Table of Content

Kenapa WiFi Lemot? 15 Penyebab WiFi Lambat di Laptop dan HP

Penjelasan lengkap apa penyebab internet lemot dan apa faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan internet WiFi.

Kenapa WiFi lemot? Mengapa membuka situs di laptop atau nonton video Youtube di hp terasa lambat padahal jaringan bagus? Pasti kondisi ini membingungkan, sekaligus menjengkelkan, bukan?

Internet kini menjadi kebutuhan utama masyarakat yang senantiasa beraktivitas secara daring. Dengan teknologi jaringan semakin canggih orang dapat memperoleh berbagai informasi dengan cepat dan menikmati beragam konten.

Salah satu jenis internet yang saat ini populer digunakan untuk online adalah WiFi. Kecepatan WiFi yang tinggi dan koneksi yang stabil adalah alasan utama mengapa orang berlangganan Wifi rumah.

Namun bukan berarti tidak ada kendala selama internetan menggunakan WiFi. Bahkan seringkali pengguna mengalami kecepatan internet melambat dan koneksi WiFi terputus meskipun sinyal penuh. Keadaan ini membuat aktivitas menjadi terhambat, bahkan berdampak pada menurunnya produktivitas kerja.

Untuk mengetahui cepat atau lambatnya kecepatan akses internet di perangkat, kamu bisa melakukan uji kecepatan internet. Salah satu cara menguji kecepatan internet misalnya melalui website speed test.

Lalu, kenapa jaringan WiFi lemot? Kali ini Teknoplug.com akan mengulas berbagai faktor penyebab WiFi lemot ketika internetan di laptop dan smartphone.

Faktor Penyebab Jaringan WiFi Lemot

penyebab jaringan telkomsel indosat xl 3 lemot

1. Infrastruktur Jaringan Belum Memadai

Salah satu alasan utama kenapa jaringan WiFi lemot adalah infrastruktur jaringan di Indonesia tergolong belum memadai dan lambat pengembangannya dibandingkan negara-negara lain di dunia dan di Asia seperti Singapura, Jepang, dan Korea Selatan.

Infrastruktur jaringan yang belum mendukung ini menimbulkan beragam dampak misalnya pada koneksi internet yang buruk, sinyal internet yang lemah atau sering hilang, dan kecepatan akses yang tidak stabil. Padahal koneksi internet yang stabil dan kecepatan yang tinggi sangat dibutuhkan pengguna yang sering mendownload file besar atau streaming game misalnya di Google Stadia.

2. Coverage Area Terbatas

Belum maksimalnya ketersediaan infrastruktur jaringan salah satunya disebabkan oleh kontur dan topografi alam di Indonesia. Setiap pulau memiliki topografi yang berbeda. Keadaan alam seperti ini membutuhkan pengerjaan infrastruktur yang kompleks.

Hal ini menyebabkan provider hanya dapat melayani coverage area dalam lingkup terbatas, terutama pada wilayah yang sudah disupport oleh infrastruktur jaringan dan Base-infrastructure Transceiver Station (BTS) saja.

Misalnya saat kamu berada di daerah perbukitan dan sinyal internet hanya sedikit di indikator HP, bisa saja hal tersebut disebabkan karena infrastruktur dan layanan dari provider belum ada di wilayah tersebut.

3. Gangguan Pada Jaringan Internet Karena Bencana Alam

Koneksi yang buruk karena bencana alam seperti gempa bumi, gunung berapi, dan tanah longsor juga menjadi penyebab kenapa Wifi lemot. Kondisi tersebut menyebabkan infrastruktur jaringan telekomunikasi rusak sehingga sinyal internet hilang.

Untuk memulihkannya, tentu membutuhkan waktu. Cepat tidaknya pemulihan jaringan internet tergantung pada perbaikan infrastruktur yang rusak.

4. Listrik Padam

Kamu lagi internetan tapi tiba-tiba semua yang diakses di peramban tidak bisa dibuka? Coba cek apakah sinyal full atau berkurang tinggal satu balok lagi di hp mu. Jangan-jangan kantor provider di daerahmu sedang mengalami pemadaman.

Saat ini beberapa provider memberlakukan pengoperasian dan layanan secara regional. Semisal Telkomsel pengoperasiannya dilakukan sesuai kebutuhan regional termasuk penggunaan listrik dari PLN sebagai sumber daya utama. Ketika di daerahmu PLN memberlakukan pemadaman listrik pada waktu tertentu bisa jadi listrik di kantor dan infrastruktur yang tersedia di regional ISP langgananmu juga dimatikan. Alhasil sinyal internet di perangkatmu hilang.

5. Cuaca Buruk

Gangguan lain yang menyebabkan masalah koneksi internet lambat adalah hujan yang disertai petir. Di Indonesia faktor cuaca ekstrim adalah yang paling sering mengganggu koneksi internet. Petir memiliki gelombang dan tegangan listrik super tinggi sehingga menyebabkan sinyal WiFi lemah .

Frekuensi radio yang digunakan sebagai saluran internet juga kerap terganggu karena angin kencang. Akibatnya perangkat hp atau PC akan sukar mengoperasikan berbagai aplikasi dan lambat browsingnya.

6. Lalu Lintas Jaringan Internet Padat

Secara teknis, pengguna internet dapat menikmati layanan internet cepat bila jalur akses atau jaringan yang digunakan dalam kondisi sepi atau tidak ada pengguna lain di sekitarnya. Namun apabila pada saat yang bersamaan ada pengguna internet di sekitar yang juga memanfaatkan jalur tersebut, maka potensi internetan menjadi lemot selalu ada.

Contohnya adalah saat melakukan proses registrasi SIM beberapa waktu lalu, selama berhari-hari registrasi selalu gagal karena sangat padatnya lalu lintas jaringan yang digunakan oleh seluruh pengguna internet di Indonesia dalam waktu yang bersamaan.

7. Memilih Paket WiFi Yang Tidak Tepat

Di Indonesia ada cukup banyak ISP baik ISP WiFi yang menawarkan beragam paket Wifi dan data seluler. Namun bila bicara kecepatan internet maka yang perlu diketahui adalah berapa Mbps (megabit per detik) sebenarnya kecepatan akses internet pada setiap paket dari masing-masing provider tersebut.

Selain itu apakah provider langganan sudah memiliki infrastruktur jaringan yang mumpuni, dimana saja coverage area-nya? Hal-hal ini perlu dipertimbangkan sebelum berlanggan internet.

8. Laptop dan HP Tipe Lama

Apakah kamu internetan via hp Android atau iPhone yang masih menggunakan piranti konektivitas tipe lama ? Bila iya maka bisa dipastikan kecepatan koneksinya lebih lambat dibandingkan tipe terbaru.

Saat ini smartphone dan laptop terbaru sudah didukung oleh teknologi jaringan terbaru. Kalian bisa melihat spesifikasinya pada setiap paket kemasan produk.

Baca juga: Cara Upgrade HP 3G ke 4G di Android dan IPhone.

9. Spesifikasi Perangkat Masih Rendah

Masalah koneksi internet yang lambat sering mendera pengguna yang internetan di perangkat berspesifikasi rendah. Menggunakan hp atau laptop yang RAM-nya kecil dan processor nya tipe jadul menyebabkan kemampuan dan kinerja perangkat selama terhubung ke internet jadi lambat. Kinerja pemrosesan dan multitasking rendah ini terlihat saat kamu mengalami lag atau loading yang terlalu lama ketika membuka situs Youtube.

10. Banyak Aplikasi Terbuka dan Berjalan Bersamaan

Beragam aplikasi bisa kita operasikan di HP dan laptop. Namun bila membukanya terlalu banyak justru menyebabkan bandwidth tersedot. Parahnya lagi selain menyebabkan proses loading jadi sangat lama juga bisa menyebabkan perangkat hang dan mati sendiri. Ini biasanya terjadi pada perangkat-perangkat berspesifikasi rendah.

11. Belum Menggunakan Router Wifi Tipe Terbaru

Modem adalah piranti utama agar perangkat bisa mengakses sinyal internet. HP dan PC terbaru pastinya sudah menggunakan modem tersebut. Namun ketika berlangganan WiFi bisa saja koneksi Wifi mu berjalan sangat lambat. Apa sebab ? Kemungkinan besar karena router WiFi yang dipasang di rumah masih tipe lama yang menggunakan teknologi a, b, dan g yang kecepatan koneksinya lebih lambat dibandingkan tipe ab dan tipe n.

12. Meletakkan Router WiFi Di Tempat Yang Tidak Tepat

Bila kamu berlangganan paket Wifi berkecepatan 30Mbps tapi terasa lambat saat online padahal sinyal full, kemungkinan besar ini disebabkan posisi modem Wifi yang keliru peletakannya dan antena router yang tidak pas.

Meletakkan modem router dekat dengan perangkat elektronik, meletakkan modem di bawah meja dan temat tidur justru membuat sinyal Wifi lemah sehingga sukar ditangkap oleh receiver di perangkat. Posisi antena yang tidak tegak lurus juga menyebabkan sinyal wifi sering putus-putus meskipun jarak router dekat denganmu.

13. Jarak Router Dengan Perangkat Terlalu Jauh

Salah satu penyebab yang paling umum kenapa WiFi lemot ketika diakses di perangkat adalah jarak yang terlalu jauh antara router dengan perangkat.

Hal ini dikarenakan sinyal Wifi bergerak merambat dalam bentuk gelombang radio. Bila kamu internetan dari jarak yang terlalu jauh dari radius jangkauan maksimal yang bisa diakses perangkat, misalnya di luar area 50 meter dari router, sinyal WiFi yang diterima perangkat juga akan melemah.

14. Sinyal WiFi Terganggu Benda Lain

Bila di sekitar router terdapat benda-benda yang menggunakan frekuensi yang sama dengan WiFi, akan menimbulkan gangguan pada kecepatan WiFi. Sinyal WiFi juga bisa saja hilang timbul. Hal ini sering diistilahkan dengan interferensi.

Karena itu jauhkan benda-benda yang berpotensi menimbulkan interferensi, seperti radio, microwave, atau oven. Atau letakkan router di tempat yang tidak berdekatan dengan benda-benda tersebut.

15. Iklan Browser

Penyebab internet WiFi lemot berikutnya yaitu iklan di browser. Iklan yang muncul bertebaran di dalam browser sangat menguras bandwidth. Ketika bandwidth terkuras oleh iklan, maka kuota bandwidth yang dibutuhkan untuk membuka situs atau aplikasi yang kamu inginkan jadi over sehingga internetan jadi lemot.

Sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi Adblocker untuk mengatasi internet Indosat lemot. Langkah lainnya yaitu dengan memasang browser yang ringan yang terintegrasi dengan Ads Blocker.

16. Internetan Pakai Browser Berat dan Jadul

Beberapa browser punya fitur multi tab. Ketika kamu membuka berbagai situs di tab yang berbeda pada saat yang bersamaan, bandwidth juga terkuras. Saat ini browser terbaik sudah didukung oleh sejumlah update dan upgrade fitur dari pengembangnya sehingga membuka halaman-halaman situs terasa cepat.

17. Junk Files, Cache Yang Menumpuk, dan Infeksi Virus

Junk files dan file cache adalah sisa-sisa saat browsing. Ketika mengaktifkan internet dan membuka peramban semua file ini turut terbaca dan secara otomatis dihitung bit transfernya. Ketika sudah menumpuk dan tidak dibersihkan bandwidth akan terpakai sehingga ketika membuka aplikasi lain akan terasa lambat loadingnya.

Perangkat yang tidak memasang antivirus terbaik sangat rentan terserang virus. Media penyebaran virus melalui internet adalah iklan, email, file sampah dan cache yang menumpuk.

Baca juga:

  1. Tutorial Mempercepat Koneksi Wifi di PC dan Laptop.
  2. Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi di HP Android.

Kesimpulan

Internet WifI yang canggih dengan koneksi yang cepat dan sinyal full tentu menjadi dambaan semua pengguna internet. Namun agar terhindar dari koneksi yang lemot, kamu perlu memahami hal-hal yang menjadi faktor penyebab kenapa WiFi lemot di atas.

Suka Teknologi