Table of Content

Perbandingan Intel Vs AMD, Dari Memory Hingga Performanya

Perbedaan Intel vs AMD berikut ini dapat memberikan gambaran kelebihan dan kekurangan antara laptop Intel dan AMD.

Perbedaan Intel dan AMD kerap dibandingkan dari jumlah core yang dimiliki keduanya. Namun ada beragam aspek yang bisa dijadikan bahan perbandingan Intel dan AMD. Lalu, lebih bagus AMD apa Intel?

Processor adalah komponen yang sangat penting dalam perangkat komputasi modern, terutama PC desktop dan laptop. Berbeda halnya dengan chipset yang berfungsi untuk mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan processor dengan komponen lain seperti RAM dan konektivitas, maka processor berfungsi sebagai otak pemrosesan dan instruksi.

Processor sendiri terdiri dari beberapa jenis, namun terkait kinerja dan performa pemrosesan laptop dan desktop selalu berhubungan dengan CPU (central processing unit). Spesifikasi processor CPU turut mempengaruhi kinerja dan performa komputer atau laptop secara keseluruhan.

Pentingnya processor CPU terhadap kinerja dan pemrosesan perangkat komputasi menyebabkan produsen menciptakan berbagai microprocessor terbaik sesuai kebutuhan, mulai dari processor untuk desain grafis, hingga laptop bisnis

Diantara berbagai merk microprocessor untuk laptop dan desktop, Intel adalah salah satu processor paling populer. Hal ini cukup wajar mengingat Intel lebih dahulu menciptakan microprocessor.

Selain Intel, AMD merupakan processor yang juga banyak digunakan di perangkat. Menariknya, AMD berinovasi dengan mengoptimalkan grafis pada CPU.

Baca Juga : Cara Memilih Processor Untuk Laptop Gaming

Perbedaan Intel dan AMD Processor

intel dan amd
Perbandingan processor Intel dan AMD

Bagi pengguna awam, laptop atau desktop dengan processor AMD atau Intel terkesan sama selama masih bisa digunakan untuk melakukan aktivitas komputasi standar seperti mengetik, membuat dokumen, atau sekedar mendengar musik. Namun terdapat sejumlah perbedaan AMD dan Intel yang jarang diketahui.

Beberapa hal akan terlihat saat laptop digunakan untuk menjalankan sejumlah aplikasi dalam waktu yang lama, seperti adanya perubahan pada performa, suhu, maupun kualitas grafis.

Bila kamu ingin memilih laptop Intel atau AMD, berikut adalah beberapa perbedaan processor Intel vs AMD, serta perbandingan AMD dan Intel berikut keunggulan dan kekurangannya.

Baca Juga : Processor Terbaik Untuk Laptop dan Smartphone

Perbedaan Arsitektur Processor Intel vs AMD

Perbedaan processor Intel dan AMD, salah satunya pada arsitektur prosesor. AMD mengintegrasikan controller ke dalam processornya dengan teknologi HyperTransport. Ini menyebabkan jalur data antara prosesor dan chipset menjadi lebih pendek sehingga transfer rate-nya lebih cepat dan tidak perlu menunggu data dari main memory. Namun dampaknya adalah memori internal prosesor-nya jadi lebih kecil.

Perbedaan Cache Memory AMD dan Intel

Perbedaan kapasitas cache memory juga menjadi salah satu bahan perbandingan Intel dan AMD. Umumnya kapasitas cache memorty CPU Intel lebih besar daripada AMD. Tapi belakangan ini AMD menyediakan cache L1 berkapasitas 128 kb dan L2 cache memory mencapai 2 MB (contohnya yaitu pada prosesor AMD FX-Series).

Intel mengintegrasikan memory internal yang besar melalui penanaman jumlah transistor yang cukup banyak. Ini menyebabkan aplikasi multi-threading yang ditopang oleh Intel menjadi lebih baik karena processornya merangkap sebagai memori internal prosesor itu sendiri. Namun penggunaan transistor yang banyak sekaligus memori internal processor yang cukup besar menyebabkan harganya lebih mahal dibandingkan AMD.

Pada saat arsitektur Bulldozer dalam AMD FX-Series dikembangkan menjadi arsitektur Zambezi dan Vishera dalam AMD FX-Series, hasil test benchmark antara AMD FX-8150 dan AMD FX-8350 vs Intel i5 menunjukkan kecepatan dan performa kedua model AMD FX-Series itu lebih unggul dibandingkan prosesor Intel i5. Tetapi Intel i7 bisa menandingi kedua tipe processor AMD tersebut.

Perbandingan Clockspeed Intel dan AMD

Perbedaan AMD dan Intel berikutnya yaitu pada clockspeed processor dan transfer rate. Pada model AMD Processor generasi terdahulu umumnya menggunakan integrasi HyperTransport sehingga kecepatannya tinggi.

Namun pada prosesor generasi terbaru AMD perlahan mengupgrade overclocking-nya yang punya kemampuan unlocked . Varian seri Intel processor yang memiliki kemampuan overclocking ada pada model-model processor Intel seri 'K' dan yang terbaru adalah seri 'X'.

Kebanyakan CPU Ryzen milik AMD yang biasanya digunakan untuk mumpuni bermain game memiliki core yang banyak dengan clockspeed yang lebih tinggi dan bisa diatur kecepatan tertinggi-nya melalui mode turbo. Namun di sisi lain secara stabilitasnya processor Intel levelnya lebih baik dibandingkan AMD.

Baca Juga : Rekomendasi Processor HP Terbaik Di Dunia Saat Ini

Perbedaan Grafis Processor Intel dan AMD

Motherboard berplatform AMD umumnya menggunakan chipset yang terintegrasi dengan processor grafis ATI Radeon. Bahkan pada beberapa laptop gaming AMD CPU-nya dikolaborasikan dengan GPU

Onboard grafis laptop gaming Intel sendiri sedikit berbeda dibandingkan AMD, terutama sejak adanya persaingan tersendiri antara VGA bawaan Intel dengan nVidia. Saat ini Intel sedikit lebih berani mendongkrak grafis dengan memasang VGA bawaan Intel berkapasitas besar dengan teknologi HD hingga UHD. Bahkan yang terbaru Intel merilis Intel Iris sebagai kartu grafisnya. Tentu persaingan antara INtel dan AMD semakin menarik karena keduanya kini sama-sama memiliki VGA onboard sendiri.

Baca Juga : Prosesor HP Android Terbaik Saat Ini Di Dunia

Perbedaan Socket Motherboard Intel vs AMD

Umumnya AMD mengembangkan teknologi yang pernah ada pada prosesor generasi sebelumnya, namun prosesor generasi lama tidak digunakan lagi alias ditinggalkan. Sementara mereka juga membuat motherboard yang lebih jangka panjang, dengan kata lain apapun processor yang dibuat bisa tetap dipasang pada socket dan chipset motherboard yang ada.

Fokus teknologi ini berbeda dengan pengembangan oleh Intel. CPU Intel dinilai memiliki fleksibilitas dan performa yang baik karena mereka membuat processor yang sesuai dengan motherboard dan socketnya. Kekurangannya adalah bila Intel membuat CPU yang arsitekturnya berbeda dengan motherboard maka mereka harus membuat motherboard baru yang sesuai dengan processor yang berarsitektur baru. Ini jelas membutuhkan biaya lebih mahal.

Perbandingan Suhu Processor AMD dan Intel

Perbedaan selanjutnya AMD dan Intel terletak pada suhu dan overheat yang terjadi ketika pemrosesan berlangsung dalam durasi lama.

Umumnya AMD memiliki cooling yang cukup besar berbentuk persegi dilengkapi kipas dengan airflow yang kecil. Kondisi ini akan menyebabkan rambatan panas menjadi lebih lama, karena medianya lebih besar sementara airflow-nya kecil dan pembuangan panas oleh kipas melalui heatsink-nya akan juga lebih lama.

Hal ini berbeda dengan Intel yang memiliki cooling fan lebih tipis. Akibatnya processor Intel bisa meredam panas pada perangkat meskipun telah dipakai berjam-jam. Bisa dikatakan Intel sedikit unggul dalam meminimalisir overheating.

Perbandingan Set Instruksi Intel dan AMD

AMD menggunakan set instruksi SSE2 dan 3DNow. Sementara Intel menggunakan set instruksi MMX, SSE, SSE2 dan SSE3. Tapi 3DNow AMD telah mencakup sejumlah set instruksi Intel, sementara set instruksi sejenis 3DNow belum dimiliki Intel.

Selain pada aspek-aspek diatas, Intel dan AMD memiliki perbedaan lainnya dalam hal pengolahan komunikasi aplikasi. Contohnya yaitu transfer data modem, ADSL, MP3, Dolby Digital Surround. Komponen pipeline Intel memang lebih panjang namun bermasalah pada pertukaran tugas. Ini mengakibatkan kecepatan pipeline Intel menjadi lambat dibandingkan AMD.

Perbandingan Harga Processor Intel dan CPU AMD

Perbedaan Intel dan AMD yang paling mencolok adalah pada aspek harga. Sudah umum diketahui bahwa harga processor AMD lebih murah dibandingkan prosesor Intel. Secara keseluruhan harga laptop gaming AMD dan kartu grafis AMD untuk gaming juga jauh lebih murah dibandingkan harga lapto gaming Intel.

AMD vs Intel Bagus Mana?

Setelah mengulas perbedaan processor Intel dan AMD, dapat dipersempit lagi apa saja kelebihan dan kekurangan AMD vs Intel. Perlu diingat, bahwa Intel dan AMD terus berinovasi dalam mengembangkan teknologinya. Sehingga dimasa mendatang memungkinkan adanya perubahan bahkan perbedaan yang lebih luas lagi antara keduanya. Berikut ini adalah sejumlah kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada processor Intel dan AMD.

  • Processor Intel memiliki keunggulan dalam mengatasi overheating. Teknologi headsink dan peredam panas yang dimiliki Intel bisa mengurangi panas pada perangkat secara keseluruhan meskipun telah digunakan berjam-jam.
  • Prosesor Intel lebih baik dalam mengatasi suara berisik saat operasi aplikasi dan penggunaan cooler/kipas.
  • Intel lebih baik dalam hal single threading, namun AMD lebih baik dalam performa multi threading.
  • Intel sangat baik dalam efisiensi sumber daya dan bahan baku, karena socket motherboard yang lama masih tetap diproduksi.
  • CPU AMD lebih baik pada arsitektur serta kompatibilitas motherboard dan socketnya yang dirancang untuk jangka panjang.
  • CPU AMD memiliki lebih banyak core daripada Intel, tapi processor Intel unggul dalam efisiensi
  • Intel lebih baik dalam manajemen memori internal karena memiliki Intel Matrix Memory.
  • Dari sisi grafis processor AMD lebih mumpuni.
  • AMD menang dalam kecepatan transfer data atau transfer data rate
  • AMD unggul dalam kolaborasi teknologi
  • AMD unggul dari sisi harga processor yang lebih terjangkau

Berdasarkan benchmark hasil pengujian pada jenis core dan jumlah core, arstitektur, kecepatan akses memori, clock speed, L2 cache memory, stabilitas suhu, jenis motherboard, socket dan chipset yang diintegrasikan, serta performa AMD dan Intel diketahui bahwa AMD unggul dalam performa multitasking/multi threading sedangkan Intel unggul dalam single threading.

Lalu, kamu pilih laptop Intel atau AMD ?

Suka Teknologi