Daftar Antivirus Terbaik dan Ringan, Paling Bagus, Paling Ampuh, Untuk Laptop Windows 10

Antivirus Terbaik, Ringan, Paling Bagus, Paling Ampuh - Antivirus saat ini sangat penting untuk mengamankan dan memberikan proteksi ekstra terhadap file, data, dan akun pribadi di komputer anda. Apalagi kini virus mampu menyusup masuk ke dalam sistem di komputer melalui internet sehingga mau tidak mau anda harus memasang antivirus terbaik.

Antivirus adalah sejenis perangkat lunak yang berguna untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem di komputer. Aplikasi ini bisa menentukan terinfeksi atau tidaknya sebuah sistem komputer.

Software antivirus sudah sangat banyak diciptakan dan dikembangkan untuk memproteksi file dan sistem dari serbuan berbagai jenis virus komputer. Di satu sisi kehadiran beragam antivirus ini memberikan banyak pilihan bagi pengguna yang membutuhkan. Anda bisa memilih antara antivirus gratis yang bisa didapatkan secara free download atau memasang antivirus berbayar. Namun disisi lainnya orang kerap bingung memilih aplikasi antivirus apa yang terbaik untuk dipasang di komputer. Selain itu, banyak juga orang yang asal saja memasang antivirus tanpa mengetahui apakah software yang dipasang sudah kompatibel atau tidak dengan spesifikasi komputer yang dipunyai.

Nah, bila anda sehari-hari menggunakan laptop berspesifikasi rendah untuk beraktifitas secara offline maupun online TeknoPlug sangat merekomendasikan agar memasang antivirus yang ringan saja tapi ampuh untuk melindungi sistem komputer.

Tapi mengapa mesti antivirus yang ringan?

Sebelum mengetahui apa alasan utama menggunakan aplikasi antivirus yang ringan, perlu anda pahami dahulu cara kerja antivirus di komputer.

Software Antivirus Terbaik, Paling Bagus, Paling Ampuh Untuk Laptop Spek Rendah

antivirus terbaik dan ringan, gratis, paling bagus, paling ampuhaptop windows 10, 8, 7
Daftar Antivirus Terbaik Dan Ringan, Gratis Paling Bagus Paling Ampuh Untuk Laptop Windows

Prinsip kerja antivirus salah satunya yaitu melakukan pendeteksian melalui pencarian tanda-tanda keberadaan virus komputer yang telah dianalisis oleh vendor antivirus dan telah dikelompokkan jenisnya, mulai dari ukuran, daya hancur serta beberapa kategori lainnya.

Selain itu, antivirus melakukan pendeteksian melalui observasi terhadap bagaimana virus komputer bekerja. Pendekatan ini merupakan penerapan dalam Intrusion Detection System (IDS) yang biasa disebut dengan Behaviour-blocking System yang menggunakan kebijakan untuk mendeteksi keberadaan sebua virus. Bila ada tingkah laku perangkat lunak yang tidak wajar menurut "policy" tersebut, antivirus akan memberikan peringatan atau alarm serta notifikasi sehingga pengguna bisa memutuskan tindakan yang diperlukan.

Pada umumnya software ini berjalan secara background dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses.

Beragam jenis virus komputer yang menginfeksi sistem adalah salah satu penyebab laptop lemot loading lambat. Masalah lemot ini justru semakin diperparah dengan kinerja perangkat saat software dioperasikan. Ketika anda berniat memasang aplikasi antivirus yang memorinya lebih besar dari spesifikasi yang dimiliki laptop justru membuat laptop jadi hang dan bisa tiba-tiba mati sendiri. Karena bekerja secara background maka sistem komputer harus punya kemampuan multitasking yang mumpuni dan kinerja processing yang baik.

Antivirus Yang Bagus Melindungi Laptop Spek Rendah : Ringan, Cepat, Ampuh

Antivirus adalah software penting yang harus ada dalam laptop baru. Bila menilik pada pengalaman pengguna yang sering mengeluhkan kinerja laptop yang lambat ketika memasang software maka antivirus yang paling bagus untuk laptop berspesfikasi rendah adalah antivirus yang ringan. Dengan menggunakan software antivirus yang ringan pemrosesan menjadi lebih cepat dan kinerja multitasking juga lebih baik sehingga secara tidak langsung menyebabkan antivirus dapat bekerja maksimal ketika melakukan berbagai tugas yang bersifat protektif.

Perlu diketahui bahwa dukungan spesifikasi perangkat terhadap pengoperasian program antivirus di komputer sangat penting. Pada umumnya software-software yang ada sekarang kapasitas filenya lebih besar dan fiturnya lebih canggih sehingga mau tidak mau anda "wajib" memilih laptop yang bagus dengan spesifikasi yang lebih tinggi pula.

Spesifikasi Minimal Komputer Agar Pengoperasian Antivirus Terasa Ringan Dan Cepat

Agar aplikasi anti virus beroperasi optimal spesifikasi yang mesti dimiliki komputer PC/laptop anda antara lain processor berkecepatan minimal 2 GHz, memory 2GB of RAM (32-bit) atau 4 GB (64-bit). Laptop juga mesti menyediakan memori penyimpanan setidaknya 30 GB (32-bit) dan 40 GB (64-bit) atau lebih besar yang sudah didukung oleh Graphics card (Display) Microsoft DirectX 9 graphics device dengan WDDM driver dan memori grafik 512 MB atau lebih tinggi.

Dengan mengetahui spesifikasi laptop/PC Windows atau MacOS yang dimiliki anda dapat menyusun daftar target aplikasi antivirus ringan yang terbaik untuk diinstal. Lalu, apa antivirus terbaik yang paling bagus dan ringan dipasang di laptop / PC Windows ? Seperti tadi sudah disebutkan diatas, anda bisa memilih antara software antivirus berbayar atau aplikasi antivirus gratis.

Merk Antivirus Gratis Dan Berbayar Terbaik Dan Ringan Untuk Laptop Windows 10 dan MacOS

Bila punya dana cukup dan menginginkan sebuah software antivirus yang komplit berikut ini adalah rekomendasi program antivirus berbayar yang ringan dan terbaik untuk laptop anda.

1. Avast Antivirus | Antivirus Gratis Terbaik Dan Ringan Untuk Windows 10, 8, 7

aplikasi antivirus terbaik yang ringan dan cepat untuk Windows 10
Avast Antivirus | Program Antivirus Gratis dan Berbayar Yang Ringan dan Terbaik
Salah satu program antivirus terbaik dan ringan yang paling bagus untuk laptop Windows adalah Avast. Avast Antivirus yang memenangkan predikat Top Rate Product Award 2019 memiliki keunggulan pada memory usage yang cuma 6,6 MB dengan kecepatan scanning 20 MB/detik.

Avast juga antivirus yang paling ampuh mengantisipasi benda asing yang akan masuk ke dalam sistem komputer, melakukan scan terhadap keamanan WiFi, serta mengamankan password dalam sistem komputer. Fitur ini bisa anda dapatkan pada versi gratis Avast AntiVirus Free. Namun bila anda ingin fitur yang lebih lengkap tentu saja mesti berlangganan Avast AntiVirus Pro (Premium dan Ultimate) dengan biaya hingga Rp 500.000/bulan.

Fitur-fitur tambahan yang ada pada Avast Premium dan Avast Ultimate antara lain Firewall yang bisa memblok hacker, spam, phishing email, serta menghentikan webcam spying. Masih banyak lagi fitur yang bisa didapatkan pada antivirus berbayar ringan dan terbaik yang satu ini.

2. Panda Antivirus Pro | Progam Antivirus Berbayar Terbaik Yang Cepat, Ringan, 100% Efektif

aplikasi antivirus berbayar terbaik yang cepat dan ringan untuk Windows 10
Antivirus Panda | Software Berbayar Terbaik Yang Cepat dan Ringan di Laptop Windows
Bila anda membutuhkan antivirus PC yang ringan dan terbaik untuk laptop maka Panda Antivirus bisa anda masukkan dalam target list. Anda  bisa memasang Panda Antivirus di laptop Windows 10, 8, 7 maupun perangkat MacOs dan Android.

Keunggulan Panda Antivirus adalah pada penggunaan memory hanya 9,8 MB sementara kecepatannya scanningnya 16,4 MB/detik. Selain itu Panda Antivirus cukup mudah diinstal, namun harus menggunakan saluran internet selama instalasinya.

Panda Antivirus adalah leader untuk kategori Real Time Protection pada ajang Real-World Protection Test yang dilakukan oleh AV-Comparatives. Fitur utama antivirus versi gratis Panda (Panda Free Antivirus) antara lain proteksi melawan virus dan malware secara real-time, firewall tambahan untuk perangkat Windows, melindungi keamanan jaringan WiFi, Free VPN, serta scanning USB maupun perangkat eksternal.

Namun untuk mendapatkan fitur-fitur yang lebih lengkap lagi sebaiknya anda berlangganan versi berbayarnya yaitu Panda Antivirus Pro (terdiri atas paket Essential, Advanced, Complete, dan Premium) yang berbiaya antara 17,49 hingga 46,14 USD/tahun.

3. Norton Antivirus 2020 | Antivirus Internet Protection Ringan Berbayar Terbaik Paling Ampuh 

software internet security terbaik untuk laptop Windows dan ringan
Norton Antivirus | Paket Internet Security-nya Paling Ampuh Atasi Malware di Laptop Windows
Norton Antivirus merupakan salah satu antivirus komputer terbaik yang sangat direkomendasikan untuk PC Windows atau MacOs. Software ini sangat ampuh untuk mendeteksi sekaligus menghancurkan virus, ransomware, malware, dan benda asing yang mengancam keamanan sistem, data, dan file komputer di internet dengan sistem monitoring 24 jam setiap hari.

Selain fitur-fitur standar di dalamnya juga terdapat fitur canggih untuk memproteksi komputer selama anda online yaitu Smart Firewall, didukung Cloud Back Up berkapasitas 2GB serta Password Manager. Namun untuk mendapatkan fitur-fitur tersebut tentu saja anda harus berlangganan karena Norton  adalah antivirus berbayar. Komputer anda juga bisa melakukan pemrosesan dengan cepat karena Norton hanya punya memory usage sebesar 9,9 MB.

Anda bisa mendownload Norton Security Free Antivirus trial 30 hari bila ingin mendapatkan versi gratis. Tapi bila ingin mendapatkan sejumlah fitur tambahan yang lebih lengkap untuk proteksi sistem komputer sebaiknya berlangganan Norton Antivirus Pro yang berbiaya 14,99 USD/bulan, atau Norton 360 (paket Standard, Deluxe, dan Premium) yang berbiaya antara 18,49 USD/tahun hingga 49,99 USD/tahun.

4. BitDefender Antivirus Pro : Ringan Tapi Powerful Untuk Windows 10, 8, 7, dan MacOS

antivirus terbaik paling ampuh dan paling bagus untuk laptop Windows
Panda Antivirus, Alternatif Terbaik Untuk Anti-Malware Yang Ringan Di Laptop Windows
Selain antivirus di atas, alternatif terbaik antivirus gratis yang ringan dan cukup powerful untuk laptop Windows anda adalah BitDefender. BitDefender sangat direkomendasikan oleh para ahli di dunia karena sifatnya yang agresif dimana dia bukan hanya mendeteksi tapi juga mencari dan menghancurkan virus, malware, ransomware, dan virus tak dikenal lainnya.

Kelebihan antivirus ini terdapat pada performanya, fitu-fitur keamanan, penggunaan, serta dukungan teknis dari pengembangnya. BitDefender juga cukup ringan karena memory usage-nya kecil yaitu hanya 15,7 MB.

Agar perlindungan lebih lengkap dan menyeluruh, sebaiknya anda mengupgrade versi trial (gratis) ke Bitdefender Antivirus Pro 2020 (paket Antivirus Plus, paket Total Security, dan paket Internet Security) dengan biaya antara Rp 324.950/tahun hingga Rp 429.950/tahun.

5. Avira Antivir Premium Security | Paid Anti-Ransome Terbaik & Ringan Untuk Windows 10/8/7

aplikasi antivirus terbaik gratis dan ringan yang paling bagus untuk Windows 10
Avira Antivirus, Pilihan Terbaik Antivirus Gratis dan Berbayar Yang Ringan Untuk Windows
Avira berhasil meraih gelar Top Product Of The Year for Protection, Performance, and Usability 2019 dan Top Award for Anti-Ransome Technology, serta #1 Antivirus Detection Tehcnology dengan lebih dari 100 juta pengguna yang memasangnya di laptop. Hingga saat ini Avira berhasil memblok lebih 3 trilyun virus dan malware tak dikenal.

Keunggulan Avira Antivirus yaitu penggunaan memory cuma 22,9 MB sehingga pemrosesannya jadi lebih ringan. Fitur-fitur penting dalam Avira antara lain support fitur proteksi terhadap virus berbahaya pada laptop / PC Windows 7, 8, 10. Avira dapat melakukan scanning dan analisis virus, memberikan perlindungan terhadap rookit, punya fitur Antispyware sehingga memberikan perlindungan dari spyware dan adware pada laptop / PC. Proses instalasi Avira sangat mudah dan cepat terpasang di perangkat PC serta secara realtime dan cepat melakukan pemindaian sekaligus mengatasi komputer atau laptop dari berbagai virus seperti trojan, backdoor, worms, malware dan sebagainya. Avira mengawasi gerak gerik suatu program dan akan langsung mencegah virus yang akan menyerang dan juga membersihkan virus.

Namun untuk mendapatkan fitur terlengkap anda mesti mengupgrade versi trialnya ke versi premium (Avira Premium Security dan Avira Prime) dengan biaya antara 40,99 USD/tahun hingga 66,99 USD/tahun.

Alternatif Lain Antivirus Gratis Dan Berbayar Terbaik Yang Ringan Untuk Laptop

Kaspersky Anti-Virus 2020 | Free, Advance, and Premium Cyber Security Untuk Komputer

Selain 5 antivirus diatas, Kaspersky juga direkomendasikan untuk anda yang membutuhkan antivirus yang ringan dengan perlindungan terbaik. Keunggulan Kaspersky Antivirus antara lain cepat dan ringan dengan memory usage hanya 23 MB dan kecepatan melakukan pemindaian 34,4 MB/detik.

Navigasinya sangat mudah dimengerti, dapat melakukan scanning terhadap file baik saat sedang terbuka atau sedang dijalankan maupun dalam keadaan tersimpan, punya fitur Web Antivirus, dimana antivirus terbaik ini akan melakukan scan dan perlindungan terhadap traffic maupun aplikasi browser untuk PC laptop Windows yang sedang terbuka atau sedang dijalankan, serta fitur Mail Antivirus yang akan melakukan scanning dan perlindungan terhadap pesan masuk maupun pesan keluar dari objek berbahaya.

Anda bisa mendapatkan versi gratisnya (Kaspersky Free Antivirus) yang oke punya untuk melindungi semua perangkat anda (PC, laptop, smartphone) menggunakan sistem berbasis cloud. Tidak puas dengan versi gratis ? Coba saja berlangganan versi pro yaitu Kaspersky Security Cloud atau Kaspersky Total Security yang biayanya mulai dari Rp 398.000/tahun dan Rp 743.000/tahun.

Smadav Antivirus | Antivirus Gratis Terbaik Buatan Indonesia Dan Ringan

Kelebihan Smadav Free antara lain sangat ringan, mudah diinstal, cocok untuk Windows 10, Windows 8, Windows 7, melakukan perlindungan secara otomatis sejak pertama kali laptop / PC dioperasikan hingga ketika dishutdown. Setiap tahun Smadav selalu diupgrade sehingga semakin canggih. Smadav bisa disematkan dalam flash disk sehingga flash disk cukup aman untuk melakukan pemindahan data, serta dapat menampilkan dan memulihkan file yang sudah terhidden akibat infeksi virus komputer.

Untuk lebih lengkap berbagai pilihan antivirus terbaik dan ringan yang gratis maupun berbayar dapat dilihat pada tabel berikut ini.

Daftar Antivirus Gratis dan Berbayar Terbaik Dan Paling Ringan
No Merk Antivirus Terbaik Nama Produk Antivirus Berbayar Terbaik Iddle Memory Usage (MB) Kecepatan Pemindaian (MB/detik) Antivirus Versi Gratis Support Perangkat dan OS
1 Avast Avast Antivirus Pro 6,6 20 Ada Windows, MacOs, iOS, Android
2 Panda Antivirus Panda Antivirus Pro 9,8 16,4 Ada Windows, MacOs, iOS, Android
3 Norton Norton Antivirus 9,9 36,3 Ada (trial) Windows, MacOs, iOS, Android
4 BitDefender Antivirus BitDefender Antivirus Pro 15,7 35,9 Ada (trial) Windows, MacOs, iOS, Android
5 Avira AntiVir Avira AntiVir Premium 22,9 35,7 Ada (trial) Windows, MacOs, iOS, Android
6 Kaspersky Kaspersky Antivirus 23 34,4 Ada (trial) Windows, MacOs, iOS, Android
7 AVG AVG Antivirus 29,6 32,4 Ada Windows, MacOs, iOS, Android
8 Trend Titanium Trend Titanium Antivirus 42,2 27,2 Ada MacOs, iOS, Android
9 F-Secure F-Secure Antivirus 42,6 23,1 Ada Windows, MacOs, iOS, Android
10 McAfee Antivirus McAfee Antivirus Plus 53,2 27,9 Ada (trial) Windows, MacOs, iOS, Android
11 Webroot Webroot 3,8 Ada (trial) Windows, MacOs, iOS, Android
12 Comodo Comodo Cleaning Essentials 39,6 Ada Mac, Windows
13 Immunet Immunet 40,4 Ada Mac, Windows, Linux
14 Microsoft Microsoft Security Essentials 70,4 Ada Windows
Baca Juga : Cara Mengatasi Laptop / PC Windows 10/8/7 Lemot Loading Lambat.

Nah, sobat TeknoPlug, apa AntiVirus Gratis Terbaik dan Ringan, Paling Bagus Untuk PC / Laptop Windows 10, Windows 8, Windows 7 yang bakal kamu gunakan ?

3 komentar

  1. antivirus terbaik menurut gw sih AVG. Gw pasang duet sama Smadav, lumayanlah. Kalo Avira and Avast agak ngeri-ngeri juga soalnya tuh antivirus langsung bunuh aja, file gw ikutan kebasmi juga.

    BalasHapus
  2. laptop gw agak-agak lemot, jadi gw pasang antivirus buat pc ringan aja biar gak hang.

    BalasHapus
  3. nais inpoh. donlot yg nomor satu ajah

    BalasHapus

Posting Komentar