-->

Sejarah & Perkembangan Sistem Operasi Windows Dari Masa Ke Masa

Apa itu sistem operasi komputer ? Inilah sejarah dan perkembangan sistem operasi komputer Windows serta urutan versi OS Windows yang perlu diketahui.

Perangkat komputasi seperti komputer PC, desktop, dan laptop membutuhkan sebuah sistem operasi untuk menjalankannya karena merupakan komponen penting yang menghubungkan hardware dan software. Tanpa sistem operasi tertentu perangkat tersebut tidak akan berfungsi.

Sistem operasi komputer saat ini sangat beragam. Mulai sistem operasi komputer yang berbayar maupun sistem operasi gratis bisa ditemukan di berbagai perangkat komputasi yang digunakan penggunanya.

Windows adalah sistem operasi komputer yang populer di kalangan pengguna perangkat. Popularitas Windows tidak terlepas dari beragam fitur dan tools yang disediakan untuk memudahkan penggunanya menyelesaikan pekerjaan harian seperti aplikasi Microsoft Office.

Bicara Windows, kali ini TeknoPlug akan menjelaskan tentang sejarah Windows, versi-versi OS Windows yang telah dikembangkan, serta kelebihan dan kekurangan sistem operasi komputer besutan Microsoft Corporation ini.

Baca Juga : Cara Kerja Processor Pada Sistem Operasi Komputer Windows

Sistem Operasi Windows Adalah: Pengertian dan Fungsi Windows

os windows
Mengenal sejarah Windows dan perkembangan versi OS Windows

Windows atau lengkapnya Microsoft Windows adalah keluarga sistem operasi yang menggunakan antarmuka pengguna grafis (GUI) dan dikembangkan oleh Microsoft.

Dimulai dari sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line bernama MS-DOS, sistem operasi ini kemudian berevolusi menjadi seperti sekarang yang sering disebut Windows itu.

Sejarah Perkembangan Windows

Microsoft menciptakan Windows 1 karena termotivasi persaingan terhadap Apple Macintosh yang menggunakan GUI (Graphical User Interface) yang sangat laris. Windows 1.0 sendiri awalnya diumumkan pada 10 November 1983, namun baru dipasarkan pada November tahun 1985.

Windows 1.0 sendiri bukanlah sistemp operasi karena merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan yang berjalan di atas beberapa varian MS-DOS). Dengan kata lain dia dapat berjalan tanpa sistem operasi DOS.

Windows 3.11 merupakan versi Windows pertama yang mendukung networking/jaringan serta merupakan versi Windows terakhir sebelum hadirnya fitur Start Menu, dimana versi Hibrida ini bisa dioperasikan tanpa MS-DOS.

Secara perlahan, Microsoft dengan Windows-nya dapat menyaingi Apple bahkan menjadi populer. Sayangnya Windows sering dihajar virus-virus komputer sehingga di era 80'an hingga 90'an banyak perusahaan pengguna Windows yang terdampak.

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Komputer Windows

Setiap rilisnya Microsoft selalu menyertakan pembaruan dan penambahan fitur dan teknologi baru. Namun demikian orang sering penasaran apa kelebihan dan kekurangan sistem operasi komputer berbasis Windows ini. Untuk lebih lengkap berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan Windows.

Kelebihan OS Windows

  • 1. Dukungan hardware, dimana umumnya produsen perangkat keras menawarkan support untuk versi Windows selain software.
  • 2. Fungsi Plug and Play, yang secara otomatis dapat mendeteksi sebagian besar perangkat keras sehingga user dapat langsung menggunakan hardware setelah penginstalan.
  • 3. Simpel dan gampang dioperasikan, karena Windows menghadirkan antarmuka pengguna yang mudah dipahami meskipun user akan mengubah versi Windows-nya.
  • 4. Software tersedia, dimana banyak perangkat lunak kompatibel untuk Windows antara lain berbagai aplikasi wajib laptop baru seperti Adobe Photoshop hingga Media Player.
  • Update otomatis. Microsoft merancang Windows agar tetap mengalami perbaikan dan peningkatan dengan fitur update yang terotomatisasi, tentunya dengan pengaturan yang disediakan.

Kekurangan OS Windows

Selain berbagai kelebihan tersebut, OS Windows juga memiliki beberapa kekurangan yaitu :

  • Harga tinggi. Khususnya OW Windows terbaru dengan berbagai fiturnya tidak gratis dan dihargai cukup mahal. Tentu saja user harus menyiapkan dana lebih untuk membeli lisensinya yang pastinya berbayar.
  • Rentan terserang virus komputer dan malware. Sejumlah versi Windows sejak awal selalu kecolongan karena sistem keamanan yang tidak memadai. Meskipun saat ini Microsoft menanamkan sistem keamanan namun tidak menjamin OS Windows benar-benar aman, apalagi karena masih menggunakan basis sistem operasi yang sama seperti pendahulunya.
  • Spesifikasi komputer dan laptop harus memadai. Karena versi Windows selalu mengalami update dan sejumlah fungsi dan kegunaannya membutuhkan sumber daya yang juga tinggi, mau tidak mau user harus mempertimbangkan spesifikasi utama komputer.
  • Close Resource, dimana hanya Microsoft yang memiliki kode akses perangkat lunak sehingga menyulitkan pengguna untuk mengetahui apa permasalahan dalam sistem operasinya.

Urutan Windows Terlama Sampai Terbaru

Microsoft telah menciptakan banyak versi Windows. Sejak versi Windows 1 dibuat, hingga kini Microsoft telah merilis Windows 11 dan Windows Server. Urutan versi Windows dari pertama hingga Windows terbaru yang diluncurkan Microsoft yaitu sebagai berikut ini.

Windows 1.0

sistem operasi windows
OS Windows 1.0

Windows 1 adalah versi Windows pertama yang dibuat Microsoft di tahun 1985. Popularitasnya dibandingkan Apple masih kalah mentereng karena Windows 1 yang berbasis Graphical User Interface (GUI) bukanlah program yang menjalankan pengoperasian komputer yang sempurna.

OS Windows 2.0 dan Windows 2.1

os windows 2
Sistem Operasi Windows versi 2.0 dan 2.1 masih berbasis MS-DOS

Berikutnya tahun 1987 Microsoft meluncurkan sistem operasi komputer bernama Windows 2. Pada versi ini Microsoft melakukan peningkatan pada user interface dan adanya pintasan pada keyboard serta memanfaatkan memori yang diperbesar.

Sedikit berbeda dengan Windows 2.0, pada Windows 2.1 dibuat dalam dua versi berbeda meskipun masih masih berbasis GUI. Versi Windows 2.1 / 286 berjalan pada prosesor 8086 dari Intel 80286 yang bisa berjalan pada mode nyata namun bisa memanfaatkan area memori tinggi. Sedangkan Versi Windows 2.1 / 386 menggunakan mode virtual 8086 dari Intel 80386 untuk multitask program DOS dan model memori halaman yang diperluas dengan memori tambahan.

OS Windows 3.0

jenis os windows

Bisa dikatakan versi Windows 3 yang dirilis tahun 1990 adalah kesuksesan pertama Microsoft dari sisi penjualan karena adanya peningkatan user interface pengguna. Pada Windows versi 3.0 ini memori virtual berikut driver perangkat virtualnya (Vxd) memungkinkan sistem operasi ini bisa berbagi perangkat antar aplikasi DOS.

OS Windows 3.1 dan Windows 3.2

Windows 3.1 diluncurkan tahun 1992. Pada versi Windows terbaru setelah versi 3.0 ini Windows menampilkan facelift serta menyertakan game Minesweeper yang menjadi game bawaan Windows di beberapa versi berikutnya. Tepatnya di 1994 Microsoft kemudian membuat Windows 3.2 yang merupakan pengembangan Windows 3.1 versi Cina yang telah mengalami perbaikan masalah pada sistem penulisan bahasa Mandarin.

OS Windows 95

versi windows

Teknologi baru dihadirkan Microsoft di Windows 95 yang dibuat tahun 1995. OS Windows 95 merupakan sistem operasi komputer hybrid 16-bit/32-bit. Pada versi OS Windows 95 Microsoft menghadirkan menu inovatif berupa 'Start' yang menggantikan Program Manager pada versi sebelumnya yang berfungsi mengakses grup program. Windows Explorer juga menjadi inovasi lainnya untuk menggantikan File Manager dengan fungsi yang sedikit berbeda. Yang paling terkenal tentu saja Microsoft Office 1995. Ketiga inovasi inilah yang membesarkan nama Microsoft dan Windows dan hingga kini masih digunakan.

OS Windows 98

sistem operasi windows
Tampilan layar perangkat Windows 98

Windows 98 yang diluncurkan tahun 1998 adalah penerus OS Windows 95 dengan penambahan support yang lebih baik pada AGP, USB, Plug and Play serta sistem berkas FAT32 dan Internet Explorer versi 4.0. Windows 98 sendiri merupakan versi windows pertama yang didesain secara spesifik untuk konsumen. Inovasi baru yang hadir di versi Windows 98 adalah kombinasi antar tombol keyboard seperti tombol Win (pada menu Start) dan Ctrl untuk menjalankan fungsi-fungsi tertentu. Contohnya Win + E untuk membuka 'Windows Explorer' dan Alt+F4 untuk menutup aplikasi yang sedang terbuka.

OS Windows Millenium Edition (Windows Me)

Windows Millennium Edition atau Windows Me merupakan rancangan khusus Microsoft untuk menggantikan OS Windows 98 bagi pengguna rumahan yang bisa berjalan meskipun tanpa bantuan MS-DOS. Tidak berbeda dengan versi versi Windows sebelumnya, Windows Me yang diluncurkan tahun 2000 juga merupakan sistem operasi transisi antara 16-bit ke 32-bit. Beberapa fitur yang dihadirkan Microsoft pada versi Windows Me antara lain Windows Media Player 7, Windows Movie Maker, System Restore dan masih banyak lagi. Sementara pada saat bersamaan Microsoft menghapus sejumlah fitur lama seperti Microsoft Fax dan QuickView.

Microsoft NT

Microsoft NT adalah proyek terbengkalai IBM OS/2 dengan nama kode NTOS/2versi 3.0 kerja sama Microsoft dan IBM akibat kesuksesan Windows 3.0. Mundurnya IBM menyebabkan Microsoft menyelesaikan proyek itu sendirian. Windows NT menjadi sistem operasi baru yang bebas dari kode 16-bit milik MS-DOS dan mendukung operasi 32-bit, serta fitur lain yang ditawarkan oleh mikroprosesor 32-bit namun tetap kompatibel dengan sistem operasi sebelumnya, seperti MS-DOS (yang dijalankan dengan menggunakan teknik emulasi) dan IBM OS/2. Hingga kini sistem operasi Windows NT hanya support untuk platform Intel IA64, Intel 80x86, dan AMD64.

OS Windows 2000

sejarah windows
Screen desktop Windows 2000

Windows 2000 yang juga diluncurkan tahun 2000 merupakan versi Windows yang berbeda dibandingkan Windows Me karena mengusung sistem pengoperasian Windows NT. Windows 2000 sendiri sempat tertunda beberapa kali peluncurannya, mungkin karena Microsoft masih harus menyelesaikan proyek Windows NT. Beberapa fitur baru yang hadir di Windows 2000 antara lain browser Explorer terbaru yaitu Internet Explorer 5.0, dan Plug And Play termutakhir saat itu hardware langsung berjalan tanpa melalui proses restart.

OS Windows XP

Windows XP yang kependekan dari Experience dan dibuat tahun 2001 merupakan versi sistem operasi Windows yang berbasis grafis untuk komputer rumah dan desktop bisnis, laptop, dan pusat media (Media Center). Sistem operasi komputer pertama Windows yang berorientasi konsumen yang dibangun di atas kernel dan arsitektur Windows NT ini adalah penerus versi Windows 2000 dan Windows Me. Versi yang terkenal dari sistem operasi hasil penggabungan sistem operasi Windows NT dan Windows 9x ini adalah Windows XP Home Edition dan Windows XP Professional.

OS Windows Vista

fitur os windows
Tampilan Windows Vista

Seperti halnya Windows XP, sistem operasi Windows Vista yang awalnya diberi kode nama Longhorn ini juga merupakan versi sistem operasi Windows berbasis grafis bagi komputer rumah dan desktop bisnis, laptop, dan Media Center. Beberapa fitur baru yang muncul di Windows Vista antara lain antivirus Windows Defender, pemutar musik Windows Media Player 11, hingga Windows Firewall.

OS Windows 7

fungsi sistem operasi komputer
Tampilan screen OS Windows 7

Microsoft meluncurkan Windows 7 di tahun 2009 yang terfokus pada pengembangan aplikasi dasar agar kompatibel dengan Windows Vista seperti support layar sentuh, re-desain taskbar yang kini lebih populer dengan istilah Superbar, hingga sistem jaringan HomeGroup, dan pada peningkatan performa perangkat. Dengan kemampuan yang lebih baik dan kapasitas yang lebih berat mewajibkan penggunanya menggunakan perangkat dengan spesifikasi komputer minimal RAM 1GB dan penyimpanan 16GB(untuk 32-bit), serta RAM 2GB dengan harddisk 20GB (untuk 64-bit). Selain itu maksimal core processor di sebuah komputer Windows 7 adalah 32 inti (32-bit) dan 256 inti (untuk 64-bit).

OS Windows 8 dan Windows 8.1

sistem operasi
Tampilan home screen Windows 8 dan 8.1

Sistem operasi Windows 8 yang dirilis tahun 2018 telah menggunakan mikroprosesor ARM selain tentunya mikroprosesor x86 besutan Intel dan AMD. Interface-nya telah dirancang agar mampu digunakan pada perangkat touchscreen selain mouse dan keyboard. Sementara Windows 8.1 yang diluncurkan tahun 2013 adalah versi peningkatan dari Windows 8 yang bermasalah antara lain layar mulai yang telah disempurnakan, aplikasi dibundel tambahan, Internet Explorer 11, hingga pengintegrasian dengan OneDrive.

OS Windows 10

sejarah windows
Tampilan layar OS Windows 10

Microsoft membawa teknologi yang lebih baru pada Windows 10 yang diluncurkan tahun 2015. Berbasis sistem operasi Windows NT, Windows 10 hadir untuk mengatasi masalah pada interface yang muncul di Windows 8. Windows 10 menggunakan versi terbaru DirectX 12 untuk mengurangi overhead pada CPU dan pemacu grafis. Sementara interface pengguna Windows 10 dibuat untuk mengoptimalkan pengalaman yang tepat di perangkat yang sesuai dan di waktu yang tepat.

OS Windows 11

windows 11
Tampilan screen Windows 11, sistem operasi komputer Windows terbaru

Windows 11 adalah sistem operasi komputer terbaru dari Microsoft. Dibuat tahun 2021, sistem operasi Windows dengan kode nama Sun Valley ini adalah penerus Windows 10. Pada Windows 11 Menu Start dirancang ulang dengan menghilangkan ubin pada sisi sebelah kanan. Fitur terbaru dalam sistem operasi terbaru Windows ini antara lain Task View. Mempertahankan fitur pengelolaan yang sudah ada sebelumnya di Windows 10 seperti OneDrive dan antivirus Windows Defender, Microsoft juga meningkatkan sistem proteksi perangkat.

Penutup

Itulah sejarah dan perkembangan sistem operasi komputer Windows serta urutan versi OS Windows dari terlama hingga terbaru.

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>