Top 6 Game Manager Sepakbola Terbaik Terpopuler Untuk PC & Android

Game football manager terbaik untuk dimainkan online dan offline di PC Windows, Android, iOs memberikan rekomendasi transfer wonderkid di dunia nyata.

Game strategi bola kini mulai disukai para survivor game olahraga. Khususnya bagi pecinta bola permainan ini menyuguhkan tantangan mengatur formasi dan strategi terbaik untuk memenangkan pertandingan di liga sepakbola elite. Uniknya, para pelatih dan manajer klub di dunia nyata justru mendapatkan kandidat pemain bola terbaik dari game simulasi ini.

Game strategi merupakan salah satu genre permainan yang cukup banyak peminatnya di dunia. Tipikal permainan ini adalah menyusun strategi agar memenangkan pertandingan. Kini permainan yang menuntut keahlian mengatur rencana dan menyusun kekuatan ini sudah menyentuh segmen olahraga yaitu sepakbola.

Sepakbola adalah cabang olahraga yang paling banyak digemari di dunia. Kehadiran game-game sport untuk kalangan pecinta bola tentu saja menambah popularitas sepak bola untuk semua kelompok umur. Selain itu platform permainan game bola juga tidak lagi di console PlayStation, karena permainan ini sudah bisa dimainkan di desktop PC maupun mobile di laptop dan smartphone. Sebut saja Winning Eleven dan PES yang sangat populer bagi gamer bola yang menyukai pertandingan 1vs1.

Kembali ke topik game footbal manager, ada hal yang menarik dari kehadiran game simulasi manajer sepakbola ini. Di dunia nyata, ternyata cukup banyak pelatih dan manajer klub bola yang menjadikan game ini sebagai database untuk merekrut calon pesepakbola terbaik di masa depan. Contohnya saja Phillipe Coutinho saat masih di Inter Milan, Antoine Griezmann di Real Sociedad, dan Raheem Sterling di Liverpool 7-8 tahun lalu. Para pelatih di dunia nyata menjadikan gim football manajer sebagai alat untuk mengamati (scouting) dan rekomendasi transfer mereka karena berlabel wonderkid. Dan ternyata pemain-pemain tersebut benar-benar menjadi pemain berlabel world class di klubnya masing-masing saat ini.

Daftar Game Football Manager Terbaik PC dan Android

game football manager terbaik
Kumpulan game strategi bola terbaik untuk PC dan smartphone

Game strategi bola saat ini sangat banyak jenis dan namanya. Namun bila menilik pada aspek permainan yang disuguhkan khususnya pada gameplay, match engine, data resource pemain dan pelatih serta klub liga-liga di dunia, format pertandingan, program training tim utama dan pembinaan akademi sepakbola, serta jenis kejuaraan yang dipertandingkan, hanya beberapa saja yang layak dimainkan.

Berikut ini adalah daftar game football manager terbaik PC dan smartphone yang paling direkomendasikan berdasarkan pengalaman TeknoPlug.com yang mencoba sejumlah game football manager online dan offline.

1. Football Manager for PC Windows & Mac dari Sports Interactive

Game Football Manager asal Inggris besutan Sports Interactive dan SEGA Publisher ini adalah game football manager PC yang sangat recommended. Gim yang akrab disebut dengan FM ini versi perdananya dirilis tahun 2004 dengan nama FM2005. Sejak dirilis Football Manager masuk dalam jajaran game terbaik di dunia. Sports Interactive telah meluncurkan edisi terbaru Football Manager yang diberi nama FM 2021 untuk versi PC (Windows dan Mac), Football Manager 2021 Mobile dan Football Manager 2021 Touch yang kompatibel untuk platform Android, iOs, PC Windows, MacOS, serta Google Stadia. Bahkan nantinya edisi khusus FM2021 akan diluncurkan untuk platform Xbox Series.

Fitur FM Sports Interactive ini sejak Football Manager 2005 hingga FM2021 terus mengalami pengembangan dan peningkatan yang sangat signifikan sesuai perkembangan sepakbola di dunia nyata. Database pemainnya sangat lengkap. Dashboard untuk user yang memilih role sebagai manajer sangat informatif dan punya interface yang mudah digunakan. Selain itu match engine-nya bisa dipilih dalam beberapa mode, antara lain Mode 2D dan Mode 3D. Menariknya lagi untuk Mode 3D tampilan pemain sangat menyerupai aslinya.

Baca Juga : Daftar Lengkap Versi Footbal Manager Sports Interactive

2. FIFA Manager for PC Windows/Mac Dari EA Sports

Game simulasi manajer sepakbola untuk PC berikutnya yang wajib dicoba yaitu FIFA Manager. Game strategi besutan EA Sports ini adalah versi manajerial dari FIFA Winning Eleven yang lebih dulu terkenal sebagai game konsol PS2, PS3, PS4 untuk bertanding multiplayer 1vs1. Seturut dengan semakin populernya game strategi bola, EA Sports merilis FIFA Manager untuk menyaingi kompetitornya FM.

Versi terakhir gim ini adalah FIFA Manager 2014, namun kamu bisa mengarungi musim kompetisi terbaru dengan mendownload patch-nya ( season 2019/2020 dan 2020/2021), dimana pada patch terbaru tersebut database hingga game engine telah mengalami pembaharuan sesuai pemain dan klub terkini. Hampir serupa dengan FM besutan Sports Interactive, FIFA Manager juga memiliki match engine yang bisa dilihat melalui mode 3D, dimana kamu mesti mengelola klub dan tim terbaik untuk mengarungi kompetisi di liga dan kejuaraan.

3. Football Manager for Mobile

Buat kamu yang ingin bermain gim strategi bola di ponsel pintar dan tablet aplikasi game sepak bola online yang sangat direkomendasikan adalah FM 2018, FM2019, FM2020, FM 2021 Mobile. Keempat edisi game Football Manager untuk Android ini yang membedakan adalah season dan database-nya, dimana pada masing-masing edisi terdapat penambahan wonderkid.

Uniknya lagi setiap edisi bisa diupdate database-nya sehingga nama-nama pemain jadi sama lengkapnya dengan versi terbaru FM 2021. Khususnya versi FM Touch memang sengaja dibuat sehingga kompatibel pada semua platform. Bisa dikatakan FM 2020 dan FM 2021 adalah game football manager online terbaik karena selain bisa diupdate, user pun bisa streaming game lewat Google Stadia.

4. Pro Evolution Soccer Championship Manager (PESCM)

Game sport lainnya yang memiliki role sebagai manajer klub sepak bola adalah PESCM atau Pro Evolution Soccer Championship Manager. Dari namanya sudah jelas bahwa aplikasi ini adalah besutan Konami yang juga lebih dulu terkenal dengan gim konsol PES untuk pertandingan 1vs1. PESCM sendiri dibuat untuk platform mobile Android, namun kamu bisa memainkannya di PC dengan menggunakan emulator Android.

Baca Juga : Cara Memainkan Game Android di PC Dengan Emulator

PESCM memiliki konsep bermain yang sedikit berbeda dengan FM dan FIFA Manager, karena tugas utama si manajer adalah membuat pemain yang dimilikinya menjadi pemain utama yang nantinya bisa masuk hall of fame sepanjang masa klub. Pemain yang dimiliki manajar dapat berasal dari bonus update aplikasi, dari giveaway/kontes tertentu yang rutin diadakan PESCM, ataupun dari pembelian sesuai poin kamu miliki dan poin minimal dari si pemain yang akan dibeli.

5. Fantasy Manager

Satu lagi game football manager untuk smartphone yang bisa ajang keseruan mengatur strategi tim dan memenangkan pertandingan yaitu Fantasy Manager. Apk Fantasy Manager adalah aplikasi game football manager untuk iOs, dalam hal ini yaitu iPhone dan iPad.

Hampir sama gameplay dan database-nya, Fantasy Manager versi 2020 update 2021 diketahui telah memperbarui database pemain lebih dari 1000 pemain di seluruh dunia beserta klub ternama dari liga-liga elite di Eropa. Kamu bisa merekrut, menjual, menyusun pemain pilihan sesuai formasi idaman untuk menghadapi pertandingan melawan tim-tim lainnya.

6. Soccer Manager

Soccer Manager terus melakukan peningkatan dan debug agar aplikasi football manager untuk Android ini memberikan tantangan yang menarik dan kepuasan dalam memenangkan setiap pertandingan. Versi terbaru Soccer Manager for Android ini adalah SM2021.

Pada edisi terbaru Soccer Manager telah meningkatkan gameplay-nya, serta match engine-nya juga diupdate. Kamu bisa memilih format 2D atau 3D untuk menyaksikan jalannya pertandingan tim yang sudah kamu atur komposisi dan pemainnya. Yang lebih menariknya, kamu akan mendapatkan poin dari setiap pertandingan yang dilalui agar bisa menjadi modal untuk membeli pemain-pemain berkelas.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Memainkan Game Football Manager

  • Spesifikasi PC/Laptop Yang Bagus Untuk Game Football Manager

  • Spesifikasi komputer yang mumpuni sangat mempengaruhi lancar tidaknya memainkan game. Semakin tinggi dan semakin baik grafis sebuah gim, maka spesifikasi yang dibutuhkan juga harus lebih baik. Bukan cuma untuk bermain game bola online saja, spesifikasi komputer cukup menentukan untuk memainkan game bola offline sekelas Football Manager.

  • Memilih Formasi Tim

  • Strategi menjadi salah satu kunci sebuah tim memenangkan kompetisi. Formasi dalam sepakbola bisa disamakan dengan komposisi manajerial kamu dalam dunia pekerjaan. Kamu manajer, atau mungkin direktur. Pemain adalah para staf atau bawahan. Komposisi yang diatur dalam game ini, ibarat mengatur komposisi dalam kantormu. Ada yang berperan mengurus administrasi, ada yang berperan sebagai staf yang memback-up seluruh pekerjaan maupun staf kamu yang lainnya, ada yang menjadi eksekutor khususnya yang berkaitan dengan hal-hal teknis lapangan dalam mencapai target.

    Formasi dalam sepakbola ada banyak, mulai dari 4-4-2, 4-3-3, 4-2-3-1, 4-5-1 sampai formasi bertahan; 5-3-2 dan 3-6-1. Kamu dapat mengotak-atik formasi yang berarti akan mengoprek komposisi pemain yang kamu punya. Namun formasi tim dan komposisi pemain yang konsisten akan lebih stabil dan lebih padu ketika mengarungi kompetisi.

  • Strategi dan Karakter Bermain

  • Karakter bermain bisa kamu terapkan dalam semua formasi. Dalam Game Strategi PC FM 2015, ada settingan-settingan yang membuat kamu bisa memainkan karakter bertahan, karakter normal, karakter menyerang dan karakter super agresif.

  • Menyusun Starting Line Up

  • Starting line up adalah salah satu fitur menarik yang mesti dipelajari, karena di fitur ini kamu harus menentukan daftar 11 pemain utama dan pemain cadangan. Tentunya kamu sangat menginginkan sebuah tim berkualitas sesuai posisi yang ada.

    Dalam game Football Manager ini, setiap akhir pertandingan kamu akan melakukan evaluasi dan kritik bila diperlukan. Yang paling bikin emosi naik adalah ketika hasil tidak memuaskan, beberapa pemain kamu tidak produktif dan kamu kritik. Eh responnya malah negatif dan berbalik melawan kamu.

  • Fasilitas Training, Kualitas Latihan, dan Staf Kepelatihan

  • Game strategi bola terbaik di PC ini punya fitur-fitur yang bisa mendongkrak kualitas pemain. Jadi agar pemain memiliki kualitas dan skill kelas dunia, sebuah klub harus punya strategi memanfaatkan training camp. Strategi terbaik agar klub bisa mencetak pemain-pemain hebat yaitu merekrut pelatih.

Baca Juga : Daftar Hero Tank Terbaik Game Mobile Legends

Itulah beberapa game football manager terbaik pc dan mobile yang bisa kamu mainkan offline dan online.

Anda mungkin menyukai postingan ini

5 komentar

  1. COK Player
    Game strategi pc yg menurut gw terbaik itu Empire Earth. Dulu pernah sih coba-coba fm tp filenya berat.
  2. Googelio
    Kok sama ? Nurut sy game strategi pc terbaik itu fm alias football manager. Saya udah coba 2004 sampe 2016
  3. d'King
    Ge udh coba age of empire, nurut gw itu game strategi pc terbaik yg pernah gw pakai. Kaluntuk android ge lbh suka COK
  4. Tradingku
    Saya jarang main game strategi pc. Biasanya game android
  5. Clashofking
    Gak pernah maen game strategi. Spek laptop gw gk kompatibel
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>