-->

Prosesor HP Snapdragon vs Mediatek Terbaik Android Terbaru

Macam macam processor terbaik Snapdragon dan Mediatek terbaru serta kelebihannya.

Processor HP Android sangat berperan dalam mendongkrak kinerja pemrosesan. Agar hp Android memiliki performa yang gesit di atas rata-rata tentu saja kehadiran prosesor hp yang mumpuni sangat dibutuhkan.

Processor HP Terbaik

membandingkan prosesor android yang terbaik
Snapdragon vs Mediatek, prosesor terbaik saat ini untuk Android

Processor hp adalah prosesor yang memiliki kemampuan dalam mengolah data grafis serta menunjang multi media dan fitur kamera. Seperti diketahui, sebuah smartphone merupakan komputer mini dengan aneka perangkat dan aplikasi multimedia yang digabung dengan perangkat telekomunikasi.

Bila fungsi processor/CPU pada PC adalah menjalankan perintah perhitungan, maka CPU pada smartphone adalah mengontrol kerja perangkat, memori, grafis, sound dan prosesor itu sendiri.

Hadirnya prosesor sangat berperan dalam mengoperasikan berbagai aplikasi berat di smartphone seperti aplikasi video meeting contohnya aplikasi Bluejeans, serta aplikasi permainan seperti game Mobile Legends dan aplikasi game edukasi anak.

Processor HP Android

Prosesor Android merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai otak pemrosesan aplikasi di smartphone yang berplatform Android.

Processor HP terbaik adalah prosesor yang memiliki performa yang cepat dan kinerja yang tetap stabil pada suhu tertinggi dan overclock yang maksimal.

Macam-macam prosesor hp saat ini banyak digunakan smartphone berplatform Android. Diantara berbagai jenis prosesor hp terbaik tersebut terselip persaingan yang kasat mata antara dua merk prosesor kenamaan di dunia.

Kedua prosesor hp terbaik untuk Android tersebut adalah Snapdragon dan Mediatek. Persaingan kedua prosesor terbaik untuk Android ini sudah berlangsung sejak lama.

Prosesor HP Mediatek vs Snapdragon

Untuk memberikan gambaran performa dan kinerja dari macam-macam prosesor hp yang dirilis oleh kedua pabrikan kenamaan tersebut berikut ini adalah ulasannya.

Prosesor Qualcomm Snapdragon

Prosesor Snapdragon milik Qualcomm paling banyak digunakan oleh vendor smartphone Android di dunia. Snapdragon terkenal mumpuni karena mendukung akses internet 4G LTE, 5G, dan WiFi6.

Processor Snapdragon juga mendukung kinerja kamera dengan megapiksel tinggi, kecepatan autofokus tinggi dan fotografi, kecepatan processing baik dan performanya stabil, menjadikan grafis berkualitas HD dan sound sangat jernih serta powerful, hemat daya dan menyebabkan baterai smartphone android lebih awet, hingga digunakan pula untuk konsol cloud gaming seperti Razor Edge 5G.

Snapdragon 8 Plus Gen 1

Snapdragon 8 Plus Gen 1 adalah processor hp Snapdragon terbaru. Processor terbaik untuk hp Android ini memiliki skor benchmark AnTutu 1101264 dan Geekbench 1329/4198. Berkolaborasi dengan grafis Adreno 730, processor Snapdragon octa-core terbaru ini performanya sangat gesit dengan clockspeed hingga 3200 MHz.

Snapdragon 8 Gen 1

Saudaranya yaitu Snapdragon 8 Gen 1 yang juga processor Android terbaru ini tak kalah gesit. Skor Antutu 1042572 dan Geekbench 1216/3794 menunjukkan bahwa processor octacore Android terbaru ini mampu menghadirkan kinerja yang oke pada clockspeed maksimum 3000 MHz.

Processor hp terbaik Android Snapdragon yang dirilis sudah dirilis Qualcomm adalah Snapdragon 888 Plus dan Snapdragon 888.

Secara umum processor Snapdragon memiliki keunggulan pada kecepatan pengisian daya dan teknologi AI yang ditingkatkan serta kemampuan koneksi pada jaringan 5G.

Baca Juga :

Processor Mediatek

Prosesor Mediatek adalah prosesor yang punya kemampuan yang tidak kalah dibandingkan Snapdragon milik Qualcomm. Mediatek merupakan perusahaan kenamaan dari negeri Tirai Bambu yang bermarkas di Sanghai. Mediatek sendiri lebih fokus pada pengembangan chipset ekonomis dengan biaya produksi yang murah.

Processor Mediatek memang sempat dikritik sejumlah kalangan karena gampang panas. Namun Mediatek telah berbenah dan menciptakan chipset processor baru yang terbaik buat hp Android dengan mempertahankan keterjangkauan harganya.

Dimensity 9000 Plus

Di tahun 2020 ini, sejumlah tipe chipset processor terbaik Mediatek menghiasi dapur pacu berbagai merk hp Android ternama di dunia seperti Samsung, Redmi, hingga Huawei.

Mediatek Dimensity, punya kelebihan kolaborasi antara konektivitas, multimedia, AI serta inovasi kualitas gambar yang lebih baik. Beberapa varian chipset Mediatek Dimensity yaitu Mediatek Dimensity 700 series, Mediatek Dimensity 800 series, dan Mediatek Dimensity 1000 series.

Processor hp Mediatek terbaik untuk Android terbaru yaitu Dimensity 9000 Plus. Dengan skor AnTutu 1109256 dan skor Geekbench 1343/4340 menunjukkan bahwa kinerja processor Android terbaru yang satu ini tidak berbeda jauh dengan Snapdragon 8 Gen 1 dan Snapdragon 8 Plus Gen 1.

Dimensity 9000

Processor hp terbaik untuk Android yang dirilis Mediatek dari keluarga Dimensity adalah Dimensity 9000. Processor hp yang satu ini performanya juga tidak kalah mentereng dibandingkan saudara dekatnya Dimensity 9000 Plus dan pesaing terdekatnya Snapdragon 8 Gen 1, yang ditunjukkan dengan skor Antutu 1031459 dan skor Geekbench 1281/4327.

Helio

Tak hanya Dimensity, Mediatek juga membuat processor hp terbaik lainnya untuk Android yaitu dari keluarga Helio.

Mediatek Helio G Series, kini dipakai oleh sejumlah vendor hp gaming dan menjadi rival terbaik Snapdragon karena punya kemampuan grafis yang lebih bagus dibandingkan pendahulunya. Beberapa varian processor Mediatek Helio G Series antara lain yaitu Helio G90T, Helio G85, Helio G85, Helio G35.

Mediatek Helio P Series, merupakan chipset processor terbaik untuk hp Android berbodi tipis karena hemat daya dan menyokong daya hidup yang lebih lama. Model procesor Mediatek Helio P Series antara lain yaitu Mediatek P60, Mediatek P70, dan Mediatek P90.

Selain ketiga model processor Mediatek terbaik di atas, ada juga beberapa chipset processor Mediatek yang menghiasi perangkat ponsel pintar Android seperti Mediatek Helio A Series, Mediatek Helio X Series, Mediatek Entry 4G Series, dan Mediatek Mid-Range 4G Series.

Baca Juga : Tingkatan Urutan Processor/CPU AMD Dari Awal Hingga Sekarang

Nah, itulah ulasan TeknoPlug kali ini mengenai processor Android terbaik Snapdragon vs Mediatek. Lalu, hp kalian pakai processor Android terbaik yang mana ?

Anda mungkin menyukai postingan ini

5 komentar

  1. COK Player
    Makin banyak core nya smartphone makin kencang. Tp tergantung speednya jg, kalo corenya ada 8 tp msng2 cuma 0,8 Ghz ya lbh lemot dong dibandingkan 4 inti yg 2,5 Ghz
  2. Clashofking
    HP dengan processor terbaik itu menurut saya tergantung dari kustomisasi dan kolaborasi antara chipset, jumlah core, dan clocking-nya. Buat apa core banyak kalau speed-nya rendah. Yang dual core speed 2,7GHz lebih bagus daripada octa core yang speednya cuma 1,1 Ghz.
  3. FajarYusuf.Com
    Processor hp android makin canggih aja
  4. Teknoplug.com
    iya nih mas, tergantung jenis prosesor yang dipakai juga sih
  5. RomauliSrg
    Menurut saya snapdragon masih prosesor hp terbaik saat ini, karna performanya lebih stabil.
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>