Table of Content

7 Aplikasi Portal Berita Terupdate dan Tepercaya, Terbaik Untuk Baca Berita

Rekomendasi aplikasi portal berita online terupdate dan terpercaya. Dapatkan info terbaru dari aplikasi berita terbaik untuk baca berita.

Platform berita online yang ada saat ini menyebabkan informasi semakin mudah diperoleh. Orang bisa membaca artikel berita online maupun menyaksikan berita video dari portal berita yang bisa diakses melalui browser maupun aplikasi berita di smartphone.

Ada banyak aplikasi portal berita online agar kamu bisa mendapatkan beragam topik mancanegara maupun Tanah Air dari gadgetmu. Mulai berita politik, teknologi, olahraga, keuangan, hingga selebriti.

Namun mungkin kamu bingung memilih apa aplikasi berita online untuk digunakan sebagai aplikasi harian di gadgetmu. Dalam artikel ini kami telah menyusun daftar aplikasi berita online terlengkap.

Memilih Aplikasi Portal Berita Online

aplikasi berita online
Rekomendasi portal berita online terbaik, terupdate dan terpercaya

Sebelum memasang aplikasi berita di smartphone, ada baiknya kamu mengetahui berbagai jenis aplikasi portal berita sesuai kategori topik informasi yang diberitakan dan porsinya. Hal ini perlu diketahui mengingat pembaca berita memiliki selera yang berbeda sehingga topik informasi yang dicari juga tidak sama.

Aplikasi Berita Terupdate

Informasi yang diberitakan pada beberapa waktu terdahulu seringkali tidak relevan dengan keadaan sekarang sehingga banyak orang membutuhkan update dari informasi tersebut. Bila kamu adalah seseorang yang suka mengetahui perkembangan dari berita sebelumnya, maka aplikasi berita terupdate adalah aplikasi yang berguna untuk itu.

Aplikasi Berita Nasional dan Daerah

Tidak semua orang tertarik membaca berita di luar isu dan topik yang sedang hangat di Tanah Air, misalnya berita Pemilu atau info kenaikan BBM. Isu ini lebih menarik karena adanya potensi dampak isu nasional terhadap daerah, sehingga aplikasi berita nasional maupun portal berita daerah sangat cocok dipasang di gadget.

Aplikasi Berita Internasional

Tidak sedikit pengguna gadget mencari informasi tentang banyak hal dari mancanegara. Ada banyak topik dari luar negeri yang sering diburu karena menjadi inspirasi bagi pembaca di tanah air, sehingga aplikasi berita mancanegara sebaiknya dipasang.

Aplikasi Berita Teknologi

Aplikasi berita teknologi adalah aplikasi berita online yang lebih fokus menyampaikan informasi dan tutorial seputar teknologi dengan beragam sub topik mulai internet, komputer, hingga aplikasi smartphone. Banyak orang menggunakan aplikasi berita teknologi mengingat teknologi selalu berkembang dan sangat mempengaruhi gaya hidup manusia.

Aplikasi Berita Bisnis

Bagi pelaku bisnis atau investor, informasi bisnis terkini adalah topik paling ditunggu. Hal ini cukup beralasan karena isu-isu bisnis, kebijakan ekonomi, dan trend bisnis saat ini memiliki pengaruh terhadap kebijakan bisnis dan pengelolaan investasi sehingga aplikasi berita bisnis dan aplikasi berita saham bisa menjadi solusi untuk memperoleh informasi.

Aplikasi Berita Sepakbola

Selain berita nasional, berita internasional, dan berita teknologi, umumnya pengguna gadget sering mencari topik tentang sepakbola dunia maupun informasi sepakbola nasional. Informasi yang dicari sangat beragam, mulai jadwal pertandingan liga, aplikasi streaming bola, hingga berita transfer pemain.

Mengapa Memilih Aplikasi Berita Terupdate dan Terpercaya

Aplikasi berita terupdate dan terpercaya sangat penting bagi pengguna gadget agar memperoleh informasi sesuai fakta dan sumber informasi yang jelas.

Menurut survey Katadata Insight Center (KIC) bersama Kemenkominfo RI, ada 11,9 % responden yang mengakui bahwa telah menyebarkan informasi hoax di tahun 2021.

Sementara menurut hasil survey Digital News Report 2022 yang dilakukan Reuters Institute bersama Universitas Oxford di 46 negara tentang pola konsumsi berita dan pasar digital secara global, 68 % masyarakat justru memperoleh informasi dari media sosial dimana tingkat kepercayaan terhadap media (media elektronik, media cetak, media berita online) relatif rendah dengan 39 persen.

Pada survey terbaru yang dilakukan Edelman Trust Barometer di 28 negara, tingkat kepercayaan terhadap media di Indonesia pada tahun 2023 adalah 72% dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Ini artinya masyarakat sudah lebih cerdas memilih platform berita. Salah satunya yaitu melalui literasi tentang portal berita online yang terupdate dan terpercaya, serta bebas dari kepentingan kelompok.

Lalu apa aplikasi berita terbaik dengan pemberitaan yang selalu update dan sumber yang bisa ?

Rekomendasi Aplikasi Berita Terbaik, Terupdate dan Terpercaya

Aplikasi berita berikut ini merupakan aplikasi berita terupdate dan terpercaya yang bisa kamu jadikan bahan bacaan setiap hari, legal dan terdaftar di KPI (Komisi Penyiaran Indonesia - kpi.go.id).

CNN Indonesia

CNN Indonesia adalah aplikasi portal berita online terbaik yang terupdate dan terpercaya untuk kamu baca tiap hari. Aplikasi baca berita yang satu ini merupakan platform berita online besutan CNN, sebuah media berita televisi kenamaan asal Amerika Serikat.

Sebagai sebuah portal berita terbaik, memiliki beberapa kelebihan antara lain beritanya selalu uptodate, sumber yang kredibel, serta menyediakan berbagai pilihan topik antara lain berita internasional, berita nasional, berita sepakbola, berita teknologi, hingga berita lifestyle.

Aplikasi CNN Indonesia telah menyediakan fitur notifikasi agar pengguna gadget mendapatkan pemberitahuan berita terbaru yang dirilis, dan terhubung ke berbagai sosial media. Selain itu kamu bisa menikmati berbagai berita video seperti Live TV maupun dokumentasi video berita Youtube melalui channel CNN Indonesia.

Detikcom

Portal berita online terupdate dan terpercaya berikutnya yang bisa dijadikan aplikasi berita terbaik untuk baca berita sehari-hari adalah Detikcom. Salah satu aplikasi berita terbaik di Indonesia milik Transmedia ini tergolong aplikasi berita terlengkap.

Beberapa kelebihan Detikcom antara lain tidak hanya menyajikan berita Indonesia dan luar negeri terbaru dan terkini setiap hari melalui kanal DetikNews, tapi juga berita kesehatan (DetikHealth), berita otomotif (DetikOto), berita sepakbola (DetikBola), hingga berita investigasi (detikX).

Agar lebih dekat dengan pembaca, Detik juga menyediakan fitur bernama DetiForum dimana pembaca bisa berinteraksi dan memberikan komentar pada thread yang juga dibuat oleh pembaca.

Kompas.Com

Aplikasi berita terbaik selain Detikcom adalah Kompas, yaitu sebuah media berita online re-branding dari media cetak dan portal online Kompas Online (kompas.co.id dan kompas.com) pada tahun 2008 di bawah PT. Kompas Cyber Media. Model pemberitaan portal berita selanjutnya berkembang lewat versi mobile, bahkan saat ini juga melalui siaran televisi (Kompas TV).

Aplikasi portal berita online Kompas tidak hanya memiliki keunggulan pada berita yang selalu update namun juga dari sumber terpercaya. Selain itu aplikasi berita milik Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group) ini menyajikan beragam topik dan kategori berita nasional, regional, hingga internasional yang bisa diakses setiap saat.

Pembaca juga bisa memperoleh informasi berita seputar Sains, Edukasi, berita Olahraga, Ekonomi, Bola, Tekno, berita Otomotif, Entertainment, Health, berita Lifestyle, hingga berita foto dan berita video.

Liputan6

Aplikasi berita terbaik dan terpercaya yang juga sangat direkomendasikan untuk dipasang di smartphone yaitu Liputan6.com. Portal berita dibawah manajemen PT Liputan Enam Dot Com ini selain merupakan aplikasi portal berita berbasis web, juga bisa dipasang di berbagai platform perangkat seperti Android dan iPhone.

Aplikasi berita online Liputan6 menyajikan beragam berita dan artikel dalam rubrik News, Pilkada, berita Showbiz, berita Bola, berita Foto, berita Video, informasi seputar Fashion & Beauty, Lifestyle, Otomotif, Properti, Teknologi, hingga berita manca negara.

Berita di aplikasi Liputan6.com juga bisa kalian baca melalui berbagai media sosial resmi milik Liputan6 seperti facebook, Twitter, Google Plus, Instagram, Youtube, dan Vidio (portal video sejenis Youtube).

MetroTV

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi berikut aneka perangkatnya membuat informasi melimpah ruah. Bagi pembaca, membanjirnya informasi tentu memudahkan mereka mendapatkan aneka hal yang dibutuhkan. Dari peristiwa yang tengah terjadi hingga pelbagai kebutuhan personal. Salah satunya yaitu melalui aplikasi MetroTV News.

MetroTV, yang awal berdirinya berplatform berita TV tahun 1999 lalu lewat PT. Media Televisi Indonesia (Media Group), sejak tahun 2000 hadir 24 jam. Kini melalui versi situs portal berita dan video di metrotvnews.com. MetroTV News aplikasi berita terbaik Android 2022 ini kamu bisa memperoleh aneka rubrik dan topik berita online terbaru seperti Berita Internasional, Ekonomi, Bola, Berita Olahraga, Teknologi, Informasi Otomatif, serta Berita Hiburan lewat ini. Selain itu kamu bisa menyaksikan berbagai video dan mengakses Breaking News serta Live TV.

Kumparan

Kumparan adalah aplikasi berita online berbasis web yang unik dan sedikit antimainstream, karena selain beritanya dibuat oleh jurnalis dan reporter Kumparan sendiri, ternyata ada 5.000+ Verified Content Creator yang bisa memproduksi lebih dari 1000 konten artikel, foto, maupun video setiap harinya, serta melibatkan lebih dari 21.600 mitra komunitas.

Itu berarti jumlah konten berita untuk seluruh kategori dan topik yang diproduksi Kumparan jauh lebih banyak dibandingkan media berita online nasional manapun di Indonesia. Dan tentu saja konten-konten di Kumparan adalah konten terupdate.

Selain sebagai aplikasi untuk baca berita, Kumparan juga bisa kamu jadikan aplikasi berita penghasil uang karena Kumparan menyediakan fitur kolaborasi dimana kamu bisa mengirimkan artikel. Setiap artikel yang terverifikasi dan ditayangkan, maka kamu akan mendapatkan uang.

Merdeka

Aplikasi berita online terbaik yang terupdate dan terpercaya terakhir dalam daftar ini adalah Merdeka, yaitu sebuah portal berita yang lebih dulu dikenal sebagai perusahaan teknologi bukan sebagai media berita.

Merdeka menyajikan beragam topik berita daerah, nasional, maupun internasional terupdate yang bisa dipercaya. Di aplikasi baca berita yang satu ini kamu juga bisa memperoleh berita Olahraga, berita Selebriti, hingga berita foto dan berita video.

Salah satu kanal menarik di media berita online besutan Kapanlagi Network ini adalah Cek Fakta, yang menghadirkan berita berdasarkan investigasi dan penelusuran langsung ke sumbernya.

Selain itu Merdeka menyediakan kanal Planet Merdeka, dimana pembaca bisa menyumbangkan artikel fakta, trending, maupun opini. Bahkan bisa dikatakan Planet Merdeka merupakan situs berita online khusus yang ditulis oleh pembaca. Bila sesuai dengan kriteria, artikel kamu akan ditayangkan di media utama Merdeka. Nah, Planet Merdeka juga sangat cocok buat para blogger untuk mendapatkan backlink, karena kamu bisa menulis artikel dan menautkan link dari situs pribadi.

Baca Juga : Hadapi Era Digital Dengan Berita Teknologi Terupdate Dari Androbuntu.

Nah, itulah daftar rekomendasi aplikasi berita terbaik buat kamu yang ingin mendapatkan update berita terbaru dan terpercaya.

Suka Teknologi