test

Mempercepat Koneksi Internet Wifi Dengan 3 Trik Rahasia

Mempercepat Koneksi Internet Wifi Dengan 3 Trik Rahasia

Mempercepat koneksi internet wifi saat browsing, gaming dan menggunakan aplikasi online bisa dilakukan dengan mudah memanfaatkan kabel USB dan kaleng sebagai penguat sinyal.

Mempercepat Koneksi Internet Browsing

Pada kondisi tertentu, pelanggan dan pengguna internet sering mengeluhkan lambatnya akses internet mereka. Ini menyebabkan kejengkelan karena aktifitas mereka terganggu karena sering mengalami lag dan loading lama.

Baca Juga :

9 Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Koneksi Internet Wifi 

Browser Terbaik Untuk PC dan Android Agar Internetan Ngebut 

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Pengguna Telkomsel/Indosat/3 

Mempercepat Koneksi Internet PC Pelanggan Wifi


Pada dasarnya, koneksi internet dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan internet antara lain :


  1. Device atau media yang digunakan, yaitu Laptop atau Komputer PC, tab maupun smartphone
  2. Sistem operasi (Operating System) dari device tersebut. Misalnya Windows, Mac, Linux atau Android
  3. Memori operasi (RAM) dan memori penyimpanan/storage device 
  4. Prosesor yang digunakan dalam device, misalnya Intel (Intel Core i3, Core i5, Core i7 dan seterusnya). Semakin tinggi tingkatan OS-nya semakin tinggi kemampuan device tersebut menjalankan aplikasi
  5. Kecepatan prosesor yang tersedia dalam perangkat processor, misalnya 1,6 GHz, 2,3 GHz dan seterusnya
  6. Pengaturan sistem dan jaringan internet dalam device, baik sistem koneksi internet, server dan port connection, sistem pengamanan jaringan internet, sistem anti virus dan anti malware dan sebagainya. Kadang-kadang bila sistem pengamanan jaringan internet atau anti virus diaktifkan mempengaruhi kecepatan koneksi internet bahkan browsing juga terhambat karena kecepatan koneksi melambat. 
  7. Software atau aplikasi lainnya baik yang digunakan dalam aktivitas sehari-hari baik menggunakan internet maupun tanpa akses internet
  8. Software internet itu sendiri, misalnya browser internet yang digunakan (Google Chrome, Mozilla, Opera, Safari, Internet Explorer dan sebagainya), aplikasi antivirus, software speed booster dan sebagainya
  9. Sistem cache dan cookies di browser
  10. Sistem dan kecepatan pendingin device saat menjalankan software dan aplikasi
  11. Modem dan perangkat sambungan internet yang digunakan (dengan kabel atau tanpa kabel) oleh device
  12. Provider penyedia jasa internet yang kompeten
  13. Infrastruktur jaringan internet, misalnya BTS atau tower, pusat server, jaringan bawah tanah dan sebagainya
  14. Teknologi dan sistem pengelolaan jaringan internet yang digunakan oleh provider atau penyedia jasa internet. Misalnya teknologi optik dari Telkom
  15. Layanan dari provider penyedia akses internet

Faktor-faktor tersebut saling berkaitan. Namun Teknoplug saat ini tidak membahas hal tersebut.

Browsing internet saat ini sedang meningkat trendnya menjadi trend kebutuhan. Tidak hanya informasi terkini, tapi pengguna internet atau biasa disebut warganet atau netizen juga mencari inspirasi bahkan menjadi inspirasi dengan cara eksis di beberapa jejaring sosial.

Sering mengalami loading lama bisa diatasi dengan cara mempermudah akses internet berikut ini dengan mudah.

3 Cara Mempercepat koneksi internet Wifi Untuk Browsing Lancar 

Langkah mempercepat koneksi internet pengguna wifi untuk browsing lancar dapat dilakukan dengan membeli modem yang koneksinya tinggi, menggunakan penguat sinyal berupa kaleng dan kabel USB panjang.

1. Membeli Modem Atau Wifi Dengan Kecepatan Koneksi Yang Tinggi

Bagi pengguna internet menggunakan modem sebagai hardwarenya bisa terlebih dulu mencari informasi beberapa modem yang menyediakan akses internet yang kecepatannya besar. Modem dengan kecepatan 100 Mbps tentu lebih kencang daripada 7,2 Mbps. Daripada beli 2 atau 3 kali, lebih baik beli 1 kali tapi memuaskan meskipun harganya mahal.

Bagi pengguna internet yang terlanjur sudah membeli modem yang dipakai saat ini, tidak ada salahnya untuk meningkatkan kecepatan internet dengan membeli modem yang lebih canggih saat ini. Kan mau cepat ?

Nah, bagi pengguna internet wifi dari awal sudah harus mempertimbangkan paket internet yang ditawarkan oleh provider. Sejumlah perusahaan penyedia broadband internet menawarkan paket kuota.

Pertimbangkan lebih dulu internetnya ditujukan untuk apa. Apakah hanya sekedar ketik dan kirim email, atau belajar internet, atau eksis di media sosial dan chatting. Atau ke tingkatan yang lebih tinggi, misalnya download atau upload file besar atau game online. Setiap paket harga jelas berbeda tergantung broadband yang ditawarkan. Semakin besar kecepatan koneksi internet maka semakin mahal harganya.

Bagi yang sudah sempat pasang wifi di rumah atau di kantor tapi aktivitas anda sehari-hari tidak membutuhkan jaringan internet yang berlebihan dapat men-downgrade paket kecepatan internetnya kepada provider internet. Tapi bila sudah tahu bahwa anda membutuhkan akses jaringan yang lebih besar dengan kecepatan yang lebih tinggi, maka anda dapat meng-upgrade-nya. Tentu saja harus membayar lebih mahal.

Cara mempercepat sinyal wifi dengan kecepatan yang sudah terlanjur dipilih saat ini tapi belum bisa meng-upgrade karena belum ada uang bisa menggunakan wifi router, memanfaatkan kabel USB yang lebih panjang, atau menggunakan kaleng sebagai penguat sinyal.

2. Mempercepat Koneksi Internet Menggunakan Kaleng Untuk Penguat Sinyal Bagi Pengguna Wifi 

Menggunakan kaleng ternyata bisa membantu mempercepat akses internet. Penggunaan kaleng sebagai penguat sinyal modem hampir mirip fungsinya seperti parabola, yaitu menangkap sinyal dan mengumpulkannya pada pusat lempengan.

Trik mempercepat sinyal wifi atau modem dengan kaleng yaitu :
  1. Ketahui terlebih dahulu kecepatan modem anda. Bila frekuensi modem adalah 900 mhz, maka jarak lubang modem dan dasar kaleng adalah 1-1,5 inchi. Ini berlaku kelipatan. Misalnya frekuensi 1800 mhz, maka jaraknya 2-3 inchi. 
  2. Setelah mengukur ketinggian dari dasar kaleng, lubangi tepi kaleng sesuai dengan besar modem. Kalau kalengnya tebal, anda bisa pakai alat bantu berupa bor atau semacamnya. 
  3. Haluskan tepian lubang atau pasang selotip agar modem tidak lecet saat dimasukkan. Masukkan modem yang sudah dilengkapi dengan perpanjangan kabel USB, lalu hadapkan kaleng ke menara pemancar sinyal terdekat. Dipastikan cara ini bisa mempercepat koneksi internet wifi anda jauh lebih cepat.

3. Mempercepat Koneksi Internet Wifi Jadi Lebih Cepat Menggunakan Kabel USB Panjang


Kondisi kelebihan panas atau overheat  sering dialami sejumlah perangkat, baik komputer PC maupun smartphone. Hal ini terjadi karena berbagai sebab. Misalnya membuka aplikasi dalam jumlah banyak pada saat bersamaan. Ketersediaan RAM dan memori storage yang kecil dengan memaksakan menjalankan aplikasi yang filenya besar pada saat bersamaan menyebabkan kinerja prosesor lebih melambat. Hal ini berpengaruh terhadap kecepatan akses dan tangkapan sinyal saat sedang internetan.

Salah satu solusi mempercepat koneksi internet wifi dengan harga murah dan alatnya tersedia di pasaran yaitu dengan menggunakan kabel perpanjangan USB. Umumnya panjang kabel tersebut antara 3-5 meter. Caranya cukup mudah, yaitu dengan memasangkan modem dengan kabel USB tersebut. Lalu meletakkan modem di tempat yang lebih tinggi. Biasanya hal ini cukup berhasil meningkatkan kecepatan internet dan berdampak terhadap kecepatan browsing internet.

Nah, itu 3 trik rahasia mempercepat koneksi internet untuk browsing mudah tanpa ribet bagi pengguna modem dan wifi. Masih lemot juga browsingnya ? Tunggu artikel Teknoplug selanjutnya.
Labels: Internet, Trik Internet

Terima Kasih Telah Membaca Artikel Mempercepat Koneksi Internet Wifi Dengan 3 Trik Rahasia. Silakan Berbagi...

4 Comment for "Mempercepat Koneksi Internet Wifi Dengan 3 Trik Rahasia"

Punya sy internetnya cepat

Mau gimana juga kalo broadband internetnya abal-abal ya tetap aja browsingnya lemot.

Gw udh pernah coba cara no 1 dan no 3 aja. Lumayanlah buat cepatin koneksi internet gw. Tp kalo pas lg ke lapangan yg gak ada jaringan ya apa boleh buat nganggur jadinya2

Gw pakai internet wifi aja gak ada hambatan kok

Software

Back To Top