Mengenal Sejarah, Karakteristik, dan Cara Kerja Virus Komputer

Fakta seputar sejarah virus komputer, cara kerja, dan kategori virus komputer yang wajib diketahui.

Istilah virus komputer pasti sudah sering kamu dengar. Kehadiran virus cukup ditakuti karena bila sudah menginfeksi ke dalam sistem komputer bisa membuat semua data rusak bahkan hilang.

Apa Itu Virus Komputer

contoh virus komputer

Ada sejumlah pengertian virus komputer menurut para ahli, antara lain yaitu definsi virus komputer menurut abstrak Dr. Solomon's Virus Encyclopedia (1995) dalam Wikipedia :

Virus komputer layaknya virus biologis yang dapat menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup, maka virus komputer adalah program komputer yang bisa menduplikasi/menyalin dirinya sendiri ke dalam sistem dan jaringan komputer yang berisi sejumlah file. Virus komputer bisa merusak sejumlah atau seluruh dokumen di dalamnya sehingga komputer tidak bisa menjalankan perintah atau mengoperasikan aplikasi dans software bila terlambat mengatasinya.

Sejarah Virus Komputer : Elk Cloner aka Boot Sector, Virus Komputer Pertama

Nama virus komputer pertama adalah Elk Cloner. Elk Cloner juga adalah jenis virus komputer floppy disk pertama dalam sejarah. Elk Cloner sendiri merupakan salah satu virus mikro komputer yang menyebar luas keluar dari ruang lingkup/lab tempat pembuatannya. Elk Cloner dibuat pada tahun 1982 oleh Rich Skrenta, seorang murid Sekolah Menengah Atas yang berumur 15 tahun.

Virus yang ia buat, saat itu ditujukan untuk sistem komputer Apple II. Elk Cloner menyebar dengan menginfeksi sistem operasi Apple II menggunakan teknik yang kini diketahui sebagai virus “boot sector”. Setelah masa Elk Cloner menandai kemunculan banyak virus lainnya yang menyerang bukan hanya pada floppy disk, tapi juga perangkat komputer beserta aplikasi maupun sistem operasi komputer.

Karakteristik Virus Pada Komputer

Virus pada komputer memiliki karakteristik yang unik. Karakteristik virus komputer yaitu tidak merusak hardware komputer secara langsung, karena umumnya virus komputer menyerang software atau aplikasi pada komputer. Hal ini karena terjadinya proses pengoperasian yang melebihi kemampuan normal aplikasi yang sehat (yang tidak mengalami infeksi virus komputer) dalam menjalankan perintah sehingga menyebabkan kerusakan pada hardware yang berhubungan dengan software yang sedang dijalankan.

Kemampuan-kemampuan virus komputer antara lain bisa mencuri informasi, bisa memeriksa dan merusak file, dapat melakukan manipulasi, mampu menyembunyikan diri, bisa menularkan diri, dan bisa bertahan hidup.

Cara Kerja Virus Komputer Serta Pola Penyebarannya

Bagaimana cara kerja virus komputer serta penyebarannya ?

Virus komputer dapat ditularkan melalui transfer file dari media penyimpanan internal storage ke eksternal storage seperti floppy disk, flash disk maupun CD. Selain itu penularan virus komputer dapat terjadi melalui transfer file via internet misalnya dari konten yang dikirimkan orang lain ke email.

Virus komputer terbaru memang sengaja dibuat sedemikian rupa sehingga mampu menyusup dan menginfeksi melalui saluran internet. Sehingga bisa dipastikan seluruh media sosial maupun browser sangat rentan sebagai media penyebaran berbagai jenis virus komputer.

Siklus Hidup Virus Pada Komputer

Berikut ini adalah siklus hidup virus komputer sehingga tetap mampu hidup dan mampu melakukan penginfeksian dalam sistem perangkat komputer.

  1. Waktu aktif virus komputer, yaitu virus komputer mengaktifkan diri pada saat-saat tertentu.
  2. Waktu penyebaran virus pada komputer, adalah saat dimana virus komputer mereplikasi/menduplikasikan diri dalam suatu program ke media penyimpanan seperti hardisk, RAM atau flashdisk.
  3. Waktu eksekusi virus komputer, yaitu saat dimana virus komputer yang sudah aktif melakukan kegiatan dan kemampuannya.
  4. Waktu istirahat virus komputer, yaitu saat dimana virus menentukan waktu untuk memulai atau menghentikan pengaktifkan virus pada komputer.

Contoh Virus Komputer

Sejak awal era virus komputer pertama yang menginfeksi floopy disk dan perangkat Mac virus berkembang menjadi berbagai jenis. Masing-masing jenis dan golongan virus diberikan nama. Setiap virus juga memiliki karakter yang dinamis dan tingkat penginfeksian yang berbeda-beda. Ada jenis virus yang "sekedar" merepotkan namun bisa diatasi dengan gampang. Ada pula nama virus komputer paling berbahaya yang menyebabkan fatal error pada sistem komputer dan berdampak luas secara global.

Nama Virus Komputer Dari Pertama Hingga Terbaru

Berikut ini adalah kategori virus komputer serta nama virus yang perlu kamu ketahui.

  1. Trojan
  2. Worm
  3. Backdoor
  4. Spyware
  5. Rootkit
  6. Virus Smartphone
  7. Rogue
  8. Polymorphic Virus
  9. Metamorphic Virus
  10. FAT Virus
  11. Companion Virus
  12. Macro Virus
  13. Direct Action Virus
  14. Multipartite Virus
  15. Memory Resident Virus
  16. Web Scripting Virus
  17. Virus Directory
  18. Virus Overwrite
  19. Malware
  20. Spyware
  21. Ransomware
  22. Adware

Baca juga kelebihan dan karakteristik virus komputer di atas pada artikel 20+ Jenis Virus Komputer Terkenal Hingga Saat Ini.

Ciri-Ciri Komputer Terinfeksi Virus

Siklus hidup memungkinkan virus komputer bisa menjangkiti sebagian atau seluruh dokumen dalam file dalam sebuah komputer dan komputer lain melalui transfer file baik melalui floppy disk, flash disk maupun online menggunakan internet (via email atau pengiriman lainnya seperti SMS, WhatssUp). Virus yang menginfeksi juga bisa terlihat cirinya ketika layar laptop blue screen.

Virus sudah lama disinyalir sebagai salah satu penyebab laptop lemot. Ciri-cirinya selain monitor komputer tiba-tiba blue screen antara lain yaitu beberapa file tiba-tiba hidden atau hilang, memory harddisk mendadak full, sistem sering mengalami restart sendiri, komputer sering hang dan mudah panas bahkan mati tiba-tiba, file atau program menjadi corrupt atau crash, serta munculnya shortcut dan icon aplikasi di desktop padahal pengguna tidak menginstal software baru atau tidak membuat shortcut.

Lalu bagaimana agar bisa mengatasi laptop lambat yang terkena virus ? Tentu saja harus mengetahui terlebih dahulu jenis virus di komputernya. Ciri-ciri yang ditunjukkan oleh komputer yang terinfeksi virus dapat memberikan identifikasi awal jenis virus apa yang menginfeksi komputer dan apa tindakan yang harus dilakukan, misalnya dengan memasang aplikasi antivirus.

Bagaimana Mengatasi Virus Pada Komputer ?

Berikut ini adalah sejumlah hal yang perlu untuk dilakukan untuk mengantisipasi sekaligus mengatasi berbagai jenis virus yang berbahaya pada komputer :

  1. Gunakan OS yang cukup tahan akan keberadaan virus komputer, trojan, malware, spyware, adware
  2. Pastikan firewall sudah terpasang/aktif serta internet security juga dalam mode on. Untuk mengetahui apakah firewall sudah aktif atau tidak, kamu bisa lihat pada array icon di sebelah kanan bawah komputer/laptop kamu. Kalau belum terpasang, kamu bisa menuju pengaturannya melalui Windows Start Up > Control Panel > Windows Firewall.
  3. Lakukan update berkala terhadap fitur-fitur sistem operasi, Windows Firewall, dan software penting yang wajib ada di laptop.
  4. Instal anti virus terbaik dan ringan dan jangan paksakan menginstal software antivirus yang berat bila spesifikasi perangkatmu pas-pas. Kalau memang ingin menggunakan antivirus yang kapasitasnya besar kamu perlu memilih laptop yang bagus.
  5. Hindari menggunakan banyak antivirus karena justru tidak efisien dalam pengoperasian perangkat. Kamu bisa memilih antara menonaktifkan antivirus bawaan Windows dan memasang software antivirus tambahan dan sebaliknya cukup dengan mengaktifkan antivirus bawaan Windows saja.
  6. Lakukan scanning menyeluruh secara terjadwal. Memasang antivirus bisa menangkal virus komputer yang akan masuk, sekaligus merupakan cara membasi virus komputer yang bandel.
  7. Instal dan gunakanlah software-software legal. Meskipun banyak yang gratis tapi tidak semuanya aman dari virus.
  8. Back Up data dari komputermu untuk mengantisipasi segala bentuk kehilangan atau kerusakan data yang disebabkan oleh virus.

Nah itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang sejarah dan cara kerja virus komputer mulai dari virus komputer pertama hingga virus komputer terbaru serta tips untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Anda mungkin menyukai postingan ini

2 komentar

  1. Googelio
    virus komputer sekarang nih makin kebal aja kayaknya. dibasmi masih muncul aja, makin kuat lagi. harus pasang antivirus yang oke biar bisa ngebasmi virus-virus paling berbahaya
  2. Googelio
    gimana mau bisa dibasmi, lha wong virus komputernya aja sengaja diprogram buat hacking.
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>