Apa Itu Android Jelly Bean Serta Beserta Spesifikasi dan Fiturnya

11 Maret
Android Jelly Bean adalah versi Android terbaru setelah Android Ice Cream Sandwich. Di masanya sangat banyak hp Android Jelly Bean murah 500 ribuan. Berikut ini adalah jenis android Jelly Bean beserta fitur-fiturnya.

Android Jelly Bean, Adalah Versi Ke-10 Android

Urutan versi Android semakin panjang setelah Google merilis Android versi 3.0 atau versi Android Honeycomb, lalu Android Ice Cream Sandwich atau Android 4.0 dan berikutnya adalah Android Jelly Bean.

3,2 persen dari semua perangkat Android yang mengakses Google Play menjalankan versi Jelly Bean. Ini membuktikan bahwa Android Jelly Bean tergolong versi Android terbaik yang banyak digunakan pengguna gadget. HP Android Jelly Bean pun laris manis di pasar smartphone dunia.

Seperti apa kiranya fitur Android J atau Android Jelly Bean ini ?


Urutan OS Android Jelly Bean Hingga 2019 Beserta Fiturnya

Setelah merilis versi Ice Cream Sandwich, Android merilis Jelly Bean. Penamaan OS Android "Jelly Bean" diberikan untuk versi Android yang satu ini merujuk pada jenis permen kacang jelly.

Menurut Wikipedia dan Android.com, Android Jelly Bean adalah versi kesepuluh yang dirilis Android. Fokus yang dikembangkan Google pada Android 4.1 ini adalah pada peningkatan kinerja yang dirancang untuk memberikan sistem operasi dengan peraaan lebih halus, lebih responsif.

Versi Android Jelly Bean 4.1 diumumkan pada 9 Juli 2012 berbasis Kernel Linux 3.0.31 dengan level API 16. Perangkat tablet Nexus 7 adalah perangkat pertama yang menggunakan versi Android 4.1 ini. Dalam perjalanannya Android Jelly Bean mengalami update dan rilis hingga versi 4.3.

Secara umum Android v4.1 hingga v4.3 punya sejumlah fitur antara lain dukungan transfer data Bluetooth bagi Android Beam, diktasi suara luring, antarmuka yang lebih halus, peningkatan aksesbilitas, papan ketik yang bisa dimodifikasi oleh pengguna perangkat, teks dua bahasa dan dukungan bahasa lainnya, serta perluasa notifikasi.

Android Jelly Bean juga mengalami peningkatan pada aplikasi kamera, fitur pencarian suara serta penggantian web browser bawaan Android dengan Google Chrome. Kini smartphone yang menggunakan Android Jelly Bean bisa main Mobile Legend dan WA (WhatsApp).

Versi Android Jelly Bean 4.1

Android Jelly Bean 4.1.1

Android 4.1.1 Jelly Bean adalah versi terupdate dari Android 4.1. Versi update Android 4.1 ini dirilis ini pada 23 Juli 2012. Pada versi 4.1.1 Android mengalami perbaikan bug untuk Nexus 7.

Android Jelly Bean 4.1.2

Android 4.1.2 Jelly Bean dirilis 9 Oktober 2012. Versi update Android 4.1 ini juga mengalami perbaikan pada bug dan peningkatan kinerja, gerakan satu jari untuk notifikasi, serta dukungan rotasi layar depan pada ponsel Nexus 7.

Android 4.2 Jelly Bean

Android Jelly Bean 4.2 diumumkan pada 13 November 2012 dengan level API 17 dan berbasis Kernel Linux 3.4.0. Awalnya akan dumumkan pada Oktober 2012 namun batal karena Badai Sandy. Jelly Bean v4.2 pertama kali digunakan pada perangkat Nexus 4 LG dan Nexus 10 Samsung. Beberapa perubahan pada Android 4.2 Jelly Bean antara lain peningkatan kinerja layar kunci, dukungan widget dan kemampuan untuk membuka aplikasi. Perubahan lainnya yaitu adanya fitur foto panorama (Photo Sphere), dukungan papan kunci dengan gestur ketikan, kontrol daya notifikasi serta perbaikan aksesbilitas.

Baca Juga : Aplikasi Android Tercanggih Terpopuler 2019.

Android Jelly Bean 4.2.1

Android Jelly Bean 4.2.1 (Android 4.2.1 Jelly Bean rilis 27 November 2012) mengalami perbaikan pada bug aplikasi "People", penambahan gamepad dan joystick Bluetooth yang mendukung HID.

Android Jelly Bean 4.2.2

Android Jelly Bean Versi 4.2.2, dirilis 11 Februari 2013 dan mengalami perbaikan bug pada streaming audio Bluetooth, USB debug, peningkatan kinerja, notifikasi unduhan serta nada baru bagi pengisian nirkabel.

Versi Android 4.3 Jelly Bean

Android 4.3 Jelly Bean. Nexus 7 Generasi Kedua adalah perangkat pertama yang menggunakan sistem operasi Jelly Bean versi 4.3.

Eksistensi Android Jelly Bean

Saat ini Android Jelly Bean 2019 tidak lagi didukung Google, kecuali orang yang masih memiliki tablet atau ponsel yang menjalankan versi Android Jelly Bean upgrade.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »