Panduan Cara Upgrade 4G Ke 5G di Smartphone Dengan Mudah

Cara upgrade jaringan 4G ke 5G LTE di smartphone semua operator seluler dengan mudah di rumah tanpa biaya. Internetan dan streaming semakin kencang.

Teknologi 5G semakin mendapatkan antusiasme tinggi dari masyarakat. Provider jaringan 5G di Indonesia pun berlomba meningkatkan layanan agar masyarakat dapat menikmati jaringan 5g tercepat. Lalu bagaimana cara upgrade jaringan 4G ke 5G di smartphone ?

Teknologi 5G turut menandai melesatnya transformasi digital di Indonesia. Hadirnya teknologi jaringan 5G tak pelak meningkatkan animo pengguna gadget di Indonesia dapat menikmati kecepatan internet 5g untuk mengakses berbagai aplikasi digital, mulai aplikasi berita hingga aplikasi belajar online, hingga aplikasi live streaming.

Ada banyak pertanyaan yang turut menyertai tingginya animo tersebut, antara lain yaitu apakah pengguna smartphone 4G bisa mengakses jaringan 5G. Pertanyaan lainnya adalah bagaimana upgrade jaringan internet dari mode 4G ke 5G pada kartu seluler.

Pada artikel ini akan dibahas mengenai cara upgrade jaringan 4G ke 5G pada smartphone Android untuk semua pengguna kartu seluler.

Mengenal Teknologi Jaringan 5G

upgrade 3g ke 4g
Trik mengubah koneksi internet 3G menjadi 4G di Android dan iOS

Menurut Kemkominfo RI, jaringan 5g Indonesia yang sudah beroperasi sejak 2021 pada pita frekuensi 2.300 MHz atau 2,3 GHz merupakan jaringan internet berbasis teknologi International Mobile Telecommunications-2020 (IMT-2020).

Teknologi 5G adalah standar nirkabel global baru, dirancang untuk menyediakan konektivitas yang lebih banyak dengan kualitas yang lebih. Teknologi 5G sendiri merupakan teknologi jaringan seluler generasi ke 5, setelah jaringan 1G, 2G, 3G, dan 4G.

Teknologi 5G adalah teknologi jaringan yang sangat fleksibel, karena bisa diterapkan pada jenis layanan Mobile Broadband, Fixed Broadband, maupun Fixed Wireless Access (FWA).

Apa Keuntungan Menggunakan Jaringan 5G Dibandingkan 4G?

Meskipun gaung teknologi jaringan 5G di Indonesia semakin luas namun tidak serta merta menggeser layanan 4G yang selama ini digunakan masyarakat, karena proses peralihan dari jaringan 4G ke 5G dilakukan bertahap. Selain itu, pengembangan jaringan 5G masih membutuhkan jaringan 4G untuk basis pengoperasiannya.

Lalu apa perbedaan jaringan 4g dan 5G ? Apa kelebihan jaringan 5G dibandingkan 4G ?

Salah satu perbedaan jaringan 4 dan 5G yaitu pada transimisi. Kelebihan jaringan 5G adalah jangkauan koneksi dengan kecepatan sangat tinggi, dimana untuk transmisinya teknologi jaringan 5G menggunakan berbagai frekuensi dari beberapa jaringan selain memanfaatkan menara sel makro tradisional dan sel mikro berjumlah besar pada pita spektrum gelombang milimeter baru.

Inovasi ini berbeda dibandingkan dengan jaringan 4G (termasuk 3 generasi teknologi jaringan terdahulu) yang memanfaatkan menara sel makro dengan tinggi hingga puluhan meter untuk transmisi jarak jauh dan membutuhkan pengeluaran daya yang besar.

Kelebihan jaringan 5G lainnya yaitu pada kecepatan koneksi yang jauh lebih cepat daripada 4G. Tidak bisa dipungkiri bahwa dengan jaringan 4G kita sudah bisa streaming, namun koneksi 5G menghadirkan lebih dari sekedar streaming. Latensinya juga rendah.

Hadirnya teknologi jaringan 5G juga tidak hanya mendukung komunikasi antara sesama pengguna, tapi juga antara manusia dengan mesin. Misalnya AI.

Apakah Semua Smartphone Dapat di-Upgrade ke Jaringan 5G?

Tidak semua smartphone dapat di-upgrade ke jaringan 5G. Hanya smartphone yang sudah mendukung teknologi 5G yang dapat di-upgrade ke jaringan 5G.

Jika smartphone Anda belum mendukung teknologi 5G, maka Anda perlu membeli smartphone 5g terbaru untuk dapat menikmati keuntungan dari jaringan 5G.

Selain itu sebelum melakukan cara meng upgrade 4G ke 5G, pastikan bahwa daerah Anda sudah tercover oleh jaringan 5G. Saat ini sejumlah provider jaringan 5g di Indonesia telah melayani beberapa kota besar di Indonesia.

Baca juga: Panduan Upgrade 4G Telkomsel LTE

Bagaimana Cara Upgrade Jaringan 4G ke 5G di Smartphone?

Cara upgrade jaringan 4G ke 5G pada smartphone dapat berbeda-beda tergantung pada provider seluler yang Anda gunakan, coverage area, maupun jenis smartphone 5G yang digunakan.

Berikut adalah panduan lengkap upgrade jaringan 4G ke 5G di smartphone dan di kartu seluler.

Cara Upgrade 4G ke 5G Melalui Pengaturan

Cara mendapatkan jaringan 5g di smartphone yang paling mudah adalah melalui sejumlah settingan pada menu Pengaturan. Perlu diketahui bahwa pada sejumlah kartu seluler, settingan APN telah terkonfigurasi secara otomatis. Bila smartphone kamu belum memiliki fitur tersebut, cobalah cara cara cepat upgrade jaringan 4G ke 5G melalui settingan APN berikut.

  • Hal pertama ketika memulai cara mengupgrade jaringan 4G ke 5G di smartphone kamu adalah masuk Pengaturan. Pada menu Pengaturan ini akan terlihat jenis dan status koneksi data dan SIM default yang digunakan untuk mengakses internet.
  • Lalu pilih kartu perdana yang digunakan.
  • Selanjutnya pilih menu APN (Access Point Name). APN berfungsi sebagai protokol internet di smartphone.

Pastikan kartu seluler kamu sudah terkonfigurasi dengan benar. Bila konfigurasinya salah akan membuat internet lemot di smartphone atau tidak bisa mengakses sama sekali karena tidak ada sambungan internet.

Kamu juga bisa melakukan cara upgrade jaringan seluler ke 5G dengan Pengaturan otomatis. Cara mudah upgrade jaringan 4G ke 5G secara otomatis melalui Pengaturan yaitu sebagai berikut.

  • Pada smartphone Android masuk ke menu Settings, lalu pilih Connections.
  • Kemudian pilih opsi Mobile Network dan setelahnya klik menu Network Mode.
  • Akan muncul berbagai jenis koneksi (2G/3G/4G/5G)
  • Pilih 5G, dan smartphone akan terkoneksi secara otomatis.

Upgrade kartu SIM ke 5G Dengan Konfigurasi Server dan Protokol APN Baru

Selain cara upgrade jaringan seluler dari 4G ke 5G melalui Pengaturan, kamu juga bisa menerapkan upgrade jaringan 4G ke 5G tanpa biaya melalui konfigurasi pada server dan protokol APN. Pada beberapa pabrikan smartphone 5G konfigurasi ini juga berlangsung otomatis.

Namun bila smartphone kamu harus melalui proses konfigurasi dulu, berikut adalah langkah-langkah upgrade kartu SIM ke 5G dengan pengaturan APN.

  • Mesuk ke menu Setting atau Pengaturan, lalu pilih opsi Kartu Seluler
  • Gulir ke bawah dan pilih menu APN, lalu pilih opsi APN Baru.
  • Isi kolom pengguna beserta password sesuai keinginan yang mudah diingat
  • Pada kolom berikutnya, ketik : 8.8.8.8
  • Pada kolom MCC Isi angka: 510, dan pada kolom MNC isi angka: 11
  • Selanjutnya untuk Protokol APN dan Roaming APN, klik opsi IPv4/IPv6
  • Setelah dilengkapi, kembali ke menu Pengaturan dan pilih opsi jaringan 5G
  • Pastikan kolom-kolom sudah diisi dan benar. Untuk menguji kecepatan internet, kamu bisa mencoba aplikasi uji kecepatan internet berbasis website, misalnya speedtest.net.

Bila koneksi terasa lambat, atau tidak bisa mengakses internet sama sekali setelah upgrade kartu SIM ke 5G, coba cek kembali settingan konfigurasi server dan protokol APN. Bila salah, isi sesuai langkah yang sudah dijelaskan diatas.

Baca Juga:

Tips Cara Mengoptimalkan Jaringan 5G

Dengan berbagai cara cara upgrade jaringan 4G ke 5G yang bisa dilakukan cukup di rumah, sekarang kamu bisa menikmati teknologi jaringan 5G dan kecepatan internet 5G yang optimal untuk membuka berbagai aplikasi harian.

Namun meskipun kecepatan internet 5G merupakan yang tercepat saat ini, anda tetap harus mengantisipasi sewaktu-waktu koneksi 5G anda terasa lambat atau sinyal 5G hilang timbul di smartphone. Mengingat kondisi alam dan cuaca di Indonesia sering tidak bersahabat.

Salah satu cara memperkuat jaringan 5G adalah dengan memasang aplikasi internet booster, dan alat bernama Repeater yang berfungsi untuk memperkuat sinyal internet seluler.

Itulah panduan cara mudah upgrade 4G ke 5G di hp Android dan iPhone. Selamat mencoba.

About the Author

Suka Teknologi

7 komentar

  1. baru tahu nih ternyata kartu 4G harus support sama hapenya. Untung udah dikasih tau cara mengubah hp 3G nya jadi 4G sama tukang counter.
  2. Gw udah pake hape yg 4G sih. Jadi gak perlu setting hapenya ke 4G. Cuma setting otomatis dr kartunya aja.
  3. hoax....mau ganti 3g ke 4g... solusinya cuma satu.... ganti hp
    1. betul Hoax sekali tuh....yang ditanyakan kebanyakan orang itu karena HP nya masih dalam Spek maksimal 3G yang kebanyakan produk dibawah 2015,kalo cuma setting Itu mah emang bawaan android sudah support 4G anak muda.....
  4. Ini tips buat android atau smartphone kalo hpnya udh support 4G ya
  5. baru tahu kalo untuk hp android samsung ttp bisa ya?
  6. Sangat berterima kasih karena telah memberikan link dianisa.com ....
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.