Table of Content

Apa Itu Processor: Definisi, Fungsi, dan Cara Kerja Processor

Penjelasan lengkap tentang definisi processor, fungsi dan cara kerja processor dalam komputer yang perlu anda ketahui.

Apa Itu Processor Dan Fungsinya - Processor merupakan komponen penting dalam perangkat komputer. Processor sering pula disebut dengan CPU (central processor unit). Ini adalah komponen utama yang melakukan sebagian besar pemrosesan dan mengontrol komponen lain dalam sistem.

Processor melakukan operasi aritmatika dan logika, menjalankan instruksi program, dan mengelola aliran data dalam sistem. Sering disebut sebagai "otak" dari komputer.

Bila kamu ingin tahu apa saja fungsi dan cara kerja processor pada perangkat komputer maka ini adalah artikel yang tepat untuk mengetahui lebih detil tentang apa itu processor .

Processor Itu Apa?

pengertian processor
Pengertian processor, fungsi dan cara kerjanya

Processor adalah benda berbentuk chip yang terdiri atas sirkuit yang dipasang dalam motherboard komputer. Istilah CPU atau unit pemrosesan pusat mulai dikenal dalam industri komputer sejak tahun 1955.

Meskipun bentuk dan desain CPU atau CU (central unit) telah mengalami perkembangan namun fungsi dan pengoperasiannnya tetap sama. Processor kini bukan hanya digunakan di laptop dan komputer PC, karena processor untuk smartphone pun telah diproduksi.

Pengertian Processor Menurut Ahli

Processor sendiri memiliki pengertian yang beragam dari berbagai pakar komputer. Beberapa pengertian processor menurut para ahli diantaranya Raya Fahreza, processor adalah bagian terpenting dari komputer yang berfungsi mengendalikan semua aktvitas di komputer.

Apa itu processor menurut para ahli lainnya Ali Zaki & Smitdev Community adalah otak pada komputer yang memproses berbagai masukan dan informasi biner dari komputer.

Sementara definisi processor menurut Lia Kuswayatno adalah sebuah chip yang merupakan pengolah utama sekaligus pusat pengendali terpusat komputer.

Dari pendapat para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa processor adalah sebuah chip yang berperan sebagai pusat pengendali aktivitas dan sentra pemrosesan dalam komputer.

Fungsi Processor Pada Laptop dan Komputer

Kecepatan dan kinerja processor sangat menentukan kinerja keseluruhan komputer meskipun bentuknya kecil. Oleh karena itu, pemilihan processor yang tepat sangat penting untuk memastikan komputer dapat berfungsi dengan baik dan memenuhi kebutuhan pengguna.

Berikut ini adalah beberapa fungsi processor laptop yang wajib kalian ketahui.

1. Menerima dan Menjalankan Instruksi

Salah satu fungsi processor di laptop adalah menerima dan menjalankan instruksi secara real time. Seperti diketahui processor terdiri atas sejumlah komponen yang memiliki peran masing-masing dan saling mendukung. Misalnya pada laptop desain grafis kalian membuka Corel Draw maka unit processor akan menerima terlebih dahulu informasi dan membaca sebelum memperosesnya.

2. Mengeksekusi Informasi

Setelah menerima informasi peran processor selanjutnya adalah mengeksekusi informasi dari aplikasi tersebut. Dalam prosesnya, setiap inti dalam processor akan mulai bekerja.

3. Membaca Memori RAM

Fungsi processor laptop berikutnya adalah membaca dan mengeksekusi memori dari RAM. Seperti diketahui RAM atau Random Acces Memory adalah sebuah komponen yang bertugas menyimpan memory dari setiap aplikasi yang dijalankan. Kinerja pemrosesan juga tergantung pada kapasitas memory yang dimiliki perangkat. Semakin lapang kapasitas memori RAM semakin mudah processor memrosesnya.

4. Menghubungkan Satu Komponen Dengan Komponen Lainnya

Fungsi processor yang tak kalah penting adalah sebagai komponen yang menghubungkan komponen-komponen internal lainnya di dalam laptop. Contohnya yaitu menghubungkan RAM, sistem pengoperasian komputer misalnya OS Windows, dan kipas pendingin ketika aplikasi-aplikasi komputer dijalankan. Instruksi dari memori akan menentukan apa yang kemudian akan dilakukan CPU. Sirkuit dalam CPU yang dinamai instruction decoder akan mengubah instruksi menjadi sinyal yang mengontrol bagian lainnya dari CPU.

5. Sebagai Otak Pemrosesan

Seperti telah telah disampaikan di atas menurut para ahli, fungsi utama processor adalah sebagai otak dari segala aktivitas di komputer terutama pemrosesan dan eksekusi perintah menjalankan aplikasi-aplikasi di komputer.

6. Spesifikasi Utama Pendukung Kinerja Laptop

Fungsi processor terakhir secara umum adalah sebagai komponen utama untuk mendukung kinerja pengoperasian di laptop. Dengan kata lain processor adalah salah satu spesifikasi komputer yang sangat penting agar perangkat dapat dioperasikan dengan baik dan lancar.

Bagaimana Cara Kerja Processor Laptop

Apakah kalian sudah tahu cara kerja CPU ? Berikut ini adalah penjelasan tentang cara kerja processor yang perlu diketahui.

  1. Mengambil Instruksi. Pada tahap ini inti prosesor akan mengambil instruksi dari semacam memori yang bisa didapat dari cache memory yang terdapat dalam inti processo, memory RAM atau memori lainnya dalam komputer.
  2. Mendekode Instruksi Menjadi Sinyal Perintah. Pada tahapan ini setelah processor mengambil instruksi selanjutnya adalah mendekode atau memecahkan sandi atau kode aritmetika atau algoritma biner beserta informasi didalamnya. Area inti prosesor akan mengetahui hal ini dan selanjutnya memberitahu inti processor untuk mulai bekerja.
  3. Menjalankan Instruksi. Tahapan ini biasa disebut eksekusi, dimana prosesor dapat melakukan aritmatika pada ALU (unit logika aritmatika) untuk mendapatkan angka dan hasil yang diinginkan sesuai informasi dari area inti kepada inti processor.
  4. Menulis Ulang. Processor akan menulis kembali atau sering disebut dengan writeback apa yang telah dikerjakan kembali ke memory. Outputnya tergantung pada aplikasi yang sedang dijalankan pada laptop.

Selain itu, cara kerja processor juga berkaitan dengan kerja dan fungsi komponen-komponen lainnya. Dalam hal ini processor akan menjadi tempat melakukan input, pemrosesan, penyimpanan, dan output.

Jenis Jenis Processor Laptop

Saat ini processor telah dibuat untuk memenuhi berbagai kebutuhan pemrosesan di laptop maupun smartphone. Beberapa processor laptop yang terkenal antara lain processor Intel dan processor AMD.

Bca juga: Daftar Processor Desktop Intel Gen 13

Sementara processor smartphone yang terkenal antara lain Snapdragon dan Mediatek.

Itulah hal-hal yang perlu kalian ketahui tentang apa itu processor dan fungsinya, serta bagaimana prinsip kerja processor di komputer dan laptop.

Suka Teknologi