Mengenal Versi Android 2.3 Gingerbread Serta Fiturnya

11 Februari
Google semakin intens dan serius mengembangkan sistem operasi berbasis Linux yang mereka punya. Setelah sebelumnya merilis versi Froyo, Google meluncurkan Android G atau lebih beken dengan nama Android Gingerbread. Android Gingerbread adalah versi Android sebelum Android Honeycom dalam Urutan Versi Android dari awal Google mengembangkan Android.

Android 2.3 Gingerbread

urutan versi android di hp gingerbread

Android Gingerbread versi awal adalah versi 2.3 dengan Level API 9. Android 2.3 Gingerbread pertama kali dirilis Google pada 6 Desember 2010 dengan Kernel Linux 2.6.35.

Saat itu smartphone Nexus S dan Samsung menggunakan Android sebagai sistem operasinya. Kedigdayaan Samsung mulai terlihat bahkan Android dianggap identik dengan Samsung karena seri Galaxy-nya yang terkenal itu menggunakan Android.

Tidak lama setelah rilis pertama Android 2.3, Google merilis Android versi terbaru 2.3.1 dan 2.3.2 yang mengalami update dan perbaikan untuk Google Nexus S.

Baca Juga : Urutan Tingkatan Versi Android Dari Pertama Sampai Terbaru

Fitur Android Gingerbread Versi  2.3 / 2.3.1 / 2.3.2 :

Android Gingerbread membawa sejumlah pembaruan dan peningkatan dari versi Android sebelumnya yaitu Android Froyo.

Android Gingerbread memiliki fitur dan peningkatan antara lain yaitu :
  • Pembaruan desain antarmuka pengguna (user interface) menjadi lebih simpel namun lebih cepat.
  • Dukungan untuk resolusi dan ukuran layar besar (WXGA dan yang lebih tinggi). 
  • Peningkatan akurasi, saran teks dan modus input suara sehingga masukan teks lebih cepat dan lebih intuitif pada papan ketik virtual.
  • Peningkatan manajemen daya dengan efektivitas pengelolaan aplikasi.
  • Peningkatan kualitas audio, grafis dan masukan bagi game developer.

Selain kedua versi terbaru Android Gingerbread tersebut, Android juga merilis 5 versi terbaru Gingerbread pada tahun 2011 yang seluruhnya termasuk level API 10. Basis Kernel Linuxnya juga sama, yaitu 2.6.35.

Upgrade Versi Terbaru Android Gingerbread

1. Android Gingerbread 2.3

Android 2.3.3 Gingerbread - API Level 10, dirilis pada 9 Februari 2011 level API 10. Versi Android Gingerbread ini membawa beberapa peningkatan dan perbaikan pada API.

2. Android 2.3.4 Gingerbread

Versi Android Gingerbread terbaru ini dirilis pada 28 April 2011. Sejumlah perbaikan dan peningkatan fitur didalamnya antara lain berupa dukungan bagi obrolan video (video chat) atau suara menggunakan Google Talk serta dukungan Open Accesory Library.

3. Android 2.3.5 Gingerbread

Android 2.3.5 Gingerbread adalah versi terbaru Android Gingerbread yang dirilis pada 25 Juli 2011. Versi Android terbaru Gingerbread ini membawa peningkatan pada kinerja jaringan perangkat Nexus S 4G, peningkatan kinerja aplikasi Gmail, aplikasi kamera, dan daya tahan baterai. Selain itu Android Gingerbread versi terbaru mengalami perbaikan dari versi sebelumnya diantaranya perbaikan bug Bluetooth pada Samsung Galaxy S.

4. Android 2.3.6 Gingerbread.

Android Gingerbread versi 2.3.6 dirilis pada 2 September 2011. Peningkatan yang dibawa oleh Android versi 2.3.6 berupa perbaikan bug pada pencarian suara. Sayangnya pembaruan Android Gingerbread versi 2.3.6 menimbulkan masalah sambungan hotspot Wi-fi pada sebagian perangkat Nexus S dimana Google mengakui adanya masalah tersebut namun memperbaikinya pada akhir September.

Android 2.3.7 Gingerbread

Versi terbaru Android Gingerbread dirilis pada 21 September 2011. Tidak banyak perubahan didalam android versi 2.3.7 ini, diantaranya dukungan Google Wallet bagi Nexus S 4G.

Nah, itulah semua hal yang perlu anda ketahui tentang Android 2.3 Gingerbread serta Urutan Versi Dari Awal Sampai Terbaru.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »