Daftar Fitur Aplikasi Zoom Untuk Meeting Online & Kelebihannya

Fitur lengkap serta kelebihan aplikasi Zoom video meeting gratis dan berbayar untuk menunjang meeting online berjalan lancar.
Meeting online menggunakan aplikasi Zoom kini semakin sering dilakukan seiring berubahnya pola interaksi sosial akibat pandemi Covid. Fitur aplikasi Zoom diyakini mampu memenuhi berbagai kebutuhan selama belajar mengajar maupun rapat online di kantor.

Aplikasi Zoom Meeting

upgrade akun zoom gratis ke versi berbayar
Aplikasi Zoom video meeting aplikasi media komunikasi dan meeting online yang menyediakan fasilitas video gratis berkualitas HD dan berbagi layar selama daring. Aplikasi ini umum digunakan untuk konferensi video atau konferensi audio, dan konferensi di web. Sering pula Zoom dipakai sebagai media untuk mengadakan seminar online (webinar).

Aplikasi Zoom Meeting saat ini digunakan oleh lebih dari 500.000 perusahaan pelanggan dan merupakan aplikasi teratas untuk tingkat kepuasaan pelanggan.

Mungkin beberapa diantara anda bertanya-tanya aplikasi Zoom punya siapa.

Aplikasi Zoom Cloud Meeting dibuat dan dikembangkan di San Jose, California sejak tahun 2011 dan saat ini merupakan bagian dari Nasdaq.

Aplikasi Zoom memungkinkan semua pengguna perangkat telekomunikasi dapat berinteraksi secara jarak jauh, baik pegawai kantor maupun anggota keluarga melalui perangkat komputer (laptop dan PC), hp, tablet, maupun sistem komunikasi ruang.

Apakah Aplikasi Zoom Berbahaya ?

Banyak pertanyaan yang muncul seputar aplikasi Zoom aman atau tidak belakangan ini sejak adanya fenomena Zoomboombing, dimana sejumlah pengguna mengklaim aplikasi Zoom curi data pribadi di perangkat. Ada juga yang menyatakan aplikasi Zoom dihack.

"Aplikasi Zoom tidak aman", demikian peringatan BNPT dan Kementerian Pertahanan RI beberapa waktu lalu sehingga melarang seluruh jajarannya memasang Zoom di hp dan laptop. CEO Zoom juga mengakui adanya ketidaknyamanan penggunanya dan berjanji akan melakukan perbaikan pada sistem keamanan Zoom.

Tapi jangan khawatir, Saat ini pihak pengembang telah melakukan sejumlah tindakan dengan merilis versi terbaru aplikasi Zoom yang aman.

Fitur Aplikasi Zoom Meeting

Sejumlah fitur dalam aplikasi Zoom meeting cukup mumpuni dalam mendukung digelarnya rapat online di PC dan smartphone. Fitur utama Zoom aplikasi meeting online antara lain yaitu :
  1. Android video meeting and screen sharing quality, dimana Zoom mendukung kegiatan meeting dengan kualitas video HD serta kemampuan berbagi layar di Android.
  2. Screen share directly from your Android device. Anda dapat berbagi layar secara langsung dari perangkat Android ke teman bicara.
  3. Screen share photos, web and Google Drive, Dropbox or Box files. Anda dapat membagikan file foto-file dokumentasi seperti foto, ataupun berbagi penyimpanan bersama seperti Google Drive.
  4. Send group text, images and audio from mobile and desktop. Pengguna dapat berkirim dan menerima pesan text, pesan gambar, maupun audio di perangkat mobile dan laptop.
  5. Contact availability status. Zoom memungkinkan pengguna melihat kontak pengguna lain dan statusnya saat ini.
  6. Easily invite phone, email or company contacts. Pengguna dapat mengundang akun, email, maupun nomor kontak pengguna lainnya.
  7. Join as interactive participant or view-only webinar attendee. Pengguna dapat bergabung menjadi peserta meeting ataupun sekedar menyaksikan rapat.
  8. Works over WiFi, 4G/LTE and 3G networks. Zoom dapat digunakan di perangkat dengan teknologi jaringan yang tersedia saat ini.
  9. Safe driving mode while on the road. Peserta dapat mengikuti rapat online meskipun sedang berkendara dengan mode safe driving, antara lain menggunakan alat tambahan seperti handset/earphone.
  10. Connect with anyone on Android, other mobile devices, Windows, Mac, iOS, ZoomPresence, H.323/SIP room systems, and telephones. Pengguna bisa terhubung dan melakukan konferensi video dengan pengguna lain yang menggunakan perangkat yang berbeda.
  11. One-On-One Video Call. Dengan fitur ini pengguna dapat melakukan video call satu lawan satu di perangkat.
  12. Meeting Group. Pengguna bisa terhubung dan berinteraksi dengan pengguna lainnya baik sebagai host maupun sebagai peserta. Di aplikasi ini memungkinkan hingga 1000 peserta dengan 49 layar.
  13. Virtual Background. Pengguna bisa mengganti latar background selama mengikuti webinar dan video conference.
  14. Touch Up My Apperance. Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan modifikasi wajah pada profil.
  15. Record a Video Call. Pengguna bisa merekam video rapat online dan dapat membagikannya secara langsung, ataupun diedit terlebih dahulu.

Fitur Terbaru Zoom Cloud Meetings

Untuk memperbaiki sistem keamanan, aplikasi Zoom terbaru telah dirilis dengan mengedepankan perbaikan pada security system yaitu Zoom Meeting versi 5.

Zoom Video Cloud Meeting versi 5 baru saja dirilis akhir April 2020 dan pengembang menyatakan Zoom versi 5.0 sebagai salah satu pilihan terbaik bagi pengguna yang membutuhkan aplikasi meeting online yang aman saat ini.

Berikut adalah fitur terbaru aplikasi Zoom Cloud Video Meeting:
  • Menggunakan algoritma Gaois Center Mode model AES 256-bit yang sudah terenkripsi sehingga pengguna lebih aman.
  • Memperlihatkan pusat data (data center) yang terhubung.
  • Dukungan untuk pengaturan disable Personal Meeting ID (PMI).
  • Melaporkan pengguna selama meeting.
  • Indikasi adanya pengguna lain.
  • Perlindungan terhadap percakapan bagi member.
  • Klik terhadap link pada chat meeting.
Dengan adanya sistem data terenkripsi membuat pengguna aplikasi Zoom Video Cloud Meetings lebih leluasa dan lebih nyaman dalam berinteraksi selama menggunakannya.

Baca Juga : Bluejeans, Aplikasi Video Meeting Untuk Belajar Online.

Kelebihan Aplikasi Zoom Gratis Dan Aplikasi Zoom Berbayar

Apakah aplikasi Zoom berbayar ? Ya, tapi hanya bila anda menginginkannya untuk tujuan jangka panjang atau memang perusahan anda mewajibkannya.

Namun bila anda menggunakan Zoom untuk tujuan jangka pendek atau sekedar dapat berkomunikasi untuk durasi singkat versi Zoom gratis sudah sangat bagus. Saat ini memang sangat banyak aplikasi meeting online yang gratis, salah satunya yaitu Zoom.

  • Aplikasi Zoom Gratis

Dengan aplikasi Zoom gratis anda sudah bisa menikmati berbagai fitur menarik di dalamnya. Dan pastinya anda masih bisa ikut rapat online meskipun menggunakan aplikasi meeting online gratis seperti Zoom.

Aplikasi Zoom gratis berapa lama durasinya ? Dari situs resmi Zoom diketahui bahwa aplikasi Zoom gratis 40 menit saja untuk meeting group. Bahkan untuk video call 1-on-1 durasinya unlimited. Namun bila anda menginginkan durasi yang lebih lama, alangkah baiknya berlangganan versi Zoom berbayar.

  • Aplikasi Zoom Berbayar

Aplikasi Zoom versi berbayar sangat direkomendasikan buat para profesional atau perusahaan yang berkutat dengan bisnis jangka panjang. Dibandingkan Zoom Video Cloud Meeting Free Version, tentu saja aplikasi Zoom yang berbayar punya banyak kelebihan.

Kelebihan aplikasi Zoom berbayar antara lain jumlah peserta meeting dapat mencapai antara 500 hingga 1000 orang. Selain itu pengguna Zoom yang berbayar mendapat plus custom email dan domain. Durasinya juga lebih lama, hingga 24 jam.

Terdapat sejumlah Add-on yang tidak dijumpai pada Zoom gratis, misalnya Zoom Phone, Zoom Rooms, dan Additional Cloud Recording Storage yang berguna untuk menyimpan data hingga 3TB.

Berlangganan Aplikasi Zoom

Nah, bila anda atau perusahaan anda ingin menggunakan aplikasi Zoom berbayar ada sejumlah paket berlangganan yang bisa dipilih. Mulai dari paket Pro, Business, dan Enterprise. Harga mulai USD 19,99. Bila dikurskan 1 USD adalah Rp 14.678,00 (per 2 Mei 2020),maka setiap bulan anda membayar Rp 220.000,00 hingga Rp 294.000,00 (setelah pembulatan).

Jenis paket berbayar Zoom Video Cloud Meeting seperti gambar berikut ini.

Harga Berlangganan Aplikasi Zoom

Cara Berlangganan Zoom Meeting (Ugrade Aplikasi Zoom Gratis ke Pro)

Untuk berlangganan aplikasi Zoom caranya cukup mudah. Pada tab menu tertera Contact Sales. Klik menu tersebut, dan anda akan dibawa ke halaman dimana anda mesti mengisi formulir berlangganan.

Isi semua kolom pada formulir dengan benar, lalu tekan tombol Submit.

Sebelum berlangganan, cobalah untuk meminta demonya. Cukup klik Request a Demo.

Untuk mengupgrade versi gratis aplikasi Zoom Meeting ke versi pro, langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut :
  1. Pada browser PC atau Mac anda buka situs resmi Zoom di alamat https://zoom.us.
  2. Pada homepage, klik "My Account" di sebelah kanan atas bagian sudut.
  3. Setelah itu anda akan dibawa ke halaman yang berisi pengaturan paket, lalu klik "Manage Account". Letaknya di bawah "Admin".
  4. Setelah itu klik "Penagihan", disni anda bisa memilih level akun yang diinginkan.
  5. Pilih versi Pro.
  6. Selanjutnya pilih "Upgrade Account", anda akan dibawa ke halaman yang menguraikan detil paketnya.
  7. Geser sampai ke bawah dan temukan tombol "Continue" lalu klik tombol itu. Anda akan dibawa ke halaman dimana anda akan mengisi data pelanggan untuk penagihan.
  8. Isi semua kolom nama, nomor telepon, email, alamat perusahaan.
  9. Isi metode pembayaran, dan isi centang kotak privasi dan klik "Upgrade Now".
  10. Selanjutnya anda akan dibawa ke halaman rangkuman dimana anda berkesempatan meninjau kembali data-data, khususnya "tagih kepada anda" dan informasi "dijual ke anda".
  11. Kemudian klik tombol Upgrade Now untuk menyelesaikan pembelian/peningkatan akun.
Selanjutnya pastikan anda memperoleh informasi-informasi tentang akun Zoom anda di email yang didaftarkan sebelumnya.

Cara Pembayaran Zoom Versi Pro (Aplikasi Zoom Berbayar)

Ada berbagai metode pembayaran berlangganan aplikasi Zoom berbayar, antara lain dengan kartu kredit dan Paypal. Nah karena pembayarannya menggunakan mata uang US Dollar anda bisa menggunakan jasa pembayaran Zoom Meeting.

Bagaimana Men-Download Aplikasi Zoom Meeting

Cara download aplikasi Zoom Meeting cukup mudah. Yang perlu kamu sediakan sebelum download aplikasi Zoom Cloud Meeting adalah koneksi internet, laptop, atau hp Android/iPhone.

Saat ini Zoom Video Cloud Meeting dapat digunakan di banyak perangkat, antara lain laptop Windows hingga Mac, dan ponsel Android maupun iPhone.

Selengkapnya ikuti tutorial Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meeting di Laptop dan HP.

Kesimpulan

Untuk aplikasi meeting online, rapat online, atau video call Zoom versi 5.0 adalah aplikasi Zoom yang aman. Bila anda mengikuti dengan benar urutan langkah-langkah Cara Download, Cara Instal, Dan Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Meeting pastinya anda akan lancar dan nyaman mengikuti meeting online.

Anda mungkin menyukai postingan ini

3 komentar

  1. bisotisme.com
    File lengkap banget ulsannya 👍👍👍
  2. Khoerul Mustofa
    Waduh... Bagus bgt ini pembahasannya.. sampai kyknya susah buat nanya :v
  3. LautanIT
    Keren banget ulasannya, lengkap. Untuk keamanan pernah diulas oleh pak Onno W Purbo, kata beliau kasus aman tidaknya Zoom hanya terjadi skala kecil, dan itupun karena Zoom korban tidak diupdate
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>