9 Penyebab Yang Paling Sering Membuat Internet Lemot

9 Penyebab Yang Paling Sering Membuat Internet Lemot  - Internet berjasa besar bagi umat manusia di era digital ini. Dengan internet semuanya bisa dengan mudah dillakukan tak terbatas waktu dan jarak. Namun apa jadinya bila sedang browsing internet lemot ? Pastinya bakal bikin gemas, karena semua aktivitas jadi lama dan lambat.


penyebab jaringan telkomsel indosat xl 3 lemot


Lalu, kenapa internet bisa jadi lemot di perangkat saat sedang browsing, berkirim pesan gambar via aplikasi WhatssApp, mengunggah video ke Youtube, nonton video streaming, atau main game online ? Pertanyaan ini cukup sering muncul, mengingat jaman sekarang internet sebenarnya cukup mudah diakses. Mungkinkah lemot itu disebabkan oleh perangkat ? Atau justru disebabkan oleh jaringan itu sendiri ? Atau ada faktor penyebab lain ?

Untuk mengetahui apa saja penyebab lemot di perangkat yang kamu gunakan saat download, video streaming, atau menggunakan aplikasi online lainnya, kali ini TeknoPlug akan beberkan sejumlah hal yang bisa memicu internetan jadi lambat di perangkat PC maupun smartphone.

Menurut TeknoPlug, penyebab utama Kecepatan Akses Internet jaringan sering lemot harus dilihat dari 3 aspek, yaitu :
  1. Aspek jaringan dan provider internet itu sendiri.
  2. Aspek spesifikasi perangkat para pengguna internet. 
  3. Aspek perilaku pengguna internet.

Baca Juga :

Penyebab internet lemot bisa disebabkan oleh jenis kecepatan internet yang diakses, kualitas ISP dan kualitas jaringan. Saat ini orang bisa berinternetan baik dengan mengakses WifI maupun internet seluler. Seperti diketahui, perangkat-perangkat smartphone yang ada saat ini sudah bisa mengakses sinyal internet WiFi, dan perangkat-perangkat laptop juga sudah bisa mengakses internet dari seluler.

Berikut ini adalah faktor-faktor penyebab internet lemot yang disebabkan oleh kecepatan internet yang diakses.

1. Salah Memilih Paket Kecepatan Internet 

Saat ini internet cepat adalah sebuah kebutuhan, karena dengan internet cepat semua aktivitas bisa diselesaikan dalam tempo singkat. Ada banyak paket kecepatan akses internet yang bisa diperoleh dengan berlangganan WiFi atau membeli kuota internet seluler.

Internet bisa lemot kalau mengakses internet yang kecepatannya rendah. Jadi jangan ngambek kalau waktu internet jaringannya lemot, lha wong kamunya berlangganan paket kecepatan rendah kok. Internetan dengan kecepatan 10 Mbps jelas lebih kencang daripada 2 Mbps.


2. Berlangganan ISP WiFi/4G Yang Belum Kredibel

Di Indonesia, penyedia layanan internet berlomba-lomba beriklan dan berpromosi paket internet tercepat, internet termurah, internet unlimited dsb. Tapi kamu hanya bisa mengakses internet yang potensi lemotnya rendah saat internetan. Itu artinya kamu berlangganan dari provider internet yang sudah kredibel.

Kalau mau tidak lelet saat internetan menggunakan WifI, kamu bisa berlangganan paket internet dengan kecepatan 10 MBps saja dari ISP terbaik, misalnya Telkom Speedy, atau First Media.

Kalau tidak mau internetan lelet dengan paket seluler, sebaiknya kamu berlangganan kuota internet yang kecepatannya tinggi misalnya paket 4G LTE dari providerTelkomsel atau Ooredo Indosat yang cukup punya nama.

Baca Juga : Paket Wifi Murah Untuk Dirumah.

3. Sinyal WiFi/4G Lemah dan Sering Hilang Karena Cuaca

Penyebab internet lemot salah satunya disebabkan oleh sinyal internet yang lemah. Hal ini bisa terjadi oleh berbagai faktor. Antara lain faktor alam misalnya karena cuaca.

Faktor lainnya yaitu infrastruktur jaringan yang belum tersedia di sejumlah area. Dalam hal ini, ketika anda berdomisili agak jauh dari coverage area provider, anda bisa mendapatkan sinyal yang cukup lemah.

Penyebab lainnya yaitu router yang cakupan areanya sempit, sehingga ketika internetan pakai WiFi di area yang jaraknya lebih dari 50 m dari sumber asal sinyalnya sering sekali hilang. Kalaupun tertangkap, sinyal WiFinya lemah. Oleh karena itu sangat disarankan menggunakan router yang luas pendistribusiannya.

Baca Juga : Cara Mengecek Kecepatan Koneksi Internet di Website.

4. Traffic Jaringan Internet Padat

Secara teknis, pengguna internet dapat menikmati layanan internet cepat bila jalur akses atau jaringan yang digunakan dalam kondisi kosong atau tidak ada pengguna lain di sekitarnya. Namun apabila pada saat yang bersamaan ada pengguna internet di sekitar yang juga memanfaatkan jalur tersebut, maka potensi internetan menjadi lemot selalu ada. Contohnya adalah saat melakukan proses registrasi SIM beberapa waktu lalu, selama berhari-hari registrasi selalu gagal karena sangat padatnya lalu lintas jaringan yang digunakan oleh seluruh pengguna internet di Indonesia dalam waktu yang bersamaan.

Tidak semua orang mengerti hal ini, oleh karena itu penyebab internet lemot dari sisi kepadatan jalur di jaringan internet ini perlu disosialisasikan kepada semua orang.

Itulah beberapa penyebab internet lemot yang disebabkan oleh jaringan, ISP dan kualitas jaringan itu sendiri. Lalu apakah internetan lemot semuanya disebabkan oleh faktor Internet Broadband ? Ternyata tidak. Ada faktor lain yang menjadi penyebab internet lemot, yaitu spesifikasi perangkat PC serta smartphone.

5. Spesifikasi Perangkat Tidak Kompatibel

Jangan melulu menyalahkan kualitas jaringan dan kredibilitas Internet Service Provider sebagai penyebab internet lemot. Siapa tahu kesalahan bukan pada jaringan, tapi justru pada perangkat PC maupun ponsel kamu. 

Penyebab internet lemot bisa disebabkan oleh perangkat yang kamu gunakan. Kok bisa ? Ini penjelasannya.


Sistem Operasi (OS) Perangkat Masih Versi Lawas

Browsing di perangkat yang OS-nya masih versi lawas bisa jadi pemicu internet loading lama. Hal ini karena sistem pengoperasian (OS) punya pengaruh sangat besar terhadap kemampuan operasional sebuah perangkat komputer, baik itu PC maupun smartphone.

Setiap Operating System punya spesifikasi dan kelebihan yang berbeda-beda, termasuk dalam hal pengelolaan jaringan internet di perangkat maupun internet security systemnya. Umumnya setiap OS akan mengalamai perbaikan dan peningkatan dalam hal mengakses jaringan internet serta fitur-fitur keamanan internetnya.

OS yang versinya lebih baru dan lebih sering diupdate biasanya punya kemampuan yang lebih baik dari versi sebelumya. Misalnya bagi anda yang sering internetan di perangkat laptop yang sudah Windows 10, coba bandingkan dengan ketika kamu internetan di PC yang masih Windows 7. Mana lebih kencang ? So pasti Windows 10 dong. Ini karena fitur internetnya lebih baik.

Demikian pula halnya kalau kamu browsing dari ponsel Android yang masih versi Lolipop jelas kalah cepat dibandingkan internetan di Android versi Nougat apalagi Oreo.

Untuk lebih lengkap mana versi Android terbaik untuk internetan kamu bisa membaca Apa Versi Android Terbaik.


Spesifikasi Perangkat (PC/Smartphone) Rendah

Menggunakan ponsel yang spesifikasi RAM, processor, ROM yang tidak mendukung bisa menjadi salah satu penyebab internetan lemot dan loading lambat. Facebookan pakai Internet 3 lemot, input data pakai kuota Telkomsel lambat, atau gaming pakai Indosat tapi sinyal sering putus-putus, yakin itu semua kesalahan provider ? Problem ini sering jadi keluhan pengguna ponsel padahal mereka belum menyadari bahwa mereka masih menggunakan ponsel yang spesifikasinya tidak mendukung untuk internetan cepat.

Kalau anda masih menggunakan ponsel yang RAM-nya kurang dari 2 Gb, dengan memori penyimpanan kurang dari 8 Gb, akan membuat kinerja ponsel dalam mengakses internet menjadi lambat. Ini karena sejumlah energi dalam ponsel, mulai dari processor, RAM/ROM, dan baterai terkuras untuk mengoperasikan aplikasi-aplikasi lainnya.

Agar bisa mengatasi jaringan 3 lemot, sebaiknya gunakan ponsel yang spesifikasinya mendukung. Dengan internetan lewat smartphone yang spesifikasinya bagus, kamu juga bisa menghindari jaringan Telkomsel lemot, maupun jaringan internet Indosat loading lambat.

Faktor spesifikasi yang rendah bukan hanya jadi penyebab internet lemot di Smartphone tapi juga di perangkat PC/laptop. Processor dan RAM adalah kunci utama kinerja perangkat laptop dan PC saat internetan, karena clocking, overheating, multitasking, dan termperatur sangat mempengaruhi kinerja perangkat. Baik saat main game online, browsing lewat fitur multi tab di browser. Kalau spesifikasi processor rendah dengan speed yang kecil/lambat, RAM kecil (kurang dari 2GB) alhasil temperatur akan menjadi panas sehingga kinerja laptop saat berinteraksi secara online misalnya membuka browser internet akan semakin melambat.


Ponsel Belum Support 3G/4G/WiFi

Penyebab internet lemot laiinya adalah penggunaan perangkat yang belum support teknologi jaringan terbaru. Saat ini orang bisa internetan menggunakan kuota internet seluler di smartphone yang sudah didukung teknologi 3G/4G.

Bagi anda yang masih menggunakan ponsel yang internetnya cuma didukung teknologi EDGE atau 2G, siap-siaplah menerima kenyataan bahwa internetan akan sangat sangat lambat. Oleh karena itu, bila Internet XL lemot, internetan pakai kuota Telkomsel lambat, atau gaming pakai paket Indosat Ooredo sinyalnya sering putus-putus, janga buru-buru menyalahkan provider. Pastikan dulu ponsel anda memang sudah support teknologi jaringan 4G.

Baca Juga : Cara Upgrade HP 3G Menjadi 4G di Android dan IPhone.

6. Browsing Tidak Menggunakan Browser Terbaik Yang Cepat dan Ringan 

Penyebab internet lemot karena browser sangat sering terjadi. Menggunakan browser yang berat sangat besar pengaruhnya terhadap kinerja perangkat. Apalagi kalau spesifikasi ponselnya rendah, perangkat bisa hang,

Beberapa browser punya fitur multi tab. Ketika kamu membuka berbagai situs di tab yang berbeda pada saat yang bersamaan, bandwidth juga terkuras. Oleh karena itu sangat disarankan menggunakan aplikasi browser terbaik tercepat di Android.

7. Iklan dan Pop Up

Penyebab internet lemot berikutnya yaitu bandwidth yang terkuras. Jaringan internet Indosat lemot bila menggunakan browser yang tidak memiliki Adblocker (pemblokir iklan). Asal kamu tahu, iklan yang muncul bertebaran di dalam browser sangat menguras bandwidth. Ketika bandwidth terkuras oleh iklan, maka kuota bandwidth yang dibutuhkan untuk membuka situs atau aplikasi yang kamu inginkan jadi over sehingga internetan jadi lemot. 

Sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi Adblocker untuk mengatasi internet Indosat lemot. Langkah lainnya yaitu dengan memasang browser yang ringan yang terintegrasi dengan Ads Blocker. 

Baca Juga : Browser PC dan Android Terbaik Tercepat Di Dunia.

8. Ada Virus Dalam Perangkat 

Penyebab lain jaringan WiFi, Telkomsel, Indosat, XL, 3 maupun ISP lainnya sangat lambat koneksinya adalah karena virus. Virus pada perangkat komputer sangat merugikan. Virus pada perangkat komputasi bisa masuk melalui transfer via bluetooth, alat USB, maupun dari koneksi internet. Ada banyak jenis bentuk virus yang bisa masuk ke dalam perangkat, misalnya malware, trojan, maupun ransomware.

Media penyebaran virus melalui internet adalah iklan, email, file sampah yang menumpuk, maupun aplikasi smartphone. Bila tidak hati-hati, objek-objek ini bisa menyerang sistem pada perangkat. Ketika program dan file terinfeksi, virus akan menggandakan diri menyerupai file inangnya. Apa hubungannya dengan akses internet ? Bandwidth akan terkuras habis untuk mengakses program file maupun aplikasi, sementara tidak ada satupun yang bisa dibuka atau dioperasikan. Biasanya pada layar akan muncul seperti lingkaran yang terus menerus loading. Alhasil ponsel jadi lemot, hang, bahkan mati sendiri.

Oleh karenanya, sangat disarankan bagi para pelanggan internet Telkomsel, Indosat, XL, dan 3 untuk memasang proteksi di perangkat. Misalnya program antivirus di Android, atau internet security untuk ponsel. Pasanglah antivirus terbaik dan ringan agar tidak memberatkan smartphone.

9. Penggunaan Bandwidth Yang Tidak Efisien 

Salah satu penyebab utama koneksi internet lemot di ponsel adalah penggunaan bandwidth yang tidak efisien dan boros kuota. Hal ini disebabkan karena pengguna internet menginstal banyak aplikasi yang kontennya boros akan paket data. Misalnya browser yang tidak menggunakan filter iklan. 

Penggunaan bandwidth yang tidak efisien menyebabkan semua pengoperasian di ponsel yang terhubung ke internet menjad tidak maksimal, lambat, dan kuota terbuang percuma. 

Nah, itulah 9 Penyebab Internet Lemot Yang Sering Terjadi Saat Browsing. Lalu bagaimana cara mengatasinya ?

Kamu bisa mencoba berbagai cara berikut ini :

Labels: Internet

Thanks for reading 9 Penyebab Yang Paling Sering Membuat Internet Lemot . Please share...!

3 Comment for "9 Penyebab Yang Paling Sering Membuat Internet Lemot "

untuk sekarang saya masih pake kuota telkomsel aja, belum yakin sama yang lain. Tapi heran, kalo mati lampu kok telkomsel juga putus gak ada koneksi ?

menurut saya yang paling utama menjadi penyebab lemotnya jaringan internet itu ya providernya. Kebanyakan provider kan menang di iklan, tapi belum menyediakan fasilitas internet yang layak di daerah

sebenarnya penyebab utama jaringan internet jadi lemot itu pada teknologi jaringan yang dimiliki provider. Bandingkan dengan luar negeri yang gangguannya lebih sering karena faktor alam lah di Indonesia gak ada badai aja internetan bisa lemot.

Back To Top