Table of Content

4 Cara Melihat Spesifikasi Komputer & Laptop Tanpa Software

Cara cek laptop tanpa software berikut ini, akan membantu kamu mengetahui spesifikasi laptop sebelum menginstal beberapa software baru.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop bisa kamu lakukan tanpa software. Dengan beberapa trik mudah, informasi spesifikasi laptopmu dengan cepat kamu ketahui.

Di era teknologi canggih saat ini, spesifikasi laptop atau komputer memiliki peran vital. Terlebih lagi, laptop tidak hanya digunakan untuk mengoperasikan aplikasi standar seperti Office, tapi juga membuat konten video, desain produk, keperluan promosi, hingga hiburan.

Dengan kata lain, kemampuan laptop baik pada multitasking, kecepatan, dan stabilitas performa, sangat tergantung pada spesifikasi yang dimilikinya.

Spesifikasi laptop seperti apa yang kamu butuhkan? Tergantung untuk apa laptop tersebut digunakan. Apakah laptop untuk desain grafis, atau laptop untuk gaming.

Bila kamu sudah memiliki laptop tapi awam dengan spesifikasinya, jangan buru-buru menginstal berbagai software berat seperti Corel Draw, Adobe Illustrator, atau game AOV.

Karena bila spesifikasi minimal laptop tidak sesuai dengan software, alhasil laptop akan cepat panas, loading terasa berat, bahkan mati sendiri.

Lalu bagaimana cara melihat spesifikasi di laptop? Ada beberapa cara agar bisa mengetahui spesifikasi dalam laptop. Mulai cara manual, maupun cara mengetahui spek laptop dengan software.

spesifikasi komputer

Bila kamu tidak terlalu memahami tentang software untuk mengecek spesifikasi dalam laptop, berikut adalah beberapa cara cek spesifikasi laptop yang bisa kamu lakukan tanpa menggunakan software.

Melihat Spesifikasi Laptop Dengan Cara CMD

Salah satu cara mengecek spesifikasi laptop dengan mudah adalah dengan perintah CMD, singkatan dari command prompt. Fungsi CMD adalah menjalankan perintah pada sistem operasi Windows, sehingga penggunaan CMD sangat umum digunakan pada komputer Windows.

Namun perintah CMD juga bisa dilakukan pada berbagai perangkat non OS Windows, tergantung jenis perintahnya.

Berikut adalah langkah-langkah melakukan command prompt untuk melihat spesifikasi laptop.

  1. Buka Windows Explore
  2. Lalu ketik "command prompt" (tanpa tanda kutip) pada search bar.
  3. Selanjutnya, klik command prompt tersebut.
  4. Kemudian ketikKan system info, dan tekan Enter pada command prompt.
  5. Akan muncul data berisi spesifikasi laptop secara detail.

Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop Melalui System Information

Cara mengetahui spesifikasi laptop selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah melalui System Information. Di tampilan System Information, kamu dapat melihat beberapa spesifikasi laptop, mulai dari jenis dan tipe laptop, BIOS yang digunakan, sistem operasi, hingga software.

Langkah-langkah melakukan pengecekan spesifikasi laptop dari System Information, yaitu sebagai berikut.

  1. Cari kolom pencarian Windows, tepatnya di taskbar layar monitor laptop.
  2. Pada kolom tersebut, ketikkan "System Information" (tanpa tanda petik), lalu tekan Enter.
  3. Selanjutnya akan muncul jendela System Information yang menampilkan ringkasan semua data spesifikasi di dalam laptop (System Summary).

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Dari Control Panel

Melihat spesifikasi laptop juga bisa dilakukan dari Control Panel. Control Panel adalah suatu pusat informasi sistem di komputer, dimana penggunanya bisa mengendalikan sistem dan fungsi pengoperasian komputer, serta melakukan pengaturan tertentu.

Cara melihat spesifikasi laptop dari Control Panel, yaitu sebagai berikut.

  1. Lihat ikon Start Windows di bagian sudut bawah sebelah kiri layar.
  2. Klik logo Start Windows tersebut.
  3. Pada kolom pencarian, ketikkan Control Panel, lalu tekan Enter.
  4. Selanjutnya akan muncul jendela COntrol Panel. Pilih menu System And Security.
  5. Akan tampil berbagai menu. Lalu pilih System.
  6. Akan muncul jendela yang menampilkan ringkasan data sistem dan spesifikasi komputer. Pada jendela ini juga ditampilkan berbagai pilihan informasi sistem dan spesifikasi yang ingin diketahui lebih detil, mulai dari Display, Sound, hingga berbagai opsi pengaturan.

Mengecek Spesifikasi Laptop Dengan Cara dxdiag

Terakhir cara mengecek spesifikasi laptop secara manual yang dapat kamu lakukan yaitu dengan menggunakan cara dxdiag. Cara melihat spesifikas komputer dengan dxdiag hampir mirip dengan cara command prompt.

Langkah-langkah melakukan pengecekan spesifikasi komputer dengan dxdiag yaitu sebagai berikut.

  1. Pada keyboard laptop, tekan tombol Windows dan tombol R secara bersamaan (Windows + R)
  2. Akan terbuka sebuah jendela kecil.
  3. Pada jendela tersebut, ketikkan "dxdiag" (tanpa tanda petik), lalu tekan OK.
  4. Selanjutnya akan muncul jendela DirectX Diagnostic Tools, yang menampilkan ringkasan informasi spesifikasi laptop dan sistemnya.

Itulah beberapa cara untuk melihat spesifikasi laptop tanpa menggunakan software.

Spesifikasi Penting Untuk Laptop

Spesifikasi komputer sangat penting karena berhubungan dengan produktivitas, efisiensi, dan efektivitas kerja. Semakin tinggi spesifikasinya, komputer dan laptop yang digunakan akan semakin baik performanya.

Dengan lancarnya pengoperasian laptop, potensi lag, lemot, dan komputer cepat panas bahkan mati sendiri dapat diminimalisir.

Berikut ini adalah beberapa spesifikasi komputer dan laptop yang harus diketahui.

Processor

Spesifikasi komputer dan laptop yang terutama adalah processornya. Processor adalah otak pemrosesan aplikasi-aplikasi yang ada dalam komputer. Processor Intel Core i3, i5, i7 adalah processor yang umumnya cukup diandalkan untuk komputer kantor. Namun salah satu pertimbangannya adalah generasi processor.

Dengan aplikasi-aplikasi kekinian, maka generasi processor Intel setidaknya adalah Intel 7th Gen hingga yang terbaru. Sementara Intel Generasi Ketujuh sudah cukup terbeban dengan aplikasi kekinian, dapat diartikan bila menggunakan processor Intel dibawahnya akan membuat processing komputer lebih lambat.

Baca Juga : Urutan Processor Intel Gen 12

Processor komputer lainnya yang bisa dipilih adalah processor AMD. Serupa dengan Intel, processor AMD juga punya jenis dan generasi, misalnya Ryzen 3, Ryzen 5, dan Ryzen 7. Semakin tinggi generasinya akan semakin cepat komputer tersebut memproses aplikasi-aplikasi yang dibutuhakn.

Spesifikasi processor terbaik untuk komputer yang juga harus diperhatikan adalah clock speed, jumlah core, dan kinerja serta performa single-core dan multi-corenya. Semakin tinggi clock speed kecepatan dan performa komputer akan semakin cepat.

Baca Juga : Perbandingan Processor Intel dan AMD

Kartu Grafis

Spesifikasi komputer berikutnya adalah kartu grafis atau sering dikenal dengan VGA. Berbeda dengan processor yang menjadi otak kerja seluruh operasi di perangkat, maka VGA adalah micro processor yang menjadi otak pemrosesan grafis untuk membantu menampilkan visual baik gambar statis, gambar bergerak, video, dan warna sehingga processor tidak terbeban.

Spesifikasi processor grafis berkapasitas 2GB sudah cukup lumayan untuk membantu komputer menampilkan visual yang dibutuhkan, entah itu menggunakan VGA NVidia atau AMD Radeon.

Baca Juga : Spesifikasi Komputer Game Yang Wajib Diketahui

Memory

Spesifikasi komputer dan laptop yang juga tak kalah penting dan harus terakomodir dalam perangkat adalah memori atau RAM (Random Access Memory). Fungsi RAM adalah sebagai tempat menyimpan data sementara aplikasi-aplikasi yang digunakan.

Kombinasi jumlah core pada processor dan perpaduannya dengan RAM, sangat mempengaruhi kemampuan multitasking, yaitu perpindahan dari satu aplikasi yang terbuka ke aplikasi lainnya.

RAM DDR4 berkapasitas 4GB sudah cukup lumayan bila digunakan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi standar. Akan tetapi pilih RAM yang dual channel, dan tersedia slot tambahan bila sewaktu-waktu ingin meningkatkan atau menambah kapasitas memory.

Memory Penyimpanan (Storage)

Memory penyimpanan atau storage adalah sebuah perangkat keras dalam komputer atau laptop yang berfungsi sebagai tempat unutk menyimpan file-file penting. Saat ini tipe penyimpanan untuk komputer dan laptop juga telah berkembang. Bila dulu orang menggunakan HDD (hardidsk drive) sebagai ruang penyimpanan data komputer, kini SSD (solid stage drive) juga semakin sering dipasang di perangkat.

Spesifikasi penyimpanan HDD di komputer atau laptop minimal 500GB. Kapasitas penyimpanan sebesar itu cukup lumayan untuk menyimpan berbagai jenis file software hingga video. Namun bila ingin proses yang lebih cepat, kalian bisa memasang SSD.

Operating System (OS)

Spesifikasi komputer dan laptop selanjutnya yang tidak bole dipandang sebelah mata adalah OS atau operating system. OS adalah software yang berfungsi untuk menjalankan system dalam komputer, berbeda dengan processor yang berguna sebagai hardware untuk menjalankan pemrosesan.

Ada banyak pilihan OS saat ini, yaitu Windows, Linux, hingga Mac OS. Meskipun OS Windows 7 sudah tidak mengalami update lagi, namun masih banyak yang menggunakannya di komputer dan laptop.

Namun sangat disarankan untuk menggunakan OS Windows 10 karena sudah cukup baik untuk komputer kekinian bila OS Windows 11 atau Windows 12 dirasa terlalu mahal atau berat.

Konektivitas

Spesifikasi laptop berikutnya yang sangat menentukan adalah konektivitas. Konektivitas ini berfungsi sebagai hardware untuk menghubungkan antara satu device ke lain secara eksternal. Misalnya untuk menghubungkan smartphone ke laptop, ada port USB yang menghubungkan antara keduanya baik untuk mentransfer data atau untuk melakukan kolaborasi kerja.

Fungsi lainnya adalah untuk menghubungkan komputer atau laptop ke monitor eksternal, TV, dan proyektor maka harus ada port HDMI. Tak ketinggalan pula untuk memindahkan data dari chip penyimpanan di smartphone dan tablet, maka harus tersedia pula slot SD/microSD card di komputer dan laptop.

Penutup

Itulah beberapa spesifikasi komputer dan laptop yang mesti diperhatikan dan harus tersedia dalam perangkat tersebut.

Suka Teknologi