test

3 Cara Aneh Nan Jitu Untuk Mempercepat Koneksi Wifi

Trik Mempercepat Koneksi Internet Wifi

Pada kondisi tertentu, pelanggan dan pengguna internet sering mengeluhkan lambatnya akses internet mereka. Ini menyebabkan kejengkelan karena aktifitas mereka terganggu karena sering mengalami lag dan loading lama. Khususnya bagi para pelanggan wifi tentunya keadaan ini akan menimbulkan pertanyaan, sudah bayar paket internet cepat unlimited kok masih lemot. Nah, untuk memperkuat sinyal wifi sekaligus mempercepat koneksi internet wifi saat browsing, gaming dan menggunakan aplikasi online bisa dilakukan dengan mudah tanpa perlu otak-atik pengaturan laptop atau smartphone.


Mempercepat Koneksi Internet Wifi Saat Browsing

Internet memungkinkan semua orang dapat melakukan apa saja. Bukan hanya untuk mengakses berita saja, tapi juga main game online, berbelanja lewat aplikasi online shop, hingga membayar tagihan semuanya bisa dilakukan lewat internet.

Internet bisa diakses lewat perangkat komputer, smartphone, hingga tablet. Anda bisa berinternet menggunakan layanan internet broadband 4G. Anda juga bisa mendownload video, atau mengupload gambar dengan cepat menggunakan layanan internet broadband lainnya, yaitu internet Wifi.

Internet Wifi atau wi-fi adalah singkatan dari wireles fidelity, yang merupakan pengembangan istilah Hi-FI yaitu sebuah teknologi jaringan nirkabel. Wi-fi mengacu pada standar 802.11. Awalnya wifi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Local Area Network (LAN, jaringan area lokal). Namun saat ini teknologi jaringan membuat gadget atau portable bisa mengakses internet melalui wifi hotspot.

Internet wifi memiliki beberapa spesifikasi kecepatan dan frekuensi. Spesifikasi kecepatan koneksi internet wifi ini yaitu :
  • Koneksi internet wifi tipe 802.11a. Kecepatan koneksi internet tipe ini adalah 54 Mbps pada frekuensi bandwith 5 GHz dan kompatibilitas A.
  • Koneksi internet wifi tipe 802.11b. Kecepatan koneksi internet tipe ini adalah 11 Mbps pada frekuensi bandwith 2,4 GHz dan kompatibilitas B
  • Koneksi internet wifi tipe 802.11g. Kecepatan akses tipe ini adalah 54 Mbps pada frekuensi bandwith 2,4 GHz dan kompatibilitas b, g
  • Koneksi internet wifi tipe 802.11n. Kecepatan akses internet wifi tipe ini adalah 100 Mbps pada frekuensi bandwith 2,4 GHz dan kompatbilitas b, g, a
Ada banyak provider penyedia jasa internet wifi. Anda bisa memilih beberapa paket wifi murah untuk di rumah misalnya paket wifi Indihome Dual Play 10 Mbps dan 20 Mbps dari Telkom, paket Wifi unlimited 15 Mbps dari GIG Indosat, atau paket internet murah untuk di rumah 12 Mbps dari First Media.

Lalu, apakah dengan berlangganan internet cepat seperti internet wifi akan serta merta membuat anda browsing atau download file jadi cepat ? Belum tentu.

Kecepatan Koneksi Internet Indonesia sendiri sudah lama dikeluhkan oleh para pengguna layanan internet. Oleh karena itu, Pemerintah melalui Kominfo telah mengeluarkan kebijakan untuk akses internet cepat di seluruh area di Indonesia.
Kecepatan koneksi internet tercepat di dunia tertinggi saat ini adalah di Eropa dan Amerika Utara. Di Asia, kecepatan akses internet paling tinggi adalah Korea Selatan, sekitar  20,5 Mbps. Selain Korea Selatan, kecepatan akses internet paling cepat di Asia adalah Jepang,  dan Singapura merupakan negara dengan kecepatan akses internet paling cepat di Asia dan dunia. 

Mengecek Kecepatan Koneksi Internet Wifi Dengan Akurat 

Ada banyak hal yang menyebabkan koneksi internet yang anda punya dari provider khususnya internet wifi lemot atau lambat. Beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet wifi antara lain jenis paket kecepatan internet yang dimiliki, spesifikasi perangkat (processor, RAM, storage), sistem operasi yang digunakan, teknologi hingga infrastruktur yang dipunyai oleh provider. 

Lalu, bagaimana caranya agar kamu bisa mengetahui berapa kecepatan paket wifi internet yang sedang diakses ?

Agar kamu bisa mengukur dan mengetahui kecepatan internet wifi yang sedang diakses secara akurat, kamu mesti melakukan tes kecepatan internet. Cara mengecek kecepatan internet menggunakan bisa dilakukan di website. Selain itu, anda juga bisa melakukan ping test CMD di laptop, maupun menggunakan aplikasi mobile internet speed test.



Lalu Bagaimana Cara Mempercepat Koneksi Internet ? 

Bagi yang sudah sempat pasang wifi di rumah atau di kantor keadaan internet yang lemot tentunya membuat perasaan jadi jengkel. Anda sudah bayar mahal, tapi masih lelet juga.

Beberapa cara yang umum untuk mempercepat koneksi internet khususnya Internet Wifi antara lain yaitu :
  • Cara mempercepat koneksi internet wifi via CMD
  • Cara mempercepat koneksi internet wifi dengan aplikasi internet booster
Trik mempercepat koneksi internet wifi dengan CMD, dan dengan aplikasi-aplikasi internet booster adalah yang umum diterapkan untuk meningkatkan akses internet di perangkat. Khusus bagi pengguna internet mobile atau internet seluler dari provider seluler, menggunakan apikasi internet booster merupakan Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Pengguna Telkomsel/Indosat/3 yang tergolong ampuh dimana aplikasinya bisa diunduh lewat Play Store atau App Store yang sudah terpasang di smartphone.

Baca Juga : Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Pengguna Telkomsel/Indosat/3

Tapi ada trik lainnya yang bisa kamu lakukan dengan budget kecil berbiaya murah. Bahkan bisa dibilang trik-trik berikut ini adalah cara paling aneh untuk mempercepat koneksi internet Wifi di era modern yang serba canggih sekarang ini. Mau tahu caranya ?

Cara mempercepat koneksi internet wifi untuk browsing lancar dapat dilakukan dengan menggunakan modem yang koneksinya tinggi, menggunakan penguat sinyal berupa kaleng, dan menggunakan kabel USB panjang. Berikut ini adalah trik aneh mempercepat koneksi internet wifi dengan biaya murah.

1. Cara Mempercepat Akses Internet Wifi Tanpa Aplikasi Pakai Modem Wifi Berkecepatan Tinggi

Cara mempercepat sinyal wifi dapat dilakukan dengan meningkatkan sinyal wifi itu sendiri, yaitu dengan menggunakan modem. Bagi pengguna internet menggunakan modem sebagai hardwarenya bisa terlebih dulu mencari informasi beberapa modem yang menyediakan akses internet yang kecepatannya besar. Modem dengan kecepatan 100 Mbps tentu lebih kencang daripada 7,2 Mbps. Daripada beli 2 atau 3 kali, lebih baik beli 1 kali tapi memuaskan meskipun harganya mahal.

Bagi pengguna internet yang terlanjur sudah membeli modem yang dipakai saat ini, tidak ada salahnya untuk meningkatkan kecepatan internet dengan membeli modem yang lebih canggih saat ini. Kan mau cepat ?

Cara untuk mempercepat sinyal Wifi lainnya tanpa menggunakan aplikasi atau mengotak-atik pengaturan di perangkat bisa juga dilakukan memanfaatkan kabel USB yang lebih panjang, dan menggunakan kaleng sebagai penguat sinyal.

2. Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi Menggunakan Kaleng Untuk Penguat Sinyal

Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi dengan menggunakan kaleng ternyata bisa membantu meningkatkan sinyal internet Wifi. Penggunaan kaleng sebagai penguat sinyal modem hampir mirip fungsinya seperti parabola, yaitu menangkap sinyal dan mengumpulkannya pada pusat lempengan.

Trik Mempercepat Koneksi Internet Wifi menggunakan kaleng yaitu :
  1. Ketahui terlebih dahulu kecepatan modem anda. Bila frekuensi modem adalah 900 mhz, maka jarak lubang modem dan dasar kaleng adalah 1-1,5 inchi. Ini berlaku kelipatan. Misalnya frekuensi 1800 mhz, maka jaraknya 2-3 inchi. 
  2. Setelah mengukur ketinggian dari dasar kaleng, lubangi tepi kaleng sesuai dengan besar modem. Kalau kalengnya tebal, anda bisa pakai alat bantu berupa bor atau semacamnya. 
  3. Haluskan tepian lubang atau pasang selotip agar modem tidak lecet saat dimasukkan. Masukkan modem yang sudah dilengkapi dengan perpanjangan kabel USB, lalu hadapkan kaleng ke menara pemancar sinyal terdekat. Dipastikan cara mempercepat koneksi internet wifi dengan metode ini akses internet akan jauh lebih cepat.

3. Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi Menggunakan Kabel USB Panjang

Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi berikutnya adalah dengan menggunakan kabel USB panjang. Kondisi kelebihan panas atau overheat  sering dialami sejumlah perangkat, baik komputer PC maupun smartphone. Hal ini terjadi karena berbagai sebab. Misalnya membuka aplikasi dalam jumlah banyak pada saat bersamaan. Ketersediaan RAM dan memori storage yang kecil dengan memaksakan menjalankan aplikasi yang filenya besar pada saat bersamaan menyebabkan kinerja prosesor lebih melambat. Hal ini berpengaruh terhadap kecepatan akses dan tangkapan sinyal saat sedang internetan.

Salah satu Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi dengan harga murah dan alatnya tersedia di pasaran yaitu dengan menggunakan kabel perpanjangan USB. Umumnya panjang kabel tersebut antara 3-5 meter. Caranya cukup mudah, yaitu dengan memasangkan modem dengan kabel USB tersebut. Lalu meletakkan modem di tempat yang lebih tinggi. Biasanya hal ini cukup berhasil meningkatkan kecepatan internet dan berdampak terhadap kecepatan browsing internet.

Baca Juga :


Nah, itulah 3 trik rahasia mempercepat koneksi internet wifi untuk browsing mudah tanpa ribet bagi pengguna modem dan wifi. Masih lemot juga browsingnya ? Tunggu artikel Teknoplug selanjutnya.
Labels: Internet, Trik Internet

Thanks for reading 3 Cara Aneh Nan Jitu Untuk Mempercepat Koneksi Wifi. Please share...!

5 Comment for "3 Cara Aneh Nan Jitu Untuk Mempercepat Koneksi Wifi"

Punya sy internetnya cepat

Mau gimana juga kalo broadband internetnya abal-abal ya tetap aja browsingnya lemot.

Gw udh pernah coba cara no 1 dan no 3 aja. Lumayanlah buat cepatin koneksi internet gw. Tp kalo pas lg ke lapangan yg gak ada jaringan ya apa boleh buat nganggur jadinya2

Gw pakai internet wifi aja gak ada hambatan kok

sebenarnya percepat koneksi wifi pake modem kecepatan tinggi dan pake kabel udah lama diterapin, jadi rasanya gak aneh-aneh amat lah

Back To Top