-->

Apa Itu Prosesor HP & Macam Macam Prosesor HP Di Dunia

Mengenal apa itu processor hp dan macam macam prosesor hp dari terendah hingga tertinggi terbaru.

Processor adalah salah satu spesifikasi utama yang wajib dipertimbangkan ketika akan membeli hp ditahun 2022. Processor hp yang bagus akan menjamin performa tinggi, pemrosesan yang cepat, dan audiovisual yang baik saat digunakan dalam berbagai aktivitas harian.

Processor HP

daftar urutan prosesor hp dan gpu

Processor untuk smartphone merupakan salah satu hardware yang menjadi fokus pengembangan pengembangan oleh produsen hp di dunia. Meskipun punya fungsi yang hampir sama dengan processor komputer, tapi prosesor smartphone memiliki detail-detail yang berbeda. Ini dikarenakan smartphone berfungsi sebagai alat komunikasi sekaligus membantu menyelesaikan pekerjaan, bermain game, membuka banyak aplikasi serta untuk hiburan.

Saat ini processor banyak dibuat untuk berbagai kebutuhan, antara lain untuk komputer laptop, smartphone, hingga konsol game.

Apa Itu Processor HP

Processor hp adalah sebuah IC atau chip yang biasa juga disebut microprocessor. Fungsinya adalah mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputasi dan digunakan sebagai otak atau pusat dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan berbagai perintah tugas, dalam hal ini adalah pada perangkat mobile seperti smartphone dan tablet.

Baca Juga :

Fungsi Prosesor HP

Processor hp terdiri atas beberapa jenis dan komponen. Prosesor hp terbaik akan memberikan dampak pada kinerja smartphone secara keseluruhan. Karena itu sebelum membeli smartphone, maka pastikan dulu untuk apa saja hp tersebut digunakan.

CPU (Central Processing Unit)

Apa itu CPU smartphone ? CPU atau Central Processing Unit atau unit pemrosesan utama. Bila diibaratkan sebagai sebuah komputer, maka CPU adalah processor hp yang menjalankan semua fungsi dan tugas didalam hp, seperti berkirim pesan, melakukan panggilan, atau memainkan game.

Bagian terpenting sebuah CPU terdiri atas Artimatics Logical Unit atau ALU, Control Unit atau CU, dan Memory Unit atau MU. Pada gadget smartphone dan tablet, chip processor ini lebih dikenal dengan istilah SoC (System on a Chip) artinya chip silikon tersebut memuat seluruh komponen. CPU tersemat pada socket yang telah disediakan oleh motherboard smartphone.

GPU (Graphic Processing Unit)

GPU smartphone adalah processor lainnya yang berfungsi sebagai pengolah data grafis atau sering juga disebut kartu grafis atau processor grafis.

Perbedaan CPU dan GPU pada hp terlihat pada tugas CPU hp yang mengontrol memori, sound, grafis (GPU), dan CPU itu sendiri. Perbedaan CPU dengan GPU smartphone juga terdapat pada jumlah core, dimana core atau inti pada processor utama (CPU) umumnya berupa dual-core, quad-core, hexa-core, atau octa-core. Sementara core pada GPU hp lebih banyak hingga jutaan yang bertugas melakukan komputasi terhadap pixel pada layar hp.

Kecepatan komputasi atau pemrosesan tergantung pada kecepatan prosesor. Saat ini satuan atau ukuran kecepatan CPU atau microprocessor sudah mencapai GHz (Giga Hertz).

Baca Juga : Daftar HP Terbaru Dengan Processor Canggih Saat Ini.

SoC (System On Chip)

Istilah SoC HP merujuk pada sebuah paket chip berisi hardware untuk menjalankan perintah secara lengkap di hp dan gadget lainnya. Paket tersebut berupa CPU, GPU, serta memory controller. SoC berfungsi untuk menyatukan ketiga komponen tersebut. Sangat berbeda dengan PC Gaming dimana processor utamanya terpisah.

Jumlah Core Prosessor Smartphone

Core atau inti processor HP merupakan salah satu komponen yang terdapat dalam processor HP. Core bertugas membaca dan menerjemahkan sekaligus menjalankan perintah dari pengguna perangkat.

Pada processor utama hp (CPU) saat ini terdapat empat jenis processor berdasarkan jumlah core-nya, yaitu single-core, dual-core (2 buah single-core), quad-core (4 buah single-core atau dua buah dual-core), hexa-core (6 buah single-core atau 3 buah dual-core)), dan yang tertinggi adalah octa-core (8 buah single-core atau 2 buah quad-core).

Baca Juga :

Macam Macam Prosesor HP

Processor hp terbaik untuk game pastinya akan memberikan dampak pemrosesan yang baik dan performa stabil. Processor grafis hp terbaik buat game wajib tersedia agar saat hp digunakan untuk bermain game. Ponsel-ponsel gaming terbaik setidaknya menggunakan prosesor hp okta core.

Demikian pula ketika kamu berniat untuk menjadikan smartphone sebagai alat untuk menghasilkan foto selfie berkualitas maka pertimbangkan untuk mendapatkan processor hp terbaik untuk selfi. Atau menggunakan ponsel untuk multi media dan editing ? Maka didalamnya tertanam processor hp terbaik untuk multi media.

Merk Processor HP Terbaik

Sebagai referensi buat kamu yang sedang memilih hp untuk beragam keperluan tapi ingin memperoleh hasil dan kualitas yang bagus misalnya untuk bermain game, multi media, ataupun editing maka berikut ini adalah berbagai merk processor hp smartphone yang sebaiknya ada dalam hp incaran.

1. Processor Snapdragon

Chipset atau SoC yang dikembangkan oleh Qualcomm ini adalah jenis chipset terkenal dan paling banyak digunakan di smartphone high-end (kelas atas). Keunggulan chipset produksi Qualcomm memiliki keunggulan dari sisi performa, pemakaian daya, graphics support (dukungan grafis) dan akses internet 4G. Processor Snapdragon merupakan prosesor hp terbaik untuk bermain game saat ini karena sering kali dikolaborasikan dengan GPU seperti Kryo dan Cortex yang terkenal sebagai perangkat grafis mobile terbaik.

Jenis Chipset processor hp Snapdragon terbaru yang performanya sangat gahar terutama untuk dibawa bermain game yaitu Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1, Snapdragon 888 Plus 5G, Snapdragon 888 5G, Snapdragon 870 5G dan Snapdragon 870 Plus 5G, serta Snapdragon 8+ Gen 1.

Baca Juga : Spesifikasi Processor Samsung Galaxy S11

2. Processor Helio

Processor hp terbaik berikutnya yang cukup punya nama adalah Helio. Banyak smartphone canggih terbaik dan terbaru yang menggunakan Helio sebagai dapur pacunya. Processor besutan Mediatek ini dirilis dengan berbagai seri, antara lain Helio G Series dan Helio P Series

Mediatek adalah produsen yang fokus pada produksi chipset berkemampuan tinggi namun banderol harga terjangkau, sehingga banyak diminati. Jenis Chipset pertama dari MediaTek adalah Chipset MTK. Saat ini Chipset yang diawali kode MT diikuti empat kode angka tersebut sedang mengembangkan Chipset 64-bit. Kini Mediatek menjadi salah satu prosesor hp terbaik buat gaming yang banyak digunakan di Indonesia.

Exynos

Processor hp yang tak kalah gahar adalah Exynos. Chipset atau processor CPU milik Samsung ini umumnya digunakan untuk produk kelas elit seperti, misalnya Samsung Galaxy Note 3. Exynos juga disematkan pada beberapa seri Samsung Galaxy Tab.

Contohnya Exynos 2100 yang merupakan prosesor hp terbaru yang arsitekturnya mirip seperti Snapdragon 888 5G

Processor HP Intel Atom

Prosesor Intel pernah menjadi salah satu prosesor handal dan sering dijadikan paket bundling produk-produk gadget dari produsen ternama seperti Lenovo dan Asus. Prosesor ini juga menghadirkan kinerja yang sangat baik. Keunggulan utama prosesor Intel Atom di hp Lenovo dan ASUS yang lama adalah adanya teknologi thread yang bisa membuat CPU dual core seolah-olah memiliki empat inti (quad core).

Dimensity

Pabrikan Mediatek tidak hanya merancang prosesos Helios. Ada pula prosesor Dimensity yang saat ini menjadi lawan tangguh Snapdragon di smartphone gaming.

Contohnya yaitu prosesor Dimensity 9000 yang performanya tangguh dilengkapi pula modem 5G yang terintegrasi downlink hingga 7Gbps, 3CC Carries Aggregation (300MHz). Selain itu adapula prosessor Dimensity 1200 dan Dimensity 1100 di hp keluaran Realme yang performanya tak kalah cemerlang.

Kirin

Prosessor Kirin adalah prosesor yang kini digunakan di sejumlah seri hp terbaru Huawei. Prosesor Kirin sendiri merupakan satu-satunya prosesor terbaik keluaran negeri Tirai Bambu yang cukup mampu menyaingin performa Snapdragon.

Bahkan Cip HiSilicon Kirin 980 terakhir yang disematkan di Huawei Mate 20 Pro 2018 mampu mengungguli setiap ponsel kelas atas atau flagship pada 2018, termasuk ponsel yang menggunakan Snapdragon 845. Processor hp Kirin terbaru Hisilicon Kirin 9000 5G saat ini menjadi pesaing serius hp Snapdragon.

NVidia

Prosesor hp terbaik selain Snapdragon milik Qualcomm adalah NVidia. Produsen NVidia sendiri menciptakan sanghat banyak chipset gaming, processor game, maupun GPU terbaik untuk perangkat gaming. Produk seri Tegra adalah prosesor NVidia yang cukup terkenal. NVidiamenghadirkan jumlah core yang bekerja efektif untuk menjalankan game berat dan grafis tinggi. Processor terbaru Nvidia Tegra sendiri saat ini menghadirikan teknologi SHIELD yang diklaim sebagai CPU HP yang powerfull di dunia saat ini.

Google Tensor

Processor hp terbaik terbaru yang kini masuk dalam jajaran prosesor smartphone elite adalah Google Tensor. Processor ini kini digunakan untuk menggantikan processor Snapdragon di deretan hp Google Pixel, yaitu mulai Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro.

Performa prosesor hp besutan Google ini cukup tangguh dan setara dengan kemampuan yang dimliki processor Kirin 9000.

Urutan Rangking Merk Processor HP Terbaik Di Dunia

Urutan processor hp terbaik di dunia dari yang paling tinggi performanya dapat dilihat berikut ini:

  1. Snapdragon
  2. Helio
  3. Dimensity
  4. Exynos
  5. Kirin
  6. Nvidia
  7. Google Tensor

Kesimpulan

Prosesor Snapdragon masih menjadi yang paling tangguh performanya, terutama untuk smartphone yang membutuhkan kinerja dan performa pemrosesan yang mumpuni seperti gaming, berfoto atau merender video yang pastinya harganya cukup mahal. Namun bila menginginkan performa handal dengan harga cukup masuk akal maka kalian bisa membeli hp dengan processor Helio, Dimensity, dan Kirin yang juga merupakan processor hp terbaik saat ini selain Snapdragon.

Anda mungkin menyukai postingan ini

10 komentar

  1. Googelio
    wah banyak juga ya gan ternyata jenis-jenis prosesor hp. Ada urutan cpu juga.
    Emang sih kebanyakan sekarang ini smartphone pake ponsel terbaik kalo gak snapdragon qualcomm ya MTK. Mana yang lebih baik ya ? kalo menurut saya sih snapdragon...
  2. Teknoplug.com
    dari beberapa sumber yang didapat, kebanyakan smartphone saat ini memakai 2 jenis prosesor hp terbaik snapdragon dan MTK. Ada juga yang selain itu tapi pasarannya jarang di Indonesia
  3. COK Player
    Kalo sekarang kebanyakan snapdragon dipakai jadi prosesor hp android. Tp emang beda sih ya tiap pabrikan hp pasang prosesornya
  4. NETBUG
    kira-kira ada yang tau gak processor cpu intel yang dipakai di smartphone ? gw taunya cuman asus doang yang pake intel
  5. ali baba
    Di ulasan ini sngat membantu ,ane jdi tau mcam2 prosesor hp
  6. Clashofking
    processor hp terbaik menurut saya yang corenya gede trus clocking-nya juga gede.
  7. Tradingku
    Qualcomm Snapdragon masih processor smartphone terbaik kalau sekarang ya.
  8. FajarYusuf.Com
    Radeon gak bakal rilis ke android nih?
  9. Teknoplug.com
    kalau AMD untuk smartphone udah ada sih ancar-ancarnya
  10. Paipai
    oke banget gan
    lampu servis hp
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>