Table of Content

Panduan Memilih Laptop Gaming Berkualitas Spesifikasi Tinggi Tapi Murah

Mau beli laptop gaming ? Panduan tips dan cara memilih laptop gaming berkualitas, spesifikasi tinggi, tapi harga murah berikut ini wajib diikuti.

Laptop saat ini semakin luas kegunaan dan penggunaannya. Salah satunya yaitu sebagai media untuk bermain game. Kali ini TeknoPlug akan membagi tips memilih laptop gaming buat kamu agar mendapatkan laptop gaming terbaik yang sesuai.

Panduan Memilih Laptop Gaming

tips memilih laptop gaming murah terbaik

Laptop gaming adalah perangkat komputasi yang dibuat dan didesain dengan kemampuan untuk menjalankan aplikasi permainan.

Namun kegunaan laptop gaming tentu tidak sebatas buat bermain game saja, karena hakikatnya laptop adalah perangkat yang digunakan untuk menyelesaikan berbagai jenis pekerjaan yang sederhana seperti mengetik dokumen, hingga yang rumit semisal membuat desain grafis. Maka hal yang lumrah bila kini banyak laptop dirilis sesuai kebutuhan, misalnya laptop terbaik untuk bisnis.

Faktanya, orang sering menyamaratakan semua laptop itu bagus dijadikan perangkat bermain game. Maka tak heran banyak orang menyesal setelah membeli laptop karena saat menjalankan software gaming muncul beragam masalah, misalnya laptop cepat panas dan mati sendiri.

Lalu, seperti apa laptop gaming yang bagus itu ?

Prinsip Memilih Laptop Gaming Terbaik

Laptop gaming yang bagus itu (seharusnya) didukung oleh spesifikasi laptop yang bagus pula. Spesifikasi yang bagus di laptop gaming maksudnya adalah agar pengguna mendapatkan pengalaman bermain game yang lebih baik serta tidak memiliki kendala selama bermain game.

Karena itu banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli laptop untuk bermain game, karena bila salah memilih laptop gaming uang buat belinya jadi sia-sia.

Memilih laptop gaming itu mudah-mudah sulit. Orang sering terjebak dengan promo jual laptop murah. Padahal prinsip utama memilih laptop yang bagus itu WAJIB mempertimbangkan kualitas, performa, kinerja, grafis, perangkat keras maupun lunak saat pengoperasian aplikasi game di laptop berlangsung. Soal harga laptop murah atau mahal adalah relatif, bak kata pepatah harga berbanding lurus dengan kualitasnya.

Apa yang seharusnya diketahui agar mendapatkan laptop yang cocok untuk bermain game ?

Bagaimana Memilih Laptop Gaming Berkualitas

Promo jual laptop gaming murah kini sedang hangat-hangatnya. Contohnya saja di sejumlah situs belanja online Indonesia ada puluhan toko menawarkan berbagai laptop gaming yang dibandrol dengan harga ekonomis. Tapi apakah sesuai dengan kebutuhan kamu akan perangkat gaming yang baik ?

Berikut ini adalah sejumlah hal yang wajib kamu pertimbangkan ketika memilih laptop gaming terbaik dan berkualitas.

1. Laptop Baru atau Laptop Bekas ?

Menurut data yang dirilis DataReportal melalui riset berjudul Digital 2020 : Global Digital Overview tercatat bahwa jumlah gamer di dunia mencapai lebih dari 60 persen populasi penduduk dunia atau berkisar 3,5 milyar orang baik melalui ponsel gaming maupun laptop gaming.

Tak heran bila laptop-laptop gaming terbaru selalu diincar para gamer karena lebih canggih. Tapi pastinya harga laptop gaming terbaru dengan spesifikasi yang canggih masih mahal, contohnya laptop game Core i7 dengan clockspeed up to 4,0 Gbps RAM 16 GB SSD 256 GB VGA 8 GB yang harganya belasan bahkan puluhan juta.

Solusinya, kamu mesti menabung lebih lama, atau memilih laptop gaming bekas saja.

Laptop gaming bekas yang tahun rilisnya tidak berselisih jauh dengan laptop baru biasanya masih mumpuni untuk menjalankan game-game keren. Kamu bisa mengupgradenya agar punya kualitas yang sama dengan laptop game terbaru. Pastinya laptop game bekas harganya lebih murah daripada laptop baru. Tapi tentu saja memilih laptop gaming second juga harus mempertimbangkan spesifikasinya.

2. Harga Laptop

Merk laptop gaming punya andil terhadap harga pasaran laptop. Kamu bisa memilih beli laptop gaming murah atau beli yang lebih mahal tergantung merknya. Saat ini tersedia banyak merk laptop gaming terbaik di bawah 20 juta rupiah hingga laptop gaming termahal yang dibanderol ratusan juta rupiah.

Contohnya saja laptop Lenovo untuk gaming, harganya lebih murah dibandingkan harga laptop ASUS ROG (dengan spesifikasi yang sama) atau laptop HP gaming. Laptop gaming Intel Lenovo Legion bisa didapatkan pada kisaran harga mulai 11 jutaan, dibandingkan ASUS ROG berprocessor yang sama yang dilepas dengan harga Rp 16-17 jutaan. Tapi bila ngebet produk ASUS, laptop ASUS gaming AMD jauh lebih murah.

3. Memilih Processor Laptop Yang Bagus Untuk Game

Sebelum membeli laptop buat game, perlu dipahami bahwa processor adalah perangkat utama yang wajib dipertimbangkan ketika memilih laptop gaming. Processor sangat mempengaruhi kemampuan perangkat baik laptop maupun smartphone menjalankan perintah dan pengoperasian. Agar mendapatkan performa terbaik maka solusinya yaitu dengan cara memilih laptop dengan spesifikasi processor yang tinggi. Penjelasannya sebagai berikut ini :

  1. Jumlah Core Pada Processor Laptop Gaming

  2. Core atau inti pada dapur pacu processor sangat mempengaruhi kinerja pemrosesan dan performa laptop secara keseluruhan saat bermain game. Terkadang orang sering keliru menerapkan cara memilih processor gaming terbaik, karena beranggapan bahwa jumlah core yang banyak akan membuat gaming jadi lancar, padahal tidak selamanya demikian karena juga dipengaruhi oleh overclocknya.

  3. Overclock dan Kecepatan Processing Saat Bermain Game

  4. Clockspeed atau kecepatan processing laptop dinyatakan dengan satuan GHz. Sementara overclock adalah kecepatan maksimal pemrosesan pada suhu tertinggi. Laptop yang dipersenjatai dengan processor yang overclock-nya tinggi pada suhu tertinggi adalah laptop yang bagus untuk gaming.

  5. Suhu dan Pendingin Processor Laptop Gaming

  6. Pendingin pada processor umumnya berupa kipas. Tapi ada juga perusahaan yang menambahkan perangkat cooler tambahan pada processor. Fungsi cooler pada processor adalah agar suhu tetap terjaga dan sejuk saat processor menjalankan perintah. Cara memilih kipas processor laptop gaming akan mempengaruhi suhu dan kecepatan pemrosesan. Ketika suhu semakin tinggi sementara kapasitas udara yang dihasilkan oleh pendingin sangat terbatas niscaya laptop cepat panas dan hang. Ini sering terjadi bila spesifikasi processor dan spek laptop pas-pasan, sementara gaming tetap dipaksa berjalan alhasil terjadilah lag dan grafis jadi patah-patah, bermain game pun jadi lelet.

Processor terbaik untuk laptop gaming yang sangat direkomendasikan adalah processor AMD dan processor Intel. Ini karena Intel dan AMD punya berbagai kelebihan dibandingkan processor lainnya untuk laptop.

Laptop processor Intel punya performa serta kinerjanya baik, serta lebih tahan panas sehingga bermain game bisa dilakukan secara simultan. Cara memilih laptop Intel yang bagus untuk bermain game yaitu minimal Core-i5 hingga Core-i7 terbaru dengan clockspeed setidaknya 3GHz ke atas.

Harga laptop Intel mahal ? Kamu bisa memilih laptop yang lebih murah, yaitu laptop AMD. Laptop dengan processor AMD punya kelebihan dalam hal grafis dan harganya pun lebih murah dibandingkan laptop Intel. Rekomendasi laptop processor AMD untuk gaming adalah AMD Ryzen 5 hingga Ryzen 7 generasi terbaru.

4. Memilih RAM Laptop Gaming Yang Sesuai

RAM (random access memory) adalah salah satu spesifikasi utama selain processor untuk mendukung pengoperasian. RAM berfungsi sebagai penyimpan/memori terhadap aplikasi yang ada dalam laptop dan sangat mempengaruhi kemampuan multitasking laptop.

Bila ingin mendapatkan laptop untuk memainkan game-game ringan seperti Solitaire atau Age of Empire I-IV cukup memilih laptop gaming yang RAM-nya 2 GB dan 4GB. Namun jangan memaksakan main game berat sekelas Football Manager atau GTA 5 di laptop dengan kapasitas RAM seperti itu karena laptop bakalan hang. Bila menggunakan laptop untuk memainkan game berat maka kamu harus beli laptop gaming RAM besar 16GB hingga 32GB.

Laptop gaming yang terbaru dan tercanggih saat ini sudah ditanam DDR5 yang harganya menjulang. Namun agar dapat bermain game berat sekelas Point Blank, Call Of Duty : Black Ops, hingga Fortnite dengan lancar dengan harga lebih terjangkau adalah dengan cara memilih RAM laptop DDR4. Pastikan pula laptop bisa diupgrade dengan cara memilih RAM laptop gaming yang slot-nya lebih dari 1, sehingga RAM bisa ditambahkan kapan saja sesuai kebutuhan.

5. Memilih Kartu Grafis Yang Cocok Untuk Laptop Gaming

Salah satu aspek utama dalam laptop gaming adalah kualitas grafis. Maka tak ayal di dalam laptop gaming harus ada processor grafis (GPU/graphic processing unit) dan VGA Card (video grafis atau kartu grafis). Fungsinya yaitu untuk menerjemahkan sinyal digital menjadi output berupa gambar di monitor komputer. Kartu grafis juga menjadi spek wajib yang harus ada di laptop untuk menjalankan software desain grafis seperti Corel Draw.

Untuk mendapatkan pengalaman gaming dengan kualitas grafis yang terbaik adalah dengan cara memilih VGA laptop yang kinerja graphic processing-nya mumpuni. Umumnya pengolah grafis di laptop kekinian terdiri atas grafis onboard (sudah tertanam atau bawaan laptop) dan VGA eksternal.

Namun bila ingin laptop yang kualitas grafisnya baik maka rekomendasi laptop terbaik untuk gaming adalah VGA berkapasitas besar setidaknya 4GB dan upgradeable. Misalnya dengan membeli laptop gaming NVidia GTX 1080. Bila harganya dirasa mahal, pilihannya adalah dengan membeli laptop gaming AMD Radeon RX yang harganya lebih ekonomis.

6. Memilih Hardisk Laptop Gaming Yang Tepat

Satu lagi syarat utama sebuah laptop dikatakan laptop gaming yang bagus adalah dari sisi kapasitas penyimpanannya. Ruang penyimpanan yang lapang sangat dibutuhkan untuk menyimpan file-file yang berukuran besar, misalnya file game. Bila hardisk cuma punya kapasitas pas-pasan dikhawatirkan kinerja laptop membaca data dan melakukan pemrosesan akan lebih lama.

Pada laptop-laptop gaming terbaru umumnya sudah tertanam ruang penyimpanan model solid state drive (SSD ). Keunggulan hardisk tipe SSD ini adalah pada kecepatan membaca data dan melakukan loading. Tapi tentu saja laptop gaming dengan SSD ini lebih mahal.

Cara memilih hardisk laptop yang bagus tapi murah buat gaming adalah memilih laptop model hard disk drive (HDD). Memang kecepatannya melakukan loading data lebih lambat dibandingkan SSD, tapi tetap dapat diandalkan untuk menyimpan file-file berukuran raksasa.

7. Memilih Baterai Terbaik Untuk Laptop Game

Tips terakhir sebelum membeli laptop gaming yang wajib dipertimbangkan adalah baterai laptop. Baterai yang bagus untuk laptop gaming adalah yang berkapasitas besar, mampu memberikan umur nyala laptop lebih lama, efisien, dan pastinya aman. Oleh karena itu cara memilih baterai laptop yang baik dan dapat menyala lebih lama ketika memainkan game adalah laptop yang menggunakan berjenis baterai Lithium-Ion (Li-ion).

Baca Juga : 4 Rekomendasi Laptop Gaming AMD Murah Buat Pelajar dan Mahasiswa.

Jangan Salah Memilih Laptop Gaming

Sebagai kesimpulan, beberapa hal berikut ini wajib dipahami untuk mempermudah kamu memilih laptop gaming terbaik dan berkualitas :

  1. Memilih laptop gaming bekas tidak menjadi masalah selama spesifikasinya masih mumpuni.
  2. Spesifikasi laptop sangat mempengaruhi performa, kinerja, dan kualitas laptop ketika ingin mendapatkan pengalaman gaming terbaik.
  3. Semakin tinggi spesifikasi laptop, semakin baik kualitasnya.
  4. Kamu bisa memilih laptop terbaik dengan beragam harga, mulai dari laptop gaming yang murah hingga laptop gaming termahal.

Nah, itulah Panduan Memilih Laptop Gaming Murah Berkualitas Spesifikasi Tinggi. Bila kamu bisa memiliki laptop gaming murah tapi berkualitas, kenapa harus membeli laptop mahal bukan ?

Suka Teknologi