-->

Cara Cek Standar Minimal Spesifikasi Komputer dan Laptop

Daftar spesifikasi komputer kantor yang wajib diperhatikan agar pekerjaan dapat dilakukan dengan mudah dan tanpa kendala berarti.

Spesifikasi Komputer Untuk Kerja - Komputer dan laptop saat ini semakin memiliki nilai guna yang tidak bisa dikesampingka. Sebagai alat kerja modern bersama smartphone, spesifikasi komputer dan laptop sangat berkontribusi terhadap kualitas pekerjaan dan berjalannya perusahaan.

Di era teknologi canggih saat ini, perangkat seperti komputer juga harus mengikuti perkembangan jaman. Bila dulu komputer kerja diandalkan untuk menyelesaikan sejumlah pekerjaan dengan beberapa aplikasi standar seperti Office, maka kini kegunaannya juga berkembang.

Komputer kekinian juga berperan untuk mengakomodir digitalisasi. Berkirim atau menerima data tidak lagi sekedar menggunakan email, tapi juga Cloud, Google Drive dan sejenisnya. Selain itu komputer kekinian juga diharapkan dapat membantu karyawan atau staff menerima dan mengolah data keuangan, template dan aplikasi akuntansi, hingga membuat konten dan desain grafis untuk keperluan presentasi maupun promosi sederhana.

Mengapa Spesifikasi Komputer Sangat Penting ?

spesifikasi komputer

Spesifikasi komputer sangat penting karena berhubungan dengan produktifitas, efisiensi, dan efektifitas. Spesifikasi komputer dan laptop sangat mempengaruhi cepat lambatnya proses pengerjaan, dan berkualitas tidaknya hasil yang ditampilkan.

Semakin tinggi spesifikasinya, komputer dan laptop yang digunakan akan semakin mudah dioperasikan. Dengan lancarnya pengoperasian dapat diartikan potensi lag, lemot, dan komputer cepat panas bahkan mati sendiri dapat diminimalisir.

Berikut ini adalah beberapa spesifikasi komputer dan laptop yang harus diketahui.

Processor

Spesifikasi komputer dan laptop yang terutama adalah processornya. Processor adalah otak pemrosesan aplikasi-aplikasi yang ada dalam komputer. Processor Intel Core i3, i5, i7 adalah processor yang umumnya cukup diandalkan untuk komputer kantor. Namun salah satu pertimbangannya adalah generasi processor. Dengan aplikasi-aplikasi kekinian, maka generasi processor Intel setidaknya adalah Intel 7th Gen hingga yang terbaru. Sementara Intel Generasi Ketujuh sudah cukup terbeban dengan aplikasi kekinian, dapat diartikan bila menggunakan processor Intel dibawahnya akan membuat processing komputer lebih lambat.

Baca Juga : Urutan Processor Intel Gen 12

Processor komputer lainnya yang bisa dipilih adalah processor AMD. Serupa dengan Intel, processor AMD juga punya jenis dan generasi, misalnya Ryzen 3, Ryzen 5, dan Ryzen 7. Semakin tinggi generasinya akan semakin cepat komputer tersebut memproses aplikasi-aplikasi yang dibutuhakn.

Spesifikasi processor terbaik untuk komputer yang juga harus diperhatikan adalah clock speed, jumlah core, dan kinerja serta performa single-core dan multi-corenya. Semakin tinggi clock speed kecepatan dan performa komputer akan semakin cepat.

Baca Juga : Perbandingan Processor Intel dan AMD

Kartu Grafis

Spesifikasi komputer berikutnya adalah kartu grafis atau sering dikenal dengan VGA. Berbeda dengan processor yang menjadi otak kerja seluruh operasi di perangkat, maka VGA adalah micro processor yang menjadi otak pemrosesan grafis untuk membantu menampilkan visual baik gambar statis, gambar bergerak, video, dan warna sehingga processor tidak terbeban.

Spesifikasi processor grafis berkapasitas 2GB sudah cukup lumayan untuk membantu komputer menampilkan visual yang dibutuhkan, entah itu menggunakan VGA NVidia atau AMD Radeon.

Baca Juga : Spesifikasi Komputer Game Yang Wajib Diketahui

Memory

Spesifikasi komputer dan laptop yang juga tak kalah penting dan harus terakomodir dalam perangkat adalah memori atau RAM (Random Access Memory). Fungsi RAM adalah sebagai tempat menyimpan data sementara aplikasi-aplikasi yang digunakan. Kombinasi jumlah core dan kinerjanya dengan RAM sangat mempengaruhi kemampuan multitasking, yaitu perpindahan dari satu aplikasi yang terbuka ke aplikasi lainnya.

Spesifikasi RAM pada komputer dan laptop saat ini wajib diperhatikan perusahaan karena banyak aplikasi yang tidak 'ngangkat' alias not responding karena kapasitas memory yang kecil. Kecilnya RAM akan membuat komputer atau laptop mudah mengalami lag, loading lebih lambat, dan mudah pula panas. Bila dulu RAM 2GB sudah standar, sekarang RAM 4GB bahkan masih terlalu kecil. Namun demikian RAM DDR4 4GB sudah cukup lumayan bila digunakan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi standar. Akan tetapi pilih RAM yang dual channel, dan tersedia slot tambahan bila sewaktu-waktu ingin meningkatkan atau menambah kapasitas memory.

Memory Penyimpanan (Storage)

Memory penyimpanan atau storage adalah sebuah perangkat keras dalam komputer atau laptop yang berfungsi sebagai tempat unutk menyimpan file-file penting. Saat ini tipe penyimpanan untuk komputer dan laptop juga telah berkembang. Bila dulu orang menggunakan HDD (hardidsk drive) sebagai ruang penyimpanan data komputer, kini SSD (solid stage drive) juga semakin sering dipasang di perangkat.

Spesifikasi penyimpanan HDD di komputer atau laptop minimal 500GB. Kapasitas penyimpanan sebesar itu cukup lumayan untuk menyimpan berbagai jenis file software hingga video. Namun bila ingin proses yang lebih cepat, kalian bisa memasang SSD.

Operating System (OS)

Spesifikasi komputer dan laptop selanjutnya yang tidak bole dipandang sebelah mata adalah OS atau operating system. OS adalah software yang berfungsi untuk menjalankan system dalam komputer, berbeda dengan processor yang berguna sebagai hardware untuk menjalankan pemrosesan.

Ada banyak pilihan OS saat ini, yaitu Windows, Linux, hingga Mac OS. Meskipun OS Windows 7 sudah tidak mengalami update lagi, namun masih banyak yang menggunakannya di komputer dan laptop. Namun sangat disarankan untuk menggunakan OS Windows 10 karena sudah cukup baik untuk komputer kekinian bila OS Windows 11 atau Windows 12 dirasa terlalu mahal atau berat.

Konektivitas

Spesifikasi laptop berikutnya yang sangat menentukan adalah konektivitas. Konektivitas ini berfungsi sebagai hardware untuk menghubungkan antara satu device ke lain secara eksternal. Misalnya untuk menghubungkan smartphone ke laptop, ada port USB yang menghubungkan antara keduanya baik untuk mentransfer data atau untuk melakukan kolaborasi kerja. Lainnya adalah untuk menghubungkan komputer atau laptop ke monitor eksternal, TV, dan proyektor maka harus ada port HDMI. Tak ketinggalan pula untuk memindahkan data dari chip penyimpanan di smartphone dan tablet, maka harus tersedia pula slot SD/microSD card di komputer dan laptop.

Penutup

Itulah beberapa spesifikasi komputer dan laptop yang mesti diperhatikan dan harus tersedia dalam perangkat tersebut.

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>