test

Tips Cara Memilih Laptop Baru Dan Bekas Yang Bagus Awet Berkualitas

Cara memilih laptop terbaik berkualitas bukan hanya dilihat dari tampilan maupun desain saja. Ada beberapa aspek dan kriteria yang harus diketahui supaya tidak tertipu dalam membeli laptop. Intinya, kalau ingin mendapatkan laptop dengan spesifikasi terbaik dan kompatibel untuk aplikasi yang digunakan untuk, gaming, desain grafis atau aktivitas lainnya baik karyawan, mahasiswa maupun pelajar harus tahu dulu tips-tipsnya.

cara memilih laptop bagus terbaik buat gaming desain grafis

Tips Cara Memilih Laptop Baru Dan Bekas Yang Bagus Awet Berkualitas 


Untuk mendukung semua aktivitas dan rutinitas sehari-hari baik gaming, membuat gambar, mengerjakan tugas sekolah/kampus, nonton film dan dengar lagu maka anda memerlukan perangkat komputer laptop yang spesifikasinya bagus dan kinerja laptop mumpuni, awet dan tahan lama. Lalu bagaimana cara memilih laptop yang spesifikasinya bagus, awet dan berkualitas ? Maka anda harus banyak-banyak cari tahu spesifikasinya. Baik melalui brosur atau searching di internet.

Baca Juga :


So, supaya kamu benar-benar yakin bahwa laptop yang kamu incar benar-benar laptop dengan perangkat terbaik dan performa tinggi, berikut beberapa langkah dan cara aman supaya untungnya dobel, bahkan triple.

Memilih Laptop Terbaik : Buat Gaming ? Buat Desain Grafis ? Buat Kerja ? Atau Buat Pelajar ?

Ya, pertama sekali kalau ingin membeli laptop kamu harus tahu dulu tujuannya buat apa. Apakah ingin gaming ? Atau desain grafis ? Atau multi media ? Atau sekedar browsing internet dan eksis di sosial media upload foto dan video ?

Kalau kamu ingin memiliki laptop 'cuma' untuk sekedar browsing internet dan eksis di facebook atau twitteran, kamu tidak perlu beli laptop spesifikas tinggi. Kamu cukup beli netbook atau notebook spesifikasi menengah ke bawah. Harganya juga cukup murah.

Tahu kan bedanya netbook dan notebook ? Netbook itu perangkat komputer yang lebar monitornya kurang dari 11 inch (antara 9-10 inchi). Biasanya tidak memiliki CD/DVD Room. Sementara notebook lebarnya lebih dari 11 inchi (biasanya antara 11 - 18 inchi, tergantung kebutuhan). Sudah dilengkapi CD/DVD Room. Spesifikasinya lebih tinggi daripada notbook.

Nah, kalau kamu ingin memiliki perangkat yang penggunaanya multi fungsi, baik untuk gaming dan oke untuk desain grafis serta mumpuni untuk edit video atau download film, maka kamu harus memasang spesifikas minimal berikut ini .

Laptop Berkualitas - Laptop Untuk Kebutuhan Sehari-hari

Laptop berkualitas adalah idaman semua pengguna laptop. Laptop berkualitas harus memiliki spesifikasi tinggi dan bagus yang bisa digunakan untuk kegiatan komputasi sehari-hari.

Untuk memilih laptop berkualitas maka pilihlah laptop dengan spesifikasi laptop yang baik karena spesifikasi teknis sangat menentukan performa laptop.

Spesifikasi Laptop Yang Baik, Berkualitas Harus Memperhatikan Hal-hal Berikut Ini :

  • Motherboard yang kompatibel. Motherboard yang bagus biasanya menyediakan socket dan chipset yang kompatibel untuk jenis-jenis processor yang akan ditanamkan.
  • Spesifikasi Processor yang cepat dan stabil 
  • Spesifikasi GPU dengan grafis tinggi
  • Menyediakan ruang penyimpanan besar 
  • Menyediakan SSD
  • OS Canggih, Asli dan Memberikan Kemudahan
  • Support Multi Media
  • Kemampuan Multi Tasking
  • Resolusi monitor dan jenis monitor yang digunakan
  • Desain unik dengan body build tinggi serta menawarkan kedinamisan dan fleksibelitas
  • Hemat Daya, Hemat Baterai, Tahan Lama dan Fast Charging

Tips memilih laptop berikut ini bukan hanya ditujukan kepada pekerja kantoran, profesional atau desainer saja tapi juga cara memilih laptop yang baik untuk mahasiswa dan pelajar.

Cara Memilih Laptop Untuk Game

Jika laptop atau notebook yang kamu cari adalah laptop gaming, maka carilah laptop yang performanya tinggi. Saat ini gaming adalah medan pertempuran dan pembuktian terhadap seberapa hebat perangkat komputer atau laptop dibuat untuk menjalankan game-game terbaru.

Untuk memilih laptop terbaik untuk gaming, maka spesifikasi utama yang perlu diperhatikan yaitu pada processor, kecepatan processor, jumlah core,  kartu grafis, memori RAM yang disediakan dan dukungan teknologi multimedia.

Cara memilih laptop buat gaming 

  • Processor terbaik adalah processor yang memiliki jumlah core yang banyak. Saat ini processor Intel Core i3, i5, i7 dan AMD yang dibuat untuk desktop dan laptop gaming sudah dikombinasikan dengan single core atau multi core
  • Kecepatan processor atau clocking tinggi. Saat ini processor AMD dan Intel sudah memiliki clock speed tinggi. Untuk gaming, carilah laptop yang clock speed antara 2,7GHz ke atas.
  • Kemampuan single threading dan multi threading bagus sehingga kemampuan multitasking juga sangat baik. Kemampuan threading ini sangat dipengaruhi oleh jumlah inti/core, kecepatan/clockspeed, jenis operasi dan jenis aplikasi.
  • Memiliki kartu grafis terbaik dengan kualitas gambar HD. Cara memilih laptop gaming terbaik perhatikan merk kartu grafisnya. Laptop terbaik untuk gaming biasanya menanamkan kartu grafis AMD atau nVidia.
  • Jangan salah memilih laptop apalagi laptop buat gaming. Kecepatan akses memori harus tinggi dan menyediakan RAM yang besar juga, paling tidak 4GB ke atas. 
  • Pilihlah laptop yang ruang penyimpanannya besar, minimal 500GB dan sudah ada SSD (Solid State Drive).
  • Layar monitor luas, paling tidak 14 inchi ke atas. Saat ini laptop gaming sudah dibuat dengan layar 15 inchi.
  • Resolusi layar tinggi. Paling tidak resolusinya 1366x768 pixel (untuk laptop layar 15 inchi)
  • Baterai hemat. Laptop terbaik gaming adalah laptop yang baterainya hemat. Cara memilih laptop terbaik untuk gaming yaitu pastikan laptop memiliki baterai hemat daya, minimal 4 Cells Battery. 

Cara Memilih Laptop Buat Desain Grafis

Membuat gambar desain misalnya membuat gambar rumah, membuat gambar 3D pastilah membutuhkan aplikasi atau software pembuat gambar terbaik.

Spesifikasi laptop untuk desain grafis harus kompatibel dengan software atau aplikas desain grafis. Kalau tidak kompatibel, maka dampaknya sangat tidak menyenangkan. Biasanya aplikasi tidak dapat dijalankan. Bahkan jadi penyebab laptop lemot dan sering not responding.

Bagaimana Cara Memilih Laptop Yang Bagus Untuk Desain Grafis

Seperti halnya laptop untuk game, maka laptop untuk desain grafis juga harus memiliki spesifikasi yang bagus agar performanya saat menjalankan software baik dan hasilnya juga tinggi. 

  • Laptop terbaik adalah yang memiliki Sistem Pengoperasian (OS) terbaik. Cara memilih laptop terbaik untuk desain grafis adalah pastikan laptop tersebut memiliki OS terbaik dan tercanggih yang kompatibel dengan software desain grafis yang akan diinstal. 
  • Processor terbaik adalah processor yang memiliki Cache Memory besar, khususnya pada L1 Cache Memory dan L2 Cache Memory. Khusus untuk L2 Chace Memory menjadi faktor utama kemampuan processor untuk bisa mengoperasikan sejumlah aplikasi multimedia, selain tentu saja faktor jenis core dan jumlah core serta clockspeed. Processor Intel khususnya Processor Intel Core i3, i5, i7 umumnya memiliki performa tinggi dalam menjalankan aplikasi multi media karena menyediakan Cache Memory yang besar. Namun saat ini AMD juga telah memiliki kemampuan yang sama, apalagi processor AMD terbaru sangat baik untuk aplikasi multi threading. Kedua jenis Processor ini (Intel Processor dan AMD Processor) merupakan yang terbaik di dunia saat ini karena telah mengkombinasikan processor single core dan multi core. 
  • Kecepatan processor atau clocking tinggi. Saat ini processor AMD dan Intel sudah memiliki clock speed tinggi. Untuk gaming, carilah laptop yang clock speed antara 2,7GHz ke atas.
  • Kemampuan single threading dan multi threading bagus sehingga kemampuan multitasking juga sangat baik. Kemampuan threading ini sangat dipengaruhi oleh jumlah inti/core, kecepatan/clockspeed, jenis operasi dan jenis aplikasi.
  • Untuk memilih laptop terbaik untuk desain grafis maka kartu grafis adalah spesifikasi yang sangat mempengaruhi kinerja laptop baik untuk pengoperasiannya maupun hasil akhirnya yaitu gambar berkualitas tinggi. Laptop terbaik untuk desain grafis biasanya menanamkan kartu grafis AMD atau nVidia.
  • Laptop terbaik desain grafis harus mendukung kecepatan akses memori yang tinggi dan memori RAM yang besar. Trik memilih laptop terbaik untuk desain grafis maka perhatikan RAM-nya, paling tidak 4GB ke atas. 
  • Pilihlah laptop yang ruang penyimpanannya besar, minimal 500GB dan sudah ada SSD (Solid State Drive).
  • Layar monitor luas, paling tidak 14 inchi ke atas. Saat ini laptop gaming sudah dibuat dengan layar 15 inchi.
  • Resolusi layar tinggi. Paling tidak resolusinya 1366x768 pixel (untuk laptop layar 15 inchi)
  • Baterai Hemat dan Awet, jangka pengisiannya lama. Saat ini laptop terbaik memiliki baterai yang mampu bertahan hingga hingga lebih dari 30 jam.

Cara Memilih Laptop Yang Baik/Bagus Untuk Pelajar dan Mahasiswa

Saat ini pelajar dan mahasiswa adalah orang-orang paling kreatif dan paling sering menggunakan laptop untuk banyak hal. Mulai dari mengerjakan tugas hingga kegiatan multi media seperti edit lagu dan edit video.

Untuk mendukung hal tersebut, maka pelajar dan mahasiswa perlu memilih laptop yang sesuai dengan aktivitasnya. Cara memilih laptop untuk pelajar dan mahasiswa hampir sama dengan cara memilih laptop terbaik untuk game dan cara memilih laptop terbaik untuk desain grafis. 

Namun karena namanya mahasiswa dan pelajar, apalagi yang umumnya berasal dari daerah maka membeli laptop pasti mempertimbangkan harga. Jadi laptop terbaik untuk pelajar dan mahasiswa adalah laptop yang harganya murah tapi speknya bagus.  

Tips Memilih Laptop : Beli Laptop Murah, Laptop Murah Spek Bagus

Kalau kamu sudah tahu spesifikasi yang kamu inginkan, kamu tinggal menyusun daftar dengan spesifikasi yang diincar dengan merk laptop dengan membuat rentang harga sesuai kantong.

Pertama, pilihlah daftar harga laptop mulai dari termurah hingga termahal. Kamu bisa dapatkan brosurnya dulu untuk mengetahui merk laptop dan harganya. Misalnya untuk produk laptop ASUS kamu susun daftar harga laptop mulai harga laptop 3 jutaan hingga daftar laptop 5 jutaan sebanyak 5 laptop.

Demikian pula bila kamu ingin laptop acer maka kamu susun daftar harga laptop nya dengan jumlah yang sama. Kemudian kamu tulis spesifikasi masing-masing laptop. Dari daftar itu akan ketahuan spesifikasi laptop terbaik dengan harga laptop paling murah hingga harga laptop paling mahal.

Atau bila kamu mengacu kepada layar monitor, misalnya laptop monitor 14 inchi terbaik kamu bisa melakukan hal yang sama dengan menyusun daftar laptop monitor 14 inchi mulai dari harga termurah hingga termahal.

Nah bila kamu adalah seorang gamer, kamu bisa meminta brosur dari outlet atau toko laptop terdekat di tempatmu dan menyusun daftar prosesor terbaik untuk laptop dari setiap merk dan dimulai dari laptop harga murah.

Setelah melakukan itu semua, kamu akan mendapatkan urutan merk laptop bagus atau urutan laptop terbaik (bila acuannya adalah spesifikasi). Kamu juga akan mendapatkan urutan laptop murah spek bagus bila acuannya adalah harga laptop.

Tapi sekedar mengingatkan saja sob, harga laptop itu sepadan dengan spesifikasi yang bagus. Untuk mendapatkan laptop berkualitas maka kompensasinya adalah keluar uang lebih. Keluar uang lebih juga tidak masalah kan, selama laptop itu memberikan kontribusi dan spesifikasinya bisa membuat performa tetap tinggi hingga beberapa tahun mendatang.

Harga Laptop Kemahalan ? Ini Cara Memilih Laptop Bekas

Ya, kalau memang budget yang anda miliki tidak mencukupi untuk beli laptop baru, tidak ada salahnya mendapatkan laptop bagus harga murah dengan beli laptop bekas.

Beli laptop bekas toh tidak ada ruginya dengan tetap memperhatikan spek laptop terbaik. Namun untuk beli laptop bekas kamu harus sedikit pintar daripada yang beli. Jangan belik kucing dalam karung. Desain cantik dan mengkilat, eh perangkatnya comot-comotan.

Laptop murah dengan prosesor terbaik untuk laptop core i3 bekas saat ini bisa didapatkan pada kisaran harga 2,5 juta hingga 4 juta (tergantung kota masing-masing ya).

Notebook Yang Bagus Merk Apa ? 

Pertanyaan ini sering muncul khususnya orang tua yang anaknya sedang bersekolah. Ini karena di sekolah saat ini sudah ada mata pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komputer).

Cukup banyak kok notebook yang bagus. Tapi merk notebook yang bagus adalah laptop yang memiliki spesifikasi tinggi dengan kinerja mumpuni, seperti yang telah diuraikan di atas.

Nah, notebook yang bagus yang menyediakan spesifikasi teknis komponen berperforma tangguh baik untuk game, desain grafis maupun untuk multimedia dan komputasi sehari-hari bisa anda cari pada brand merk terkenal seperti ASUS, Dell, Toshiba, HP dan ACER.


Kesimpulan

  • Laptop terbaik adalah laptop yang punya spesifikasi tinggi, performa mumpuni
  • Laptop terbaik adalah laptop yang punya kemampuan multitasking baik, dan bisa mengoperasikan aplikasi-aplikasi multimedia didukung teknologi terbaik untuk multimedia
  • Cara memilih laptop terbaik untuk gaming, desain grafis adalah processor CPU yang clockspeed-nya tinggi, L2 Cache Memory Besar, Akses memori tinggi dengan RAM besar dan hemat daya
  • Cara memilih laptop terbaik untuk desain grafis adalah memperhatikan kompatibilitas OS, processor dan kartu grafis
  • Cara memilih laptop terbaik untuk pelajar dan mahasiswa yaitu dengan memperhatikan spesifikasi teknis yang mendukung aktivitas pelajar dan mahasiswa namun harga lebih murah
  • Ada banyak opsi untuk memilih laptop terbaik. Bila tidak sanggup membeli cash, maka cara memilih laptop bisa dilakukan dengan cicilan
  • Opsi lain cara memilih laptop spesifikasi bagus adalah dengan membeli laptop bekas.
Labels: Komputer, Teknonews, Trik Komputer

Terima Kasih Telah Membaca Artikel Tips Cara Memilih Laptop Baru Dan Bekas Yang Bagus Awet Berkualitas. Silakan Berbagi...

1 Comment for "Tips Cara Memilih Laptop Baru Dan Bekas Yang Bagus Awet Berkualitas"

Boleh juga nih cara memilih laptopnya dicoba. Sy emang paling memperhatikan spek, makanya laptop saya awet. Tapi karena perkembangan jaman sy mesti cara laptop baru terbaik yang awet

Software

Back To Top