Daftar Aplikasi Antivirus Terbaik Di Dunia 2020 Untuk Laptop Windows dan iOs Mac

Aplikasi antivirus saat ini adalah salah satu software yang sangat dibutuhkan perangkat komputasi. Mengingat beragam jenis virus komputer dan trojan bisa setiap waktu menginfeksi, tentu saja pengguna perangkat harus memasang antivirus terbaik. Namun apa saja fitur-fitur yang sebaiknya dimiliki aplikasi antivirus untuk laptop, kali ini TeknoPlug akan mengulasnya dan memberikan rekomendasi aplikasi antivirus terbaik untuk laptop anda.

Aplikasi Antivirus Untuk Laptop

Berbagai jenis virus komputer kerap memberikan masalah baik pada perangkat maupun terhadap aktivitas pengguna. Bukan itu saja, virus juga bisa membobol sistem dan jaringan keamanan perbankan bahkan sistem pertahanan strategis manca negara. Selain itu, virus adalah salah satu penyebab laptop loading lambat dan mudah panas.

Namun tahukah apa sebenarnya antivirus komputer itu ?

Apa itu Aplikasi Antivirus ?

aplikasi antivirus terbaik di dunia
Apa Antivirus Terbaik Saat Ini Yang Paling Ampuh dan Paling Bagus Untuk Laptop ?
Aplikasi antivirus adalah sejenis software atau perangkat lunak untuk mengamankan, mendeteksi sekaligus menghapus virus komputer dari sistem komputer. Wikipedia mengartikannya sebagai perangkat lunak perlindungan virus. Antivirus memberikan perlindungan dan keamanan data serta sistem pada komputer tersebut. Software antivirus dapat menentukan apakah sistem komputer terkena infeksi virus atau tidak.

Saat ini ada sangat banyak software antivirus yang bisa diinstal di komputer. Namun kerap kali program antivirus tersebut justru tidak memberikan perlindungan yang optimal pada sistem dan data di laptop. Diantaranya bahkan terindikasi sebagai aplikasi antivirus berbahaya yang mengakibatkan fatal bagi perangkat komputer.

Fitur Terbaik Yang Harus Dimiliki Aplikasi Antivirus

Aplikasi antivirus terbaik menurut Top Ten Reviews adalah antivirus yang punya fitur serta kemampuan autoscanning, auto e-mail scanning, incoming autodetection dan removal, antiphising, Game Mode/Safe Mode, kemampuan meminimalisir lag saat software beroperasi dibackground, kemampuan incoming scan dan blocking, trojan protection, ransomware protection yang mumpuni, punya fasilitas internet security.

Indikator dan aspek yang diukur berdasarkan penelitian Top Ten Reviews terhadap 11 aplikasi antivirus laptop terbaik di dunia yang ada saat ini yaitu Indikator Test Result (Hasil Test), Indikator Scanning And Detection,serta Indikator System Support, mengacu pada kompatibilitas antivirus dengan perangkat dan OS yang digunakan.

#1 Test Result (Hasil Uji)

Indikator yang (seharusnya) diperhitungkan untuk menguji kualitas software antivirus dan sistem komputasi saat aplikasinya beroperasi. Aspek yang diukur yaitu aspek Virus Detection And Removal, Loss Of Computer Resources, False Positives.


kelebihan dan tool antivirus terbaik
Kriteria Antivirus Terbaik Di Dunia
Virus Detection And Removal, yaitu sejauh mana software antivirus bisa mendeteksi secara akurat dan menghapus virus dari mesin penguji. Software dengan tingkat deteksi tinggi adalah antivirus terbaik.

Loss Of Computer Resources mengindikasikan seberapa besar kondisi lag yang terjadi saat software antivirus melakukan scanning selama perangkat laptop juga sedang membuka web atau melakukan transfer file. Software antivirus yang membuat kondisi lag paling kecil adalah software antivirus terbaik.

False Positives, yaitu aspek pengukuran yang mengindikasikan kemampuan antivirus mengenali software lainnya dan memasukkannya sebagai objek yang mengancam perangkat. Semakin tinggi akurasinya, maka antivirus tersebut adalah aplikasi anti malware terbaik.

#2 Scan dan Deteksi Objek

Indikator ini merujuk pada kemampuan software antivirus melakukan penapisan (scan) dan pendeteksian terhadap objek. Aspek yang diukur yaitu aspek Gamer Mode Enable, Ransomware Protection, Antipishing, USB Autoscans, Incoming Autoscans, Rescue CD or USB File, Vulnerable Software Detection.


download software antivirus terbaik di dunia
Fitur Antivirus Terbaik Di Dunia
Gamer Mode Enable, yaitu aspek yang mengukur sejauh mana software antivirus memberikan kenyamanan pengguna saat bermain game maupun menjalankan aplikasi lainnya dengan fitur "silent mode" sehingga notifikasi-notifikasi tidak muncul selama aktivitas tersebut berlangsung.

Ransomware Protection, yaitu aspek yang mengukur secepat apa software mengatasi malware sejenis ransomware. Ransomware sendiri terkenal sebagai malware yang bisa mengunci semua akses dan file di perangkat, dimana untuk membukanya pengguna harus membayar ke si pembuat ransomware. Cukup menjijikkan bukan ?

Antipishing. Tool antipishing yang dimiliki software antivirus akan memblok semua objek yang meminta data pribadi baik akun bank, ATM maupun kartu kredit.

USB Autoscans, yaitu fitur scanning dan mendeteksi objek-objek ketika USB disambungkan ke perangkat laptop atau PC sehingga antivirus bisa langsung menangkar dan menguncinya.

Incoming Autoscans, yaitu fitur scan, deteksi dan memblok semua objek yang terbaca sebagai malware atau trojan saat membuka email.

Rescue CD or USB File, yaitu kemampuan antivirus untuk mengkondisikan ruang aman untuk data-data yang terinfeksi, sangat cocok untuk mengatasi perangkat yang terinfeksi berat.

Vulnerable Software Detection, yaitu sejauh apa antivirus bisa mengatasi aplikasi-aplikasi yang tidak terupdate dan berpotensi menjadi serangan malware.

#3 System Support | Kompatibilitas Antara Software Antivirus Dengan Perangkat dan OS

Indikator ini merujuk pada kesesuaian atau kompatibilitas antivirus pada beragam sistem pengoperasian.

software anti virus dan anti malware terbaik
Dukungan Sistem Antivirus Terbaik Di Dunia

Indikator ini merujuk pada kesesuaian atau kompatibilitas antivirus pada beragam sistem pengoperasian.
  • Windows 10, untuk menguji kemampuan dan kompatibilitas antivirus di Windows 10.
  • Windows 8, mengukur kemampuan dan kompatibiilitas antivirus di laptop Windows 8.
  • Windows 7, mengetahui kompatibilitas dan kemampuan software anti malware laptop 7.
  • Mac, mengetahui kemampuan antivirus di OS Mac laptop.
Lalu, berdasarkan hasil pengujian tersebut manakah antivirus terbaik, yang paling bagus dan paling ampuh di dunia untuk PC ?

Merk Aplikasi Antivirus Terbaik Di Dunia Untuk Laptop Windows dan Mac

Berikut adalah daftar aplikasi antivirus terbaik gratis dan berbayar di laptop yang sangat recommended untuk perangkat Windows dan Mac. TeknoPlug menyusun urutannya dari yang terendah hingga yang tertinggi.

jenis antivirus terbaik di dunia untuk laptop windows
Urutan Antvirus Terbaik Di Dunia Saat Ini

5. Avast : Aplikasi Anti Virus Gratis Terbaik 2020 Untuk Windows, Mac, dan HP

Hacker dan malware menjadi ancaman terbesar saat ini bagi perangkat laptop/PC. Bila anda mencari software anti virus PC gratis namun dengan fitur anti malware canggih dan ampuh maka Avast sangat direkomendasikan.

Aplikasi Avast Free Antivirus 2020 terkenal ampuh mengatasi berbagai malware, terlebih lagi salah satu Antivirus Terbaik 2020 ini juga sudah diupdate. Tidak ada antivirus yang bisa memblok serangan malware 100 persen, tapi Avast melakukan hal itu.

Avast Antivirus menemukan ancaman lalu membasminya. Avast memang dirancang atau diprogram untuk mengenali ransomware lalu secara otomatis memasukannya ke dalam database sehingga di kemudian hari pengguna laptop aman dari serangan malware serupa. Tapi kelebihan ini hanya bisa diperoleh menggunakan Avast Pro Antivirus.

Avast Antivirus selain kompatibel untuk komputer Windows 10 juga masih ampuh untuk melindungi komputer Windows 8, Windows 7, dan juga OS Mac. Avast juga antivirus terbaik hp dimana developer sudah menyediakan free antivirus apk mobile version untuk hp.

4. Avira : Software Antivirus Terbaik Untuk PC Online Gaming (Game Online)

Aplikasi antivirus terbaik di laptop yang sangat direkomendasikan adalah Avira. Khususnya buat anda yang sering bermain game, software antivirus sangatlah diperlukan. Namun seringkali saat sedang main game online tiba-tiba ada notifikasi scanning yang cukup mengganggu dan membuat tidak nyaman. Selain itu proses scanning yang cukup lama juga berdampak pada kondisi lag dan membuat banyak aplikasi ikut berjalan lambat.

Avira Antivirus adalah salah satu anti virus laptop yang memberikan kenyamanan saat online di laptop. Fitur gaming mode melalui silent mode-nya merupakan fitur anti virus terbaik yang cukup dibutuhkan karena berlaku otomatis.

Di dalam antivirus ini terdapat kelebihan berupa perlindungan terhadap ransomware dan tool antiphising. Avira Antivirus melakukan scan otomatis terhadap USB maupun email sehingga ancaman bisa diatasi tanpa ampun. Kelebihan lainnya, antivirus terbaik di dunia yang satu ini bisa memastikan versi instalasi program-program apa saja yang terpasang di laptopmu. Avira kini kompatibel untuk laptop Windows 10, Windows 7, Mac.

3. Kaspersky : Aplikasi Antivirus Berbayar Terbaik, Dengan Proteksi dan Internet Security Mengagumkan

Internet adalah salah satu saluran yang paling mudah disusupi beragam jenis virus. Bila anda senantiasa beraktivitas secara online Kaspersky adalah antivirus paling bagus untuk anda pasang. Kaspersky meraih penghargaan Award Winning Protection dan Award Winning Security karena punya banyak fitur keamanan. Kaspersky terkenal.ampuh mendeteksi malware sekaligus membasminya.

Kaspersky tercatat mampu memblok lebih dari 1,2 trilyun serangan malware dan mampu menghentikan ransom. Saat ini pengguna Kaspersky telah mencapai lebih dari 400 juta pengguna di dunia. Kaspersky juga sudah kompatibel untuk Windows 10. Windows 8, Windows 7, Windows XP, Windows Vista, Mac.

2. Norton : Aplikasi Antivirus Malware Terbaik

Rekomendasi berikutnya buat anda yang membutuhkan software antivirus paling ampuh di laptop adalah Norton. Bisa dikatakan Norton adalah anti malware terbaik saat ini. Norton mendeteksi dan menghapus virus tanpa memperlambat pengoperasian komputer. Norton Antivirus secara konsisten menduduki peringkat terbaik di dunia sebagai antivirus dan antimalware dengan kemampuan deteksi dan memblok malware. Fitur-fitur tambahan yang terdapat di dalam Norton Antivirus menjadikannya sebagai internet security program paling poweful.

Saat ini Norton sudah dapat dipasang di Windows 10, Windows 8, Windows 7, Mac.

1. Bitdefender : Software Antivirus Terbaik Saat Ini Di Dunia

Bitdefender menjadi antivirus terbaik di dunia saat ini. Bitdefender antivirus mencari dan menghancurkan malware. Apa yang menyebabkan Bitdefender sebagai antivirus nomor wahid saat ini ? Performa, fitur keamanan, penggunaan dan technical support adalah kelebihan dari Bitdefender Antivirus.

Bitdefender Antivirus Plus adalah software terbaik penghapus virus komputer OS Windows 10. Nilai plus yang ada pada software anti malware terbaik ini yaitu proteksinya terhadap ransomeware. Selain itu kemampuan dan akurasinya mendeteksi malware sekaligus membasminya adalah poin ekstra lainnya. Customer support juga memberikan ruang bagi para pengguna perangkat komputer bertanya jawab seputar penggunaan Bitdefender Antivirus ini. Cukup wajar bila Bitdefender Antivirus ini sebagai yang terbaik di dunia saat ini.

Sayangnya, untuk mendapatkan fitur-fitur terbaru dan lebih canggih Bitdefender Antivirus disediakan dalam versi berbayar.

Bitdefender sudah support di laptop Windows 10, Windows 8, Windows 7, Mac.

Daftar Lengkap Urutan Antivirus Terbaik Di Dunia 2020 Yang Paling Bagus Untuk Laptop Windows 10, 8, 7

  1. Bitdefender Antivirus
  2. Norton Antivirus
  3. Kaspersky Lab Antivirus
  4. Avira Antivirus
  5. Avast Antivirus
  6. ESET Antivirus
  7. Trend Micro Antivirus
  8. F-Secure Antivirus
  9. McAfee Antivirus
  10. VIPRE Antivirus
  11. AVG Antivirus
Lalu apakah laptop kamu sudah aman dari virus ? Belum tentu !

4 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Menginstal Software Antivirus

Meskipun anda sudah memasang aplikasi antivirus terbaik namun bila memberikan dampak buruk baik pada pengoperasian perangkat maupun pada keuangan anda maka berikut ini adalah beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan sebelum memasang software antivirus.

1. Sesuaikan Spesifikasi Software Dengan Spesifikasi Perangkat

Perhatikan spesifikasi perangkat dan baca spesifikasi produk antivirus. Bila spesifikasi software menuntut spesifikasi perangkat yang lebih tinggi maka jangan paksakan untuk memasang software antivirus yang berat karena akan berdampak pada menurunnya kecepatan pengoperasian.

2. Gunakan Antivirus Gratis Terbaik dan Ringan Tapi Ampuh Melindungi Laptop

Bila anda membutuhkan anti virus komputer namun punya laptop yang spesifikasinya rendah misalnya OS masih Windows 7, Windows 8, Windows Vista dengan RAM kurang dari 4GB maka sebaiknya gunakank antivirus gratis terbaik dan ringan saja, antara lain yaitu :
  1. AVG Free Antivirus, antivirus paling bagus untuk laptop Windows 10, Windows 8, Windows 7, Mac.
  2. Kaspersky Antivirus Free, antivirus yang cocok dan kompatibel untuk laptop Windows 8 dan Windows 7, Mac.
  3. Avas Antivirus Free, aplikasi antivirus yang paling ampuh untuk laptop Windows 10, Windows 8, Windows 7, Mac.
  4. Avira Free Antivirus, hanya support untuk Windows 10,Windows 7 dan Mac.
  5. Smadav Antivirus, support untuk Windows 10, Windows 8 dan Windows 7 laptop, Mac.

3. Rutin Melakukan Pemeliharaan dan Pembersihan Di Perangkat

Ada kalanya meskipun pada perangkat sudah terpasang software antivirus terbaik namun kinerja antivirus tidak optimal bahkan komputer beroperasi lebih lambat dari biasanya. Ini karena memori dalam software mengisolasi banyak virus sehinggu laptop jadi lebih berat. Cara mengatasi laptop Windows 10/8/7 loading lambat adalah dengan melakukan scanning dan pembersihan file di komputer serta mengupdate aplikasi antivirus secara rutin dan terjadwal.

4. Hindari Menggunakan Banyak Software Antivirus

Seringkali pengguna laptop memiliki rasa khawatir berlebihan terhadap beragam virus komputer paling berbahaya sehingga tidak sungkan menginstal lebih dari satu software antivirus. Misalnya sudah memiliki antivirus bawaan Windows namun juga memasang Avast dan AVG. Padahal antivirus akan membaca file yang dicurigai sebagai virus lalu mengkarantinanya. Dengan cara begini sudah barang tentu antivirus lainnya tidak bisa digunakan.

Karena itu sangat disarankan untuk menonaktifkan antivirus Windows dan mengaktifkan salah satu dari AVG, Avast, Avira, Kaspersky, atau Bitdefender. Demikian pula sebaliknya mematikan antivirus tambahan dan mengaktifkan kembali software antivirus bawaan Windows.

Ok, sob itu dia ulasan mengenai daftar Aplikasi Antivirus Terbaik Di Dunia Paling Bagus dan Paling Ampuh Untuk Laptop Windows 10. Amankan laptop Windows kamu dengan antivirus-antivirus yang memberikan perlindungan maksimal sekaligus mendeteksi dan menghapus malware-malware mencurigakan dengan performa terbaik dan akurasi tinggi.

1 komentar

  1. aplikasi antivirus terbaik ? saya pasang baidu di laptop windows 7 saya. Ringan dan simpel.

    BalasHapus

Posting Komentar