Table of Content

Cara Untuk Mempercepat Koneksi WiFi di Android, Sinyalnya Kuat

Urutan langkah-langkah meningkatkan sinyal WiFi di Android, serta tips mengoptimalkan kecepatan internet agar download dan streaming tetap lancar.

Internet Wi-Fi telah menjadi bagian penting dalam kehidupan kita. Baik itu kantor perusahaan atau rumah, memiliki jaringan Wi-Fi yang kuat dan baik adalah kebutuhan dasar. Hal ini terutama karena dunia sedang bergerak cepat menuju era digital. Semuanya berjalan online dan oleh karena itu wajar jika menginginkan sinyal Wi-Fi yang kuat.

Jaringan Wi-fi memiliki kecepatan akses tinggi, serta relatif lebih stabil. Hal ini menyebabkan layanan paket WiFi untuk di rumah saat ini sangat populer, meskipun pengguna internet umumnya sudah menggunakan paket data seluler di Android-nya.

Namun ada kalanya jaringan WiFi lemot padahal sinyal full di Android. Tak jarang sinyal WiFi juga hilang timbul di hp, padahal lampu indikator pada router Wi-Fi menunjukkan koneksi yang bagus.

Kali ini kita akan membahas berbagai cara untuk mempercepat WiFi Android. Meskipun beberapa di antaranya melibatkan penyesuaian beberapa pengaturan pada pengaturan lainnya, kamu harus melakukan beberapa perubahan pada router Wi-Fi dan pengaturan adminnya.

Kualitas dan kecepatan akses Wi-Fi tidak hanya tergantung pada jenis kecepatan Wi-Fi yang dipilih pengguna dari provider, tapi juga pada kualitas jaringan dan sinyal Wi-Fi itu sendiri.

Alasan mengapa koneksi internet yang lambat dan kekuatan sinyal Wi-Fi yang buruk bisa bermacam-macam. Hal ini bisa disebabkan oleh:

  • Konektivitas internet yang buruk di pihak penyedia layanan internet.
  • Firmware yang dirutekan sudah ketinggalan zaman.
  • Menggunakan pita frekuensi yang lebih lambat.
  • Lalu lintas berlebihan di jaringan.
  • Hambatan fisik.
  • Pengaturan tidak sesuai, baik pengaturan router maupun pengaturan pada perangkat.

Karena itu, mari kita mulai dengan beberapa peluang mempercepat koneksi Wi-Fi di Android dengan beberapa cara meningkatkan sinyal Wi-Fi berikut ini.

Cara Meningkatkan Sinyal Wi-Fi di Ponsel Android

cara mempercepat sinyal wifi yang lemot di android

Untuk mengetahui apakah koneksi WiFi di Android benar-benar bermasalah, terlebih dahulu kamu perlu memeriksa kecepatan koneksinya.

Berikut adalah urutan langkah-langkah untuk mengoptimalkan kecepatan Wi-Fi.

1. Periksa kecepatan Koneksi Internet

Meskipun kekuatan sinyal Wi-Fi kuat, kamu mungkin masih akan tetap mengalami kelambatan dan buffering jika koneksi internet lambat berasal dari pihak penyedia layanan.

Penyedia layanan jaringan memberi Anda koneksi Ethernet yang Anda sambungkan ke router Wi-Fi. Router Wi-Fi ini memungkinkan penggunanya menghubungkan ponsel Android dan perangkat lain ke jaringan.

Jika koneksi Internet yang masuk ke rumah melalui kabel Ethernet tidak cukup kuat, maka tidak ada gunanya mencoba meningkatkan kekuatan sinyal Wi-Fi.

Oleh karena itu, memeriksa kecepatan internet pada koneksi Ethernet adalah hal pertama yang perlu Anda lakukan. Daripada menyambungkannya ke router Wi-Fi, sambungkan kabel Ethernet langsung ke PC atau laptop, dan jalankan tes kecepatan.

Caranya yaitu dengan melakukan uji kecepatan menggunakan aplikasi WiFi speed test for Android. Kamu juga bisa menguji kecepatan WiFi di Website Speedtest Indihome atau situs PT. Telkom Indonesia Speed Test.

Jika kecepatan unduh dan unggah cukup rendah, Anda perlu menghubungi penyedia layanan Internet Anda dan meminta koneksi internet yang lebih cepat. Namun, jika kecepatan internet cukup cepat maka Anda dapat melanjutkan dengan solusi lain yang disebutkan di bawah.

2. Sesuaikan Pengaturan Wi-Fi di Ponsel Android

Sebagian besar jaringan Wi-Fi beroperasi pada pita frekuensi 2,4GHz. Jika terdapat beberapa jaringan Wi-Fi di sekitar maka hal ini dapat menyebabkan lemahnya kekuatan sinyal Wi-Fi karena kepadatan pita frekuensi yang berlebihan.

Alternatif terbaiknya adalah beralih ke pita frekuensi 5GHz. Ini akan meningkatkan kecepatan secara signifikan sambil sedikit mengurangi jangkauan.

Karena 5GHz memiliki 45 saluran, bukan hanya 14 saluran di 2,4GHz, hal ini mengurangi kekacauan dan kemungkinan kekuatan sinyal yang buruk karena lalu lintas yang berlebihan.

Beberapa perangkat Android memungkinkan Anda memilih pita frekuensi dari pengaturan telepon itu sendiri. Berikut adalah beberapa panduan tentang cara meningkatkan sinyal Wi-Fi di Ponsel Android Anda:

  1. Pertama kali yang perlu kamu lakukan adalah membuka Pengaturan di perangkat Anda.
  2. Lalu, ketuk opsi Wi-Fi dan buka pengaturan Wi-Fi.
  3. Setelah itu masuk ke opsi Pengaturan lanjutan.
  4. Di sini, ketuk pita frekuensi Wi-Fi dan pilih opsi 5GHz.
  5. Ini akan meningkatkan kekuatan sinyal Wi-Fi secara signifikan.

Namun, jika opsi ini tidak tersedia dan Anda tidak dapat menemukan pengaturan ini, maka Anda perlu mengubah pita frekuensi Wi-Fi secara manual dari firmware router.

untuk memastikan koneksi ke internet tidak terputus, sebagian besar perangkat Android memiliki fitur yang disebut Smart-switch atau Wi-Fi+ yang secara otomatis beralih ke data seluler ketika kekuatan sinyal Wi-Fi lemah.

Ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini untuk mengaktifkan fitur ini.

  1. Pertama, buka Pengaturan di ponsel Anda.
  2. Sekarang ketuk opsi Nirkabel dan jaringan dan pilih Wi-Fi.
  3. Setelah itu, ketuk menu tiga titik di pojok kanan atas dan pilih opsi Wi-Fi+.
  4. Di sini, cukup aktifkan sakelar sakelar di sebelah opsi Wi-Fi+.
  5. Sekarang ponsel Anda akan secara otomatis beralih ke jaringan seluler jika sinyal Wi-Fi turun.

Metode ini tergolong efektif membantu meningkatkan sinyal Wi-Fi di Ponsel Android. Jika tidak, coba ubah pita frekuensi dan saluran Wi-Fi.

Kamu juga bisa melakukan settingan WiFi di Android melalui opsi lain, yaitu melalui settingan dari developer dan settingan dari menu Android itu sendiri.

Pengaturan Wi Fi di Android Melalui Setting Opsi Pengembang

  1. Pertama, pastikan opsi pengembang dalam mode aktif, caranya yaitu masuk ke menu Pengaturan >> gulirkan ke bawah dan pilih sub menu About.
  2. Kedua, setelah itu gulirkan ke bawah lalu isi box dengan angka developer (biasanya 7 digit). Sekarang mode pengembang sudah aktif. Langkah berikutnya yaitu mengganti opsi kecepatan.
  3. Ketiga, kembali ke menu Pengaturan >> pada tampilan ini akan terlihat tombol mode Opsi Pengembang sudah aktif.
  4. Keempat, selanjutnya gulirkan ke bawah dan centang pilihan WiFi Agresif ke Selular.

Nah kecepatan akses WiFi di Androidmu sudah bertambah 50-80 persen, tergantung faktor-faktor lainnya.

Pengaturan Wi Fi Melalui Menu Pengaturan Jaringan di Android

Cara manual lainnya yang bisa dilakukan adalah melakukan setting pada jaringan WiFi. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Masuk ke menu Pengaturan >> pilih opsi WiFi. Disini akan terbuka tampilan sejumlah jaringan WiFi di sekitarmu.
  2. Masih pada sub menu Wifi ini lalu scroll ke bawah menuju opsi Advance Setting. Disini terdapat sejumlah opsi pengaturan tingkat lanjut.
  3. Lalu klik WiFi Assistant dan pada atur posisi tombol menjadi Aktif. Mode ini akan secara otomatis mengubah jaringan WiFi ke mobile usage bila koneksi WiFi sangat lambat.
  4. Kembali ke mode Pengaturan, lalu pilih sub menu WiFi Speed Mode. Pada mode ini ada pilihan Regular dan Extreme Mode yang berarti secara otomatis mengoptimasi kecepatan pada aplikasi yang kamu prioritaskan.

3. Ubah pita dan Saluran Frekuensi Wi-Fi

Meskipun beberapa router Wi-Fi mampu secara otomatis beralih ke pita frekuensi dan saluran yang berbeda, untuk router lain Anda harus melakukannya secara manual.

Mengubah pita dan saluran frekuensi Wi-Fi akan mencegah kepadatan berlebih pada satu saluran dan dengan demikian meningkatkan sinyal Wi-Fi.

Idealnya, kamu sebaiknya beralih ke bandwidth 5GHz karena memiliki lebih banyak saluran. Kamu juga dapat menggunakan perangkat lunak pemindai Wi-Fi gratis untuk memeriksa saluran yang sedang digunakan oleh jaringan lain di sekitarnya.

Hal ini akan memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi dan memilih saluran bebas dan menghilangkan segala kemungkinan konflik.

Coba lakukan langkah-langkah untuk melihat cara memilih saluran frekuensi Wi-Fi berikut ini.

  1. Anda perlu menggunakan komputer atau laptop untuk mengakses firmware router.
  2. Buka browser dan masukkan alamat IP router Anda
  3. Anda dapat menemukannya tertulis di bagian belakang router Anda atau dengan menggunakan Command Prompt dan mengetik “ IPCONFIG ” dan menekan Enter.
  4. Sekarang Anda harus masuk menggunakan nama pengguna dan kata sandi Anda . Secara default, keduanya adalah admin. Informasi ini juga tersedia di bagian belakang router Anda.
  5. Setelah Anda masuk ke firmware router, Anda akan dapat membuat berbagai jenis perubahan admin.
  6. Sekarang Anda perlu mencari Pengaturan untuk mengubah pita frekuensi dan saluran. Biasanya ditemukan di Pengaturan Umum tetapi mungkin berbeda dari satu merek ke merek lainnya.
  7. Jika router Anda mendukung 5GHz, silakan pilih itu.
  8. Setelah itu Anda perlu memilih saluran tertentu yang tidak digunakan oleh jaringan tetangga. Anda dapat mengklik tautan yang disediakan di atas untuk mengunduh dan memasang pemindai Wi-Fi untuk memanfaatkan informasi ini.
  9. Biasanya sebagian besar router mengizinkan Anda menggunakan SSID dan kata sandi yang sama untuk jaringan Wi-Fi bahkan setelah mengubah pita frekuensi. Jika tidak, Anda harus memberikan nama atau SSID baru untuk jaringan ini.
  10. Terakhir, simpan semua perubahan ini lalu coba sambungkan ponsel Android Anda ke jaringan.

Anda dapat menjalankan tes kecepatan dan akan melihat peningkatan yang signifikan pada kekuatan sinyal Wi-Fi.

4. Perbarui Firmware Router

Seperti disebutkan sebelumnya, firmware router yang ketinggalan jaman bisa menjadi penyebab lemahnya sinyal Wi-Fi . Oleh karena itu, mengupgrade firmware adalah cara mudah untuk meningkatkan sinyal Wi-Fi Anda.

Mulailah dengan masuk ke firmware Anda dengan memasukkan alamat IP pada browser dan kemudian masuk dengan kredensial Anda.

Sebagian besar firmware router Wi-Fi memiliki tombol Perbarui khusus di opsi Pengaturan Admin. Tergantung pada merek dan antarmuka, ini juga dapat dicantumkan di bawah Pengaturan lanjutan.

Namun, untuk beberapa router lama, Anda harus menginstal versi terbaru dari firmware-nya secara manual. Anda harus membuka halaman Dukungan merek router dan mengunduh file setup untuk firmware terbaru.

Selain meningkatkan sinyal Wi-Fi, memperbarui firmware juga akan menghadirkan fitur-fitur yang lebih baik dan baru. Ini akan meningkatkan langkah-langkah keamanan jaringan dan mempersulit peretas untuk membobol jaringan Anda.

5. Pastikan Router Ditempatkan di Lokasi Optimal

memperbaiki masalah kecepatan Wifi di Android
Meletakkan modem Wifi di tempat yang tepat dan mengatur antena pada posisi yang benar bisa memperbaiki masalah koneksi yang lemot di Android

Penghalang fisik seperti dinding dapat memengaruhi kekuatan sinyal router Wi-Fi Anda secara signifikan. Menyimpan router di tempat yang nyaman seperti lemari atau di atas lemari tidak ideal untuk Wi-Fi Anda.

Hal ini dikarenakan jangkauan jaringan yang tidak merata di seluruh titik di rumah Anda. Penghalang fisik dan faktor seperti kedekatan dengan jendela secara signifikan mempengaruhi kekuatan sinyal.

Lokasi terbaik untuk router Anda adalah di tengah ruangan dengan sirkulasi udara terbuka yang luas di sekitarnya. Jadi, jika router Anda diletakkan di tempat yang tertutup, seperti di belakang kotak atau di rak buku, Anda harus mengeluarkannya dari sana dan meletakkannya di tempat yang lebih baik.

Selain itu, keberadaan peralatan listrik berat di sekitar router dapat mengganggu sinyal Wi-Fi. Jadi, pastikan untuk menghapus peralatan tersebut dari sekitar router Anda.

Ada sejumlah aplikasi yang tersedia di Play Store yang memungkinkan Anda mengidentifikasi wilayah di rumah Anda yang penerimaan sinyalnya kuat dan lemah. Salah satu contoh aplikasi penganalisis Wi-Fi adalah Wi-Fi Analyzer. Aplikasi ini akan membantu Anda menemukan tempat ideal untuk router Wi-Fi Anda.

6. Identifikasi Access Point terbaik

Seperti namanya, Access Point dapat dianggap sebagai gerbang yang memungkinkan ponsel Anda terhubung ke internet menggunakan sinyal Wi-Fi yang dipancarkan oleh router. Mengidentifikasi titik akses terbaik memungkinkan Anda terhubung ke jaringan terkuat di wilayah tersebut.

Seringkali, ponsel Android secara otomatis terhubung ke titik akses sinyal secara default, meskipun jaringan Wi-Fi yang lebih kuat tersedia di dekatnya. Misalnya, Anda berada di ruang publik seperti bandara, stasiun kereta api, atau mal dan tersedia beberapa jaringan Wi-Fi terbuka.

Saat Anda mengaktifkan Wi-Fi di perangkat Anda, perangkat secara otomatis terhubung ke salah satu jaringan ini secara acak. Ini mungkin bukan titik akses terbaik di wilayah tersebut.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan sinyal Wi-Fi di ponsel Anda, Anda perlu mengidentifikasi jalur akses terbaik secara manual.

Aplikasi seperti Wi-Fi Analyzer akan membantu Anda melihat semua jaringan Wi-Fi dan titik akses yang terkait dengannya beserta kekuatan sinyalnya.

Selain itu, ini juga jaringan informasi seperti alamat IP, DNS, gateway jaringan, dll. Kecuali Anda adalah pengguna Android tingkat lanjut, Anda tidak memerlukan informasi ini.

7. Periksa dan Ganti Casing Ponsel

Ini mungkin tidak masuk akal, tetapi terkadang casing ponsel Anda bisa menjadi penyebab lemahnya sinyal Wi-Fi di ponsel Anda. Jika Anda menggunakan casing ponsel yang kuat dan kokoh dengan bahan logam di dalamnya, kemungkinan besar casing tersebut menghalangi sinyal Wi-Fi.

Cara terbaik untuk memastikannya adalah dengan melakukan tes kecepatan dengan dan tanpa casing ponsel dan perhatikan apakah ada perbedaan kecepatan yang signifikan.

Anda dapat menggunakan aplikasi tes kecepatan dari Ookla untuk tujuan ini. Jika terdapat perbedaan yang signifikan maka Anda perlu mengganti casing ponsel dengan yang tidak terlalu ketat dan tidak terbuat dari logam.

8. Hilangkan Freeloader yang Tidak Diinginkan dari Jaringan Anda

Jika jaringan Wi-Fi rumah Anda terbuka atau memiliki kata sandi yang lemah, maka tetangga kita dapat dengan mudah mengaksesnya. Mereka mungkin menggunakan Wi-Fi Anda tanpa izin Anda dan akibatnya, koneksi internet Anda lambat.

Bandwidth yang tersedia di router Wi-Fi Anda didistribusikan secara merata ke semua orang yang menggunakan jaringan Wi-Fi Anda.

Oleh karena itu, cara efektif untuk meningkatkan sinyal Wi-Fi di ponsel adalah dengan menyingkirkan freeloader yang tidak diinginkan dari jaringan.

Anda dapat menggunakan firmware router untuk mendapatkan daftar semua perangkat yang memiliki akses ke jaringan Anda. Ini juga akan memberi tahu Anda berapa banyak data yang dikonsumsi oleh perangkat ini.

Jika sebagian besar perangkat ini milik orang asing, silakan blokir perangkat tersebut. Anda juga dapat membatasi bandwidth yang tersedia untuk perangkat ini menggunakan alat QoS (Kualitas Layanan) yang tersedia di firmware router Anda.

Setelah Anda mengeluarkan freeloader, lanjutkan dengan menyiapkan kata sandi dan protokol keamanan yang kuat. Kami akan merekomendasikan Anda untuk menggunakan protokol WPA2 bersama dengan kata sandi alfanumerik yang kuat yang sulit untuk dipecahkan.

9. Gunakan Aplikasi Penguat Sinyal

Percaya atau tidak, ada beberapa aplikasi di Play Store yang mengklaim dapat meningkatkan sinyal Wi-Fi Anda. Anda dapat mencobanya dan melihat apakah ada perbedaan pada kekuatan sinyal di ponsel Android Anda.

Aplikasi penguat sinyal atau penguat Wi-Fi ini tidak hanya meningkatkan kecepatan Wi-Fi Anda tetapi juga data seluler Anda. Namun, tidak semuanya berfungsi dengan baik, oleh karena itu Anda lebih baik mencoba aplikasi yang memiliki peringkat lebih tinggi dari 4.0 di Play Store.

10. Beralih Ke Perangkat Keras Baru

Jika tidak ada metode di atas yang berpengaruh signifikan terhadap kekuatan sinyal Wi-Fi, mungkin inilah saatnya untuk melakukan beberapa perubahan.

Karena kekuatan sinyal Wi-Fi terutama bergantung pada router Anda, cara terbaik untuk meningkatkan kekuatannya adalah dengan meningkatkan ke router yang lebih baik dan lebih canggih.

Router yang lama dan ketinggalan jaman sama sekali tidak dapat memberikan tingkat kinerja yang sama dengan router baru yang tersedia di pasar.

Kebanyakan orang menggunakan 802.11n lama yang membatasi bandwidth maksimum pada 300Mbps atau 802.11g yang memiliki batas atas 54Mbps. Jika Anda ingin meningkatkan sinyal Wi-Fi secara signifikan di ponsel Android, Anda harus memilih router 802.11ac baru yang mendukung kecepatan hingga 1Gbps.

Anda juga dapat mencari router dengan beberapa antena vertikal untuk penerimaan sinyal yang lebih baik. Router baru dan canggih juga menghadirkan berbagai jenis fitur berguna seperti pemilihan pita yang lebih baik, kemudi pita yang lebih baik, fitur QoS, dll.

Beberapa jenis router bahkan memiliki Multi User-Multiple Input Multiple Output (MU-MIMO) yang memungkinkan Anda mengirim dan menerima data dari beberapa router. perangkat tanpa pengurangan atau distribusi bandwidth.

Namun, jika Anda belum siap untuk mengganti router, atau rumah Anda terlalu besar untuk dijangkau oleh satu router, Anda dapat membeli perluasan jangkauan Wi-Fi . Router Wi-Fi standar yang dirancang untuk digunakan di rumah tidak dapat mengirimkan sinyal yang kuat ke seluruh sudut rumah Anda.

Jika Anda memiliki beberapa lantai di rumah, maka satu router tidak dapat mencakup seluruh area. Cara terbaik untuk memastikan jangkauan yang tepat adalah dengan membeli perluasan jangkauan Wi-Fi. Alat perluasan ini juga akan membantu Anda mengatasi hambatan fisik seperti tembok.

Pilihan yang agak mahal adalah menyiapkan sistem mesh Wi-Fi. Sistem mesh WiFi ini memiliki koneksi node yang harus Anda tempatkan secara strategis untuk mencakup berbagai tempat di rumah atau kantor Anda.

Node-node ini akan mengambil sinyal dari node terdekat dan menyebarkannya. Dengan demikian, tersirat bahwa satu node akan terhubung ke modem dan node berikutnya akan ditempatkan pada jarak yang dapat menangkap sinyal Wi-Fi yang kuat dan kemudian membaginya dengan node berikutnya.

11. Mempercepat Koneksi WiFi Dengan Cara Root Android

Meningkatkan sinyal wifi dengan cara root Android adalah alternatif terakhir untuk kamu lakukan. Cara mempercepat koneksi WiFi di Android dengan root ini bisa dilakukan dengan menginstal aplikasi Android root, atau melakukan root di PC dengan emulator Android.

Namun bagi sebagian orang metode root untuk mempercepat WiFi ini dirasa lebih ribet apalagi bila tidak paham dengan coding karena salah penerapannya dan bila tidak teliti bisa jadi semua aplikasi di android terkena dampaknya. Sehingga orang lebih sering menerapkan cara mempercepat internet WiFi di Android tanpa root.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Kecepatan Wifi Tanpa Aplikasi Tanpa Root.

Tips Mengoptimalkan Kecepatan Koneksi Wi-Fi

meningkatkan kecepatan Wifi di Android dengan reboot modem
Melakukan reboot atau refresh router bisa mengembalikan kecepatan Wifi seperti sedia kala

1. Refresh Modem Secara Teratur

Kecepatan Wifi biasanya tetap tinggi dan stabil bila modem dipelihara. Merefresh modem sangat perlu anda lakukan karena ketika modem WiFi selalu on terus menerus akan membuat lambat proses transfer datanya dan kecepatannya tidak stabil kadang tinggi kadang rendah.

Kamu bisa merebootnya secara otomatis menggunakan aplikasi DD-WRT Firmware. Tapi kalau bisa menekan tombol On dan Off di routernya ngapain juga pake aplikasi bukan ?

2. Ganti Password Wifi Secara Berkala

Ketika kamu sedang nonton Youtube di hp dan videonya putus putus, mungkin ada tetangga atau orang di sekitar rumahmu memakai bandwidth Wifi untuk mengunduh file-file besar. Sebaiknya ganti password WiFi secara berkala.

3. Gunakan HP Yang Sudah Support Teknologi Jaringan Termutakhir

Saat ini teknologi Android terus dikembangkan, terutama dalam hal kecepatan konektivitas. Bila kecepatan internet WiFi di Android-mu terasa lambat meskipun sudah mengganti router atau memperbarui firmware Wi-Fi, mungkin teknologi jaringan di hp kamu belum support.

Sejumlah smartphone Android telah disupport teknologi jaringan terbaru, antara lain dari 4g ke 5g. Selain itu, prosesor HP terbaru juga sudah support teknologi Wi-Fi 6 (koneksi Wi-Fi tipe 802.11ax). Kamu bisa mengganti ponsel Android yang sudah support koneksi Wi-Fi 6.

Baca juga: Tutorial mengubah hp 3g menjadi 4g di Android.

4. Matikan Aplikasi Android Yang Tidak Penting

mematikan aplikasi background di Android untuk meningkatkan kecepatan Wifi
Aplikasi yang berjalan secara background akan membuat bandwidth Wifi terkuras dan internetan di hp jadi lambat
Misalnya kamu sedang bermain game online sementara aplikasi-aplikasi yang sebelumnya aktif belum dimatikan akan tetap berjalan secara background yang menimbulkan kelambatan pengaksesan karena bandwidth WiFi terbagi.

Karena itu bila kamu ingin bermain game Android dengan lancar menggunakan akses WiFi maka matikan dulu aplikasi-aplikasi tersebut bila anda tidak sedang menggunakannya.

5. Restart Ponsel Saat Koneksi WiFi Terasa Lambat

Cara paling mudah untuk mengetahui apakah jaringan WiFi mengalami masalah adalah dengan merestart ulang HP Android, iPhone, dan tabletmu. Bila pada hp indikator menunjukkan sinyal full cobalah membuka salah satu aplikasi. Kalau aplikasi bisa dijalankan maka kendalanya memang ada di gadget. Namun bila tidak kemungkinan besar karena ada virus yang menyerang sistem di perangkat atau pengaturan jaringan WiFi dan seluler yang tidak pas di hp.

6. Gunakan Peramban Android Yang Ringan Untuk Internetan

Menggunakan browser terbaik yang ringan dan cepat adalah solusi lain yang bisa anda tempuh untuk mengantisipasi koneksi WiFi lelet saat browsing. Peramban yang kapasitas filenya besar dan belum didukung fitur-fitur canggih akan membuat aplikasi berjalan lambat. Apalagi bila peramban tidak memiliki fitur ads blocker akan membuat bandwidth anda tersedot sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk internetan.

7. Bersihkan Junk Files di Ponsel

Seringkali kita tidak menyadari bahwa kecepatan internet seolah melambat karena koneksi jaringan yang lemot, padahal belum tentu demikian. Junk files seperti file berformat .tmp bisa membuat loading ponsel seakan-akan lebih lama.

Agar masalah ini dapat diatasi coba lakukan pembersihan cache di peramban melalui history nya. Selain itu bersihkan pula junk files yang menjadi sarang malware menggunakan aplikasi pembersih bawaan ponsel.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Sinyal Telkomsel/Indosat/3.

8. Atur Posisi Antena Modem Untuk Mempermudah Menangkap Sinyal

Mengatasi koneksi Wifi yang kecepatannya lambat bisa juga dengan mengatur antena modem tetap lurus ke atas bagaimanapun posisi routernya. Semisal router posisinya horizontal di atas meja ataupun router diposisikan vertikal ditembok maka antenna harus tetap tegak lurus menghadap ke atas.

Kesimpulan

Memiliki koneksi internet yang lambat memang membuat frustrasi, terutama sejak masa pandemi hingga sekarang bekerja dari rumah sudah menjadi kebiasaan. Selain sangat penting untuk bekerja, memiliki sinyal Wi-Fi yang kuat juga bisa melawan kebosanan dengan streaming film dan acara favorit.

Jika Anda masih mengalami kecepatan internet yang lambat, maka Anda perlu berbicara dengan penyedia layanan Internet Anda dan memintanya untuk memperbaikinya dari pihak mereka. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk meningkatkan ke paket yang lebih tinggi dengan bandwidth lebih banyak.

Suka Teknologi