5 Metode Pembayaran Online Belanja di Online Shop Yang Wajib Diketahui

Sebuah layanan banking Bank Mandiri yang membuat penggunanya jadi lebih mudah bayar belanja online dan jadi mandiri mengelola finansial.

Cara pembayaran online di era digital semakin sering digunakan. Dengan beragam pilihan metode transaksi memanfaatkan gadget dan internet, bayar belanja online sekarang bisa dilakukan kapan saja dimana saja.

Mengenal Sistem Pembayaran Online

cara bertransaksi di toko online
Pilihan Metode Pembayaran Belanja Online (ilustrasi : TeknoPlug - logo : Bank Mandiri)

Teknologi yang semakin canggih saat ini memberikan pada pola berbelanja, dimana memilih dan membeli barang secara konvensional (toko fisik) perlahan-lahan mulai beralih ke online. Belanja online pun kini sudah menerapkan sistem pembayaran online.

Sayangnya, belum semua orang memahami sistem jual beli online serta sistem pembayarannya. Oleh karena itu, sangat penting bagi anak-anak muda sekarang untuk memanfaatkan teknologi serta mendapatkan informasi-informasi seputar transaksi online berikut tata cara pembayaran online.

Baca Juga : 10 Situs e-Commerce Terlengkap dan Terpercaya/

Apa Itu Sistem Pembayaran Online

Pengertian sistem pembayaran online adalah semua transaksi dan pembayaran yang dilakukan secara digital dengan basis server. Dengan kata lain sistem pembayaran online ini terjadi dengan bantuan server internet, dimana aktivitas transaksi dan jual beli tersebut mewajibkan adanya data base para pengguna yang memanfaatkan sistem ini.

Keuntungan Sistem Pembayaran Online

Pada prinsipnya sistem pembayaran online memiliki banyak manfaat dan kelebihan. Keuntungan sistem pembayaran online adalah sebagai berikut :

  • Transaksi dan pembayaran berlangsung dengan cepat dan tidak makan waktu
  • Bisa dilakukan melalui media gadget
  • Meminimalisir kejahatan pada sistem pembayaran tunai
  • Mendukung berbagai metode pembayaran secara online

Macam Macam Metode Pembayaran Belanja Online

Transaksi online tidak bisa dilepaskan dari aktivitas finansial kita. Ditambah lagi fakta bahwa aplikasi online shop bukan lagi sekedar tempat belanja online saja. Ada banyak jenis aktivitas online yang bisa dilakukan lewat toko online saat ini. Bayar listrik online, bayar PDAM online juga bisa dilakukan lewat aplikasi-aplikasi di toko online maupun aplikasi pembayaran tersendiri baik di smartphone maupun website. Contoh lainnya yaitu ketika bertransaksi jual beli mobil online.

Sejumlah toko online kini menyediakan berbagai pilihan metode pembayaran belanja online dan tagihan.Namun dengan pertimbangan keamanan, maka sangat disarankan untuk berbelanja di toko online yang sudah terpercaya.

Lazada, Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Blibli, dan beberapa toko online lainnya bisa dijadikan destinasi berbelanja dengan opsi pembayaran yang beragam.

Beberapa metode pembayaran dalam sistem online payment untuk bayar belanja online yang bisa digunakan akan dijelaskan berikut ini.

1. Belanja Online Bayar Di Tempat Atau COD (Cash On Delivery)

bayar belanja online dengan COD
Bayar Belanja COD (ilustrasi : TeknoPlug)

Metode belanja bayar di tempat sudah sering digunakan dalam beberapa tahun terakhir ini. Kelebihan cara bayar belanja online lewat COD atau bayar di tempat ini adalah menghindari terjadinya penipuan. Meningkatnya omzet e-commerce membuat sebagian oknum berusaha mendapatkan keuntungan dengan cara membuat toko online abal-abal tapi tidak punya sistem yang memproteksi kenyamanan pelanggannya.

2. Belanja Online Bayar Dengan Kartu Kredit (Credit Card)

bayar belanja online dengan kartu kredit
Bayar Belanja Online Pakai Kartu Kredit (ilustrasi : TeknoPlug)

Metode bayar belanja online selain sistem bayar di tempat (COD) yaitu menggunakan Credit Card. Bisa dikatakan credit card adalah pioner transaksi online khususnya dalam berbelanja, baik di toko fisik maupun di toko online. Caranya yang cukup gampang untuk melakukan berbagai jenis transaksi menyebabkan kartu kredit cukup banyak digunakan di hampir di seluruh toko online di dunia. Toko online sekelas eBay dan Amazon menggunakan kartu kredit sebagai opsi utama pembayaran.

Kalau seandainya kamu tidak punya uang tunai, atau saldo di rekeningmu menipis tapi kamu terdaftar sebagai pengguna kartu kredit, kamu bisa memanfaatkannya untuk berbelanja, misalnya saat beli mobil bekas online di SEVA.id. Pembayaran belanja online lewat kartu kredit ini bisa dilakukan dirumah. Tapi jangan sembarangan meninggalkan data di ponsel atau di komputermu, karena bisa menjadi sasaran penyalahgunaan ketika orang lain atau oknum mengetahui data-data kartu kreditmu. Bisa-bisa tagihanmu membengkak setiap bulan padahal kamu tidak menggunakannya.

Beberapa toko online di Indonesia yang menggunakan sistem credit card sebagai alat bayar misalnya Tokopedia, Lazada, Bhineka, dan Zalora.

3. Belanja Online Bayar Pakai Kartu Debit (Debit Card)

bayar belanja online dengan kartu debit
Belanja Online Bayar Pakai Kartu Debit Mandiri (ilustrasi : TeknoPlug)

Membayar belanja secara online juga bisa dilakukan menggunakan kartu debit atau debit card. Seandainya kamu tidak merasa aman menggunakan kartu kredit sebagai alat transaksi, atau malas keluar rumah, kamu bisa memanfaatkan kartu debit yang kamu punya.

Kartu debit ini cukup mudah digunakan ketika kamu berbelanja di situs belanja online yang menyediakan pilihan pembayaran debit card. Debit card langsung terhubung ke rekening tabungan, sehingga secara tidak langsung rekeningmu-lah yang membayarkan tagihan belanjaanmu.

Salah satu kekurangan berbelanja menggunakan debit card ini sering sekali dijadikan alat penipuan. Bila sembarangan memberikan nomor PIN ke toko online abal-abal bisa-bisa habis semua saldo di rekening kamu. Toko online yang bisa debit card antara lain misanya Tokopedia, Bukalapak, Blibli, dan Blanja.com.

4. Bayar Belanja Online Via Transfer Bank

bayar belanja online lewat transfer bank
Bayar belanja online melalui transfer bank (ilustrasi : TeknoPlug)

Cara bayar belanja online bisa dilakukan tanpa kartu kredit atau kartu debit, misalnya bayar belanja online menggunakan transfer bank. Cara membayar belanja online lewat bisa dilakukan dengan cara konvensional (mengisi form transfer di bank) atau lewat ATM. Meskipun cara ini old fashion alias jadul, tapi sebagian besar orang masih menggunakan cara yang satu ini. Selain itu, sistem pembayaran transfer bank ini sudah didukung oleh mesin canggih bernama ATM (Anjungan Tunai Mandiri).

Berdasarkan data dari toko online Bhinneka.com, transfer bank menjadi pilihan yang paling banyak digunakan oleh pembeli online, yaitu 70 persen. Beberapa kekurangan melakukan pembayaran pakai sistem transfer bank ini antara lain yaitu konsumen harus melakukan konfirmasi pembayaran, rekening penjual bisa disalahgunakan, berpotensi terjadinya human error, serta pengiriman barang bisa tertunda bila pembayaran belum dikonfirmasi karena dilakukan pada hari kerja.

5. Bayar Belanja Online Menggunakan Rekening Bersama (Rekber)

Belanja Online Bayar Rekber
Ilustrasi pembayaran belanja online lewat rekening bersama (sumber : TeknoPlug)

Seringnya terjadi kasus penipuan saat berbelanja online oleh oknum-oknum yang memanfaatkan toko online dengan rekening palsu menyebabkan rekber menjadi salah satu opsi yang disediakan oleh situs belanja online.

Metode pembayaran online sistem Rekber ini melibatkan pihak ketiga, dimana ketika kamu membeli barang dari seorang pelapak di sebuah toko online lalu memilih cara rekber maka kamu harus mengkonfirmasi ke pihak ketiga (dalam hal ini harus disepakati terlebih dahulu apakah menggunakan toko online tersebut sebagai pihak ketiganya atau menggunakan pihak ketiga lainnya). Setelah itu si penjual akan mengirimkan barang melalui jasa pengiriman yang disedikan toko online. Ketika kamu menerima barang kamu harus mengkonfirmasi lagi ke pihak ketiga bahwa barang telah sampai. Setelah itu pihak ketiga akan mentransfer ke rekening toko online.

Situs belanja online yang bisa rekber antara lain yaitu Lazada, Tokopedia, Blibli, Blanja.com dan beberapa lainnya.

Baca Juga : 10 Aplikasi Online Shop Terbaik Di Indonesia Saat Ini

So, sobat TeknoPlug, apa kamu sudah jadi mandiri bertransaksi online sekarang ? Semua hal bisa kamu lakukan sendiri lewat gadget dan internet dengan mudah, aman, kapanpun dan dimanapun, karena Bayar Belanja Online Jadi Lebih Mudah Dan Cepat Dengan Mandiri Online.

Anda mungkin menyukai postingan ini

8 komentar

  1. Googelio
    Bank Mandiri produknya banyak banget dan oke, pilihannya sesuai kebutuhan. Kebetulan kalau istri saya belanja online bayarnya paket Mandiri Online. Lebih cepat gitu.

    Ngomong-ngomong soal kemandirian, kayaknya gak cuman belanja online deh ya..ada banyak kok yg bisa dilakukan supaya jadi lebih mandiri.

    Oya, baru dengar tuh ada komunitas JadiMandiri. Moga bisa menginspirasi ya, sukses selalu.
    • Teknoplug.com
      Iya nih, layanan Bank Mandiri emang banyak, tergantung kebutuhan nasabah.
  2. aturduit
    Informasinya bagus. Memang benar sekarang jamannya teknologi canggih, jadi harus bisa memanfaatkan aplikasi aplikasi yang ada di smartphone.

    Mungkin admin bisa membuat lebih banyak artikel tentang kredit perbankan.

    Terima kasih.
    • Teknoplug.com
      terima kasih masukannya, akan dipertimbangkan.
  3. koinworks
    Supaya lebih mandiri banyak banget yang bisa dilakukan, misalnya bagaimana menjadikan gadget memberikan manfaat bagi semua orang.

    Artikelnya cukup menarik, sukses selalu
    • Teknoplug.com
      trims...masih perlu banyak belajar
  4. Urban
    keren infonya...
    teruslah menginspirasi agar semua bisa jadi makin mandiri di era teknologi canggih sekarang.
    • Teknoplug.com
      trims ya
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>