10 Jenis Virus Komputer Yang Paling Berbahaya Di Dunia Sepanjang Sejarah

Virus Komputer Paling Berbahaya-Serangan ransomware WannaCry pada sistem perbankan dan sistem pertahanan negara di dunia menunjukkan betapa virus berbahaya bagi komputer. Namun WannaCry bukanlah satu-satunya nama virus komputer paling berbahaya di dunia.

virus paling berbahaya di dunia yang menyerang komputer
Virus-virus komputer paling berbahaya menyebabkan kerusakan
Saat ini ada banyak jenis virus komputer yang diciptakan dan disebarkan melalui media penyebaran yang variatif. Bila dulu script virus komputer dibuat dan disebarkan melalui disket 3 1/2 floppy, saat ini beragam jenis virus seperti worm, trojan, malware, hingga ransomware benama WannaCry dapat dengan mudah disusupkan dan disebarkan melalui internet. Tak jarang orang sering mendownload konten-konten tanpa sadar sudah men-download virus komputer paling berbahaya.

WannaCry bukan satu-satunya jenis virus paling berbahaya di komputer. Dimasa lalu sangat banyak serangan dan penginfeksian yang dilakukan oleh virus terhadap komputer. Oleh para hacker virus dikembangkan untuk menjatuhkan kelompok atau perusahaan tertentu. Serangan virus sukses memberikan kerugian di berbagai sektor khususnya yang menggunakan sistem dan jaringan komputer sebagai alat utama aktivitas.

Lalu apa saja nama-nama virus paling berbahaya yang membuat anda wajib memasang software antivirus terbaik di komputer PC / laptop ? Inilah daftarnya.

10 Jenis Virus Komputer Yang Paling Berbahaya Di Dunia Sepanjang Sejarah


1. MyDoomVirus

MyDoom adalah virus komputer paling berbahaya dengan tingkat infeksi tinggi. Di masa lalu, sekitar  tahun 2004 virus ini menguasai 30% bandwidth yang digunakan para pengguna internet di seluruh dunia. MyDoom cukup terkenal karena merupakan virus kategori high risk. Daya hancurnya lebih kuat dan lebih tinggi daripada Sobig dan Welchia. Virus paling berbahaya pada komputer Windows ini kala itu mampu melakukan serangan DDoS ke situs milik Microsoft (microsoft.com), serta bisa memblok sejumlah situs antivirus.

2. Virus Melissa (Melissa Computer Virus)

Melisa (Melissa Computer Virus) adalah nama virus yang paling berbahaya bagi komputer buatan Microsoft selain MyDoom di era 1990'an, tepatnya tahun 1999. Virus Melissa merupakan kombinasi antara virus macro yang menyerang Microsoft Word dan virus worm yang menggunakan address book pada Microsoft Outlook serta Outlook Express yang bisa mengirimkan dirinya sendiri via e-mail.

3. Virus Slammer (SQL Slammer)

Slammer menjadi salah satu virus komputer yang ditakuti di awal tahun 2000'an. Slammer merupakan golongan virus worm. Seperti diketahui era ini adalah era merajalelalnya worm. Tahun 2003, Slammer merupakan virus worm pertama yang berhasil menginfeksi lebih dari 75 ribu komputer di dunia hanya dalam 10 menit dengan kecepatan reproduksi tercepat saat itu (8,5 second/worm) !

4. Virus ILOVEYOU (Love Letter)

Jangan cepat berbunga-bunga ketika mendapat pesan gombal "ILOVEYOU" di email. ILOVEYOU adalah sebuah pesan elektronik (email) berisi virus penghancur yang membuat komputer mati. Dengan disertai lampiran (attachment) dengan subjek file "LOVE-LETTER-FOR-YOU.txt.vbs" virus yang terdapat didalamnya seketika langsung menginfeksi file dan dokumen dalam komputer sesaat setelah kamu buka. Tidak lama kemudian, komputer langsung mati. Nah lho!

5. Virus Nimda

Nimda berasal dari kata Admin namun ejaan katanya sengaja dibalikkan. Virus Nimda memakai email, folder serta file yang dibagikan melalui transfer. Virus Nimda menginfeksi komputer hanya dalam waktu 22 menit waktu penyeberannya. Kemampuannya dalam hal kecepatan menduplikasi diri dan menginfeksi data maupun informasi pada perangkat komputer cukup memberikan mimpi buruk sehingga menjadikannya sebagai salah satu malware komputer paling berbahaya di masa lalu.

6. Conficker

Virus Conficker populer dengan nama lain semisal Kido, Downup, dan Downadup. Virus Conficker adalah virus komputer yang familiar menyerang komputer dengan sistem operasi Windows. Virus ini adalah virus komputer paling mengkhawatirkan sistem keamanan komputer, dimana virus komputer terbaru di era Windows ini diklaim telah menginfeksi komputer di 190 negara sejak kali pertama teridentifikasi tahun 2008.

7. Virus Code Red

Nama virus komputer paling menakutkan lainnya adalah CodeRed. Malware yang satu ini pernah merusak website Gedung Putih di whitehouse.gov. Kerugian akibat serangan virus ini mencapai 2 miliar dollar Amerika Serikat dan server yang diserang telah mencapai dua juta server. Selain itu tahun 2000 jenis virus komputer worm ini juga berhasil menginfeksi lebih dari 350 ribu komputer di seluruh dunia hingga menyebabkan kerugian lebih dari US$2,5M.

8. Virus Sasser

Sasser adalah salah satu jenis worm yang paling berbahaya di komputer sepanjang sejarah karena bisa menginfeksi dengan singkat disertai daya hancur tinggi. Virus Sasser ini menyerang komputer ber OS Windows 2000 dan Windows XP dengan memanfaatkan vulnerability hole dari sistem Windows tersebut. Sasser dibuat oleh Sven Jaschan yang saat itu masih menjadi seorang mahasiswa Jerman yang berusia 17 tahun. Virus Sasser menyebabkan kerusakan hingga miliaran dolar pada tahun 2004. Virus komputer ini adalah salah satu penyebab komputer lambat loading.dan crash, yang kemudian menyebabkan beberapa kerusakan cukup berat. Virus worm ini memiliki beberapa varian misalnya Sasser.E, varian pertama yang menyerang Mydoom dan Beagle, seperti Netsky.

9. Virus Komputer CIH (Win9x.CIH aka Chernobyl)

Nama virus komputer ini meskipun unik namun tergolong berbahaya karena sulit dideteksi. CIH atau .Win9x.CIH sering juga disebut virus Chernobyl. Virus komputer yang satu ini pertama kali terdeteksi di Taiwan pada bulan Juni 1998. Chernobyl mampu mengutak-atik BIOS komputer agar tidak bisa melakukan booting.  CIH atau virus Chernobyl akan menginfeksi setiap aplikasi yang ada di komputer. Kerugian yang timbul akibat virus ini diketahui mencapai lebih dari US$ 100 juta.

10. Ransom WannaCry

WannaCry adalah malware komputer paling berbahaya saat ini. Malware WannaCry merupakan golongan ransomware (malware yang menyerang komputer dengan cara mengunci komputer milik korban dengan mengenkripsi semua file sehingga si pemilik komputer tidak bisa mengaksesnya lagi). Di Indonesia pemerintah melalui Kominfo sampai mengeluarkan peringatan kepada seluruh pengguna komputer. Europol bahkan mencatat ada sekitar 200.000 korban WannaCry yang tersebar di 150 negara. Virus ini mengincar PC berbasis windows. Si pengirim virus meminta tebusan 300 dollar Amerika Serikat dalam bentuk bitcoin atau uang digital bila si pemilik komputer ingin membuka lagi data mereka yang terkena virus (mengutip dari Independen).

Dibandingkan ransomware jenis lain, WannaCry dinilai lebih berbahaya karena memakai senjata siber milik intelijen Amerika Serikat, NSA yang telah diretas peretas berkode Shadow Broker.

Nah, apa kamu pernah mengalami masalah dengan 10 virus komputer paling menakutkan tersebut ? Semoga tidak ya sob. Supaya lebih terproteksi, coba ikuti tips TeknoPlug berikut ini supaya perangkat komputer PC atau laptopmu tidak mudah terkena infeksi malware.

Bagaimana Mencegah Virus Agar Tidak Membahayakan Komputer

Virus sudah lama diklaim sebagai salah satu penyebab laptop lemot dan not responding. Bila sebuah komputer sudah terinfeksi akan menyebabkan sejumlah aplikasi tidak dapat dioperasikan bahkan menyebabkan kerusakan sistem.

Lalu bagaimana cara mengatasi laptop lambat yang diakibatkan oleh virus ?

Pertama, anda harus rajin membersihkan junk file pada komputer dan cache pada browser menggunakan aplikasi pembersih seperti CC Cleaner atau sejenisnya. File-file sampah berpotensi menjadi sarang virus di komputer.

Kedua, pasang firewall dan gunakan antivirus terbaik. Bila anda beraktivitas menggunakan laptop berspesifikasi rendah cukup gunakan antivirus terbaik dan ringan, paling ampuh, paling bagus untuk laptop Windows. Jangan lupa untuk rutin mengupdate antivirus.

Ketiga, hindari menggunakan antivirus secara berlebihan misalnya dengan cara menonaktifkan antivirus Windows dan memasang aplikasi tambahan atau sebaliknya.

Keempat, bijaklah dalam berinternet. Jangan memasang koneksi internet otomatis di laptopmu ketika berada di area wifi apalagi bila windows firewall dan antivirus belum diaktifkan.

Nah, itulah nama virus komputer paling berbahaya di dunia saat ini sepanjang sejarah. Sangat disarankan agar anda cermat saat melakukan transfer file dari media lain.

1 komentar

  1. saya pakai baidu antivirus aman-aman aja tuh, virus komputer paling berbahaya kayaknya adem

    BalasHapus

Posting Komentar