6 Software Desain Grafis PC Dengan Tools Editing Terlengkap

Untuk mengolah gambar di PC sangat direkomendasikan menggunakan software desain grafis terbaik dan terlengkap tools serta fitur editingnya.
Software desain grafis adalah modal utama yang dibutuhkan para editor untuk membuat visual terbaik. Agar menghasilkan gambar yang diinginkan, anda bisa menggunakan software desain grafis PC berikut ini. Selain punya sejumlah fitur canggih, aplikasi grafis ini juga gratis.
Aplikasi Desain Grafis Gratis

Mengenal Apa Itu Desain Grafis

Desain grafis saat ini fungsi dan kegunaannya sudah sangat luas. Seiring berkembangnya bidang desain grafis, alat bantu yang digunakan untuk membuat gambar desain pun makin beragam.

Membuat dan mengedit gambar menggunakan software desain grafis kini dapat dilakukan di platform PC dan mobile seperti tablet maupun ponsel. Mengedit logo ataupun membuat desain rumah pun bisa dilakukan melalui aplikasi desain grafis online.

Namun bagi sebagian desainer lebih memilih melakukannya melalui komputer desktop (PC) dan laptop. Membuat dan mengedit gambar di komputer secara offline memberikan kelebihan tersendiri, antara lain lebih leluasa mengedit serta visualisasi sampel editing lebih detil terlihat.

Apa Software Desain Grafis Terbaik dan Terlengkap Untuk PC ?

Berkembangnya bidang graphic design juga memberikan dampak terhadap kebutuhan akan software desain terbaik. Tak hanya pembuat gambar saja, tapi juga content creator sangat memerlukan aplikasi desain grafis yang mudah dioperasikan. Lihat saja begitu banyaknya konten-konten desain baik berupa gambar maupun gambar bergerak yang mudah ditemukan di berbagai media sosial. Ini karena si editor dibantu oleh aplikasi desain yang fiturnya lengkap dan memberikan kemudahn saat proses pengerjaannya.

Tools dan fitur editing serta membuat desain merupakan aspek penting bagi pembuat gambar, karena semakin lengkap tools serta efek yang tersedia semakin cepat proses olah gambarnya dilakukan dan semakin menarik pula hasilnya.

Saat ini ada sangat banyak aplikasi desain yang bisa digunakan untuk membuat atau mengedit berbagai gambar. Namun bila bicara apa software desain grafis terbaik, tidak semuanya memiliki fitur terlengkap meskipun mungkin sangat mudah digunakan.

Buat kamu para editor yang ingin menghasilkan karya desain yang memuaskan, berikut ini adalah referensi contoh software desain grafis terbaik untuk mengedit gambar di PC.

1. Corel Draw: Software Desain Grafis Berbasis Vektor Terbaik

Bila kamu bertanya apa nama software untuk membuat sebuah karya desain grafis berbasis vektor, maka Corel Draw adalah jawabannya. Corel Draw adalah contoh software desain grafis berbasi vektor yang paling populer saat ini. Tools dan efek yang tersedia di Corel Draw terbilang lengkap dan para desain bisa dengan cepat melakukan pengeditan.

Corel Draw bukanlah software desain grafis gratis, karena untuk mendapatkan full version dan berlisensi resmi kamu harus membeli software-nya. Namun demikian kamu masih bisa kok mendapatkan software desain grafis free full version di beberapa situs download aplikasi. Hingga saat ini terdapat berbagai macam versi Corel Draw yang bisa didownload free. Contohnya yaitu Corel Draw Graphics Suite X7.

Baca Juga :Download Corel Draw Software Desain Grafis Terbaik Gratis.

2. Adobe Illustrator dan Adobe InDesign

Rekomendasi software desain grafis berbasis vektor adalah Adobe Illustrator. Adobe Illustrator merupakan produk software desain grafis yang mirip Corel Draw yang berbeda dari produk Adobe lainnya seperti Adobe Photoshop. Fitur-fitur pada salah satu software desain grafis terbaik untuk membuat aneka desain rumah, icon, dan logo ini cukup canggih. Adobe Illustrator juga dilengkapi berbagai tool untuk mengedit dan efek-efek menarik. Untuk mendapatkannya secara gratis sangat mudah. Namun bila ingin memiliki tools yang lebih lengkap maka kamu harus membeli yang berlisensi. Selain kaya fitur, juga aman dari pelanggaran hak cipta.

Namun kalau kamu ingin mendesain tanpa vektor, Adobe InDesign layak untuk digunakan. Dengan Adobe InDesign kamu bisa mengedit atau membuat lay out untuk beragam media grafis seperti poster, majalah, kartu, dan juga banyak lagi. Kemampuan software ini untuk mendesain sangat mumpuni dan kaya pilihan efek.

3. Inkscape

Inkscape adalah contoh software desain grafis gratis buat PC yang open source. Bisa didownload lalu diinstal tanpa harus membayar. Kapasitas filenya ringan, baik file program maupun file hasil edit. File instalasi tersedia dalam bentuk portabel. File hasil kerja juga bisa dilihat melalui browser internet tanpa harus membuka desktop folder tempat dimana dokumen disimpan. Kualitasnya tidak kalah dengan Corel Draw atau Adobe Illustrator. Saat ini Inkscape sudah support bahasa Indonesia. Ini sangat membantu para pemula khususnya anak-anak sekolah maupun mahasiswa.

4. Serif DrawPlus

Serif DrawPlus juga sangat direkomendasikan untuk mendesain gambar dan objek di PC. Presisi software desain grafis 3D ini sangat tinggi saat mengedit gambar atau kurva, yang dilengkapi fitur pembuatan objek 3D melalui pilihan style 3D pada objek-objek tertentu.

5. Google SketchUp

Google SketchUp merupakan salah satu software desain grafis 3D online yang cukup populer. Khususnya bagi para desainer dan arsitektur yang berkutat dengan bangunan, rumah dan tata ruang, bisa membuat berbagai desain rumah ataupun gambar tata ruang dengan berbagai tools dan efek yang dimiliki didalamnya. Ini juga software desain grafis offline, dimana untuk mengkonversi aplikasi online menjadi file software offline ada cara tersendiri yang bisa kamu ikuti panduannya di Youtube.

6. Xara Designer

Rekomendasi software terbaik untuk desain grafis berikutnya dengan fitur-fitur canggih dan lengkap adalah Xara Designer. Software gratis besutan Xara ini juga kompatibel dengan platform non PC seperti Android dan iOS. Software desain grafis online dan offline ini dilengkapi ribuan template desain dan contoh efek. Harga software desain grafis yang kini digunakan jutaan pengguna di dunia bervariasi tergantung pada produk desain yang diinginkan.

Tips Menggunakan Software Desain Grafis Untuk Pemula

Untuk menggunakan aplikasi desain grafis, khususnya pada perangkat Komputer (PC dan laptop) bagi anak sekolahan, perlu mempertimbangkan hal-hal berikut ini :

1. Upgrade Spek Komputer Desain Grafis

Komputer (PC atau laptop) untuk desain grafis memiliki syarat minimal agar bisa menjalankan software desain grafis. Sebagai contoh, bila menggunakan aplikasi desain grafis untuk desain gambar logo saja, atau banner dan spanduk, komputer cukup menyediakan RAM 2 Gb, Processor Quadcore atau diatasnya, VGA 1 Gb atau diatasnya sudah cukup baik.

Baca Juga : Software Yang Sebaiknya Diinstal Di Laptop Baru

2. Jenis dan Besar File Software Desain

Setiap software desain grafis memiliki kapasitas file yang berbeda-beda. Semakin besar file yang dimiliki software grafis tersebut, semakin besar spek hardware yang harus disediakan oleh perangkat komputer. Misalnya, file aplikasi video desain grafis atau desain gambar 3D lebih besar kapasitasnya dari pada aplikasi desain gambar logo biasa. Tapi ada juga software desain gratis multi fungsi lebih besar kapasitas filenya daripada software video editor. Contohnya yaitu Corel Draw.

3. Ikuti Tutorial Penggunaan Software Desain Grafis

Aplikasi desain grafis terbaik umumnya menyertakan panduan penggunaan (tutorial) dalam paket penjualannya selain melalui media situs. Ikuti panduan dan terapkan tutorialnya sebaik mungkin. Kamu juga bisa bergabung ke sejumlah group desain untuk menambah wawasan seputar pengaplikasian skill desain

5. Cari Pembimbing Untuk Menggunakan Software Pembuat Desain

Siapa pun bisa menggunakan aplikasi desain grafis secara otodidak. Tapi akan lebih lama menjadi "bisa" atau "master" bila tidak ada pembimbing. Carilah pembimbing yang lebih paham dan lebih terampil sehigga lebih cepat menguasai aplikasi ini.

Asah Keterampilan Mendesain Dengan Software Grafis di Kursus Desain Grafis

Salah satu cara cepat bisa desain grafis adalah belajar di lembaga Kursus Website, Digital Marketing dan Desain Grafis DUMET School - Tempat Kursus Terbaik di Jakarta.

Baca Juga

:
Ingat, Gunakan Aplikasi Desain Grafis Terbaik dan Resmi

Banyak aplikasi desain grafis yang bisa diperoleh baik secara gratis maupun berbayar. Namun Teknoplug sangat tidak menyarankan mendapatkan filenya dengan cara mendownload aplikasi desain grafis gratis yang bajakan. Dapatkanlah versi full version. Tapi bila tidak punya biaya membeli, dapat meminta melalui teman yang sudah memiliki versi full version.

Itulah 5 jenis Aplikasi Desain Grafis PC terbaik yang bisa menjadi pilihan anda untuk membuat berbagai jenis gambar desain.

Anda mungkin menyukai postingan ini

9 komentar

  1. d'King
    Yes mantap dong. Emang anak sekolahan udah harus dilatih menggunakan aplikasi desain grafis, siapa tau gedenya bisa jadi designer hebat. Orang indonesia gak kalah kok bakatnya sama orang luar. Asal tetap dibimbing aja
  2. Googelio
    Wkt sma gw blm ada aplikasi desain grafis ginian. Bikin gambar juga masih pake pensil. Gw br coba-coba aplikasi grafis wkt udh tamat kuliah.gw pake photoshop
  3. COK Player
    Aplikasi desain grafis ? Gak paham gw. Apa yg edit2 gambar di hp tuh jenis aplikasi desain grafis bukan ?
  4. Teknoplug.com
    @Devon
    yg edit gambar di hp juga termasuk jenis aplikasi desain grafis
  5. Gatekn
    Corel draw menurut ku masih pilihan utama gan untuk versi desain grafis versi free nya
    • Teknoplug.com
      iya sama sih gan, cuma emang harus didukung spek komputer canggih soalnya filenya gede
  6. masterdhedi
    Saya masih sangat bingung sekali antara memilih menggunakan coreldraw atau adobe.. sma2 bagu dan punya ciri tersendiri
    • Teknoplug.com
      iya mas, pakai apliaksi desain yang paling disukai atau yang dikuasai aja mas @masterdhedi
  7. Ryan prasetya
    Rupa nya ada Aplikasi Desain Grafis Terbaik PC Gratis Terpopuler Untuk Membuat Gambar. Terimakasih website anda membantu saya. Kenalkan saya atika dhia nisrina 1722500041. Kunjungi website saya di https://www.atmaluhur.ac.id
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>