Mengenali Macam Jenis Prosesor HP/Smartphone CPU/GPU Tercepat dan Terbaik Saat Ini Di Dunia 2019

30 November
Daftar Urutan Processor HP/Smartphone CPU/GPU Terbaik Tercepat - Ketika ingin membeli hp maka yang wajib anda perhatikan adalah spesifikasinya. Processor hp adalah salah satu spesifikasi utama yang perlu anda pertimbangkan. Agar dapat memiliki sebuah smartphone yang punya kemampuan dan kinerja pemrosesan mumpuni serta menghasilkan grafis tinggi maka anda perlu mengenali apa saja CPU dan GPU terbaik pada hp.

Bila anda penyuka game Android maka perhatikan apakah processor yang tersemat didalamnya adalah benar-benar processor hp terbaik untuk game. Sebab processor terbaik untuk smartphone umumnya punya spesifikasi lebih tinggi, dan seharusnya processor hp terbaik itu punya kinerja CPU dan GPU tercepat serta menghasilkan grafis yang lebih baik dibandingkan smartphone yang digunakan untuk keperluan biasa-biasa saja.

daftar urutan prosesor hp dan gpu

Mengenali Apa Itu Processor HP Dan Fungsinya


Processor adalah sebuah IC atau chip yang biasa juga disebut microprocessor. Fungsinya adalah mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputasi dan digunakan sebagai otak atau pusat dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan berbagai perintah tugas.

Processor smartphone terbaik saat ini telah menjadi sorotan dan fokus pengembangan oleh produsen hp di dunia dalam memproduksi hp canggih untuk berbagai aktivitas. Karena itu sangat perlu bagi anda mengenali dan memahami berbagai macam jenis processor pada hp beserta kelebihan dan kekurangannya.

Bagian & Komponen Penting Agar Menjadi Prosesor HP Terbaik

Predikat prosesor hp terbaik sangat tergantung pada seberapa baik kinerja prosesor pada hp dan seberapa cepat processor hp tersebut membaca, menerjemahkan sekaligus menjalankan perintah dalam satu waktu yang diberikan oleh pengguna pada smartphone-nya. Seringkali pengguna menyamakan processor hp tercepat adalah sama dengan prosesor hp terbaik. Tentu saja hal ini tidak salah karena kebanyakan orang memang mencari perangkat yang disokong oleh processor hp terbaik dan tercepat didalamnya.

Processor hp terdiri atas beberapa jenis dan komponen dimana bila dipadukan dalam satu kesatuan akan membuat performa smartphone menjadi lebih baik dan lebih cepat. Apa saja komponen processor terbaik smartphone akan diuraikan seperti berikut.

CPU (Central Processing Unit)

Apa itu CPU smartphone ? CPU atau Central Processing Unit atau unit pemrosesan utama. Bila anda mengibaratkan hp adalah sebuah komputer, maka CPU hp atau processor hp adalah perangkat yang menjalankan semua fungsi dan tugas didalam hp, seperti berkirim pesan, melakukan panggilan, atau memainkan game.

Bagian terpenting sebuah CPU terdiri atas Artimatics Logical Unit (ALU), Control Unit (CU), dan Memory Unit (MU). Pada gadget smartphone dan tablet, chip processor ini lebih dikenal dengan istilah SoC (System on a Chip) artinya chip silikon tersebut memuat seluruh komponen. CPU tersemat pada socket yang telah disediakan oleh motherboard smartphone.

GPU (Graphic Processing Unit)

Ponsel pintar umumnya sudah menggunakan GPU. GPU pada smartphone adalah processor lainnya yang berfungsi sebagai pengolah data grafis atau sering juga disebut kartu grafis atau processor grafis.

Meskipun punya fungsi yang sama yaitu sebagai otak pemrosesan namun terdapat perbedaan antara processor CPU dan GPU hp sehingga desain dan konstruksi processor grafis pun berbeda dengan procesor CPU. Perbedaan CPU dan GPU pada hp terlihat pada tugas CPU hp yang mengontrol memori, sound, grafis (GPU), dan CPU itu sendiri. Perbedaan CPU dengan GPU smartphone juga terdapat pada jumlah core, dimana core atau inti pada processor utama (CPU) umumnya berupa dual-core, quad-core, hexa-core, atau octa-core. Sementara core pada GPU hp lebih banyak hingga jutaan yang bertugas melakukan komputasi terhadap pixel pada layar hp.

Kecepatan komputasi atau pemrosesan tergantung pada kecepatan prosesor. Saat ini satuan atau ukuran kecepatan CPU atau microprocessor sudah mencapai GHz (Giga Hertz).

SoC (System On Chip)

Istilah SoC merujuk pada sebuah paket chip berisi hardware untuk menjalankan perintah secara lengkap di hp dan gadget lainnya. Paket tersebut berupa CPU, GPU, serta memory controller. SoC berfungsi untuk menyatukan ketiga komponen tersebut. Sangat berbeda dengan PC Gaming dimana processor utamanya terpisah.

Core Pada CPU dan GPU Pada Smartphone

Core atau inti merupakan salah satu komponen yang terdapat dalam processor HP. Core bertugas membaca dan menerjemahkan sekaligus menjalankan perintah dari pengguna perangkat.

Pada processor utama hp (CPU) saat ini terdapat empat jenis processor berdasarkan jumlah core-nya, yaitu single-core, dual-core (2 buah single-core), quad-core (4 buah single-core atau dua buah dual-core), hexa-core (6 buah single-core atau 3 buah dual-core)), dan yang tertinggi adalah octa-core (8 buah single-core atau 2 buah quad-core).

Baca Juga :

Apa Processor HP/Smartphone Terbaik Dan Tercepat Di Dunia Saat Ini

1. Processor HP Terbaik

Intel (Intel Atom)
Prosesor Intel saat ini menjadi salah satu prosesor handal dan sering dijadikan paket bundling produk-produk gadget dari produsen ternama seperti Lenovo dan Asus.

Prosesor ini menawarkan kinerja yang sangat baik. Keunggulan utama prosesor Intel Atom adalah adanya teknologi thread yang bisa membuat CPU dual core seolah-olah memiliki empat inti (quad core).

Snapdragon (Qualcomm Snapdragon)
Chipset atau SoC yang dikembangkan oleh Qualcomm ini adalah jenis chipset terkenal dan paling banyak digunakan di smartphone high-end (kelas atas). Keunggulan chipset produksi Qualcomm memiliki keunggulan dari sisi performa, pemakaian daya, graphics support (dukungan grafis) dan akses internet 4G.

Jenis Chipset yang terkenal adalah Qualcomm Snapdragon 400 dan Qualcomm Snapdragon 800. Yang terbaru macam Snapdragon 865 juga sudah dirilis dan telah digunakan di hp Samsung Galaxy S19, Galaxy S10, Galaxy Note10, serta Samsung Galaxy S11.

Mediatek (MTK)
Awalnya Mediatek dianggap tidak dapat menyamai Chipset dari Qualcomm. Namun dalam perkembangannya kemampuannya sudah menyamai Qualcomm Snapdragon.

Mediatek adalah produsen yang fokus pada produksi chipset berkemampuan tinggi namun banderol harga terjangkau, sehingga banyak diminati. Jenis Chipset pertama dari MediaTek adalah Chipset MTK. Saat ini Chipset yang diawali kode MT diikuti empat kode angka tersebut sedang mengembangkan Chipset 64-bit.

Exynos (Samsung Electronics)
Selain dikenal sebagai produsen smarphone, Samsung juga memiliki divisi pengembangan SoC di bawah perusahaan Samsung Electronics. Chipset atau processor CPU milik Samsung yang terkenal adalah Exynos. Processor CPU Samsung umumnya digunakan untuk produk kelas elit seperti, misalnya Samsung Galaxy Note 3. Exynos juga disematkan pada beberapa seri Samsung Galaxy Tab.

NVidia
Qualcomm, Intel dan MediaTek memang cukup dikenal sebagai produsen prosesor mobil dunia. Namun selain mereka, ada CPU atau Chipset lain yang sangat terkenal khususnya dalam dunia game.

NVidia adalah penghasil chipset game. Produk seri Tegra adalah prosesor NVidia yang cukup terkenal. Chipset NVidia memang diproduksi khusus untuk pecinta game. NVidia bisa menghadirkan jumlah core yang efektif apalagi bila perangkat device menjalankan game berat dan grafis tinggi. Semua inti prosesor (core) akan bekerja. Tapi saat menjalankan aplikasi ringan prosesornya hanya berjalan dengan satu inti.

Urutan Prosesor HP Android NVidia Tegra milik NVidia yaitu : 

  • Nvidia Tegra 4i. CPU NVidia Tegra 4i merupakan produk NVidia tahun 2013. Processor ini adalah chip low power atau tenaga ringan/rendah. Chipset Tegra 4i adalah versi yang lebih rendah dari Tegra 4. Chipset ini adalah microprocessor empat core plus satu core pendamping yang kecepatannya mencapai 2 Ghz. Processor ini bisa digunakan pada hp dan tablet. 
  • NVidia Tegra K1. Selain Processor HP Tegra 4i, ada NVidia Tegra K1. Tegra K1 memiliki dua nomor model, yaitu T124 dan T132. Tegra K1 T124 adalah prosessor 32-bit dengan empat core disertai satu core pendamping low power. Tegra K1 model T132 adalah prosesor 54-bit memiliki dua core berkecepatan 2,5 Ghz. Prosesor ini dilengkapi GPU 192 core yang menggunakan teknologi Kepler. 
  • NVidia Tegra X1. Prosesor smartphone dan tablet Tegra X1 adalah produk terbaru tahun 2015. Chipset ini memiliki nomor model T210 yang memiliki delapan core 64-bit, masing-masing empat core Cortex A57 dan empat core Cortex A53. Kelebihan chipset Tegra X1 adalah memiliki GPU berbasis 256 core, sehingga olah grafisnya sangat tinggi. 
Apple A12
Produk-produk smartphone maupun tablet keluaran Apple seperti iPhone maupun iPad sudah lama memiliki processor besutan sendiri, yaitu model A Bionic. Processor HP terbaru yang dirilis Apple adalah A12 Bionic dengan konstruksi 7 nanometer dan kepadatan komponen 1,6 kali lipat dibandingkan konstruksi 10 nanometer pada model sebelumnya. 

Kelebihan processor terbaru untuk smartphone keluaran Apple ini adalah 20 persen lebih cepat dan 40 persen lebih efisien dalam hal hemat daya. Processor Apple A12 Bionic terbaru ini telah disematkan pada produk iPhone terbaru yaitu iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR.

Macam-Macam GPU Terbaik Untuk Smartphone


GPU yang pertama kali diproduksi adalah GPU Ge-Force 256 tahun 1999 oleh NVidia. Fungsi GPU hampir menyerupai CPU pada komputer PC.

CPU pada komputer corenya terbatas, sementara GPU memiliki ribuan core. Fungsi GPU sangat penting di smartphone android karena mampu mengolah data grafis pada perangkat yang memiliki sistem grafis 3 dimensi. Sehinggga pengguna smartphone sangat dimanjakan dengan ketajaman gambar karena adanya GPU ini. Semakin tinggi tingkatan GPU maka semakin mahal harga gadget.

Macam Jenis GPU Tercepat Dengan Grafis Terbaik Untuk Smartphone

Mali
Sejumlah smartphone dan tablet saat ini banyak menggunakan GPU Mali. Pada tahun 2005 saja, 95% perangkat smartphone menggunakan GPU ini. Jenis tercepat GPU Mali adalah Mali T-720, namun belum banyak yang menggunakan GPU ini
Adreno
Beberapa tingkatan dari Adreno antara lain yaitu Adreno 130, Adreno 200, Adreon 205, Adreno 220, Adreno 225. Selain itu juga terdapat Adreno 230, Adreno 302, Adreon 305, Adreno 320, Adreno 330


GPU Tegra
GPU Tegra pertama kali diperkenalkan pada tahun 2008. Saat itu Tegra digunakan untuk media player zune HD. Beberapa jenis GPU Tegra yaitu Tegra 2, Tegra 3, Tegra 4 dan Tegra K1. Sejak 2010 jenis GPU ini disematkan pada perangkat tablet sepertu Galaxy Tab 10.1 dan Acer Tab A200.

PowerVR
GPU PowerVR adalah chip buatan Video Logis. Jenis GPU PowerVR diproduksi untuk mobile processing. GPU ini banyak ditemui pada perangkat iPod dan iPhone milik Apple, contohnya iPhone 5S menggunakan PowerVR model G6430.

GPU VideoCore Broadcome
Selain GPU di atas, terdapat juga chip pengolah grafis VideoCore Broadcome. Jenis GPU VideoCore menggunakan daya rendah untuk pengoperasiannya. Sekarang GPU VideoCore Broadcome menggunakan DSP dual dimensi sebagai arsitekturnya sehingga menjadi fleksibel dan efisien.

Lalu, apa sih GPU untuk Smartphone yang terbaik tercepat ?

Urutan GPU Terbaik/Tercepat HP/Smartphone

Berdasarkan uji coba dan penilaian yang dilakukan oleh Benchmark dengan indikator penilaian performa, konsumsi daya, kualitas grafis dan kecepatan pengoperasian, berikut adalah daftar urutan GPU Terbaik yang disusun dari peringkat terendah hingga tertinggi dari 10 jenis GPU di smartphone.

10. PowerVR SGX 544 MP4
9. ARM Mali-T628
8. PowerVR G6200
7. Qualcomm Adreno 330
6. PowerVR G6430
5. ARM Mali T760
4. Qualcomm Adreno 420
3. PowerVR GX6450
2. NVIDIA GeForce Tegra K1
1. Qualcomm Adreno 430

Dari urutan peringkat di atas, Qualcomm Adreno 430 adalah GPU Terbaik. Saat ini, untuk jenis SoC terbaik adalah NVidia Tegra. Selain Tegra, SoC terbaik juga dimiliki oleh Snapdragon Qualcomm.

Penutup

Performa Smartphone dan Tablet tidak hanya tergantung pada CPU dan GPU saja, tapi juga performa secara keseluruhan yang turut dipengaruhi oleh spek RAM, Hard Disk dan OS. Semakin banyak core yang dimiliki sebuah SoC (CPU dan GPU) dalam smartphone, maka harga smartphone menjadi lebih mahal.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

11 Comments

Write Comments
19 Desember, 2017

wah banyak juga ya gan ternyata jenis-jenis prosesor hp. Ada urutan cpu juga.
Emang sih kebanyakan sekarang ini smartphone pake ponsel terbaik kalo gak snapdragon qualcomm ya MTK. Mana yang lebih baik ya ? kalo menurut saya sih snapdragon...

avatar
19 Desember, 2017

dari beberapa sumber yang didapat, kebanyakan smartphone saat ini memakai 2 jenis prosesor hp terbaik snapdragon dan MTK. Ada juga yang selain itu tapi pasarannya jarang di Indonesia

avatar
22 Desember, 2017

Kalo sekarang kebanyakan snapdragon dipakai jadi prosesor hp android. Tp emang beda sih ya tiap pabrikan hp pasang prosesornya

avatar
25 Februari, 2018

kira-kira ada yang tau gak processor cpu intel yang dipakai di smartphone ? gw taunya cuman asus doang yang pake intel

avatar
26 Juli, 2018

Di ulasan ini sngat membantu ,ane jdi tau mcam2 prosesor hp

avatar
30 Juli, 2018

Radeon belum ada ya gan?

avatar
30 November, 2018

processor hp terbaik menurut saya yang corenya gede trus clocking-nya juga gede.

avatar
30 November, 2018

Qualcomm Snapdragon masih processor smartphone terbaik kalau sekarang ya.

avatar
13 Januari, 2019

Radeon gak bakal rilis ke android nih?

avatar
13 Januari, 2019

kalau AMD untuk smartphone udah ada sih ancar-ancarnya

avatar