6+ Fitur Utama di Smartphone Terbaru Android 10

05 September
Fitur Terbaru Di Android 10 - Google akhirnya meluncurkan versi terbaru sistem operasi Android, yaitu Android 10. Berbeda dengan sebelumnya, Android Q namanya tidak lagi nama kudapan tetapi cukup dengan nomor kode versinya, yaitu Android 10. Apa saja perbaikan dan fitur terbaru serta kelebihan-kelebihan di hp Android Q ini ?

Android 10 adalah versi rilis utama kesepuluh sekaligus urutan versi ke-17 dari OS Android sejak pertama kali Android diluncurkan. Pertanyaan tentang Android 10 kapan rilis telah terjawab ketika Google secara resmi mengumumkan Android 10 pada 3 September 2019.

Penamaan Android 10 namanya tidak lagi menggunakan nama penganan pencuci mulut atau manisan seperti Oreo untuk Android 8.0 atau Android Pie untuk versi Android 9.0. Google menyatakan mulai Android Q namanya hanya kode versinya saja, yaitu Android Q atau Android 10 saja.


penamaan dan fitur Android 10
Android 10

Ada alasan mengapa Android Q rilisnya tidak lagi menggunakan nama makanan. Menurut pihak Google, pemberian nama kode versi Android dengan nama kudapan tidak inklusif bagi pengguna internasional. Selain bukan karena makanan yang umum, penyebutannya juga terkesan sukar. Penyederhanaan penamaan Android dengan nama kode versinya saja bisa memberikan identitas nama jelas tentang versi Android itu sendiri sekaligus lebih intuitif bagi komunitas Android secara global.

Selain dari segi penamaan, Android Q atau Android 10 juga mengalami pembaruan ikon atau logo. Logo Android 10 berbeda dengan logo versi Android sebelumnya yaitu hanya setengah bagian kepala robot Android.

Android 10 beta pertama kali dirilis Google pada 13 Maret 2019 yang menjadi sistem operasi di hp Pixel dan Pixel XL. Dalam masa perpanjangan versi Beta Android Q hp Pixel 2 dan Pixel 2 XL turut merasakan fitur Android Q tersebut dengan jaminan pembaruan versi Android selama 3 tahun. Tercatat ada 6 versi Android Beta yang dirilis sebelum rilis resminya.

Fitur Utama Android 10 Q Serta Kelebihannya

Fitur-fitur terbaru di Android 10 mengalami peningkatan dan pembaruan dibandingkan fitur yang sudah ada sebelumnya di Android Pie. Pengalaman operasional versi Android 10 beta di hp Pixel, Pixel 2, Pixel XL, Pixel 2 XL, dan Huawei Mate 20 Pro serta Redmi K20 menunjukkan Android 10 fiturnya mengalami peningkatan dibandingkan versi sebelumnya. Pastinya fitur Android 10 akan memberikan pengalaman-pengalaman serta kesegaran baru bagi penggunanya. Fitur dan kelebihan Android 10 antara lain seperti berikut ini.

1. Fitur Dark Theme Android 10, Lebih Hemat Daya

fitur terbaru Android 10
Fitur Dark Theme, salah satu fitur unggulan yang dihadirkan Android 10

Fitur Dark Theme adalah salah satu fitur yang paling ditunggu oleh pencinta Android. Dark Theme diketahui lebih nyaman untuk mata, dan hemat baterai. Pengaturannya cukup mudah, cukup masuk melalui Quick Setting. Fitur terbaru Android 10 yang satu ini juga bisa langsung secara otomatis pada mode hemat baterai. Tapi kalau anda lebih suka tema lainnya, bisa kok melalui pengaturan pada Personalize Theme.

2. Fitur New Gesture Navigation, Navigasi Terbaru Dari Sisi Ke Sisi

Android 10 juga menghadirkan fitur New Gesture Navigation. Navigasi Back Button (tombol Back) tidak akan ditemukan di Android 10 dan diganti dengan cara swipe dari kiri atau kanan. Gestur navigasi terbaru ini punya level sensitivitas yang lebih baik daripada tombol Back. Selain itu navigasi swipe ini punya empat pilihan yang punya fungsi masing-masing. Fitur navigasi edge-to-edge ini sebenarnya sudah ada pada Android 9, namun masih terdapat tombol Back. Di Android 10 semuanya all in.

3. Fitur Focus Mode, Lebih Fokus Tanpa Gangguan Notifikasi Yang Tidak Penting

Fitur Focus Mode di Android 10 akan membuat konsentrasi pengguna saat menggunakan aplikasi lebih terjaga. Tak jarang orang terganggu dengan notifikasi-notifikasi yang muncul tiba-tiba saat sedang main game. Kini dengan Digital Wellbeing yang lebih disempurnakan dari versi sebelumnya memudahkan pengguna memilih mana aplikasi penting yang bisa memunculkan notifikasi.

4. Berbagi Lokasi ? Harus Melalui Izin Pengguna Dengan New Privacy & Security

Terkadang kita merasa heran bila tiba-tiba ada notifikasi aplikasi yang minta berbagi lokasi, atau ada aplikasi lain yang meminta masuk ke dalam sistem di hp Android kita entah itu foto, video, daftar kontak, hingga nomor rekening. Nah dengan fitur Security dan new Privacy semuanya harus melalui izin pengguna. Hebatnya fitur terbaru Privacy dan Security ini bisa diupdate.

5. Fitur Smart Reply, Balas Pesan Otomatis Untuk Semua Aplikasi Perpesanan dan Chatting

Fitur Smart Replay di Android 10 membuat penggunanya bisa membalas pesan baik SMS, atau chatting di Facebook Messenger, WhatsApp dan banyak lagi lainnya secara otomatis. Smart Reply ini menggunakan mesin pembelajaran yang bisa memberikan sugesti jawaban terhadap pesan yang masuk, sekaligus mengantisipasi kalimat atau tindakan yang akan disampaikan pengguna misalnya dengan emoji. Di mode perpesanan Android 10 bahkan merilis 65 emoji baru.

6. Internetan dan Sharing Lebih Cepat Di Android Q Dengan 5G

Google juga akan menghadirkan dukungan 5G untuk Android 10. Dengan hadirnya 5G akan membuat pengguna lebih cepat untuk berinteraksi, berbagi, bermain game dan lainnya. Hebatnya, Android 10 memudahkan penggunanya untuk berbagi koneksi tanpa password, cukup dengan scan QR code kamu langsung terkoneksi.

Daftar Smartphone Android 10 Terbaru

Smartphone terbaru Android Q
Oppo Reno, akan menggunakan Android 10

Hadirnya Android 10 memberikan pengaruh besar bagi produsen hp di dunia. Bahkan versi Android Q Beta saja beberapa merk hp kenamaan dunia sudah mencicipi fitur-fiturnya. Selain Pixel, Pixel 2, Pixel XL, Pixel 2 XL, Huawei Mate 20 Pro, hp Xiaomi Android 10 juga sudah muncul. Tidak lama lagi merk hp kenamaan lainnya akan segera menyusul.

HP Android 10 Google

Sebagai pemilik Android, Google 'mencicipkan' Android 10 di smartphone canggih besutannya. Smartphone Google yang merasakan Android 10 antara lain yaitu Google Pixel, Google Pixel XL, Google Pixel 2, serta Google Pixel 2 XL yang masih Android 10 beta dengan jaminan update minimal 3 tahun. Google Pixel 3, Google Pixel 3 XL, Google Pixel 3a, Google Pixel 3a XL juga akan menyusul menggunakan Android Q.

HP Xiaomi Android 10

Selain jajaran ponsel milik Google, beberapa ponsel Xiaomi juga sudah menggunakan Android Q antara lain Xiaomi Mi 9 dan Xiaomi Mi Mix 3 5G. Beberapa hp Xiaomi Android 10 akan menyusul yaitu Redmi Note 5 Pro, Redmi Note 6 Pro, Redmi Note 7 Pro, Note 7, Redmi 7, dan Redmi Y 3.

HP Vivo Android 10

Vivo juga tidak mau kalah dengan Google dan Xiaomi. Beberapa smartphone Vivo Android 10 segera akan dirilis antara lain yaitu Vivo X27, Vivo Nex S, dan Vivo Nex A.

Merk HP Android 10 Lainnya Yang Akan Segera Dirilis

Bukan cuma Google, Xiaomi, dan Vivo saja yang ngebet akan merilis HP Android 10. Informasinya ASUS akan merilis Asus Zenfone 5Z Android 10. Dari kompetitornyo LG juga akan menyusul merilis LG G8 Android 10. Tidak ketinggalan hp Sony Android Q yaitu Sony Xperia XZ3.

Merk hp Android 10 lainnya dari produsen kenamaan antara lain Nokia 8.1, Oppo Reno, Realme 3 Pro, Essential Phone, Techno Spark 3 Pro, serta OnePlus 6T akan segera menyusul.

Pastinya harga HP Android 10 akan sangat tinggi. Tertarik dengan Fitur Terbaru Android 10 ? Kumpulin duit dulu dari sekarang. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 Comments:

Write Comments
01 Oktober, 2019

pembahasan tentang urutan versi android bakalan gk habis-habis haha...baru kemarin versi oreo, sekarang udah keluar android 10.

avatar