Table of Content

7 Rekomendasi Aplikasi Desain Grafis Untuk Pemula, Terbaik di 2023

Rekomendasi aplikasi desain grafis PC untuk pemula dan profesional. Tuangkan kreatifitas dan tingkatkan produktivitas untuk hasilkan desain terbaik.

Aplikasi Desain PC - Bagi seorang desainer grafis, program grafis terbaik adalah alat tempur yang utama agar dapat mengolah berbagai jenis gambar. Apakah membuat desain logo hingga desain poster, software desain grafis menjadi sangat penting.

Desain grafis atau rancang grafis adalah sebuah seni olah grafis untuk menyampaikan pesan dalam bentuk garis, titik, ilustrasi, dan gambar. Bidang desain grafis saat ini semakin berkembang seiring kemajuan teknologi dan semakin beragamnya tujuan pembuatan gambar desain.

Beragam aplikasi pengolah gambar memberikan peluang mendapatkan penghasilan melalui jasa pembuatan logo, gambar 3D, hingga video Youtube.

Namun bagi seorang yang masih awam tentu akan bingung memilih apa software desain grafis untuk pemula. Bila sedang mencari aplikasi desain grafis terbaik untuk pemula, maka artikel ini akan membantumu.

Memilih Aplikasi Desain Grafis Terbaik

aplikasi desain
Aplikasi desain grafis terbaik untuk PC

Pengembangan piranti perangkat keras yang mendukung pengembangan di bidang graphic design menyebabkan berbagai aplikasi manipulasi gambar bisa digunakan di berbagai jenis perangkat, mulai aplikasi desain PC maupun aplikasi edit gambar di smartphone.

Namun bila bicara tentang aplikasi desain grafis untuk komputer, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan terutama bila kamu sedang dalam tahap memulai membangun skill desain visual.

Tools Editing di Aplikasi Desain Grafis

Agar dapat berkreasi mengolah atau mendesain gambar kamu membutuhkan tools dasar pada aplikasi desain grafis. Misalnya tool untuk memindahkan objek (move tool) hingga tool untuk menyeleksi atau memilih objek di canvas (marquee tool). Karena itu gunakanlah aplikasi desain grafis yang lengkap toolsnya.

Jenis & Spesifikasi Perangkat

Kamu membutuhkan aplikasi desain PC atau aplikasi desain untuk Android ? Jenis perangkat akan menentukan efektivitas, efisiensi, kreativitas, maupun kualitas akhir dari gambar yang diolah.

Bila kamu ingin mengolah gambar yang simpel kala sedang mobile maka gunakan aplikasi desain di smartphone.

Namun bila sedang mengerjakan project pembuatan gambar misalnya mebuat kartu vaksin yang mengharuskan kualitas gambar terbaik maka gunakan aplikasi desain PC. Mengedit gambar di laptop atau desktop akan memberikan keleluasan berkreasi serta memastikan detil-detil visual pada objek terlihat lebih rapi.

Baca Juga : Software Penting Laptop Baru

Masih tentang aplikasi desain untuk PC, kamu juga harus mempertimbangkan spesifikasi laptop atau desktop agar tidak memberikan kendala dan hambatan saat menyelesaikan project gambar. Anda bisa saja menggambar di laptop bisnis namun dengan processor Intel atau processor AMD plus kartu grafis yang mumpuni olah grafisnya.

Mengapa menggunakan dekstop atau laptop berspesifikasi bagus untuk mengoperasikan aplikasi desain grafis PC ? Contohnya kamu mengoperasikan aplikasi desain 3D PC yang memiliki kapasitas file yang besar dan mensyaratkan standar minimal model processor pada perangkat. Bila ini tidak dipenuhi alhasil perangkat akan lemot.

Baca Juga : Cara Cek Spesifikasi Laptop

Aplikasi Desain Grafis Yang Mudah Dipelajari

Bila kamu baru memulai, aplikasi desain grafis terbaik untuk pemula adalah aplikasi desain grafis yang mudah dipelajari. Ada banyak aplikasi desain grafis canggih namun tentunya seseorang membutuhkan waktu untuk mempelajari cara menggunakan tools editing yang tersedia. Dengan fitur yang mudah dipelajari seorang editor gambar bisa menguasai aplikasi tersebut dengan cepat.

Aplikasi Desain Grafis Gratis Atau Berbayar

Hal terakhir yang semestinya juga dipertimbangkan adalah cara mendapatkan aplikasi desain tersebut karena akan berhubungan dengan biaya. Seandainya ingin mendapatkan software desain PC full version maka kamu sebaiknya membeli software desain PC tersebut. Kamu juga bisa memilih opsi lain yaitu download aplikasi desain PC gratis. Tentunya dengan konsekuensi tidak semua fitur dan tool editingnya berfungsi.

Rekomendasi Aplikasi Desain Grafis Untuk Pemula

Lalu apa aplikasi desain grafis terbaik untuk dicoba ? Berikut adalah rekomendasi aplikasi desain grafis gratis dan berbayar terbaik untuk pemula.

Corel Draw

Rekomendasi aplikasi desain PC terbaik yaitu Corel Draw, sebuah aplikasi desain berbasis vektor yang banyak digunakan saat ini. Kelebihan versi Corel Draw adalah fitur dan toolsnya mudah digunakan bahkan oleh pemula sekalipun.

Corel Draw adalah aplikasi desain grafis PC gratis yang mudah didownload di internet, namun hanya berlaku trial selama 30 hari. Setelah itu agar versi lengkapnya bisa tetap digunakan kamu harus membeli lisensinya. Salah satu versi Corel Draw yang populer adalah Corel Draw Graphics Suite X7.

Baca Juga :Download Corel Draw Software Desain Grafis Terbaik Gratis.

Adobe Illustrator

Rekomendasi software desain grafis PC berikutnya yaitu Adobe Illustrator. Berbeda dibandingkan Adobe Photoshop, Adobe Illustrator merupakan software desain grafis yang mirip Corel Draw. Adobe Illustrator telah dilengkapi berbagai tool editing serta efek-efek menarik. Meskipun Adobe Illustrator merupakan aplikasi desain grafis gratis tetapi sejumlah tools hanya boleh digunakan setelah membeli software full version-nya.

Adobe InDesign

Namun kalau ingin mendesain tanpa vektor, kamu bisa menggunakan Adobe InDesign untuk mengedit maupun membuat lay out beragam media grafis seperti poster, majalah, kartu. Kelebihan Adobe InDesign adalah aplikasi desain PC yang kaya akan pilihan efek.

Inkscape

Inkscape adalah aplikasi desain rumah PC gratis yang populer di kalangan designer dan arsitek. Namun bukan hanya sebagai aplikasi arsitektur PC saja, kamu juga bisa menggunakan Inkscape untuk membuat logo hingga beragam gambar 3D.

Kelebihan Inkscape yaitu file hasil kerja akan terlihat melalui browser internet tanpa harus membuka desktop folder tempat dimana dokumen disimpan. Selain itu aplikasi desain bangunan di PC ini sudah support bahasa Indonesia sehingga membantu desainer pemula maupun mahasiswa.

Serif DrawPlus

Serif DrawPlus merupakan aplikasi desain grafis PC terbaik terpopuler. Presisi software desain grafis 3D Serif Draw Plus cukup tinggi saat mengedit gambar kurva, karena dilengkapi fitur pembuatan objek 3D melalui pilihan style 3D pada objek-objek tertentu.

Google SketchUp

Google SketchUp merupakan salah satu software desain grafis 3D online terpopuler. Khususnya bagi desainer pembuat arsitektur bangunan, rumah, tata ruang, akan meringkas saat memakai tools maupun efek aplikasi SketchUp. Ini juga software desain grafis online sekaligus offline.

Xara Designer

Rekomendasi software terbaik desain grafis berikutnya dengan fitur-fitur canggih terlengkap yaitu Xara Designer. Software gratis besutan Xara kompatibel dengan platform non PC seperti Android dan iOS. Aplikasi desain grafis PC offline ini dilengkapi ribuan template desain .

Tips Meningkatkan Kemampuan Olah Grafis Menggunakan Software Desain

Bidang desain grafis yang semakin berkembang menjanjikan banyak hal buat kamu. Selain kreatifitas dan karya, kamu bisa memanfaatkan keahlian menggambar untuk mendapatkan penghasilan. Namun agar skill olah grafismu meningkat, ada beberapa tips yang bisa diterapkan.

Pahami Tutorial Menggunakan Software Desain Grafis

Aplikasi desain grafis terbaik umumnya menyertakan panduan penggunaan (tutorial) dalam paket penjualannya selain melalui media situs. Ikuti panduan sebaik mungkin. Kamu boleh bergabung ke sejumlah group desain buat menambah wawasan seputar pengaplikasian skill desain

Cari Pembimbing Buat Belajar Mengolah Gambar Desain

Siapa pun bisa memakai aplikasi desain grafis secara otodidak. Tapi akan lama menjadi "bisa" atau "master" seandainya tidak ada pembimbing. Carilah pembimbing berkemampuan lebih baik sehigga lebih cepat menguasai aplikasi grafis.

Tingkatkan Skill Desain Grafis Dengan Belajar Desain UI / UX

Salah satu cara cepat bisa desain grafis misalnya belajar di kursus desain grafis DUMET School.

Itulah aplikasi desain PC terbaik gratis maupun berbayar buat pemula dan profesional untuk membuat beraneka jenis gambar desain.

Suka Teknologi