Uji Kecepatan Akses Internet Gratis di 5 Website Speed Test

Salah satu cara untuk mengetahui kecepatan ping, upload, dan download adalah dengan mengujinya lewat situs speed test.
Uji kecepatan internet sangat penting dilakukan untuk mengukur dan mengetahui berapa sebenarnya kecepatan download dan upload dari internet yang terhubung ke perangkat. Salah satu cara menguji kecepatan koneksi internet adalah melalui test kecepatan di website speed checker.

Bagaimana Mengetahui Kecepatan Internet Di HP dan Di Laptop

Cek Kecepatan Internet dengan Speed Test Web
Cara Mengecek Kecepatan Internet Dengan Mudah Di Website Speed Test

Internet kini menjadi sebuah kebutuhan yang tidak terelakkan seturut dengan semakin banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan dengan cepat. Untuk memperoleh akses tercepat, tentu saja anda harus terhubung dengan jaringan internet yang koneksinya berkecepatan tinggi pula. Misalnya paket Wifi rumah. Namun, berapa sebenarnya kecepatan akses internet anda ?

Perlu diketahui pula bahwa tidak selamanya internet cepat seperti Wifi ataupun 4G Telkomsel benar-benar lancar dan nyaman diakses, karena ada sejumlah faktor yang mempengaruhi cepat lambatnya koneksi internet.

Baca Juga : Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet

Untuk mengetahui secara pasti berapa kecepatan internet yang diakses oleh perangkat, tak salah bila kamu melakukan uji kecepatan internet. Ada 3 cara untuk mengetahui kecepatan internet, yaitu :

  1. melalui website speed test,
  2. melalui ping test CMD,
  3. lewat website speed test mobile.

Baca Juga : Cara Mempercepat Wifi di Android

Nah kali ini TeknoPlug akan mengajak anda mengetahui kecepatan akses internet anda menggunakan website speed test.

5 Website Speed Test Gratis Terbaik Untuk Mengukur Kecepatan Internet

Cara menguji kecepatan internet yang gampang tanpa mengeluarkan biaya adalah dengan menggunakan website speed test. Dari sekian banyak situs tersebut, ada beberapa website speed test terbaik yang memberikan hasil cukup akurat selama berlangsungnya proses mengukur kecepatan internet.

Uji kecepatan broadband internet mengacu kecepatan download, kecepatan upload, ping time, analyzer, serta fitur antarmuka yang simpel dan tidak pakai ribet. 5 Website Speed Test Gratis Untuk Uji Kecepatan Internet tersebut yaitu :

  1. Situs Speedtest By Ookla
  2. Situs BandWidthPlace
  3. Situs TestMy.net
  4. Situs PT. Telkom Indonesia Speed Test
  5. Situs Dospeedtest.com

Menguji Kecepatan Internet Online di Website Speed Test

Untuk menguji dan mengukur kecepatan internet yang diakses baik ketika internetan di laptop maupun di HP Anda cukup masuk ke website-website yang disebutkan di atas. Nah, buat anda yang masih bingung bagaimana cara melakukan test loading kecepatan internet saat anda sedang browsing, berikut ini TeknoPlug sajikan langkah-langkahnya.

1. Uji Kecepatan Internet Di Website Speedtest By Ookla

Uji Kecepatan Internet Broadband Dengan Website
Cara Mengecek Kecepatan Internet Di Situs Speed Test Ookla

Speedtest.net adalah website yang menyediakan alat pengukur kecepatan internet terpopuler saat ini karena akurasinya sangat menjanjikan. Website Speedtest.net merupakan website internet speed test yang sudah lama dibuat. Kelebihan Speedtest.net yaitu pada tingkat akurasi yang cukup menjanjikan karena melibatkan server provider terdekat. Selain itu hasil pengukuran internet anda bisa langsung dikirimkan ke timeline media sosial karena website ini sudah terintegrasi dengan sejumlah media sosial.

Cara Menguji Kecepatan Internet di Website Speed Test By Okla

Anda bisa mengukur parameter koneksi internet lewat Speedtest Ookla, dimana tools speed test nya punya tiga indikator performa. Cukup masuk ke homepage anda langsung menemukan aplikasi pengukur kecepatan internet. Klik saja tombol "START" speedometer akan bergerak, kemudian hasilnya akan ditunjukkan berupa angka Latency Test, Download Test, dan Upload Test.

  • LATENCY TEST akan menginformasikan kepada anda berapa besar delay value dalam milidetik selama terjadinya transimisi.
  • DOWNLOAD TEST menunjukkan seberapa cepat waktu untuk memperoleh data dari internet (dalam Megabytes per detik).
  • UPLOAD TEST menunjukkan seberapa cepat waktu untuk mengirimkan data ke remote server (dalam Megabytest per detik).

2. Uji Kecepatan Internet Di Situs BandWidthPlace

Uji Kecepatan Internet Dengan BandwidthPlace
Cara Menguji Kecepatan Internet di Website Speed Test BandwidthPlace

BandwidthPlace didesain untuk menguji performa perangkat saat terakses internet tanpa isu keamanan cyber. Dari situs ini anda bisa meyakini apakah kecepatan yang dijanjikan oleh ISP sesuai atau tidak dengan kecepatan internet yang anda akses saat ini secara real time. BandwidthPlace sendiri telah berdiri selama lebih dari 15 tahun untuk membantu para klien khususnya para provider internet.

Cara Menguji Kecepatan Internet di Web Speed Test "BandWidthPlace"

Seperti halnya Speedtest.Net, mengetahui kecepatan wifi di laptop sangat mudah dilakukan melalui pengujian di situs BandwidthPlace. Cukup mengunjungi homepage BandWidthPlace kamu bisa test internet online. Pada homepage anda akan menemukan aplikasi webnya, kemudian tekan tombol "START" maka speedometer akan segera bergerak selama melakukan test kecepatan. Kemudian web akan menunjukkan hasil uji kecepatan internet yang menunjukkan kecepatan download, kecepatan upload, dan kecepatan ping.

3. Uji Kecepatan Akses Internet Lewat Situs TestMy.net (TMN)

Uji Kecepatan Internet Dengan Website Speed Test Testmy
Cara Mengukur Kecepatan Internet di Website Speed Test TestMy.Net

Selain website internet speed checker seperti Speedtest Ookla dan BandWidthPlace, website terbaik lainnya yang menyediakan alat pengukur kecepatan internet wifi Speedy Indihome Telkom yaitu Testmy.net.

Testmy.net adalah broadband speed test yang akan menguji internet anda, mengkalkulasikan transfer rate secara akurat, serta hasil pengujian yang mudah dipahami. Testmy.net merupakan thir party (pihak ketiga) yang bersifat independent dan tidak berafiliasi dengan internet provider manapun, serta bekerja untuk pengguna internet bukan untuk provider internet. TMN sendiri telah menjadi pionir untuk urusan bandwidth speed test sejak 1996.

Cara Cek Kecepatan Wifi di Situs "Testmy.net"

Cara Cek Kecepatan Internet di website speed test tool TMN ini cukup mudah dan akurat, karena melalui fitur internet speed analyzer, Testmy.Net menyertakan grafik sehingga kamu bisa mengetahui rentang terendah hingga tertinggi kecepatan internetmu. Testmy.net memiliki fitur internet speed analyzer yang akan menghasilkan hasil analisa test speedy wifi indihome di laptop maupun di hp-mu secara mendetil. Anda cukup mengunjungi website speed test ini dan pada homepage akan disajikan berbagai fitur serta navigasi.

  • DOWNLOAD Speed Test akan menunjukkan hasil test beserta grafik performa kecepatan download.
  • UPLOAD Speed Test menunjukkan hasil test dengan grafik performa kecepatan internet saat mengupload data.
  • AUTOMATIC Speed Test akan melakukan pengujian terhadap performa kecepatan download dan upload file dengan menyertakan grafik perbandingan performanya.

Baca Juga : Cara Mempercepat WiFi di Android

4. Uji Kecepatan Internet di Web PT. Telkom Indonesia Speed Test

Test Kecepatan Internet Broadband Dengan Telkom Speed Test
Cara Menguji Kecepatan Internet Broadband Dengan Telkom Speed Test

Ini dia web aplikasi pengukur kecepatan internet buatan Indonesia. PT. Telkom Indonesia Speed Test adalah website speed test besutan PT. Telkom, sebuah provider internet broadband terbesar di Indonesia saat ini, dan menduduki peringkat teratas dari 72 provider internet yang beroperasi di Indonesia.

Pengujian kecepatan download, kecepatan upload, dan kecepatan ping akan dilakukan melalui server terdekat di wilayah anda. Ini berarti hasil test tersebut bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti kualitas interconnection (internet) dari PT Telkom Indonesia sendiri. Uji kecepatan internet di web PT.Telkom Indonesia lebih relevan untuk mengetahui kualitas jaringan internet dibandingkan test yang dilakukan oleh ISP (Internet Service Provider) itu sendiri, dimana test yang disponsori ISP terkesan lebih pro pada jaringan provider dibandingkan kecepatan internet secara real time.

Cara Mengecek Kecepatan Internet di Website Telkom Speed Test

Cara test kecepatan internet Wifi menggunakan Telkom Speed Test sangat mudah. Langsung ke homepage websitenya, kamu langsung dihadapkan pada halaman yang menampilkan tools alat pengukur kecepatan internet. Cukup tekan tombol "START SPEED TEST", maka speed test meter akan segera beroperasi dalam waktu singkat dan kamu akan mengetahui kecepatan internet secara mendetil, mulai hasil ping test, kecepatan upload, kecepatan download, jitter sampai lokasi server secara mendetil.

5. Test Kecepatan Internet Lewat Situs Dospeedtest.com

Uji Kecepatan Internet Dengan Website Speed Test Dospeedtest
Tampilan Web Speed Test Dospeedtest.com Untuk Uji Kecepatan Internet

Dospeedtest merupakan website Broadband Speedtest - Internet speedtest - dsl speed test yang berdiri tahun 2013 dengan hasil uji kecepatan internet akurat. Saat ini Dospeedtest sudah menggunakan lebih dari 8 server (di USA, Kanada, Eropa dan Asia) untuk menguji kecepatan download dan upload paling akurat, serta telah melakukan lebih dari 725ribu test kecepatan internet.

Situs Dospeedtest bisa dikatakan memiliki fitur speed test mutakhir, karena juga melakukan pengujian dengan HTML Speed Test dan Flash Speed Test.

Cara Menguji Kecepatan Internet di Situs Dospeedtest.com

Cara mengukur kecepatan internet menggunakan situs internet speed test Dospeedtest.com sangat mudah. Anda cukup masuk ke homepage saja, dan akan menemukan speedometer. Pada speedometer tersebut anda akan menemukan fitur IP Adress, Latency (Ping Test), Download, dan Upload Test.Selain itu anda bisa mengatur server yang akan diuji. Anda hanya menekan tombol START, dan speedometer akan bergerak lalu menampilkan hasil uji kecepatan ping (Latency), download, dan upload.

Baca Juga :

Nah sob, itu dia cara menguji kecepatan internet di website yang terakses oleh perangkat. Selain kelima website speed test di atas, kamu juga bisa melakukan uji kecepatan internet broadband menggunakan website speed test lainnya, untuk semakin mengetahui apakah kecepatan akses internet yang anda dapatkan dari internet provider anda sesuai dengan kondisi aktual atau real time saat ini.

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>