Table of Content

4 Solusi Mengatasi Layar Laptop Blue Screen

Ketika muncul blue screen di layar laptop, Anda tidak dapat melakukan perintah apapun. Langkah berikut ini efektif mengatasi monitor blue screen.
Cara Mengatasi Layar Blue Screen-Kerusakan komputer tentu bukan hal yang diinginkan. Apalagi jika tugas sehari-hari Anda sangat bergantung pada benda elektronik ini. Kalau komputer rusak, maka rusak pula seluruh tugas- tugas harian Anda. Kinerja Anda bisa terganggu dan tidak maksimal. Contohnya yaitu karena layar laptop tiba-tiba blue screen.

Layar Monitor Blue Screen

Harga komputer terbaru semahal apapun, tidak menjamin komputer Anda akan aman dari berbagai masalah. Baik itu serangan virus maupun kerusakan lain yang mungkin ditimbulkan akibat kelalaian Anda sendiri. Komputer memang rawan mengalami kerusakan. Walaupun sudah dijaga sedemikian rupa, kadang masih saja ada masalah yang luput dari perhatian Anda, misalnya layar blue screen.

Layar blue screen adalah salah satu kerusakan yang mungkin muncul di komputer/laptop. Anda pernah mengalaminya? Ketika muncul blue screen di layar laptop, Anda tidak dapat melakukan perintah apapun. Bahkan pada beberapa kasus laptop blue screen tidak bisa masuk ke Windows secara normal.

Blue screen bisa muncul tiba-tiba bahkan ketika Anda tidak melakukan tugas berat pada komputer Anda. Hal ini yang kadang membuat Anda bingung dan bertanya-tanya, kelalaian apa yang telah Anda perbuat hingga mengalami laptop blue screen dan restart sendiri ?

Tidak usah bingung, anda bisa lakukan beberapa trik jika mengalami layar laptop biru.

kenapa layar laptop blue screen

Penyebab Layar Laptop Blue Screen

Kenapa layar laptop blue screen bisa terjadi ? Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari tahu apa penyebab layar laptop biru melalui browsing di internet dan bertanya kepada teman yang mengerti.

Secara umum, blue screen bisa disebabkan karena Windows error, atau komputer terinfeksi virus. Penyebab layar PC blue screen bisa juga karena adanya masalah pada hardware seperti koneksi yang tidak sempurna, atau monitor yang malfungsi. Dengan mengetahui berbagai penyebab layar komputer blue screen, Anda akan lebih mudah dalam menentukan penanganan selanjutnya.

Blue screen bisa terjadi pada semua rentang harga komputer terbaru. Bagaimana cara mengetahui penyebab blue screen ? Simak langkah-langkahnya berikut ini.

a. Download software “BlueScreenView
b. Kemudian, Anda bisa langsung membuka software tersebut tanpa melakukan install terlebih dulu.
c. Nantinya akan muncul informasi mengenai penyebab blue screen yang terjadi pada komputer Anda.

Mengatasi Layar Komputer Blue Screen

Jika sudah diketahui penyebab blue screen pada komputer, sekarang saatnya Anda mengatasinya. Jadi sebelum mencari informasi harga komputer terbaru, tidak ada salahnya Anda mencoba mengatasi masalah tersebut.

Berikut beberapa cara mengatasi layar biru laptop Dell, ASUS, atau merk lainnya yang biasa anda gunakan untuk beraktivitas.

1. Mengatasi Layar Biru Laptop Dengan Melakukan Full Scan Antivirus

cara mengatasi layar blue screen pada laptop

Full scan antivirus merupakan cara yang tepat jika blue screen pada komputer Anda disebabkan adanya masalah pada file system. Masalah pada file system ini bisa dikarenakan komputer Anda terjangkit virus hingga menyebabkan blue screen. Solusi yang paling tepat tentu saja dengan melakukan full scan. Sudah tahu apa antivirus terbaik untuk laptop anda ? Kalau belum, coba baca 5 Antivirus Terbaik Dan Ringan Untuk Laptop/PC.

2. Cara Mengatasi Layar Blue Screen Pada Laptop Dengan System restore

cara mengatasi layar laptop biru

Layar sering blue screen dapat juga diakibatkan oleh adanya kerusakan pada software atau driver yang diinstall sebelumnya. Untuk hal ini, Anda disarankan melakukan system restore agar software atau driver yang crash dapat diperbaiki. Oya, anda juga perlu memahami bahwa software atau driver yang crash bisa menjadi penyebab laptop lemot.

3. Cara Memperbaiki Layar Blue Screen Dengan Reset windows

mengatasi laptop blue screen terus menerus

Jika dua cara sebelumnya untuk memperbaiki layar biru laptop anda tidak berhasil dan masih saja laptop blue screen terus menerus, Anda bisa mencoba untuk melakukan reset windows atau install ulang. Biasanya ini menjadi cara tercepat komputer Anda bisa pulih jika masalah yang dialami terkait dengan software. Itu sebabnya jangan sembarangan menginstal software bila anda tidak tahu apa saja software yang wajib instal di laptop baru.

4. Mengatasi Layar Komputer Blue Screen Dengan Cek hardware

cara mengatasi layar komputer blue screen

Apabila akar masalah dari blue screen pada monitor komputer Anda adalah karena driver dan cara-cara sebelumnya tidak membuahkan hasil, mungkin yang mengalami masalah adalah bagian hardware komputer. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan service.

Pastinya sebelum benar-benar membeli sebuah laptop baru anda harus tahu apa spesifikasi laptop yang bagus untuk sesuai kebutuhan. Sudah tahu caranya memilih laptop baru yang bagus buat anda ?

Referensinya bisa anda baca di Cara Memilih Laptop Yang Bagus.

Harga Laptop Baru

Tapi kalau Anda membutuhkan komputer baru, Anda bisa langsung mengunjungi laman dan aplikasi Bukalapak. Disana Anda tidak hanya akan mendapatkan informasi mengenai harga komputer terbaru, namun juga ada informasi mengenai harga laptop Macbook terbaru.

Selain produknya lengkap, berbelanja di Bukalapak juga dijamin aman.

Baca Juga: Cara Back Up Data Menggunakan OTG

Demikian Cara Mengatasi Blue Screen Pada Layar Komputer anda. Sebenarnya caranya tidaklah sulit. Namun bila anda masih mendapati layar laptop biru terus maka sebaiknya segera berkonsultasi kepada teman atau menginstall ulang di service center komputer terdekat.
Suka Teknologi