blocker.

14. Internetan Pakai Browser Berat dan Jadul

Menggunakan aplikasi browser yang kapasitasnya berat dan tidak optimal pengembangannya sangat mempengaruhi kinerja perangkat ketika mengakses internet. Apalagi kalau spesifikasi ponselnya rendah, perangkat bisa hang.

Beberapa browser punya fitur multi tab. Ketika kamu membuka berbagai situs di tab yang berbeda pada saat yang bersamaan, bandwidth juga terkuras. Saat ini browser terbaik sudah didukung oleh sejumlah update dan upgrade fitur dari pengembangnya sehingga membuka halaman-halaman situs terasa cepat.

15. Junk Files, Cache Yang Menumpuk, dan Infeksi Virus

Junk files dan file cache adalah sisa-sisa saat browsing. Ketika mengaktifkan internet dan membuka peramban semua file ini turut terbaca dan secara otomatis dihitung bit transfernya. Ketika sudah menumpuk dan tidak dibersihkan bandwidth akan terpakai sehingga ketika anda membuka aplikasi lain akan terasa lambat loadingnya.

Bandwidth yang terkuras yang berdampak pada berkurangnya kecepatan internet juga dapat disebabkan oleh infeksi virus dan malware. Perangkat yang tidak memasang antivirus terbaik sangat rentan terserang virus. Media penyebaran virus melalui internet adalah iklan, email, file sampah dan cache yang menumpuk.

16. Mengaktifkan WiFi dan Data Seluler Bersamaan

Di hp dan PC sudah tersedia menu pengaturan jaringan. Tapi kenapa internetan masih bermasalah ? Penyebabnya bisa jadi karena pengaturan jaringan yang keliru. Misalnya anda internetan via hp memakai kuota mobile seluler dan kecepatannya bermasalah saat internetan penyebabnya adalah anda mengaktifkan menu WiFi dan Data Seluler bersamaan.

Disatu sisi mengaktifkan secara bersamaan menu Wifi dan Data Seluler memang menguntungkan karena ketika salah satu jaringan bermasalah perangkat tetap bisa menjalankan aplikasi menggunakan jaringan lainnya. Tapi hal ini bisa menjadi masalah karena terlalu sering terjadi pengalihan otomatis.

Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Internet Lemot ?

Yang harus dilakukan adalah mengeksekusi melakukan cara-cara berikut :
Cara-cara tersebut cukup efektif untuk membantu mengatasi persoalan koneksi yang lemot dan masalah sinyal di perangkatmu. Lalu faktor apa yang sering menjadi penyebab internet lemot di PC dan hp mu ?

4 komentar

  1. untuk sekarang saya masih pake kuota telkomsel aja, belum yakin sama yang lain. Tapi heran, kalo mati lampu kok telkomsel juga putus gak ada koneksi ?

    BalasHapus
  2. menurut saya yang paling utama menjadi penyebab lemotnya jaringan internet itu ya providernya. Kebanyakan provider kan menang di iklan, tapi belum menyediakan fasilitas internet yang layak di daerah

    BalasHapus
  3. sebenarnya penyebab utama jaringan internet jadi lemot itu pada teknologi jaringan yang dimiliki provider. Bandingkan dengan luar negeri yang gangguannya lebih sering karena faktor alam lah di Indonesia gak ada badai aja internetan bisa lemot.

    BalasHapus
  4. Kenapa kalau pakai wifi bosa kalau ga pakai wifi ga bisa

    BalasHapus

Posting Komentar