Table of Content

Fitur & Kelebihan Zoom Aplikasi Meeting Online Paling Aman

Zoom adalah aplikasi komunikasi yang bisa digunakan untuk video meeting online di laptop dan smartphone dilengkapi fitur terbaru dan terupdate.

TeknoPlug.com - Aplikasi meeting online sudah umum digunakan seiring semakin canggihnya teknologi digital. Dengan aplikasi meeting online kegiatan pertemuan tetap bisa dilakukan tanpa bertatap muka.

Beragam aplikasi untuk mengikuti kelas online saat ini mudah ditemukan. Salah satu aplikasi meeting online terbaik yang bisa digunakan adalah Zoom Cloud Meeting atau aplikasi Zoom.

Mengenal Aplikasi Zoom

zoom cloud meeting

Aplikasi Zoom adalah aplikasi media komunikasi dan meeting online yang menyediakan fasilitas video gratis berkualitas HD dan berbagi layar selama daring.

Aplikasi Zoom memungkinkan semua pengguna perangkat telekomunikasi dapat berinteraksi secara jarak jauh, baik pegawai kantor maupun anggota keluarga melalui perangkat komputer (laptop dan PC), hp, tablet, maupun sistem komunikasi ruang.

Aplikasi Zoom umum digunakan untuk konferensi video atau konferensi audio, dan konferensi di web. Sering pula Zoom dipakai sebagai media untuk mengadakan seminar online (webinar).

Aplikasi Zoom Meeting saat ini digunakan oleh lebih dari 500.000 perusahaan pelanggan dan merupakan aplikasi teratas untuk tingkat kepuasaan pelanggan. Mungkin beberapa diantara anda bertanya-tanya aplikasi Zoom punya siapa.

Aplikasi Zoom Cloud Meeting dibuat dan dikembangkan di San Jose, California sejak tahun 2011 dan saat ini merupakan bagian dari Nasdaq.

Banyak pertanyaan yang muncul seputar aplikasi Zoom aman atau tidak belakangan ini sejak adanya fenomena Zoomboombing, dimana sejumlah pengguna mengklaim aplikasi Zoom curi data pribadi di perangkat. Ada juga yang menyatakan aplikasi Zoom dihack.

"Aplikasi Zoom tidak aman", demikian peringatan BNPT dan Kementerian Pertahanan RI beberapa waktu lalu sehingga melarang seluruh jajarannya memasang Zoom di hp dan laptop. CEO Zoom juga mengakui adanya ketidaknyamanan penggunanya dan berjanji akan melakukan perbaikan pada sistem keamanan Zoom.

Tapi jangan khawatir, Saat ini pihak pengembang telah melakukan sejumlah tindakan dengan merilis versi terbaru aplikasi Zoom yang aman, misalnya untuk belajar membuat aplikasi web di kelas online Harisenin.com.

Fitur Aplikasi Zoom Meeting

Sejumlah fitur dalam aplikasi Zoom meeting cukup mumpuni dalam mendukung digelarnya rapat online di PC dan smartphone. Fitur utama Zoom aplikasi meeting online antara lain yaitu :

  1. Android video meeting and screen sharing quality, dimana Zoom mendukung kegiatan meeting dengan kualitas video HD serta kemampuan berbagi layar di Android.
  2. Screen share directly from your Android device. Anda dapat berbagi layar secara langsung dari perangkat Android ke teman bicara.
  3. Screen share photos, web and Google Drive, Dropbox or Box files. Anda dapat membagikan file foto-file dokumentasi seperti foto, ataupun berbagi penyimpanan bersama seperti Google Drive.
  4. Send group text, images and audio from mobile and desktop. Pengguna dapat berkirim dan menerima pesan text, pesan gambar, maupun audio di perangkat mobile dan laptop.
  5. Contact availability status. Zoom memungkinkan pengguna melihat kontak pengguna lain dan statusnya saat ini.
  6. Easily invite phone, email or company contacts. Pengguna dapat mengundang akun, email, maupun nomor kontak pengguna lainnya.
  7. Join as interactive participant or view-only webinar attendee. Pengguna dapat bergabung menjadi peserta meeting ataupun sekedar menyaksikan rapat.
  8. Works over WiFi, 4G/LTE and 3G networks. Zoom dapat digunakan di perangkat dengan teknologi jaringan yang tersedia saat ini.
  9. Safe driving mode while on the road. Peserta dapat mengikuti rapat online meskipun sedang berkendara dengan mode safe driving, antara lain menggunakan alat tambahan seperti handset/earphone.
  10. Connect with anyone on Android, other mobile devices, Windows, Mac, iOS, ZoomPresence, H.323/SIP room systems, and telephones. Pengguna bisa terhubung dan melakukan konferensi video dengan pengguna lain yang menggunakan perangkat yang berbeda.
  11. One-On-One Video Call. Dengan fitur ini pengguna dapat melakukan video call satu lawan satu di perangkat.
  12. Meeting Group. Pengguna bisa terhubung dan berinteraksi dengan pengguna lainnya baik sebagai host maupun sebagai peserta. Di aplikasi ini memungkinkan hingga 1000 peserta dengan 49 layar.
  13. Virtual Background. Pengguna bisa mengganti latar background selama mengikuti webinar dan video conference.
  14. Touch Up My Apperance. Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan modifikasi wajah pada profil.
  15. Record a Video Call. Pengguna bisa merekam video rapat online dan dapat membagikannya secara langsung, ataupun diedit terlebih dahulu.

Untuk memperbaiki sistem keamanan, aplikasi Zoom terbaru telah dirilis dengan mengedepankan perbaikan pada security system yaitu Zoom Meeting versi 5.

Zoom Video Cloud Meeting versi 5 baru saja dirilis akhir April 2020 dan pengembang menyatakan Zoom versi 5.0 sebagai salah satu pilihan terbaik bagi pengguna yang membutuhkan aplikasi meeting online yang aman saat ini.

Berikut adalah fitur terbaru aplikasi Zoom Cloud Video Meeting:

  • Menggunakan algoritma Gaois Center Mode model AES 256-bit yang sudah terenkripsi sehingga pengguna lebih aman.
  • Memperlihatkan pusat data (data center) yang terhubung.
  • Dukungan untuk pengaturan disable Personal Meeting ID (PMI).
  • Melaporkan pengguna selama meeting.
  • Indikasi adanya pengguna lain.
  • Perlindungan terhadap percakapan bagi member.
  • Klik terhadap link pada chat meeting.

Dengan adanya sistem data terenkripsi membuat pengguna aplikasi Zoom Video Cloud Meetings lebih leluasa dan lebih nyaman dalam berinteraksi selama menggunakannya.

Baca Juga : Bluejeans, Aplikasi Video Meeting Untuk Belajar Online.

Kelebihan Aplikasi Zoom Gratis

Zoom Meeting memiliki banyak keunggulan sehingga digunakan oleh hampir semua kalangan. Bila menggunakan Zoom untuk tujuan jangka pendek atau sekedar dapat berkomunikasi untuk durasi singkat anda cukup memanfaatkan versi Zoom gratis.

Aplikasi Zoom gratis berapa lama durasinya ? Dari situs resmi Zoom diketahui bahwa aplikasi Zoom gratis 40 menit saja untuk meeting group. Bahkan untuk video call 1-on-1 durasinya unlimited. Namun bila anda menginginkan durasi yang lebih lama, alangkah baiknya berlangganan versi Zoom berbayar.

Keunggulan Aplikasi Zoom Berbayar

Kelebihan aplikasi Zoom berbayar antara lain jumlah peserta meeting dapat mencapai antara 500 hingga 1000 orang. Selain itu pengguna Zoom yang berbayar mendapat plus custom email dan domain. Durasinya juga lebih lama, hingga 24 jam.

Aplikasi Zoom versi berbayar sangat direkomendasikan buat para profesional atau perusahaan yang berkutat dengan bisnis jangka panjang daripada Zoom Video Cloud Meeting Free Version.

Pada Zoom versi berbayar ada banyak Add-on yang tidak dijumpai pada Zoom gratis. Misalnya Zoom Phone, Zoom Rooms, dan Additional Cloud Recording Storage yang berguna untuk menyimpan data hingga 3TB.

Baca Juga : Aplikasi Untuk Membuat Undangan Webinar Terbaik

Cara Berlangganan Aplikasi Zoom

Nah, bila anda atau perusahaan anda ingin menggunakan aplikasi Zoom berbayar ada sejumlah paket berlangganan yang bisa dipilih. Mulai dari paket Pro, Business, dan Enterprise. Harga mulai USD 19,99. Bila dikurskan 1 USD adalah Rp 14.678,00 (per 2 Mei 2020),maka setiap bulan anda membayar Rp 220.000,00 hingga Rp 294.000,00 (setelah pembulatan).

Jenis paket berbayar Zoom Video Cloud Meeting seperti gambar berikut ini.

zoom cloud meeting
Harga Berlangganan Aplikasi Zoom

Cara Berlangganan Zoom Meeting Pro

Berlangganan aplikasi Zoom caranya cukup mudah. Pada tab menu tertera Contact Sales. Klik menu tersebut, dan anda akan dibawa ke halaman dimana anda mesti mengisi formulir berlangganan.

Isi semua kolom pada formulir dengan benar, lalu tekan tombol Submit. Sebelum berlangganan, cobalah meminta demonya. Cukup klik Request a Demo.

Untuk mengupgrade versi gratis aplikasi Zoom Meeting ke versi pro, langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut :

  1. Pada browser PC atau Mac anda buka situs resmi Zoom di alamat https://zoom.us.
  2. Pada homepage, klik "My Account" di sebelah kanan atas bagian sudut.
  3. Setelah itu anda akan dibawa ke halaman yang berisi pengaturan paket, lalu klik "Manage Account". Letaknya di bawah "Admin".
  4. Setelah itu klik "Penagihan", disni anda bisa memilih level akun yang diinginkan.
  5. Pilih Zoom versi Pro.
  6. Selanjutnya pilih "Upgrade Account", anda akan dibawa ke halaman yang menguraikan detil paketnya.
  7. Geser sampai ke bawah dan temukan tombol "Continue" lalu klik tombol itu. Anda akan dibawa ke halaman dimana anda akan mengisi data pelanggan untuk penagihan.
  8. Isi semua kolom nama, nomor telepon, email, alamat perusahaan.
  9. Isi metode pembayaran, dan isi centang kotak privasi dan klik "Upgrade Now".
  10. Selanjutnya anda akan dibawa ke halaman rangkuman dimana anda berkesempatan meninjau kembali data-data, khususnya "tagih kepada anda" dan informasi "dijual ke anda".
  11. Kemudian klik tombol Upgrade Now untuk menyelesaikan pembelian/peningkatan akun.

Pastikan anda memperoleh informasi-informasi tentang akun Zoom anda di email yang didaftarkan sebelumnya.

Baca Juga: Pentingnya Video Untuk Kelas Digital

Cara Pembayaran Zoom Versi Pro

Ada berbagai metode pembayaran berlangganan aplikasi Zoom berbayar, antara lain dengan kartu kredit dan Paypal. Nah karena pembayarannya menggunakan mata uang US Dollar anda bisa menggunakan jasa pembayaran Zoom Meeting.

Baca Juga : Cara Download dan Menggunakan Aplikasi Zoom Meeting

Saat ini Zoom Video Cloud Meeting dapat digunakan di banyak perangkat, antara lain laptop Windows hingga Mac, dan ponsel Android maupun iPhone.

Suka Teknologi