13 Cara Yang Efektif Mempercepat Koneksi WiFi Indihome Lemot di Android

15 Juli
Cara Mempercepat Wifi di Android-Internet WiFi terkenal dengan kecepatan akses yang tinggi dan stabil sehingga sangat digemari pengguna Android yang doyan gaming atau live streaming.

Beragam tipe kecepatan wifi saat ini bisa didapatkan dengan mudah dengan berlangganan paket WiFi rumahan, contohnya paket Indihome.

Namun ada kalanya keasyikan berinternet menggunakan WiFi Indihome terganggu karena tiba-tiba koneksi WiFi lambat padahal sinyal full. Penyebab internet lemot yang terjadi di Android dan perangkat lainnya bisa karena berbagai hal, antara lain yang disebabkan oleh alam dan perangkat itu sendiri.

Lalu bagaimana mengatasi jaringan Wifi yang lemot ? Apa yang harus dilakukan untuk mempercepat koneksi WiFi ? Bila masih mengalami hal serupa berikut ini adalah solusi ampuh untuk mempercepat koneksi WiFi yang lemot di hp.

Cara Mempercepat Koneksi Wifi Di Android Tanpa Aplikasi

cara mempercepat sinyal wifi yang lemot di android

1. Sinyal WiFi Lemah Padahal Dekat ? Coba Cek Kecepatan WiFi di HP mu Dengan Speed Test

Seringkali orang mendapati sinyal Wifi lemah padahal dekat dengan modem saat internetan di rumah. Pada kondisi yang berbeda sering pula koneksi WiFi lambat padahal sinyal full. Sebelum melakukan tindakan untuk mempercepat WiFi sebaiknya anda melakukan pengecekan terhadap kecepatan aksesnya.

Cara mengetahui kecepatan WiFi Indihome dan Wifi.id di Android cukup mudah. Kamu cukup melakukan uji kecepatan menggunakan aplikasi WiFi speed test for Android. Kamu juga bisa menguji kecepatan WiFi di Website Speedtest Indihome atau situs PT. Telkom Indonesia Speed Test.

2. Gunakan HP Yang Sudah Support Teknologi Jaringan Termutakhir

Sudah tahu berapa kecepatan koneksi transfer data yang diakses perangkatmu ? Nah sekarang saatnya menerapkan tips mempercepat WiFi di Android mu berikut ini.

Mulailah mengecek perangkat yang biasa kamu gunakan untuk berinternetan. Apakah spesifikasinya sudah mendukung ? Bila kamu teliti sedianya semua perangkat mobile entah itu hp Oppo, Xiaomi, Samsung, ASUS dan segala jenis smartphone sudah support teknologi jaringan terbaru dengan menyematkan hardware konektivitas termutakhir. Namun ada kalanya orang lebih menyukai tampilan hp yang menarik dan harga murah daripada spesifikasi dalamnya. Padahal prosesor HP, RAM, dan perangkat konektivitas sangat mempengaruhi cepat lambatnya browsing di smartphone.

Coba lihat Android-mu konektivitasnya sudah support belum dengan teknologi WiFi terbaru ? atau masih 3G ? Simak juga tutorial mengubah hp 3g menjadi 4g di Android.

3. Matikan Dulu Aplikasi Android Yang Tidak Penting

mematikan aplikasi background di Android untuk meningkatkan kecepatan Wifi
Aplikasi yang berjalan secara background akan membuat bandwidth Wifi terkuras dan internetan di hp jadi lambat

Misalnya kamu sedang bermain game online sementara aplikasi-aplikasi yang sebelumnya aktif belum dimatikan akan tetap berjalan secara background yang menimbulkan kelambatan pengaksesan karena bandwidth WiFi terbagi.

Karena itu bila kamu ingin bermain game Android dengan lancar menggunakan akses WiFi maka matikan dulu aplikasi-aplikasi tersebut bila anda tidak sedang menggunakannya.

4. Ganti Perangkat Wifi Di Rumah Dengan Teknologi Jaringan Terbaru

Cara berikutnya mengatasi WiFi Indihome lemot agar jadi lebih cepat koneksinya yaitu menggunakan perangkat WiFi termutakhir. Kalau kamu sudah kadung menggunakan modem Wifi bertipe a, b, dan g maka sebaiknya hubungi layanan Indihome untuk menggantinya dengan tipe terbaru yaitu tipe n atau ab yang lebih tinggi kecepatan aksesnya.

5. Letakkan Wifi Router Di Tempat Yang Tepat

memperbaiki masalah kecepatan Wifi di Android
Meletakkan modem Wifi di tempat yang tepat dan mengatur antena pada posisi yang benar bisa memperbaiki masalah koneksi yang lemot di Android

Agar kecepatan WiFi di hp meningkat letakkanlah modem agak jauh dari TV, monitor, speaker, komputer. Letakkan di atas meja ruangan yang udaranya berfungsi baik.

Hindari meletakkan modem di lantai, atau di bawah tempat tidur.

6. Atur Posisi Antena Modem Untuk Mempermudah Menangkap Sinyal

Mengatasi koneksi Wifi yang kecepatannya lambat bisa juga dengan mengatur antena modem tetap lurus ke atas bagaimanapun posisi routernya. Semisal router posisinya horizontal di atas meja ataupun router diposisikan vertikal ditembok maka antenna harus tetap tegak lurus menghadap ke atas.

Takut modemnya rusak dan malah sinyal WiFi di Android-mu hilang ?  Tinggal hubungi teknisi Indihome saja.

7. Refresh Modem Secara Teratur

meningkatkan kecepatan Wifi di Android dengan reboot modem
Melakukan reboot atau refresh router bisa mengembalikan kecepatan Wifi seperti sedia kala
Kecepatan Wifi biasanya tetap tinggi dan stabil bila modem dipelihara. Selain dengan rajin membersihkan debu-debu yang menempel di router, cara lain agar bisa mempercepat koneksi WiFi yaitu dengan rutin merefresh modem.

Merefresh modem sangat perlu anda lakukan karena ketika modem WiFi selalu on terus menerus akan membuat lambat proses transfer datanya dan kecepatannya tidak stabil kadang tinggi kadang rendah. Kamu bisa merebootnya secara otomatis menggunakan aplikasi DD-WRT Firmware. Tapi kalau bisa menekan tombol On dan Off di routernya ngapain juga pake aplikasi bukan ?

8. Ganti Password Wifi Secara Berkala Menghindari "Pencurian" Bandwidth Oleh Tetangga Nakal

Apa benar mengganti password WiFi bisa mempercepat koneksi WiFi di Android ? Secara logika memang terdengar aneh dengan istilah "pencurian" ini. Siapa saja yang tahu password Wifi di rumah ? Kamu dan keluarga sudah pasti dong. Tetangga juga ada yang tahu dan wajar-wajar saja.

Namun ketika kamu sedang nonton Youtube di hp dan videonya putus putus maka cukup logis kalau kamu curiga dengan orang di sekitar. Siapa tahu si tetangga memakai bandwidth Wifi untuk mengunduh file-file besar. Apalagi kalau ngedownloadnya rame-rame bawa teman sekelas. Untung di dia rugi di kamu dong, tiap bulan bayar WiFi.

Nah kalau sudah begitu sudah saatnya kamu mereset ulang kata sandi WiFi supaya si dia tidak sembarangan lagi memakai Wifi kamu kecuali dia minta ijin.

9. Restart Ponsel Saat Koneksi WiFi Terasa Lambat

Cara paling mudah untuk mengetahui apakah jaringan WiFi mengalami masalah adalah dengan merestart ulang HP Android, iPhone, dan tabletmu. Bila pada hp indikator menunjukkan sinyal full cobalah membuka salah satu aplikasi. Kalau aplikasi bisa dijalankan maka kendalanya memang ada di gadget. Namun bila tidak kemungkinan besar karena ada virus yang menyerang sistem di perangkat atau pengaturan jaringan WiFi dan seluler yang tidak pas di hp.

10. Gunakan Peramban Yang Ringan Dan Cepat

Menggunakan browser terbaik yang ringan dan cepat adalah solusi lain yang bisa anda tempuh untuk mengantisipasi koneksi WiFi lelet saat browsing. Peramban yang kapasitas filenya besar dan belum didukung fitur-fitur canggih akan membuat aplikasi berjalan lambat. Apalagi bila peramban tidak memiliki fitur ads blocker akan membuat bandwidth anda tersedot sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk internetan.

11. Bersihkan Junk Files dan Virus Dengan Aplikasi Bawaan Ponsel

Bila setelah merestart ulang perangkat dan indikator menunjukkan sinyal WiFi full tapi tidak bisa membuka aplikasi online kemungkinan ada virus yang menginfeksi sistem. Agar masalah ini dapat diatasi coba lakukan pembersihan cache di peramban melalui history nya. Selain itu bersihkan pula junk files yang menjadi sarang malware menggunakan aplikasi pembersih bawaan ponsel. Biasanya cara ini cukup berhasil mengembalikan kecepatan koneksi internetmu.

Oya, kamu juga bisa membandingkan kecepatan koneksi WiFi di Android dengan kecepatan di laptop. Lebih cepat mana Wifi di Android atau lebih cepat koneksinya via laptop ? Kalau memang kecepatan akses WiFi di laptop-mu lebih lemot dibandingkan di Android, coba deh panduan berikut ini : Cara Meningkatkan Kecepatan Wifi Tanpa Aplikasi Tanpa Root.

Nah, dengan trik di atas kecepatan WiFi di Android mu kembali normal. Apakah kecepatannya masih semenjana ? Coba percepat WiFi dengan metode berikut ini.

12. Mempercepat Koneksi WiFi Dengan Cara Root Android

Bila anda terbiasa dengan root maka proses memanipulasi kecepatan WiFi agar lebih cepat juga terasa mudah.

Cara mempercepat koneksi WiFi di Android dengan root ini bisa dilakukan dengan menginstal aplikasi Android root dan melakukan root di ponsel. Tapi kamu juga bisa melakukan root di PC dengan emulator Android.

Namun bagi sebagian orang metode root untuk mempercepat WiFi ini dirasa lebih ribet apalagi bila tidak paham dengan coding karena salah penerapannya dan bila tidak teliti bisa jadi semua aplikasi di android terkena dampaknya. Sehingga orang lebih sering menerapkan cara mempercepat internet WiFi di Android tanpa root.

Oya, apakah kamu juga internetan menggunakan layanan internet mobile selain WiFi ? Cepat atau lambatkah koneksinya ? Kalau koneksi internetmu lambat bisa kamu percepat dengan pengaturan DNS dan CMD. Tutorialnya selengkapnya pada Cara Meningkatkan Sinyal Telkomsel/Indosat/3.

13. Cara Mempercepat Sinyal WiFi Dengan Pengaturan di HP Android

Metode mempercepat WiFi di Android juga bisa kamu lakukan tanpa aplikasi. Metode ini lebih pada pengoptimalan perangkat dan hardware agar sinyal Wifi kembali normal dan kecepatan Wifi lebih maksimal.

Salah satu cara untuk meningkatkan sinyal wifi yaitu melalui pengaturan di perangkat. Ada 2 opsi pengaturan WiFi di Android, yaitu melalui opsi pengaturan jaringan dan opsi pengaturan pengembang (developer).

  • Cara Mempercepat Koneksi Wifi HP Android Melalui Pengaturan Opsi Pengembang

Langkah-langkah mempercepat akses Wifi dengan pengaturan ini yaitu :

Pertama, pastikan opsi pengembang dalam mode aktif, caranya yaitu masuk ke menu Pengaturan >> gulirkan ke bawah dan pilih sub menu About.

Kedua, setelah itu gulirkan ke bawah lalu isi box dengan angka developer (biasanya 7 digit). Sekarang mode pengembang sudah aktif. Langkah berikutnya yaitu mengganti opsi kecepatan, langkah-langkahnya yaitu :

Ketiga, kembali ke menu Pengaturan >> pada tampilan ini akan terlihat tombol mode Opsi Pengembang sudah aktif.

Keempat, selanjutnya gulirkan ke bawah dan centang pilihan WiFi Agresif ke Selular.
Nah kecepatan akses WiFi di Androidmu sudah bertambah 50-80 persen, tergantung faktor-faktor lainnya.

  • Cara Mempercepat Akses WiFi di Android Melalui Menu Pengaturan Jaringan

Cara manual lainnya yang bisa dilakukan adalah melakukan setting pada jaringan WiFi. Langkah-langkahnya sebagai berikut :
  • Masuk ke menu Pengaturan >> pilih opsi WiFi. Disini akan terbuka tampilan sejumlah jaringan WiFi di sekitarmu.
  • Masih pada sub menu Wifi ini lalu scroll ke bawah menuju opsi Advance Setting. Disini terdapat sejumlah opsi pengaturan tingkat lanjut.
  • Lalu klik WiFi Assistant dan pada atur posisi tombol menjadi Aktif. Mode ini akan secara otomatis mengubah jaringan WiFi ke mobile usage bila koneksi WiFi sangat lambat.
  • Kembali ke mode Pengaturan, lalu pilih sub menu WiFi Speed Mode. Pada mode ini ada pilihan Regular dan Extreme Mode yang berarti secara otomatis mengoptimasi kecepatan pada aplikasi yang kamu prioritaskan.
Selain dengan melakukan pengaturan menu jaringan kamu juga bisa menerapkan Cara Meningkatkan Kecepatan Wifi di HP dan Laptop Tanpa Aplikasi Tanpa Root.

Itulah sejumlah tips dan Cara Jitu Mempercepat Koneksi WiFi Indihome di Android yang bisa kamu terapkan. Selamat mencoba.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 Comments:

Write Comments
06 Agustus, 2018

kalau mau percepat wifi di android, sebaiknya gunakan ponsel android yang udah os terbaru. biasanya kalo OS android yang baru lebih canggih, lebih terupdate

avatar