Panduan Cara Upgrade HP 3G Ke 4G Android dan iPhone

Cara mengupgrade kartu 3G ke 4G LTE Telkomsel dan mengupgrade jaringan 3G menjadi 4G di Android dan iPhone.

Koneksi internet yang lambat saat ini menjadi salah satu masalah yang dialami pengguna internet di Indonesia. Untuk mendapatkan kecepatan internet yang baik salah satunya yaitu dengan cara upgrade jaringan 3G ke 4G.

Mengapa Perlu Upgrade Internet 3G ke 4G

Mengubah HP 3G Menjadi 4G

3G (third generation technology) atau teknologi generasi ketiga merupakan sebuah standar yang ditetapkan oleh ITU (International Telecomunication Union) untuk diaplikasikan pada jaringan telepon seluler. Teknologi jaringan ini merupakan teknologi nirkabel versi ketiga, diatas jaringan GSM dan GPRS (jaringan pendahulunya).

4G (fourth generation technology) atau teknologi generasi ke-empat merupakan standar teknologi jaringan seluler pengembangan teknologi 3G dan 2G. Sistem teknologi jaringan 4G menggunakan pita lebar ultra untuk berbagai perlengkapan elektronik, misalnya smartphone dan laptop menggunakan USB.

Dari spesifikasi kecepatannya, internet 4G jauh lebih baik dibandingkan 3G. Itu sebabnya mengapa pengguna seluler disarankan agar mengganti kartu 3G menjadi 4G agar mendapatkan kecepatan internet yang lebih baik.

Baca Juga : Penyebab Jaringan Seluler Lemot.

Upgrade 3G Ke 4G HP Android

Cara setting 4G pada smartphone android dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu setting 4G pada menu Pengaturan dan setting melalui tombol dial. Mengubah HP 3G ke 4G bisa diterapkan untuk mempercepat koneksi internet Android/Wifi.

Cara Mengubah Internet HP 3G menjadi 4G Android Melalui Setting Menu

  • Ketahui terlebih dahulu apakah jaringan 4G sudah tersedia di wilayah, dan pastikan juga apakah provider internet broadband (operator penyedia jasa internet) telah menyediakan fasilitas 4G di kartu SIM. Saat ini sejumlah operator telah melakukan setting otomatis di kartu SIM. Bagi pengguna kartu SIM masih menggunakan teknologi 3G, beberapa operator menyediakan layanan call center sehingga pelanggan operator dapat mengikuti panduan cara upgrade kartu 3G ke 4G.
  • Pastikan kartu seluler (kartu SIM atau SIM card) yang dijadikan sebagai sumber akses internet sudah terpasang di smartphone (HP atau tablet. Perlu diketahui bahwa saat ini sejumlah vendor smartphone telah memproduksi ponsel atau tablet dengan dual slot (2 slot) atau 3 slot, dengan slot utama support jaringan internet pada slot 1.
  • Masuklah pada menu Pengaturan/Setelan atau Setting. Menu ini pada sejumlah perangkat ponsel memiliki ikon yang berbeda. Setelah itu pilih menu Jaringan dan Nirkabel. Lihat preferred network type ada pilihan LTE (preferred)/WCDMA/GSM, lalu pilih LTE. Pada lokasi yang sudah support 4G, biasanya pilihan ini otomatis.

Baca Juga: Mempercepat Koneksi Internet Wifi Dengan 3 Trik Rahasia

Cara Upgrade Internet 3G Ke 4G HP Android Melalui Dial

Cara setting 3G menjadi 4G pada smartphone android juga bisa dilakukan menggunakan dial. Caranya yaitu :

  • Ketik *#*#4636# secara otomatis (tanpa menekan tombol call) akan keluar menu "testing". Terdapat beberapa pilihan di tampilan tersebut. Silakan pilih phone information.
  • Lalu pilih "Jaringan" dan pilih "LTE only".
  • Untuk menyimpan pilihan tersebut lalu pilih back. Setelah itu jaringan LTE sudah dapat digunakan.

Baca Juga: Cara Mengetahui Kecepatan Internet Secara Online

Upgrade Jaringan 3G Ke 4G pada HP iPhone/iPad

Cara setting jaringan 4G tersebut juga dapat dilakukan pada smartphone selain Android, misalnya iPhone atau iPad yang berplatform iOS. Langkah-langkah setting 3G ke 4G di iPhone yaitu sebagai berikut.

  • Pada tab Menu, kemudian pilih aplikasi Setting
  • lalu pilih menu Cellular.
  • Setelah itu pilih menu Voice & Data, lalu ganti sinyal menjadi 4G LTE (pada sejumlah iOS, menu tersebut ditulis Enable LTE) . Dengan melakukan pengaturan tersebut, pengguna smartphone iPhone/iPad sudah dapat menggunakan teknologi jaringan 4G LTE.

Baca Juga : Aplikasi Nonton Internet Streaming Bola di Android.

Hal Yang Harus Dipertimbangkan Saat Upgrade Jaringan 3G ke 4G

Bagi para pelanggan internet seluler, tindakan bijak berikut perlu dipertimbangkan dalam memanfaatkan internet cepat :

  • Ketahui terlebih dahulu jenis jaringan operator seluler yang ada di wilayah pengguna. Apakah sudah support 4G atau belum.
  • Pastikan membeli hp yang bagus speknya, apakah sudah mendukung internet 4G LTE atau belum.
  • Selalu bijak berinternet

Buat kamu pelanggan internet seluler Telkomsel, silakan ikuti selengkapnya cara migrasinya pada artikel Panduan Upgrade 3G ke 4G Telkomsel LTE.

Baca Juga : Trik Mempercepat Internet Android Telkomsel/Indosat/3

Itulah panduan dan tips upgrade hp 3G ke 4G di Android dan iPhone. Selamat berinternetan.

Anda mungkin menyukai postingan ini

8 komentar

  1. Googelio
    baru tahu nih ternyata kartu 4G harus support sama hapenya. Untung udah dikasih tau cara mengubah hp 3G nya jadi 4G sama tukang counter.
  2. d'King
    Gw udah pake hape yg 4G sih. Jadi gak perlu setting hapenya ke 4G. Cuma setting otomatis dr kartunya aja.
  3.  Jeje
    hoax....mau ganti 3g ke 4g... solusinya cuma satu.... ganti hp
    • Yusdian
      betul Hoax sekali tuh....yang ditanyakan kebanyakan orang itu karena HP nya masih dalam Spek maksimal 3G yang kebanyakan produk dibawah 2015,kalo cuma setting Itu mah emang bawaan android sudah support 4G anak muda.....
  4. Ipandr
    Ini tips buat android atau smartphone kalo hpnya udh support 4G ya
  5. Aplikasi Android
    baru tahu kalo untuk hp android samsung ttp bisa ya?
  6. Android Tutorials
    Sangat berterima kasih karena telah memberikan link dianisa.com ....
  7. Anonim
    Good News and Informaton. Thanks for another wonderful post
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>