Table of Content

Mengenal Android 14: Release Date dan Fitur-Fiturnya

Android 14 adalah rilis utama keempat belas dan versi ke-21 dari sistem operasi seluler Android, dan menghadirkan lebih banyak opsi penyesuaian.

Android 14 adalah rilis utama keempat belas dan versi ke-21 dari sistem operasi seluler Android, yang dirilis Oktober 2023. Versi ini diumumkan ke Pratinjau Pengembang pada 8 Februari 2023, kemudian ada Pratinjau Pengembang 2, yang dirilis ke pengembang pada 8 Maret 2023.

Android 14 versi stabil dirilis Google pada tanggal 4 Oktober 2023. Ponsel pertama yang menerima pembaruan adalah Pixel, disusul kemudian oleh smartphone dari OEM Android lainnya.

Pemilik Pixel sekarang dapat menginstal perangkat lunak baru di ponsel mereka menggunakan panduan instalasi Android 14. Mari kita lihat apa yang baru di Android 14 dan lihat semua fitur Android 14 terbaik yang perlu diketahui sejauh ini.

Mengenal Apa Itu Android 14 dan Release Date

android 14

Google biasanya menamai versi Android-nya dengan nama manisan Sebelum Android 10, termasuk Android 2 Gingerbread, Android 7 Nougat, Android 8 Oreo, dan Android 9 Pie.

Meskipun Saat ini Google hanya terpaku pada nomor versi saja, namun, secara internal Google masih menggunakan nama makanan penutup pada Android 14, yaitu Upside Down Cake. Sehingga Android 14 juga dikenal dengan Android Upside Down Cake.

Baca Juga: Urutan Versi Android Dari Lama Hingga Terbaru

Google telah memulai peluncuran stabil Android 14 bersamaan dengan peluncuran seri Pixel 8. Pembaruan juga akan menjangkau perangkat Pixel 4a 5G dan yang lebih baru, termasuk Tablet Pixel secara bersamaan.

Namun, OEM (Original Equipment Manufacturer) sering kali membutuhkan waktu lebih lama untuk merilis versi Android baru, karena Samsung dan Xiaomi harus terlebih dahulu menyesuaikannya dengan perangkat lunak mereka sendiri.

Sejumlah smarthone dari Samsung, iQOO, Nothing, OnePlus, OPPO, Realme, Sharp, Sony, Tecno, vivo, dan Xiaomi, selanjutnya akan menggunakan Android 14 di akhir tahun ini.

Perubahan, Penyesuaian, dan Pembaruan Fitur Android 14

Android 14, oleh Google, membawa sejumlah perubahan serta fitur-fitur baru, antara lain pada aksesbilitas, privacy, serta keamanan pengguna. Berikut adalah sejumlah fitur dan perubahan yang hadir dalam Android 14.

Fitur Aksesibilitas Android 14

Google telah melakukan pekerjaan dengan baik selama bertahun-tahun dalam menerapkan fitur aksesibilitas. Misalnya memperkenalkan mode membaca baru untuk pengguna tunanetra, dukungan tampilan braille asli, dan deskripsi audio di Android 13.

Sementara itu, juga telah menghadirkan kemampuan untuk mengontrol layar dengan gerakan wajah, dan peningkatan pembesaran layar pada Android 12.

Font Menjadi Lebih Besar

Android sudah lama mendukung font berukuran besar, namun bagaimana jika opsi terbesar tidak cukup besar untuk Anda? Nah, pada Android 14 salah satu fitur terbesar yang akan ditemukan penggunanya adalah ukuran font yang lebih besar.

Google secara khusus mencatat bahwa pengguna kini dapat meningkatkan ukuran font hingga 200% di Android 14 versus Android 13, yang mencapai 130% di Pixel.

Menariknya, perusahaan mengatakan mereka juga akan menggunakan penskalaan font non-linier sehingga teks yang sudah besar tidak akan mengalami peningkatan ukuran lebih lanjut. Misalnya, ukuran judul mungkin tidak bertambah, namun teks yang lebih kecil di bawah judul dapat bertambah besar.

Notifikasi Kedip

Jika Anda mengalami gangguan pendengaran, Android 14 memungkinkan Anda melihat notifikasi dengan menggunakan flash kamera dan layar untuk menyala. Anda dapat mengubah pengaturan ini di bagian Aksesibilitas.

Pilihan Anda adalah menyalakan lampu kilat kamera, lampu kilat layar, atau keduanya secara bersamaan. Dengan tampilan flash, Anda juga bisa memilih warna flash yang bagus.

Namun, Anda tidak dapat mengubah cara terjadinya kilatan (denyut, kilat, gelombang, dll.) dan tidak dapat membuat penyesuaian per aplikasi. Fitur ini "aktif” atau “nonaktif".

Perbaikan Terkait Bahasa

Android 14 juga menghadirkan perubahan terkait bahasa, misalnya dukungan yang lebih baik untuk bahasa berdasarkan melalui Grammatical Inflection API.

Perubahan terkait bahasa lainnya adalah pengembang kini dapat memanfaatkan kontrol bahasa per aplikasi yang lebih terperinci. Kontrol ini memungkinkan pengembang aplikasi dapat “menyesuaikan daftar bahasa setiap wilayah, menjalankan eksperimen A/B, dan menyediakan lokal yang diperbarui jika aplikasi Anda menggunakan dorongan lokalisasi sisi server.

Preferensi Daerah

Jika Anda orang Eropa yang tinggal di AS, Anda mungkin ingin menggunakan pengukuran, kalender, dan sistem gaya Euro lainnya. Dengan Android 14, hal itu menjadi mungkin. Anda dapat membuat satuan suhu Celcius dan menjadikan hari pertama dalam minggu itu Senin, misalnya.

Fitur dan penyesuaian Baterai Android 14

Android 14 menghadirkan beragam perubahan dalam upaya meningkatkan masa pakai baterai . Meksipun tidak ada hal besar seperti Mode Istirahatkan Android Marshmallow atau penghemat baterai yang ekstrem, namun perubahan tersembunyi ini akan menghasilkan penghematan besar.

Bagaimana Google Mengutak-atik Cara Kerja Android

Sebagai permulaan, Google mengubah dua API Android (layanan latar depan dan penjadwal pekerjaan) dengan tujuan meningkatkan efisiensi untuk tugas-tugas seperti aktivitas latar belakang dan mengunduh file besar.

"Pekerjaan transfer data yang diprakarsai pengguna akan membuat pengelolaan pengunduhan dan pengunggahan yang diprakarsai pengguna menjadi lebih mudah, terutama ketika memerlukan batasan seperti pengunduhan hanya melalui Wi-Fi," kata Google tentang penyesuaiannya terkait pengunduhan/pengunggahan file.

Izin Baru Untuk Alarm

Google menerapkan izin "schedule exact alarm" atau"jadwalkan alarm yang tepat", yang mewajibkan semua aplikasi yang baru dipasang selain jam atau kalender untuk meminta izin ini dari pengguna.

Perusahaan menjelaskan penambahan ini dengan mengatakan bahwa fungsi alarm yang tepat dapat memengaruhi masa pakai baterai dan sumber daya lainnya.

Kembalinya Fitur Screen Time Since Last Charge

Salah satu hal menarik dalam Android 14 adalah kembalinya fitur yang familiar yaitu fitur "screen time since last full charge" atau "waktu layar sejak pengisian daya penuh terakhir".

Opsi ini kembali ada di menu pengaturan baterai setelah disembunyikan di Android 12 demi penggunaan baterai ponsel selama 24 jam terakhir. Opsi pengembalian ini berguna jika pengguna menginginkan gambaran yang lebih akurat tentang berapa lama ponsel bias bertahan.

Informasi Baterai Baru

Android 14 memungkinkan pengguna dapat melihat informasi baterai baru seperti tanggal pembuatan dan jumlah siklus. Infonya dapat ditemukan di Pengaturan > Tentang Ponsel > Informasi Baterai. Namun, ini mungkin tidak ditampilkan di semua ponsel.

Fitur privasi dan keamanan Android 14

Android 14 memiliki banyak sekali fitur terkait privasi dan keamanan. Kamu akan bisa melihat semua perubahan signifikan, beberapa di antaranya justru bisa menimbulkan banyak kontroversi.

Pemblokiran pemasangan aplikasi-aplikasi lama

Salah satu perbedaan terbesar antara Android 14 vs Android 13 adalah pembaruan baru sekarang memblokir pemasangan aplikasi Android lama. Google mengatakan perubahan ini secara khusus menargetkan aplikasi yang dibuat untuk API Android 5.1 Lollipop dan yang lebih lama.

Perubahan ini terasa cukup besar, dengan alasan bahwa malware sering menargetkan API level lama yang tidak memanfaatkan perlindungan keamanan dan privasi yang lebih modern.

Perubahan ini juga mengartikan bahwa banyak aplikasi yang ditinggalkan, (misalnya game lama dan aplikasi khusus) tidak dapat diinstal di ponsel Android 14.

Google mengatakan aplikasi lama akan tetap ada di perangkat Anda jika Anda meningkatkan ke Android 14. Namun hal ini jelas tidak akan berlaku untuk perangkat yang diluncurkan dengan Android 14 secara langsung.

Hanya Membagikan Foto dan Video Tertentu

Di Android 13 dan versi lebih lama, jika aplikasi meminta izin untuk mengakses foto dan video, Anda dapat mengatakan "ya" atau "tidak".

Namun dengan Android 14, Anda memiliki kontrol lebih besar. Kini, Anda dapat mengizinkan aplikasi mengakses beberapa foto dan video menggunakan pemberitahuan izin. Hal ini bagus untuk privasi, karena aplikasi hanya dapat melihat gambar dan video yang Anda ingin mereka lihat.

Privasi PIN yang Ditingkatkan

Di Pengaturan Android, Anda dapat mematikan animasi saat Anda memasukkan PIN. Hal ini akan mempersulit "peselancar bahu" untuk melihat Anda memasukkan PIN dan menghafalnya.

Perubahan kecil ini bisa menjadi pembeda antara seseorang dapat mengakses ponsel Anda atau tidak. Saat ini, fitur ini disetel ke “mati” secara default.

Penghapusan Opsional Tombol 'OK'

Demikian pula, Android 14 menghilangkan kebutuhan untuk menekan tombol “OK” setelah memasukkan PIN Anda. Sebagai gantinya, Anda cukup memasukkan nomornya, dan ponsel Anda akan terbuka kuncinya.

Perhatikan bahwa ini hanya akan berfungsi jika PIN Anda terdiri dari enam digit atau lebih. Jika PIN Anda enam digit atau lebih, fitur tersebut akan otomatis aktif. Namun, jika Anda ingin tombol "OK" kembali, Anda dapat mengaktifkannya secara manual.

Pembaruan Berbagi Data

Katakanlah Anda memasang aplikasi pada hari Senin. Anda menerima izin dan kebijakan privasi untuk aplikasi itu. Kemudian, pada hari Selasa, aplikasi mengubah ketentuan kebijakan tersebut.

Hingga saat ini, Anda tidak akan mengetahui hal ini kecuali perusahaan menghubungi Anda secara langsung. Hal itu akan berubah dengan Android 14, karena Anda sekarang akan mendapatkan pop-up (lihat di atas) yang memberi tahu Anda tentang perubahan apa pun yang terjadi pada aplikasi tertentu.

Perubahan Terkait Keamanan Lainnya

Google juga memerangi malware dan eksploitasi dengan melakukan penyesuaian pada sistem maksud dan pemuatan kode dinamis. Tidak satu pun dari fitur-fitur ini yang dapat diakses oleh pengguna, namun fitur-fitur tersebut tetap harus memberikan pertahanan mendalam terhadap malware dan kerentanan.

Dukungan kunci sandi juga ditingkatkan dengan Android 14, mendekatkan kita ke masa depan tanpa kata sandi.

Peningkatan Antar Perangkat untuk Pengembang

Android telah melakukan operasi lintas perangkat selama bertahun-tahun, dan Google melanjutkan dorongan ini di Android 14. Kali ini, terdapat sejumlah tambahan yang berfokus pada pengembang seperti kelas ukuran jendela dan tata letak panel geser sehingga aplikasi dapat beradaptasi dengan lebih efektif.

Layar yang berbeda

Google mengatakan pihaknya menawarkan pratinjau SDK lintas perangkat sehingga pengembang dapat lebih mudah membangun aplikasi yang berjalan di berbagai perangkat dan faktor bentuk.

Tampaknya tidak ada peningkatan signifikan lintas perangkat yang dihadapi pengguna di sini seperti yang terlihat pada Android 12L. Namun Google juga menawarkan alat yang ditingkatkan untuk membuat aplikasi berjalan dengan baik di lebih dari sekadar ponsel biasa.

Koneksi Kesehatan Terintegrasi

Aplikasi Health Connect secara efektif merupakan pusat untuk mengumpulkan data kesehatan dari berbagai aplikasi kebugaran dan kesehatan Anda, dan aplikasi ini memang mendukung data kesehatan/kebugaran dari pemain ternama seperti Samsung, Fitbit, dan Peloton.

Saat ini, Health Connect masih merupakan aplikasi yang dapat diunduh. Namun, dengan peluncuran Android 14, Health Connect kini akan hadir dengan Android out-of-the-box. Ini berarti Anda tidak perlu menginstalnya secara manual, dan pembaruan akan datang secara otomatis.

Fitur penyesuaian Android 14

Di Google I/O 2023, perusahaan meluncurkan bukan hanya satu, bukan dua, tapi tiga cara baru untuk membuat wallpaper khusus. Yang pertama menciptakan efek paralaks buatan dari gambar Anda sendiri.

Di atas panggung, David Burke menunjukkan cara kerjanya dengan gambar seorang anak. Selanjutnya, dia memamerkan pembuat wallpaper Emoji baru.

Anda memilih Emoji yang Anda suka, memilih beberapa warna, dan kemudian Anda mendapatkan tata letak kartun yang menyenangkan dan penuh warna. Terakhir, Burke mendemonstrasikan sistem AI generatif untuk membuat wallpaper.

Dua sistem pertama akan tersedia di semua perangkat dengan versi stabil Android 14, tetapi sistem AI generatif hanya tersedia untuk Pixel 8 dan Pixel 8 Pro untuk saat ini. Android 14 juga kini menyertakan tema monokromatik dengan warna minimal.

Layar Kunci Khusus

Anda sudah dapat menyesuaikan layar beranda dengan widget, wallpaper, paket ikon, dll. Namun, layar kunci kurang dapat disesuaikan. Hal itu berubah dengan Android 14, karena Anda dapat menyesuaikan segala macam aspek layar kunci.

Anda akan dapat menyesuaikan font, widget, warna, dan format di layar kunci Android 14 Anda. Anda bahkan dapat menambahkan pintasan ke layar kunci di sudut bawah.

Hal-Hal Lainnya Di Android 14

Selain perubahan peningkatan, penyesuaian, dan pembaruan fitur, ada banyak hal yang juga akan ditemukan pengguna Android 14. Beberapa hal dalam Android 14 tersebut yaitu:

  • Android 14 sekarang akan mendukung audio lossless saat menggunakan headphone berkabel.
  • Dukungan untuk HDR 10-bit (alias Ultra HDR) sedang dalam proses, memungkinkannya menyimpan lebih banyak informasi dari sensor saat mengambil foto dan membuka pintu untuk warna yang lebih cerah dan kontras yang lebih besar.
  • Ekstensi Camera2 dan CameraX akan melihat pembaruan, sehingga aplikasi yang menggunakannya dapat menangani waktu pemrosesan yang lebih lama. Hal ini akan membantu meningkatkan kasus penggunaan seperti fotografi cahaya rendah yang mengandalkan algoritma komputasi intensif.
  • Android 14 akan memungkinkan pengguna perusahaan dan pemerintah membatasi kemampuan perangkat untuk kembali ke standar 2G yang tidak aman.
  • Google juga mengizinkan pengguna menonaktifkan dukungan untuk apa yang disebut koneksi seluler “null-ciphered” di Android. Dengan kata lain, pengguna dapat memilih untuk hanya menggunakan koneksi seluler terenkripsi.
  • Setelan baru di Android 14 QPR1 memungkinkan Anda mengubah perilaku Pixel Fold saat Anda melipatnya. Sekarang memungkinkan Anda tetap membuka aplikasi bahkan ketika Anda menutup telepon.
  • Android 14 juga memungkinkan Anda mengubah rasio aspek aplikasi sehingga ditampilkan dalam layar penuh pada perangkat lipat dan tablet.
  • Saat Anda menyambungkan perangkat Bluetooth ke perangkat Android 14, Anda akan dapat memilih “jenis perangkat audio”. Anda dapat memilih antara Speaker, Headphone, Car Kit, Alat Bantu Dengar, atau Lainnya.

Itulah semua hal yang perlu kamu ketahui tentang Android 14, mulai dari release date, perubahan dan pembaruan fitur beserta keunggulan dan kelebihan yang hadir dalam Android 14.

Suka Teknologi