Corel Draw : Sejarah & Prinsip Kerjanya

25 Juli
Corel Draw adalah  salah satu alat desain yang sangat tenar saat dimana dunia desain grafis terus mengalami perkembangan seiring dengan semakin canggihnya teknologi saat ini. Peran serta fungsi Corel Draw sangat besar baik untuk membuat maupun mengedit gambar. Bagaimana awal mula Corel Draw berkembang, kali ini TeknoPlug akan berbagi info mengenai Sejarah, Prinsip, dan Fungsi Corel Draw Dalam Desain Grafis.


Fitur yang memberikan kemudahan adalah alasan mengapa para desainer, logo creator dan editor berlomba-lomba mencari software terbaik untuk membantu mereka menghasilkan produk dan karya berkualitas, elegan dan menarik.

Corel Draw adalah salah satu software terdepan dalam dunia grafis karena tools, fitur dan pengoperasiannya cukup mudah digunakan dengan hasil gambar berkualitas. Sejarah Corel Draw cukup panjang, dimana kecanggihan tools dan fitur Corel Draw setiap tahun terus mengalami perbaikan dan menawarkan kelebihan-kelebihan. Kemudahan yang diberikan Corel Draw kepada penggunanya sering kali dibanding-bandingkan dengan software desain grafis kompetitornya.

Apa Itu Corel Draw

aplikasi desain grafis corel draw

CorelDraw, atau sebagian orang banyak mengetik atau menulis kata corel draw merupakan sebuah software gambar  berbasis garis dan vektor yang menghasilkan gambar. Ya, CorelDraw atau corel draw ini sebuah software editor yang menghasilkan gambar, tepatnya editor gambar. Para pengguna aplikasi desain grafis ada yang sudah paham apa itu grafis, garis dan vector. Tapi tidak sedikit pengguna sofware editor gambar yang belum memahami benar, karena sekedar hobby atau ingin berkarya mengandalkan intuisi.

Sejarah CorelDraw

Sejarah CorelDraw tidak terlepas dari Copwpland Research Laboratory. Corel Draw awalnya dikembangkan oleh perusahaan perangkat lunak atau software yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Pendirinya, Michael Cowpland, kelahiran Sussex, Inggris seorang engineer yang pindah ke Kanada dan mendapat gelar Ph.D. Michael Copwland seorang engineer dan pebisnis. Dia pendiri lembaga riset Copwland Research Laboratory atau yang kerennya dikenal dengan Corel. (sumber : Komunitas Corel Draw Indonesia, communty.coreldraw,com).

Sejarah CorelDraw akhirnya diawali tahun 1985 saat Corel Corporation berdiri pertama kali. Tahun 1987 perusahaan ini merekrut sejumlah programmer untuk proyek software desain grafis yang digagas melalui program Desktop Publishing Corel milik Corel Corporation. Software ini yang kelak mendunia namanya menjadi Corel Draw. Tahun 1988 software ini dirilis dan menjadi bahan perbincangan di berbagai belahan dunia. Sejak saat itu perusaahan ini fokus pada pengembangan perangkat lunak (sumber : jagoandesain.com).

Prinsip Kerja Corel Draw

Semua hal yang berbau grafis pasti berhubungan dengan komputer. Saat ini komputer tidak hanya sekedar ketak ketik teks dokumen, surat undangan, analisa dan perhitungan. Komputer juga digunakan untuk main game, nonton film, membuat blog dan website, membuat gambar dan desain lainnya. Semua yang berhubungan dengan gambar disebut grafis.

Semua yang berhubungan dengan gambar atau grafis tadi, pasti dimulai dengan titik dan garis. Kombinasi titik dan garis tadi bila diatur sedemikian rupa akan menghasilkan gambar baik statis maupun efek bergerak serta efek nyata (real time) maupun animasi. Di era terbaru sekarang, elemen-elemen grafis bukan hanya titik, garis, bidang dan ruang saja. Tapi juga telah melibatkan warna dan lingkungan.

Intinya, prinsip kerja Corel Draw adalah membuat dan memadukan elemen-elemen desain grafis menjadi sebuah visualisasi baik statis maupun bergerak untuk memberikan pesan tertentu pada orang lain.

Fungsi Corel Draw Dalam Desain Grafis

Oke, jadi kamu sudah tahu prinsip kerja Desain Grafis yang memadukan elemen-elemen grafis tersebut. Lalu apa sebenarnya fungsi utama Corel Draw dalam dunia desain ? Fungsi Corel Draw yang paling utama adalah mempermudah desainer grafis atau pelaku desain untuk membuat visualisasi berisi pesan-pesan komunikatif kepada orang lain.

Berikut ini Fungsi-fungsi Corel Draw Dalam Dunia Graphic Desain

  • Sebagai alat yang membantu menuangkan ide dan inspirasi.
  • Sebagai alat yang membantu para desainer untuk memenuhi kepentingan desain grafis yaitu terciptanya karya-karya desain seperti desain logo, desain kaos, banner, spanduk, leaflet, gambar desain rumah, desain interior, desain website, desain koreografi untuk kepentingan pentas, hingga desain interaktif seperti iklan dan video clip.
  • Sebagai alat untuk mempermudah pengembangan ide yang melibatkan unsur-unsur seni menjadi gambar-gambar visual baik statis maupun interaktif yang bisa mempengaruhi orang yang melihat.
  • Yang terbaru, Corel Draw juga punya fungsi untuk membuat desain-desain di bidang engineering atau keteknikan. Dengan Corel Draw, orang bisa membuat estimasi biaya berdasarkan visualisasi dan desain rancang bangun untuk membangun gedung, jembatan, jalan, mobil, industri dan sebagainya. Hal ini terbukti dengan telah dirilisnya CorelDraw Technical Suite 2018.

Kenapa Memilih Corel Draw ? Inilah Kelebihan CorelDraw Menurut Sejumlah Desainer Grafis

  • Sangat Komprehensif, dimana CorelDraw merupakan aplikasi profesional yang menghasikan desain apapun atau proyek foto.
  • Kreatif. Corel Draw adalah software yang serba bisa dan sangat intuitif untuk mengekspresikan style yang unik dan membuat orang terkagum-kagum.
  • Produktif. Corel Draw merupakan alat desain yang sangat cepat prosesnya, sangat efisien, dan mendukung banyak format data.
  • Inovatif, dimana fitur-fitur terbaru pada sejumlah tool dalam Corel Draw mendukung aktivitas dan kreatifitas.
  • User Friendly. Corel Draw sangat mudah dipergunakan oleh siapapun dan memberikan pengalaman-pengalaman desain.
  • Nah untuk membantu para penggemar atau pelaku desain, baik web designer (desainer web), desain ruangan/arsitektur, desain fashion sampai desain teknik (technical designer) sejumlah vendor atau korporasi software telah menciptakan dan merilis sejumlah produk aplikasi cepat seperti CorelDraw ini.

Ada software berarti harus ada hardware (perangkat keras). Kalau dianalogikan dengan perang, menggunakan CorelDraw sebagai senjata andalan pasti harus didukung perangkat keras sebagai peluncurnya. Apa saja hardware-nya ? Sudah pasti komputer PC atau laptop, mouse, pen (bila menggunakan layar sentuh) , meja, Multi Media, Printer dan Scanner. Hardware juga memiliki spek yang kompatibel/sesuai dengan softwarenya. Gak mungkin juga dong pakai software terbaru hardware-nya lawas.

Contoh-Contoh Kegunaan Corel Draw Dalam Bidang Desain Grafis


  • Membuat desain logo produk, logo perusahaan, logo mobil, logo website. logo klub olahraga.
  • Membuat desain kaos distro, kaos olahraga, topi, tas.
  • Membuat desain banner, spanduk, leaflet, undangan.
  • Membuat desain cover buku dan majalah.
  • Membuat desain rancang bangun, gambar rumah, desain indoor.
  • dan lain-lain.
Baca Juga : Urutan Versi Corel Draw Terbaru.

Syarat Utama Mahir Corel Draw

Sobat, kamu tahu gak, untuk menjadi seorang desainer grafis atau web ilustrator, atau penyedia jasa cetak undangan dan cetak logo saja, kamu harus lolos beberapa syarat utama, yaitu :

  • Punya komputer PC atau laptop
  • Punya software atau aplikasi desain grafisnya (bisa beli kalau punya uang. Kalau gak punya duit buat beli, gak apa-apa deh gratisan, bisa download versi trialnya langsung di website, atau bisa download aplikasi gratis full version di internet. Untuk ilmu gak ada yang gak mungkin)
  • Bisa mengoperasikan komputer PC atau laptop
  • Mengerti apa itu garis, vektor dan grafis
  • Punya visi, intuisi dan passion dalam membuat desain
  • Mau bertanya dengan yang sudah ahli.
  • Pastikan di tempatmu ada sumber listrik.


Nah, itulah yang perlu kamu ketahui tentang Sejarah, Prinsip Kerja, Serta Kelebihan Corel Draw dalam Dunia Desain.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 Comments

Write Comments
27 Oktober, 2017

Gw biasanya pake photoshop kalo edit, lbh simpel. Aplikasi desain grafis paling mudah gw operasikan. Filenya lbh ringan dr pada coreldraw.

avatar
29 Oktober, 2017

gw juga pakai coreldraw. untuk urusan aplikasi desain grafis lebih unggul dari photoshop. secara kalau lagi blogging edit-edit gambar ya pakai coreldraw x7 ini. gw blum pernah coba yg terbaru sih

avatar