Table of Content

Daftar Urutan Versi Android Terbaru Lengkap Dengan Fiturnya

Daftar urutan OS Android mulai versi terendah sampai versi terbaru, lengkap dengan nama setiap versi beserta fitur-fiturnya.

Versi Android terbaru, Android 14, semakin menyemarakkan perkembangan OS Android di jagad smartphone. Sejak Android Alpa dirilis pertama kali, versi Android dari lama hingga terbaru di 2024 saat ini adalah 21 versi. Menariknya, setiap versi Android mengalami peningkatan dan fitur-fitur yang semakin canggih, sehingga pengguna smartphone selalu menunggu dengan antusias versi Android berikutnya.

OS Android telah dirilis oleh Google dengan nama-nama unik seperti Honeycomb, Ice Cream Sandwich, dan Jelly Bean. Setiap nama Android memiliki arti dan makna yang berbeda, dan seringkali dikaitkan dengan makanan atau minuman.

Android dan iOS adalah dua sistem operasi smartphone canggih dengan fitur-fitur menarik saat ini. Namun bila bicara market share dan populartias, OS Android adalah yang yang terpopuler.

Menurut Statcounter, Android adalah Mobile Operating System dengan Market Share terbesar di Indonesia dan di dunia tahun 2023 dengan 88,44 persen.

Pada artikel kali ini kamu akan mengetahui urutan versi Android dari awal hingga terbaru. Namun sebelum mengetahui tingkatan versi Android, yuk kenali apa itu Android.

Mengenal Apa Itu OS Android

urutan android

Dilansir dari Wikipedia, Android adalah Operating System (OS) atau Sistem Operasi yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan tablet sehingga memungkinkan perangkat lunak dapat dimodifikasi secara bebas dan didistribusikan oleh para pembuat perangkat, operator nirkabel, dan pengembang aplikasi. Google merilis kodenya dibawah kode lisensi Apache.

Salah satu alasan mengapa Android adalah sistem operasi smartphone dan tablet terpopuler antara lain karena OS Android merupakan sistem operasi yang open source, sehingga mendukung aplikasi pihak ketiga.

Itu sebabnya saat ini ada ribuan aplikasi di Playstore yang bisa dipasang di Android, mulai aplikasi berita, aplikasi perpesanan, aplikasi meeting online seperti Zoom, hingga aplikasi saham.

Usai versi Android Alpha dan Beta dirilis, penamaan pada setiap tingkatan versi Android berikutnya adalah dengan menambahkan nama camilan, sehingga logo dan nama versi OS Android mulai Android C atau Android 1.5 identik dengan kudapan.

Namun sejak versi Android 10 pemberian nama kudapan tidak digunakan lagi. Hingga sekarang pemberian nama setiap versi Android terbaru hanya berupa abjad dan angka saja.

Lalu apa saja urutan Android beserta namanya pada setiap versi ?

Urutan Versi Android Dari Pertama Hingga Terbaru

Hingga saat ini Google telah meluncurkan 21 versi Android sejak pertama kali dibuat, yaitu mulai Android Alpha sebagai versi Android paling awal hingga Android 14, yang merupakan versi Android terbaru.

Setiap versi Android memiliki pembaruan dan perbaikan pada setiap fiturnya, sehingga versi Android terbaru bisa saja masih mengusung fitur dari versi Android yang lama nama dengan teknologi yang dikembangkan dan kemampuan yang lebih baik.

Berikut adalah urutan Android dari terendah hingga tertinggi saat ini, lengkap dengan nama versinya, beserta deskripsi singkat dan fitur-fitur pada masing-masing tingkatan versi.

1. Android 1.0 Alpha (Android A)

Urutan Android terendah atau versi Android pertama adalah Android Alpha dengan kode nama (code name) "Astro Boy". Urutan Android paling pertama ini dibuat dengan karakteristik robot-robot fiksi.

Logo android pertama saat itu dibuat oleh Dan Morril, namun logo android yang terkenal saat ini dan menjadi ikon Android adalah hasil rancangan Irina Blok. Android Alpha tidak jadi digunakan karena alasan hak cipta.

2. Android Beta 1.1 (Android B)

Urutan OS Android terbaru setelah Android Alpha adalah Android Beta. Android 1.1 adalah pengembangan dari Android 1.0 dengan code name Bender/Beta dirilis pada 5 November 2007.

Namun seperti halnya Android v1.0 Alpha, versi Android Beta / Bender tidak jadi digunakan karena alasan yang sama. SDK (Software Development Kit) Android Bender dirilis pada 12 November 2007.

3. Android 1.5 Cupcake (Android C)

urutan versi android

Versi Android C adalah nama versi Android berikutnya setelah Android A dan Android B dengan code name Cupcake. Android Cupcake dirilis pada 30 April 2009 menggunakan Kernel Linux 2.6.27 dengan Level API 3.

Fitur Android versi Cupcake ini antara lain yaitu adanya opsi memutar otomatis, fitur salin dan tempel pada aplikasi web browser, serta fitur transisi layar animasi. Selain itu Android Cupcake sudah diberikan dukungan papan ketik virtual pihak ketiga dengan prediksi teks dan kamus pengguna.

Baca selengkapnya : Urutan Versi Android Cupcake.

4. Versi OS Android 1.6 Donut (Android D)

Versi Android selanjutnya adalah Android D. Nama Android D adalah istilah untuk versi Android Donut yang dirilis pada 15 September 2009. Android Donut diluncurkan dengan kode versi 1.6 yang membawa perbaikan pada bug. Versi Android Donut sendiri dirilis dengan Kernel Linux 2.6.29 dengan level API tingkat 4.

Beberapa fitur pada OS Android versi 1.6 Donut antara lain yaitu galeri, kamera, dan perekam video sudah lebih terintegrasi dengan akses kamera lebih cepat. Selain itu terdapat peningkatan kecepatan dalam pencarian dan aplikasi kamera, serta pembaruan dukungan teknologi CDMA/EVDO, 802.1x, VPN serta mesin pengucap teks. Pada Android versi 1.6 ini juga diberikan kemampuan untuk menyertakan konten pada hasil pencarian bagi para pengembang aplikasi.

5. Versi OS Android 2.0 Eclair (Android E)

Android Eclair merupakan pengembangan dan perbaikan dari versi Android sebelumnya yang dirilis dengan Kernel Linux 2.6.29. Android Eclair juga mengalami update menjadi versi Android 2.0.1 dan versi Android 2.1.

Android Eclair sendiri membawa perbaikan pada perluasan sinkronisasi akun, dukungan Bluetooth 2.1, pengoptimalan kecepatan perangkat lunak dan perubahan UI, serta dukungan bagi lebih banyak ukuran resolusi dan layar dengan kecerahan yang lebih baik.

6. Versi OS Android 2.2 Froyo (Android F)

Versi Android Froyo yang pertama kali dibuat adalah versi 2.2 dengan level API 8 dirilis pada 20 Mei 2010, berbasis Kernel Linux 2.6.32.

Versi Android Froyo membawa sejumlah fitur dan peningkatan antara lain pada kecepatan, penyimpanan dan pengoptimalan kinerja, peningkatan peluncur aplikasi dengan jalan pintas ke telepon dan aplikasi web browser, penyematan opsi untuk mematikan akses data pada jaringan seluler, serta adanya dukungan Adobe Flash. Urutan Android Froyo yaitu versi Android 2.2.1, versi Android 2.2.2, dan versi Android 2.2.3.

7. Versi OS Android 2.3 Gingerbread (Android G)

tingkatan android

Versi Android setelah Android Froyo adalah OS Android Gingerbread, dimana kode versinya dimulai pada versi 2.3. (Android 2.3 Gingerbread) dengan level API 9. Android 2.3 Gingerbread ini dirilis pada 6 Desember 2010 berbasis Kernel Linux 2.6.35. Sementara Android Gingerbread versi 2.3.1 dirilis pada Desember 2010, dan Android 2.3.2 Gingerbread dirilis pada Januari 2011 yang membawa perbaikan bug pada Google Nexus S.

Saat itu smartphone Nexus S dan Samsung menggunakan Android sebagai sistem operasinya. Kedigdayaan Samsung mulai terlihat bahkan Android dianggap identik dengan Samsung karena seri Galaxy-nya yang terkenal itu menggunakan Android.

Selain kedua versi terbaru Android Gingerbread tersebut, Google juga merilis 5 versi terbaru Android Gingerbread pada tahun 2011 yang seluruhnya termasuk level API 10. Basis Kernel Linuxnya juga sama, yaitu 2.6.35. Update terbaru OS Android Gingerbread 2.3 yaitu versi Android 2.3.3 / 2.3.4 / 2.3.5 / 2.3.6 / 2.3.7 Gingerbread.

8. OS Android 3.0 Honeycomb (Android H)

versi android terbaru

OS Android Honeycomb adalah versi OS Android khusus tablet. Android Versi 3.0 sendiri merupakan urutan versi Android Honeycomb terendah. Versi Android 3.0 Honeycomb dengan API level 11 dirilis pada 22 Februari 2011 berbasis Kernel Linux 2.6.36.

OS Android Honeycomb telah mengalami pengoptimalan pada dukungan tablet dengan interface virtual baru dan holografis. Selain itu kemampuan Android H ini juga antara lain dapat memberikan akses cepat pada notifikasi, status, tombol navigasi lunak pada System Bar, serta kemampuan kamera seperti exposure, fokus, zoom, dan flash.

8. Versi OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich (Android I)

urutan android terbaru

Versi Android setelah Android Honeycomb yaitu OS Android Ice Cream Sandwich / ICS diumumkan pada 19 Oktober 2011. Versi awal Android Ice Cream Sandwich yaitu versi 4.0 (Android 4.0 Ice Cream Sandwich) dengan API level 14. Android versi 4.0 ini mengalami sejumlah peningkatan dibandingkan versi Android sebelumnya. Sepertinya Android versi ini menjadi platform sistem operasi yang kompatibel baik perangkat smarpthone maupun tablet.

Fitur Android 4.0 Ice Cream Sandwich antara lain yaitu kemampuan pembuatan folder dengan drag and drop, fitur Android Beam yang memungkinkan dilakukannya pertukaran jarak pendek. Selain itu ada juga perbaikan kesalahan koreksi pada papan ketik serta perbaikan fungsi salin dan tempel, kemampuan merekam video 1080p bagi perangkat Android tertentu, hingga akselerasi perangkat keras UI.

Android Ice Cream Sandwich v4.0 mengalami beberapa kali update versi hingga versi terbarunya yaitu versi 4.0.4.

10. OS Android Jelly Bean (Android J)

tingkatan android terbaru

Versi terbaru Android setelah Ice Cream Sandwich adalah OS Android Jelly Bean. Versi Jelly Bean pertama adalah Android versi 4.1 yang diumumkan pada 9 Juli 2012 berbasis Kernel Linux 3.0.31 dengan level API 16. Tablet Nexus 7 adalah perangkat pertama yang menggunakan versi Android ini.

Fitur Android Jelly Bean Versi 4.1 antara lain adalah adanya dukungan transfer data Bluetooth bagi Android Beam, diktasi suara luring, interface yang lebih halus, peningkatan aksesbilitas, adanya papan ketik yang bisa dimodifikasi oleh pengguna perangkat, teks dua bahasa dan dukungan bahasa lainnya, serta perluasa notifikasi, serta peningkatan pada aplikasi kamera, fitur pencarian suara serta penggantian web browser bawaan Android dengan Google Chrome.

11. Versi OS Android 4.4 KitKat (Android K)

versi os android

Android KitKat dirilis pertama sekali dengan kode versi 4.4 (Android 4.4 Kitkat). KitKat adalah salah satu produk cemilan produksi Nestle dan Hershey. Oleh karena itu, Android KitKat dirilis setelah mendapat persetujuan dari Nestle dan Hershey. Android KitKat versi 4.4 diumumkan pada 31 Oktober 2013 dengan API Level 19. OS Android KitKat sendiri telah dirilis dalam berbagai versi, mulai versi Android 4.4. hingga versi 4.4.4.

Fitur dan peningkatan pada Versi Android 4 KitKat terbaru antara lain pada peningkatan aksesbilitas API, optimasi kinerja pada perangkat berspesifikasi rendah, peningkatan tampilan mode layar penuh dengan tombol perangkat lunak dan status bar bisa diakses dari tepi dengan cara menggesek.

12. OS Android 5.0 Lollipop (Android L)

Android Lollipop mungkin adalah satu-satunya versi OS dengan penamaan sebuah permen. Android Lollipop pertama kali diperkenalkan dengan kode nama Android L pada 25 Juni 2014 dalam presentasi keynote pada konferensi penembang Google I/O. Lollipop dirilis dengan versi Android 5.0 (Android 5.0 LolliPop). Level API-nya 21.

Kelebihan Android Lollipop yaitu desain dengan peningkatan penggunaan layout berbasis grid, animasi dan transisi responsif, padding dan efek kedalaman seperti pencahayaan dan kedalaman.

Bisa dikatakan Android Lollipop adalah salah satu versi Android terbaik yang paling digemari, dimana versi android yang satu ini memiliki project volta yang berguna untuk meningkatkan daya hidup baterai 30% lebih tahan lama. Kelebihan lainnya yaitu dari segi keamanan dengan adanya fitur factory reset protection dimana ketika perangkat smartphone hilang ia tidak bisa direset ulang tanpa memasukkan akun google dengan password yang benar.

Android versi Lollipop pertama kali digunakan pada smartphone Google Nexus 6 dan tablet Nexus 9.

13. Versi OS Android 6.0 Marshmallow (Android M)

Android 6 diberi nama Marshmallow atau code nama Android M. OS Android Marshmallow pertama kali diperkenalkan pada Mei 2015. Marshmallow Android versi 6.0 memiliki level API 23.

Fitur terbaru pada versi Android Marshmallow ini yaitu teknologi manajemen daya baru yang diberi nama Doze, dimana dengan fitur ini dapat mengurangi tingkat aktivitas aplikasi latar belakang saat perangkat menentukan bahwa aplikasi tersebut tidak sedang aktif ditangani pengguna. Hal ini akan menyebabkan pemakaian baterai perangkat menjadi meningkat. Kelebihan lainnya yaitu adanya pilihan yang mengatur ulang semua pengaturan jaringan Wi-fi, Bluetooth dan koneksi seluler.

Cukup banyak smartphone yang menggunakan OS Android Marshmallow antara lain yaitu Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy S7 edge.

14. Versi OS Android 7.0 Nougat (Android N)

Versi Android terbaru setelah Marshmallow adalah Android Nougat. Android Nougat sendiri dirilis dalam beberapa versi update. Android Nougat pertama kali perkenalkan versi 7.0 (Android 7.0 Nougat) pada 22 Agustus 2016. Versi Android 7.0 Nougat memiliki level API 24.

Beberapa fitur dan kelebihan Versi Android 7.0 Nougat antara lain sudah memiliki kemampuan untuk menampilkan kalibrasi warna, kemampuan untuk layar zoom, penambahan Informasi Darurat, Paltform virtual reality (VR), peningkatan teknologi Doze yang memperpanjang masa pakai baterai, dukungan multi-window pada tata letak desktop.

Android versi Nougat telah diupdate dengan nama Nougat 7.1, Nougat 7.1.1, dan Nougat 7.1.2.

15. OS Android 8.0 Oreo (Android O)

Urutan Android setelah Nougat adalah Android Oreo atau Android O. Versi Android Oreo diperkenalkan pertama kali pada 21 Maret 2017 sebagai preview dari pengembang.

Dengan memadukan rancangan platform OS Android versi sebelumnya khususnya Android Kitkat, Android Lollipop, Android Marshmallow dan Android Nougat, Android versi 8 membawa beberapa perubahan antara lain dukungan gambar-dalam-gambar, adanya fitur titik pemberitahuan serta munculnya ikon adaptif, serta peningkatan pada saluran pemberitahuan serta titik pemberitahuan.

16. OS Android 9.0 Pie (Android P)

OS Android Pie atau Android 9 adalah versi Android terbaru 2018 . Sejumlah pengamat menilai Android P adalah versi Android tercanggih yang pernah dibuat Android.

Android P (Android 9 Pie) merupakan versi termutakhir Android Oreo. Android 9 punya kemampuan memprediksi tingkah laku dan kebiasaan manusia ketika sedang memegang perangkat, dimana Android seolah punya kemampuan menebak apa yang akan dicari dan dilakukan orang.

17. Versi OS Android 10 (Android Q)

Hadirnya Android 10 serta merta membuat persaingan dunia smartphone semakin meriah. Sejumlah vendor pun merilis ponsel Android 10 dengan fitur canggih.

Android 11

Versi Android 11, seperti halnya Android 10 tanpa nama kudapan. Android 11 resmi dirilis pada September 2020.

Salah satu fitur baru di Android 11 adalah fitur Balon yang bisa membuat kalian melanjutkan obrolan setelah mangakses aplikasi lain. Selain itu ada juga fitur Screen Recording (perekam layar) yang dapat digunakan bila kalian ingin merekam berbagai aktivitas di smartphone, misalnya bermain game Mobile Legends.

Android 12

Os Android 12 merupakan versi Android terbaru yang dirilis pada Oktober 2021. Android 12 telah mengalami update terbesar yang disebut Material You pada desain materialnya.

Fitur penting yang ditingkatkan pada Android 12 antara lain screenshoot tampilan web. Selain itu user dapat mencegah aplikasi menggunakan aplikasi dan mikrofon lewat settingan cepat. Hingga saat ini umumnya penguna masih menggunakan perangkat Android versi 12.

Android 13

Urutan Android ke-20 yang masih segar karena baru diluncurkan di Februari 2022 adalah Android 13. Versi Android terbaru 2022 ini telah mengalami penyempurnaan pada Android 12L yang dapat meningkatkan keamanan, orivasi, serta optimalisasi UI.

Salah satu fitur Android 13 adalah fitur pemilih foto dimana kalian dapat mengatur foto dan video dan bisa dibagikan ke aplikasi.

Android 14

Android 14 adalah versi Android terbaru yang dirilis tahun 2023. Sebelumnya, Android 14 masih diluncurkan dalam versi beta. Namun versi final Android 14 akhirnya diluncurkan pada November 2023 pada smartphone seri Google Pixel 8, yang akan segera disusul oleh beberapa seri Google Pixel dan merk smartphone lainnya.

Salah satu fitur baru Android 14 adalah personalisasi "Material You" yang semakin ditingkatkan. Selain itu, Android 14 juga mengalami peningkatan pada keamanan, privasi, dan tampilan UI.

Nah sob, itu dia urutan Urutan Versi Android. TeknoPlug meyakini bahwa Google tidak akan berhenti membuat versi-versi android terbaru yang lebih canggih di masa mendatang.

Suka Teknologi