Jenis Processor PC Laptop dan HP Terbaik Untuk Gaming Berat

Macam jenis processor laptop dan HP terbaik untuk gaming tahun 2022 dengan spesifikasi mumpuni dan performa bagus.

Processor kini menjadi salah satu bagian penting yang dibutuhkan oleh laptop dan smartphone gaming. Tanpa processor terbaik, performa perangkat untuk bermain game tidak optimal.

processor pc laptop dan smartphone serta cpu gpu terbaru

Memilih Processor Komputer dan HP Untuk Gaming

Bermain game kini menjadi salah satu aktivitas populer yang sering dilakukan banyak orang di perangkatnya. Terlebih di masa pandemi Covid19 yang membuat orang harus stay at home, sehingga untuk mengusir kebosanan salah satunya yaitu bermain game di laptop dan smartphone.

Selain untuk mengusir kebosanan, gaming juga menjadi salah satu cara anak muda kekinian untuk mendulang prestasi lewat kompetisi gaming yang semakin sering diadakan. Contohnya game Mobile Legend yang terus diadakan secara rutin oleh MLBB.

Namun agar mendapatkan pengalaman bermain game yang memuaskan sekaligus meraih prestasi seseorang membutuhkan perangkat dengan performa mumpuni.

Laptop dan hp terbaik untuk gaming memiliki spesifikasi yang tidak main-main, karena spesifikasi mentereng akan membuat aplikasi-aplikasi game dan lainnya dapat dijalankan dengan baik.

Salah satu spesifikasi laptop dan hp untuk gaming yang sangat penting dan wajib diperhatikan yaitu processor. Tanpa processor yang mumpuni, mustahil aplikasi-aplikasi game berjalan lancar.

Mengenal Processor dan Komponennya

Processor merupakan suatu unit atau komponen yang melakukan proses terhadap perintah input maupun output dari perangkat lunak sesuai jenis dan kegunaan perangkat tersebut. Dalam bahasa Indonesia secara harfiah bisa diartikan bahwa processor adalah unit atau komponen yang melakukan pemrosesan (prosesor/processor).

Processor disematkan dalam komponen komputer bernama motherboard, dimana pada motherboard tersebut terdapat tempat untuk menanamkan processor dan biasa disebut dengan socket. Oleh beberapa vendor/produsen socket dibuat dengan kompatibilitas yang dimiliki processor tersebut dan demikian pula sebaliknya karena tidak semua processor bisa ditanamkan pada socket yang sama.

Kecepatan operasi dan eksekusi processor dinyatakan dengan satuan MHz atau kini biasa dinyatakan dengan GHz (tergantung frekuensi, tahun pembuatan dan jenisnya). Perkembangan teknologi prosesor menyebabkan prosesor juga telah dibuat menjadi perangkat mini yang sesuai dengan ruang/socket yang diproduksi dalam sirkuit terpadu (sering juga dalam sebuah paket sirkuit terpadu-tunggal). Perangkat prosesor mini ini disebut juga dengan microprocessor.

Bagian – bagian dalam processor adalah:

  • Arithmetic And Logical Unit(ALU), yaitu komponen yang bertugas melakukan semua operasi dan kalkulasi aritmetika/matematika sesuai perintah program dengan dasar penjumlahan. Dengan operasi dasar berupa penjumlahan maka sirkuit elektroniknya biasa disebut adder.
  • Control Unit (CU), merupakan bagian yang mengatur lalu lintas data dan berfungsi mengatur/mengendalikan alat input dan output, mengambil instruksi memori utama, mengambil data memori utama untuk diproses (bila dibutuhkan), mengirim instruksi ke ALU jika ada perhitungan matematika maupun perbandingan logika sekaligus mengawasi kerja ALU, serta menyimpan hasil proses ke memori utama.
  • Memory Unit (MU), yaitu komponen yang berfungsi sebagai penyimpanan dengan kecepatan akses tinggi dan digunakan untuk menyimpan data instruksi yang diolah. Sementara data dan instruksi lainnya yang sedang menunggu giliran diproses akan tetap tersimpan dalam memori utama. Memori ini biasa disebut dengan istilah cache memory sehingga processor akan lebih cepat melakukan proses eksekusi.

Baca Juga : Urutan Processor Intel Dari Terendah Sampai Tertinggi

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Processor

Mikroprosesor sirkuit terpadu-tunggal ini telah menjadi aspek penting dalam penggunaan CPU sejak pertengahan tahun 70-an. Semakin baik kualitas processor, maka semakin tinggi performa PC Desktop dan Laptop.

Faktor-faktor yang mejadi tolak ukur kualitas processor dan performa prosesor terbaik saat ini yaitu :

  • Spesifikasi Processor itu sendiri
  • Frekuensi dan kecepatan akses memori/clock speed
  • Besar ruang penyimpanan RAM dan Cache Memory
  • Kemampuan adaptasi prosesor dalam kondisi suhu tinggi
  • Penggunaan daya (TDP)
  • Pola pengintegrasian memory control dan transfer rate
  • Kemampuan threading (Multi threading dan Single Threading) dan Multi Tasking
  • Kemampuan mengoperasikan aplikasi multi media
  • Stabilitas dan performa CPU dalam mengoperasikan aplikasi berdasarkan lama waktu pengoperasian

Jenis-Jenis Processor Pada Perangkat

Dalam perkembangannya, selain menciptakan processor baru produsen dan pengembang juga melakukan rancang ulang desain dan modifikasi processor. Sebagai contoh yaitu dikembangkannya teknologi untuk socket maupun chipset.

Berdasarkan fungsinya dalam menyokong pengoperasian di perangkat komputer dan smartphone, berikut ini adalah jenis-jenis processor yang dibuat untuk perangkat.

  1. CPU (Central Processing Unit)

  2. CPU adalah sebuah chip atau IC yang berfungsi untuk menjalankan proses algoritma ketika terjadi perintah (input) lalu menampilkannya pada layar. Fungsi CPU lainnya adalah melakukan proses loading OS, menjalankan perintah operasi kalkulasi/perhitungan di Excel atau aplikasi/software, termasuk melakukan perhitungan saat bermain game. Perhitungan dan kalkulasi dalam memainkan game menyebabkan sejumlah operasi akan menguras CPU

  3. GPU (Graphical Processing Unit)

  4. Saat menjalankan aplikasi game atau software desain grafis, perangkat membutuhkan kalkulasi hingga milyaran per detik sehingga akan menguras banyak memori. Komponen processor yang satu ini bertugas untuk memproses tampilan di layar komputer. Umumnya GPU berbentuk lempengan (biasa disebut dengan istilah card) yang bisa dicolok ke dalam slot PCI-Express pada desktop. Ada juga GPU yang berbentuk chip (Integrated Graphic Chip).

  5. APU (Accelerated Processor Unit)

  6. APU adalah penggabungan processor CPU dan GPU. Pembuatan processor APU bertujuan untuk memberikan pemrosesan/processing yang lebih cepat. Bentuk APU lebih kecil dan kedua komponen ini bisa terhubung lebih cepat. Penggunaan processor APU lebih direkomendasikan untuk perangkat mobile, PC atau desktop low end dan notebook/laptop khususnya bagi pelajar atau karyawan yang tidak menggunakan perangkat komputernya untuk menjalankan software berat. Prosesor APU sendiri pertama kali dibuat oleh AMD hingga sekarang.

Processor Terbaik PC dan Laptop Gaming

macam urutan dan jenis processor komputer pc laptop

Dalam perjalanannya, processor telah mengalami peningkatan dan pengembangan baik dalam hal teknologi, kompatibilitas, maupun penggunaannya. Hingga kini ditemukan puluhan vendor atau pabrikan yang membuat dan merakit processor, namun hanya beberapa saja yang processornya diakui keunggulannya dan kini dipasang di berbagai perangkat komputer gaming.

Baca Juga : Urutan Processor Intel i5

Berikut ini adalah merk processor komputer desktop/PC gaming terbaik di 2022.

  • AMD Ryzen Threadripper PRO 3955WX

  • AMD Ryzen™ Threadripper™ PRO 3955WX adalah procesor desktop gaming AMD terbaik spesifikasi tertinggi saat ini. Processor desktop AMD untuk gaming ini menggunakan socket sWRX8 dengan jumlah thread 32. Clockspeed processor untuk desktop gaming ini hingga 3.9 GHz dan maximum boost clock mencapai 4.3GHz.

  • Processor AMD Ryzen 9 3900X

  • Processor desktop gaming terbaik harga 8jutaan dari AMD ini adalah processor 12 cores berkecepatan hingga 3.8 GHz. Maximum boost clock processor dengan TDP 105W ini mencapai hingga 4.6 GHz. AMD Ryzen 9 3900X memiliki threads 24 dengan fabrikasi TSMC 7nm FinFET. Sangat kencang untuk memainkan sejumlah game.

  • Processor 12th Gen Intel Core i9-12900K

  • Intel Core i9-12900K 12th Gen adalah processor terbaik di dunia saat ini. Diluncurkan menjelang akhir tahun 2021 processor gaming terbaru untuk desktop ini dibekali 16 core serta 24 thread dengan max turbo boost mencapai 5.2 GHz. Performa multi-thread Core i9-12900K adalah yang paling unggul di tahun 2022 yang dikhususkan untuk para gamer dan kreator.

  • Processor Intel Core i9 10900K

  • Processor terbaik desktop gaming juga hadir dari keluarga Intel yaitu i9 10900K. Processor gaming desktop Intel ini memiliki tipe socket 1200 dengan jumlah core 10 dan threads 20. Processor terbaik Intel generasi 10 ini memiliki TDP 95W dengan base clocknya mencapai 3.7GHz. Bahkan maximum boost-nya hingga 5.3GHz. Pasti kencang.

  • Processor Intel Core i9-9900K

  • Intel Core i9-9900K juga merupakan processor terbaik Intel desktop gaming yang punya spesifikasi mumpuni. Processor Intel octa-core dengan socket: FCLGA1151 ini punya speed clock mencapai 3.6 GHz. Hebatnya lagi processor Intel gaming 14nm dan TDP 95W ini memiliki maximum boost clock mencapai 5.0 GHz. Kencang kan ?

  • Processor Intel Core i7-9800X

  • Dari jajaran Core i7 Intel mengeluarkan processor desktop gaming terbaik model i7-9800X. Processor octa-core Intel ini memiliki socket FCLGA2066 dengan fabrikasi 14nm. Dengan TDP165W, processor Core i7-9800X ini mampu berjalan dengan kecepatan 3.8 GHz dan maximum boost mencapai 4.4 GHz.

    Baca Juga : Urutan Procesor AMD Untuk Desktop/Laptop

Prosesor Terbaik Untuk Smartphone Gaming

macam-macam jenis dan urutan prosesor intel

Selain membuat komponen processor (chipset, CPU, GPU) untuk komputer desktop dan laptop, vendor juga membuat dan mengembangkan processor untuk perangkat mobile seperti smatphone dan tablet. Hal ini disebabkan karena smartphone kini tidak lagi sebatas alat komunikasi saja, namun juga digunakan untuk mengoperasikan multi aplikasi seperti ponsel gaming dan hp selfie.

Pemasangan processor di smartphone ditujukan untuk grafis yang lebih baik, kecepatan pengoperasian, serta meningkatkan performa perangkat.

Baca Juga : Processor Terbaik Untuk Android

Berikut ini adalah processor untuk smartphone gaming kekinian yang sering dipasang.

  • Prosesor Snapdragon 888 Plus 5G

  • Keluarga Snapdragon selalu menghadirkan processor terbaik untuk hp gaming. Snapdragon 888 Plus 5G sendiri memiliki spesifikasi CPU Octa Core (1x 3.0 GHz Kryo 680 Prime + 3x 2.42 GHz Kryo 680 Gold + 4x 1.8 GHz Kryo 680 Silver) didukung processor grafis GPU Adreno 660.

  • Prosesor Snapdragon 888 5G

  • Snapdragon Snapdragon 888 5G merupakan saudara kandung Snapdragon 888 Plus 5G yang memiliki fabrikasi 5nm dan terkenal hemat daya. Processor Snapdragon 888 5G sendiri merupakan CPU: Octa Core (1x 2.84 GHz Kryo 680 Prime + 3x 2.42 GHz Kryo 680 Gold + 4x 1.8 GHz Kryo 680 Silver) didukung processor grafis GPU Adreno 660.

  • Processor Samsung Exynos 2100

  • Selain dari jajaran Qualcomm Snapdragon, processor smartphone terbaik untuk gaming juga hadir dalam Samsung Exynos 2100. Chipset-nya menyerupai Snapdragon 888 5G dan CPU-nya menggunakan 1x Cortex X1, 3xCortex-A78, dan 4x Cortex-A55 didukung GPU Mali G78 MP14.

  • Processor Samsung Exynos 1080 5G

  • Prosesor Samsung Exynos 1080 5G dibuat dengan CPU Octa Core 1xARM Cortex A78 dengan kecepatan clock hingga 2.8 GHz dan 3xCortex-A78 dengan kecepatan clock 2.6 GHz. Samsung Exynos 1080 5G memiliki fabrikasi 5nm sehingga menjadikannya salah satu processor hp gaming terbaik hemat daya.

  • Processor Mediatek Dimensity 1200

  • Processor hp terbaik untuk gaming lainnya adalah Mediatek Dimensity 1200. Processor terbaik hp gaming yang satu ini memiliki spesifikasi CPU Octa Core (1x 3.0 GHz Cortex-A78 + 3x 2.6 GHz Cortex-A78 + 4x 2.0 GHz Cortex-A55) ditenagai GPU Mali G77 MC9. Performa dan kinerja processor Mediatek Dimensity 1200 layak sebagai processor terbaik hp gaming kelas menengah.

  • Processor Hisilicon Kirin 9000 5G

  • Kirin Hilisicon 9000 5G adalah processor terbaik untuk hp gaming lainnya. Processor Octa Core ini terdiri atas (1x 3.13 GHz Cortex-A77 + 3x 2.54 GHz Cortex-A77 + 4x 2.05 GHz Cortex-A55) yang ditenagai processor grafis GPU Mali-G78. Prosesor terbaik untuk hp gaming besutan Huawei Hisilicon ini memiliki fabrikasi 5nm yang hemat daya.

Baca juga : Processor Terbaik Untuk HP

Nah, itulah ulasan mengenai procesor untuk komputer dan smartphone. Bila ingin mendapatkan hasil terbaik, tentu saja kamu harus menggunakan komputer dan hp dengan processor terbaik dengan fitur-fitur canggih di dalamnya.

Anda mungkin menyukai postingan ini

2 komentar

  1. NETBUG
    baru dengar nih cpu arm, kayak-kayak asing di telinga
    ada yang tau urutan processor arm yang lengkap gak ?
  2. Imam Fahrudin
    makasih min... nice post. salam kenal
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>