test

10 Cara Untuk Memilih Laptop Yang Bagus

Laptop saat ini menjadi salah satu perangkat yang banyak dibutuhkan selain smartphone. Apalagi keguanaan laptop sudah makin berkembang tidak lagi hanya digunakan untuk mengetik dokumen atau menjalankan aplikasi perhitungan seperti Excel. Main game, nonton video Youtube, mengedit website, kontrol CCTV menjadi kegiatan yang sangat membutuhkan laptop. Tapi jangan salah, spesifikasi setiap laptop itu beda-beda. Tidak semua laptop bagus untuk semua aktivitas. Bagus tidaknya sebuah laptop itu tergantung pada jenis kegunaan si empunya laptop.  Keliru memilih laptop justru merugikan. Sebenarnya bagaimana sih cara memilih laptop yang bagus ?

Tips Memilih/Membeli Laptop Baru, Bekas, Yang Bagus, Berkualitas | Spesifikasi Laptop Yang Bagus


cara memilih laptop baru dan bekas yang bagus dan berkualitas
Cara Memilih Laptop Baru dan Bekas Yang Berkualitas


Apakah kamu seorang pelajar/mahasiswa ? Kamu suka main game berat di laptop ? Mungkin kamu seorang profesional yang tidak bisa lepas dari laptop. Atau kamu seorang editor musik yang harus mengedit berbagai macam musik di laptop ? Untuk mendukung beragam aktivitasmu, kamu wajib menggunakan laptop yang spesifikasinya bagus dan memadai. 

Memilih laptop yang bagus kadang-kadang melibatkan perasaan. "Perasaan laptop yang ini lebih bagus deh" atau "Menurut perasaanku, laptop yang satu itu tampilannya cantik body mulus" adalah sedikit dari sekian banyak bukti bahwa memilih dan membeli laptop itu melibatkan perasaan. Ada juga pertanyaan seperti ini, "Bagusan Asus atau ACER sih ?".

Sobat tekno, untuk memilih laptop yang bagus itu memerlukan perhitungan dan melibatkan pikiran logis. Kenapa ? Karena laptop itu benda yang dibuat dengan sejarah logika matematika. Artinya, untuk memilih dan membeli laptop yang bagus itu jelas harus memperhitungkan banyak hal.

Siapa Saja Yang Menggunakan Laptop 


  1. Pelajar, Mahasiswa.
  2. Profesional muda, Konsultan SEO, Konsultan bisnis.
  3. PNS (guru, semua tenaga struktural di Pemerintahan)
  4. Editor (editor musik, editor aplikasi, editor surat kabar, jurnalis)
  5. Graphic Designer, Drafter, Konsultan Rancang Bangun, Konsultan Teknis.
  6. Web Programmer, Web Master, Web Designer, Blogger/Vlogger.
  7. Laboran, Peneliti, Dokter kandungan, Dokter bedah
  8. Online shopper, Digital Marketing, Internet Marketing
  9. Banyak lagi (mungkin bisa kamu bantu menambahkan)

Apa Saja Jenis Aktivitas Yang Menggunakan Laptop

  1. Membuat tugas sekolah, tugas kuliah, laporan akhir untuk ujian sarjana.
  2. Melakukan perhitungan statistik, input data base.
  3. Mendesain (desain grafis, desain logo, desain ruangan).
  4. Membuat gambar (membuat gambar vector, membuat gambar rancang bangun, gambar perencanaan).
  5. Editing (edit video, edit musik, edit layout, edit konten, fotografi).
  6. Main game
  7. Nonton video, nonton musik.
  8. Masih banyak lagi (sobat bisa bantu sebutkan)

Dari informasi di atas, kita bisa mengetahui bahwa banyak kegiatan di berbagai aspek kehidupan dan bidang profesi membutuhkan laptop atau perangkat komputer lainnya. 

Pertanyaannya adalah, apakah semua aktivitas itu didukung laptop yang sesuai dan bagus spesifikasinya ? Apakah sebuah laptop bagus untuk menjalani semua aktivitas tersebut ? 

Belum tentu. 

Tidak semua laptop bagus untuk sebuah kegiatan, dan tidak semua kegiatan bisa dijalankan di sebuah laptop. 

Kenapa ? Masing-masing kegiatan punya tingkat kesulitan tertentu, dan harus didukung oleh laptop yang bagus spesifikasinya.

Semakin tinggi tingkat kesulitan dalam pengoperasiannya, semakin canggih software yang digunakan, maka semakin tinggi spesifikasi minimal yang harus tersedia pada perangkat laptop.

Menggunakan sejumlah software belajar di kursus desain grafis, digital marketing atau web design saja harus menggunakan laptop, karena tanpa laptop kamu tidak bisa belajar. 


Kalau ingin perangkat komputer yang cukup simpel untuk hitung-menghitung atau menulis dan berkirim email, atau sekedar chatting di media sosial notebook bisa jadi pilihan.

Tapi kalau untuk main game berat seperti PES 2018 di layar yang cuman 10 inch jelas kamu bukan pilihan bijak. Game PES 2018 mengharuskan minimal monitor yang lebih luas, paling tidak 14 inchi ke atas.

Memaksakan laptop standar untuk mengoperasikan banyak software, apalagi secara bersamaan justru menjadi Penyebab Laptop Lemot Loading Lambat dan Hang Sering Not Responding.

Satu-satunya Cara Mengatasi Laptop Lemot Lambat di Windows akibat spesifikasi laptop yang rendah adalah dengan mengupgrade atau mengganti sejumlah komponennya. Atau bila perlu kamu jual saja ganti laptop yang lebih bagus.




Cara Memilih Laptop Baru Yang Bagus

Dari gambaran-gambaran umum di atas, dapat diketahui bahwa memilih laptop yang bagus itu perlu perhitungan yang baik serta memperhitungkan dampak ke depannya. Semakin banyak pilihan jelas semakin membuat bingung, apalagi kalau tidak ada acuan untuk memilih spesifikasi perangkat yang sesuai dengan kebutuhan.

Lebih Bagus Laptop Atau Notebook ? Ini Perbedaan Laptop dan Notebook

Ada perbedaan antara laptop dan notebook. Bagi sebagian kalangan perbedaan itu lebih pada pemahaman kata saja. Tapi sebagian lagi menyatakan perbedaan laptop dan notebook tersebut pada ukuran dan kapasitasnya, meskipun keduanya adalah sama-sama perangkat komputasi dengan fungsi lipat dan didudukkan atau diletakkan di paha.

Inilah beberapa perbedaan laptop dan notebook :
  • Ukuran Notebook biasanya 10 inch, sementara laptop 12 inch ke atas. Ukuran laptop sekarang ada yang sudah 17 inch. 
  • RAM biasanya 2 Gb ke bawah, dan umumnya tidak menyediakan slot tambahan untuk mengupgrade RAM. Berbeda dengan laptop yang minimalnya 2 Gb bahkan bisa hingga 16 Gb tergantung merek. 
  • Processor notebook biasanya lebih rendah kecepatannya, sementara processor laptop clock speednya bisa hingga 3,8 Ghz tergantung produsennya dan tujuan penggunaannya.
  • Tujuan penggunaan notebook biasanya untuk komputasi sederhana dan aplikasi-aplikasi harian yang cukup ringan, sementara penggunaan laptop lebih luas lagi. Bahkan laptop saat ini bisa digunakan sebagai operator untuk kegiatan-kegiatan besar seperti konser dan sebagainya.
Lalu, lebih bagus laptop atau notebook ? Menurut TeknoPlug, sesuaikan saja dengan kebutuhan penggunaan.

Berikut ini adalah beberapa cara yang benar untuk memilih laptop yang bagus sesuai aktivitas. 

Cara Memilih Laptop Yang Bagus #1 Sesuaikan Dengan Tujuan Penggunaan
Ada sangat banyak laptop yang bagus untuk kita gunakan sehari-hari. Tapi laptop yang bagus itu untuk apa ? Laptop yang bagus untuk main game ? Atau laptop untuk kerja ? Atau mungkin laptop terbaik untuk pekerja kantoran ? Tujuan dan minat amat mempengaruhi spesifikasi laptop yang bagus sesuai latar belakang kamu.

Laptop Game Vs Laptop Desain Grafis Vs Laptop Pelajar


  • Memilih Laptop yang bagus untuk pelajar, tidak perlu laptop yang spesifikasinya terlalu tinggi. Laptop pelajar biasanya digunakan untuk mengerjakan tugas, facebookan, atau sekedar main game ringan. Kecuali kalau kamu adalah pelajar yang kreatif dengan segudang aktivitas seperti edit video, membuat gambar desain grafis menggunakan software desain grafis, atau sering main game berat. Laptop terbaik untuk pelajar ASUS X555BP bisa dilirik.
  • Memilih laptop yang bagus untuk kerja kantoran sama halnya dengan memilih laptop untuk pelajar. biasanya hanya digunakan untuk tugas kantoran, membuat slide presentasi, menginput data, main game ringan, atau sekedar nonton Youtube. ASUS X441SA-BX001D dan ASUS X541SA-BX401D bisa jadi pilihan utama laptop yang bagus untuk kantoran. Laptop HP 14-an030AU juga bisa jadi alternatif laptop yang bagus untuk kerja.
  • Memilih laptop desain grafis berbeda dengan laptop untuk pelajar. Paling tidak spesifikasinya harus lebih tinggi. Karena laptop desain grafis sangat erat dengan warna dan grafis. Oleh karena itu yang perlu diperhatikan adalah spesfikasi VGA Card-nya. Laptop untuk desain grafis biasanya digunakan untuk software-software desain grafis yang sesuai kompatibalitasnya. Biasa juga digunakan untuk aplikasi multi media, dan masih oke untuk menjalankan game-game menengah. Laptop Dell Inspiration i7559 (Core i7-6700HQ) dan ASUS K501UX-AH71 (Core i7 5000U) bisa dijadikan pilihan laptop yang bagus untuk desain grafis. 
  • Memilih laptop yang bagus buat gaming jelas harus mempertimbangkan spesifikasi yang tinggi. Berbeda dengan laptop untuk pelajar atau laptop untuk kantoran/kerja, laptop gaming sangat berhubungan dengan performa. Performa laptop gaming dipengaruhi oleh OS, Core Processor, RAM, VGA Card, dan kipas processor. Semakin tinggi spesifikasi utama ini makin tinggi pula performanya. ASUS ROG mungkin perlu kamu lirik, tapi harganya cukup 'wah'. ASUS X550IK atau ASUS X555QG juga bisa jadi alternatif laptop yang bagus untuk main game dengan harga yang lebih terjangkau.  

Cara Memilih Laptop Yang Bagus #2 Perhatikan OS 
Saat ini ada beberapa tipe laptop baik yang menggunakan OS maupun non OS. Sejumlah produsen OS merilis beberapa OS yang bisa dipasang di laptop. Menginstal OS di laptop juga mengharuskan syarat minimal. 
  • OS Windows 7, Windows 8 Sejumlah laptop masih banyak menggunakan OS Windows 7. Carilah laptop dengan OS Windows premium atau original. OS Windows 7 bisa mengoperasikan sejumlah software baik game maupun aplikasi-aplikasi terbaru. Tapi sangat disarankan menggunakan OS Windows 10 karena sudah lebih canggih, dengan syarat spesifikasi perangkatmu harus mendukung. 
  • OS Windows 10. Sistem Operasi yang satu ini sudah cukup canggih dibandingkan versi OS sebelumnya dan dilengkapi fitur Digital Assistant. 
  • OS Mac. Sistem Operasi ini ada di laptop Mac milik Apple. Punya fitur canggih dan performanya mumpuni diserta antivirus yang ampuh melindungi perangkat dari sejumlah malware. Laptop dengan OS Mac sangat baik untuk kamu yang suka editing, multimedia. Harganya lebih mahal dibandingkan OS Windows. 
  • OS Chrome. OS Chrome belakangan ini semakin berkembang karena kompatibel untuk menjalankan sejumlah aplikasi android di laptop. 

Cara Memilih Laptop Yang Bagus #3 Perhatikan Spesifikasi Utama Pada Processor, RAM, VGA Card
Spesifikasi teknis adalah kunci dari segala kunci memilih laptop yang bagus. Semakin tinggi spesifikasinya, semakin menunjukkan kualitasnya. Dan kualitas mempengaruhi harga, makin bagus kualitasnya makin tinggi harganya.

Spesifikasi teknis paling utama yang harus diperhatikan yaitu Processor, RAM, VGA Card

Spesifikasi utama perangkat berikut ini adalah tolak ukur memilih laptop yang bagus untuk game dan desain grafis. Karena kedua jenis laptop ini (laptop gaming dan laptop desain grafis) adalah laptop yang mengharuskan spesifikasi tinggi. Dengan kata lain, laptop yang bagus untuk pelajar atau pekerja kantoran tidak mesti memiliki spesifikasi bombastis.

Spesifikasi Processor, RAM dan VGA Card Minimal Laptop Gaming Menengah Ke Atas 

  • Processor laptop. Prosesor laptop terbaik untuk game itu minimal dual-core, quad-core, octa-core. Misalnya processor Intel Core generasi terbaru (6th Gen, 7th Gen, 8th Gen) pada Core i3, Core i5, Core i7. Atau laptop processor AMD Ryzen 3, AMD Ryzen 5 dan AMD Ryzen 7 generasi terbaru.  Processor laptop terbaik adalah yang memiliki inti atau core yang banyak. Semakin banyak core, semakin tinggi kecepatannya, dan semakin baik performa laptop saat main game. 
  • Speed processor minimal 2,3 GHz, lebih tinggi lebih baik. Semakin tinggi clock speed semakin bagus performa laptop.
  • RAM, minimal 4 Gb ke atas. RAM 8 Gb DDR 3 sebenarnya sudah cukup baik, tapi performanya jauh di bawah DDR 4. Oleh karena itu, untuk memilih laptop gaming yang bagus carilah laptop yang sudah memasang RAM 4/8 GB DDR 4 serta menyediakan slot RAM agar RAM-nya bisa diupgrade lagi. Deretan laptop AMD seperti ASUS AMD X550IK sudah memasang RAM 16 GB di dalamnya untuk harga yang lebih murah dibandingkan laptop Intel.
  • VGA Card. Laptop yang bagus untuk game sangat dipengaruhi oleh spesifikasi kartu grafisnya. Kartu grafis laptop yang bagus untuk game minimal adalah 2 Gb dengan V-Ram. Kartu grafis terbaik umumnya berasal dari pabrikan NVidia dan ATI Radeon. Semakin tinggi clock speed-nya kecepatan grafisnya juga semakin baik. Performa laptop gaming juga dipengaruhi oleh jenis game itu sendiri. 
  • Kipas Processor / Cooling Fan. Kipas pendingin pada processor laptop untuk game sangat mempengaruhi kinerja processor dan kinerja laptop secara keseluruhan. Kipas pendingin ini berfungsi agar processor laptop tetap dingin, karena dikhawatirkan pada kondisi panas justru menyebabkan lag. 

Cara Memilih Laptop Yang Bagus #4 Layar Monitor
Layar monitor perlu menjadi sorotan untuk memilih laptop yang bagus. Kalau kamu ingin yang simpel dan mudah bergerak, laptop layar 10 inch sudah bagus. Tapi laptop yang bagus untuk keperluan kerja, membuat laporan, membuat slide, atau mendesain logo bahkan main game adalah yang layarnya luas.

Tips Memilih Laptop Yang Bagus #5 Ruang Penyimpanan Maksimal
Saat ini trend memilih laptop yang bagus adalah yang punya ruang penyimpanan besar. Cukup wajar mengingat belakangan ini orang semakin suka menonton film di laptop, atau menyimpan software berkapasitas besar.

  • Memilih laptop yang bagus untuk menyimpan file besar adalah dengan memperhatikan Hard Disk. Internal storage 500GB sudah cukup leluasa. Tapi kalau ada laptop 1 TB tapi lebih murah, kenapa tidak ?
  • Laptop baru yang bagus juga punya SSD, sejenis eksternal card/MMC yang bisa menyimpan file hingga ratusan GB. Ini sebagai antisipasi kalau-kalau Hard Disk tidak mencukupi. Kapasitas penyimpanan SSD ada yang 125 GB, lebih besar lebih baik tapi juga lebih mahal. 


Tips Memilih Laptop Bagus #6 Perhatikan Konektivitas
Laptop tidak digunakan sebagai alat ketik saja. Bagi kamu pekerja atau profesional yang harus sering-sering presentasi, pasti laptopmu harus terhubung ke proyektor sehingga bisa menampilkan slide ke layar.

  • Laptop yang bagus adalah yang memiliki port untuk disambungkan ke berbagai media atau perangkat lainnya.
  • Pastikan bahwa di laptop punya port USB sehingga flash disk dan eksternal device seperti smartphone juga bisa tersambung. Laptop yang bagus sekarang setidaknya punya port USB 3.0 yang 10 kali lebih dalam mentransfer file masuk atau keluar, dan USB 2.0
  • Ada internet pasti ada laptop. Laptop yang bagus untuk internetan sudah pasti harus punya modem internal.


Tips Memilih Laptop Yang Bagus #7 Daya Tahan Baterai dan Kelengkapan Adaptor
Laptop yang bagus adalah laptop yang baterainya tahan lama. Baterai 4 Cell lebih tahan lama dibandingkan 2 Cell, tapi semuanya tergantung penggunaan.

Sebelum membeli laptop baru atau seken, pastikan dalam paket pembeliannya sudah tersedia adaptor yang lengkap untuk proses pengisian baterai.

Tips Memilih Laptop Yang Bagus #8 Material, Berat dan Tebal Tipis Laptop
Tebal tipisnya laptop dipengaruhi oleh komponen-komponen yang tersemat di dalamnya. Semakin besar komponennya tentunya membutuhkan ruang yang lebih luas. Jenis baterai, RAM, Processor serta kipas processor, Hard Disk adalah beberapa perangkat yang membutuhkan ruang tertentu sehingga berdampak pada ketebalan laptop.

Ada banyak laptop yang tipis tapi memberikan dampak tertentu pada dimensi komponen yang harus dipangkas. Biasanya komponen yang menyediakan lebih tipis tapi kapasitas besar akan lebih mahal harganya. Contohnya pada laptop ASUS AMD tipe processor 7th Gen APU cukup tipis tapi besar baterai dipangkas. Untuk mengakalinya AMD menyematkan teknologi tertentu pada processor sehingga lebih hemat daya.

Material juga sangat mempengaruhi berat laptop. Material plastik tentu lebih ringan dibandingkan alumunium, tapi lebih rentan dengan cacat atau retak. Material alumunium lebih berat dibandingkan plastik, tapi lebih tahan benturan. Umumnya berat laptop paling tipis saat ini sekitar 2 Kg.

Tips Memilih Laptop Yang Bagus #9 Pertimbangkan Harga dan Cara Membeli
Sebelum membeli laptop, kamu juga harus mempertimbangkan harga laptop. Ada 2 opsi sebelum membeli laptop. Mencari referensi spesifikasi laptop buruanmu baru menyediakan dana, atau menyiapkan budget dulu baru mencari laptop incaran. Keduanya punya kelebihan dan kekurangan.

Kalau kamu menyediakan budget dana Rp 3000.000 sementara harga laptop yang bagus sesuai pilihanmu harganya 5 juta, maka pilihannya cuma 2. Mengumpulkan uang sembari menunggu harga laptop turun, atau membeli laptop second.

Tapi kalau kamu memang punya rencana untuk membeli di waktu tertentu dan mengincar terlebih dulu kamu masih bisa mengumpulkan uang.

Tips Membeli Laptop Yang Bagus #10 Ada Outlet Resmi
Salah satu keuntungan membeli produk yang ada outlet/gerai resmi di tempatmu adalah mudah berkonsultasi, dan bisa mengganti komponen atau melakukan upgrade dengan barang yang lebih orisinil.

Kalau spesifikasi laptop yang pas dengan keinginanmu ternyata ada pada laptop Acer, maka kamu bisa ke gerai resmi Acer. Tapi kalau tidak ada, pastikan bahwa tempatmu untuk membeli laptop adalah toko yang resmi  menjual produk-produk Acer.  Pastikan ada garansi-garansi tertentu sehingga laptopmu bisa dipertanggungjawabkan. Opsi ini berlaku untuk produk laptop lainnya, entah itu laptop ASUS, laptop DELL atau Zyrex.

Nah sob, itu dia cara memilih laptop baru yang bagus spesifikasinya sesuai tujuan penggunaanmu. Lalu bagaimana kalau ternyata budgetmu tidak mencukupi ?

Mau tidak mau kamu harus beli laptop bekas alias second.

Cara Memilih dan Membeli Laptop Bekas, Jangan Beli Kucing Dalam Karung

Laptop bekas ternyata cukup trend belakangan ini. Apalagi tidak sedikit laptop second yang dijual dengan spesifikasi yang bagus bahkan tergolong tinggi. Tapi hati-hati. Beli laptop bekas atau laptop second itu seperti beli kucing dalam karung. Nyaman di luar, tapi kena 'cakar' begitu dibuka. Lalu bagaimana cara memilih laptop bekas yang bagus ? 

Kalau kamu sudah punya chemistry dengan laptop yang spesifikasinya sesuai dengan keinginanmu tapi budgetmu tidak cukup untuk membeli yang baru sehingga harus mengalihkan ke laptop bekas, hal-hal berikut ini perlu kamu lakukan. 

5 Tips Memilih Laptop Bekas Yang Bagus

  1. Kondisi Fisik masih mulus dan tidak rusak. Tidak ada angka pasti tentang kondisi fisik, tapi menurut TeknoPlug bila laptop bekas yang kamu incar sudah sesuai spesifikasinya pastikan dalam kondisi prima, paling tidak 85%-90%. Kurang dari situ sebaiknya kamu pertimbangkan beli laptop baru saja.
  2. Baterai berfungsi. Pastikan baterainya masih berfungsi. Kalau soak tapi spesifikasinya bagus, kamu bisa mempertimbangkan untuk beli baterai orisinil. Atau kamu juga bisa menawar harga lebih murah kepada si penjual. Cara lainnya adalah memberi opsi kepada si penjual dengan tawaran harga yang ditetapkan tapi si penjual bersedia untuk mengganti baterai. Kemungkinan si penawar akan mempertimbangkan. 
  3. Processor, VGA, RAM berjalan normal. Hati-hati, kadang-kadang penjual laptop second sering mengakali segala sesuatu agar berjalan lancar ketika ditest sebelum membeli, sementara ketika sudah kamu beli eh muncul masalah. Processor adalah dapur pacu yang sangat penting mengoperasikan laptop. Oleh karena itu pastikan kalau processor berjalan normal, kipas berjalan lancar. Caranya yaitu dengan memainkan 1-2 software entah itu game atau aplikasi desain grafis saat melakukan pengujian. Antara 30 menit-1 jam processor berjalan normal dan tidak panas, laptop bekas itu bisa kamu beli. 
  4. Hard Disk tidak malfunction atau error. Hard Disk adalah salah satu komponen yang cukup rentan terbakar, karena merupakan produk elektronik yang paling sering berhubungan dengan kelistrikan. Untuk mengecek apakah Hard Disk masih berfungsi, kamu bisa mengujinya dengan memindahkan file dari flash disk ke laptop atau dari laptop ke flash disk. Kalau error atau tidak menyimpan, kemungkinan hard disk tersebut sudah rusak. 
  5. Konektivitas berfungsi. Salah satu cara memilih laptop bekas yang bagus adalah dengan mencolokkan flash disk ke laptop melalui port USB. Terlebih dahulu kamu pastikan kalau flash diskmu memang bagus, setelah itu masukkan ke laptop. Kalau pada layar monitor tidak terbaca, maka kemungkinan port USB sudah rusak. Lakukan juga hal yang sama dengan mencoba menyambungkan smartphone ke laptop, serta menghubungkan laptop dengan internet untuk mengetahui apakah modem internal berfungsi. 

Merk Laptop Paling Bagus Apa ? | Cara Memilih Merk Laptop Yang Bagus dan Terbaik


Pertanyaan seputar merk laptop yang paling bagus cukup banyak berseliweran di sejumlah forum. Kalau menurut TeknoPlug, tidak ada ukuran atau indikator apa merk laptop yang bagus.

Indikator merk laptop yang bagus tergantung pada spesifikasinya. Saat ini bisa dibilang Acer, ASUS, Sony, Toshiba, DELL adalah merk-merk laptop yang selama ini rutin mengeluarkan produk-produk keren. Laptop Zyrex atau laptop Axioo juga tidak ketinggalan.

Masalahnya adalah, tidak semua produsen laptop menyediakan spesifikasi yang bagus sesuai keinginan penggunanya pada budget yang sama. Lalu bagaimana cara memilih merk laptop yang bagus ?

Cara Memilih Merk Laptop Yang Bagus

  1. Kalau kamu punya budget Rp 5juta, dan kamu penggemar produk-produk laptop dari ASUS, maka carilah referensi mengenai laptop ASUS yang budgetnya sesuai dengan yang kamu sediakan. Ada banyak laptop baru dari ASUS harga 5 jutaan. Tapi apakah spesifikasinya sesuai dengan yang kamu inginkan ? 
  2. Kalau akhirnya kamu menemukan laptop ASUS pilihanmu yang spesifikasinya sesuai kebutuhan tapi ternyata tidak sesuai di harga, maka kamu punya 2 opsi. Mengumpulkan uang agar tetap bisa membeli laptop ASUS yang baru, atau membeli laptop ASUS bekas. Atau mungkin kamu ingin mencicil ? Tidak masalah juga, karena laptop ASUS saat ini juga banyak dijual dengan cara kredit. 
  3. Kalau ternyata kamu bertahan di angka 5 jutaan, maka mau tidak mau kamu harus mengalihkan pilihan ke merk laptop lainnya. Kamu bisa mencari laptop Acer 5 Jutaan dengan spesifikasi yang sama. Atau merk laptop DELL yang harganya 5 jutaan. Bahkan ada juga merk laptop harga terjangkau dengan spesifikasi bagus seperti keluaran Zyrex. Pilih mana, merk atau spek ? 

ASUS vs Acer vs DELL | Apa Merk Laptop Terbaik

ASUS, Acer, DELL akhir-akhir ini cukup bersaing secara signifikan. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan.


  • ASUS punya kelebihan pada body build, harganya juga lebih murah. 
  • Acer punya kelebihan karena berkali-kali pernah menjadi produsen dengan produk laptop paling laris.
  • DELL punya kelebihan pada desain yang elegan, apalagi belakangan ini DELL menyematkan komponen-komponen berspesifikasi tinggi. 
Pertanyaannya adalah, apa merk laptop yang menyediakan spesifikasi perangkat yang sesuai dengan keinginanmu dan pas dengan budget yang kamu sediakan ? 

Akhir Kata

Nah sob, itulah 10 Tips Untuk Memilih Laptop Yang Bagus. Sebelum membeli laptop, pilihlah laptop yang bagus sesuai tujuan penggunaan, spesifikasi yang sesuai dan pas dengan budget yang kamu sediakan. Jangan paksakan beli laptop baru kalau kamu tidak punya budget yang cukup, kecuali kalau kamu memilih opsi beli baru dengan mencicil dan opsi beli laptop bekas. 
Labels: Komputer, Teknonews, Trik Komputer

Thanks for reading 10 Cara Untuk Memilih Laptop Yang Bagus. Please share...!

2 Comment for "10 Cara Untuk Memilih Laptop Yang Bagus"

Boleh juga nih cara memilih laptopnya dicoba. Sy emang paling memperhatikan spek, makanya laptop saya awet. Tapi karena perkembangan jaman sy mesti cara laptop baru terbaik yang awet

cara memilih laptop yang bagus itu RAM nya besar, processor paten punya intel atau AMD (perhatikan clock speednya ya), sudah ada kartu grafis minimal 2GB. kalau milih yang speknya di bawah itu, siap-siap hang dah...ogah beli yang spek rendah

Back To Top