Review X555BP, Laptop ASUS Windows 10 AMD A9 Terbaik Murah Untuk Pelajar

27 Januari
Laptop ASUS Windows 10 terbaru berprocessor AMD A9 (AMD 7th Gen APU) resmi dirilis menjelang awal tahun 2018 lalu oleh ASUS Indonesia. Laptop terbaru ASUS yang stylish abis ini diproyeksikan sebagai alat komputasi sehari-hari untuk menyelesaikan sejumlah pekerjaan dengan hasil terbaik bahkan untuk gaming dan multimedia karena didukung spesifikasinya mumpuni serta performa sangar.

laptop asus windows 10 terbaik untuk pelajar dan mahasiswa

Salah satu tips memilih laptop yang bagus untuk pelajar dan mahasiswa dapat dilihat dari desain dan spesifikasinya. Buat kamu yang sedang mencari laptop terbaik untuk sehari-hari, saat ini ada 4 varian laptop ASUS AMD yang baru saja dirilis.

ASUS dan AMD merilis empat laptop Windows 10 dengan layar 15 inch performa maksimal harga murah akhir Desember lalu, salah satunya yaitu ASUS X555BP. Laptop AMD X555BP dirilis untuk menangani tugas komputasi dan multimedia sehari-hari dengan disematkannya sejumlah komponen berteknologi jempolan di dalamnya.

Laptop ASUS Windows 10 dengan processor APU A9 ini sangat ideal untuk hiburan selain membantu meningkatkan produktivitas serta membantu menyelesaikan tugas-tugas rutin dengan lancar. Ini karena fitur-fitur tercanggih dalam OS Windows 10 yang sangat baik sehingga semua pekerjaan bisa dilakukan tanpa hambatan berarti. Aktivitas santai yang menyegarkan dan fituristik seperti nonton film, video musik dan download video Youtube di ASUS X555BP akan terpenuhi dengan memuaskan tanpa kendala.

Oke, untuk mengetahui lebih lanjut tentang keunggulan laptop ASUS Windows 10 model X555BP ini yuk kita intip desain, spesifikasi serta performanya.

Baca Juga : Tips Bagaimana Cara Memilih Laptop Gaming Terbaik.

Fitur Dan Kelebihan ASUS X555BP

  • OS Windows 10 Original

Windows 10 untuk laptop ASUS X555BP niscaya akan memberikan kemudahan-kemudahan yang memberikan kepuasan bagi penggunanya. Pengguna akan lebih produktif menghasilkan karya-karya terbaik olah grafis dan edit video karena masih mampu menjalankan aplikasi-aplikasi sekelas Photoshop, Corel Draw dan video maker sebelum di unggah ke Youtube dan media sosial.

Kamu juga tidak perlu repot-repot mencari tips dan cara menginstal laptop asus windows 10, karena X555BP adalah laptop ASUS Windows 10 yang sudah terinstal pada setiap paket pembelian.

  • Dengan Desain Unik dan Stylish

Selain didesain dengan finishing pada bagian cover, ASUS X555BP dibuat dengan mengadopsi teknik guratan lurus (spun line). Motif ini memberikan tekstur permukaan yang agak kasar sehingga tidak mudah meninggalkan sidik jari yang sering mengotori laptop. Tekstur dengan motif guratan ini memberikan kesan yang anggun. Pada bagian palm rest juga diberikan motif garis-garis halus menyerupai rambut sehingga ada kesan eksentris.

  • Body Build Kokoh Dan Ringan

X555BP tergolong laptop ASUS Windows 10 dengan bodi tipis. Dengan kisaran bobot 2,2 Kg termasuk baterai, laptop AMD ASUS varian X Series X555BP ini cukup ringan dijinjing dan dinamis, bisa dibawa kemana-mana bahkan bisa bersosialita di cafe sekalipun. Selain itu, X555BP adalah laptop ASUS Windows 10 terbaru yang dirancang menggunakan material yang cukup bagus sehingga body buildnya cukup kokoh dan cukup tahan terhadap berbagai kondisi. Cocok untuk mahasiswa dan pelajar jaman now yang stylish dan eksis di berbagai aktivitas.

  • Enable Touchpad On ASUS Laptop Windows 10

Fungsi enable touchpad on asus laptop windows 10 sangat berperan dalam pengoperasiannya. Touchpad pada laptop ASUS tipis dan ringan ini cukup luas dan responsif dengan fitur multi point dikolaborasikan dengan teknologi ASUS Smart Gesture sehingga lebih intuitif dan alami, memberikan pengalaman yang berbeda serta memudahkan pengguna menggerakkan cursor secara leluasa.

  • Keyboard Standar Gaming

Keyboard laptop ASUS Windows 10 X555BP juga didesain sesuai standar game membuat gamer lebih gampang menggunakannya. Apalagi keyboard di laptop ini sangat fleksibel dan cukup lembut. Pengguna akan sangat terbantu untuk urusan ketik mengetik atau input data menggunakan office karena penempatan huruf dan angka sudah didesain sedemikian rupa penempatannya sehingga tidak membingungkan pengguna untuk mencari tombol-tombol.

Kelebihan lain dalam ASUS Seri X555BP terbaru adalah fitur Instant On yang bisa menghidupkan kembali komputer ketika berada pada mode sleep hanya dalam beberapa detik.

  • Layar Luas Bikin Puas

Dengan layar beresolusi HD (1366x768), ASUS AMD X555BP 15 inch ini memberikan keleluasan bagi penggunanya untuk melihat gambar, cukup nyaman saat berinteraksi dengan konten multimedia seperti menonton film maupun editing foto dan video. Apalagi teknologi Splendid yang dapat dipergunakan untuk memberikan kualitas tampilan layar lebih mengasyikan.

Tim ASUS Golden Eye mengembangkan teknologi ASUS Splendid yang sangat ekslusif untuk memberikan warna yang cerdas dan temperatur warna yang akurat melalui pengaturan dan melalui parameter fine-tuning display. Untuk menyetel layar supaya aman, ASUS juga memberikan pilihan Normal Mode, Eye Care Mode, Vivid Mode dan Manual Mode sehingga sesuai dengan fleksibelitas dan kemampuan indra penglihatan pengguna.

  • RAM 4GB, Pengoperasian Lancar

Laptop ASUS Windows 10 RAM 4GB ini cukup baik menjalankan sejumlah aplikasi, termasuk sistem pengoperasian Windows 10 itu sendiri. Dengan menyematkan RAM 4GB DDR3, pemasangan OS Windows 10 berikut pengoperasiannya berasa ringan. Alhasil, membuka dan mengoperasikan software lainnya pun akan menepis keraguan akan kemampuannya menjalankan aplikasi-aplikasi terbaru.

  • Simpan File Lebih Leluasa Dengan Storage 1TB

Cara memilih laptop yang bagus salah satunya adalah dengan memperhatikan kapasitas ruang penyimpanan atau storage/hard disk. Semakin besar penyimpanan internal, semakin leluasa pengoperasiannya. ASUS cukup sadar dengan perubahan paradigma komputasi saat ini yang berorientasi pada konten-konten multimedia seperti editing, upload dan download maupun bermain game. Aktivitas-aktivitas seperti ini pastilah membutuhkan ruang penyimpanan yang besar.

X555BP adalah laptop ASUS Windows 10 dengan kapasitas memori 1Tb, cukup lega untuk ngapain aja.

Bagaimana Performa Laptop ASUS Processor AMD Untuk Gaming Dan Multimedia ?

laptop amd dual processor asus x555bp dengan windows 10
Laptop ASUS Windows 10 dengan processor AMD 7th Gen APU A9, lebih cepat dari versi sebelumnya

Meskipun model laptop ASUS X555BP ini tidak menyasar pada pengguna gaming high end maupun entry gaming sekelas X550IK atau X555QG yang level performa gaming dan grafisnya menjadi salah satu yang terbaik, tapi laptop X555BP cukup mampu menjalankan sejumlah game 3D dengan kualitas dan performa setara dengan kompetitor AMD lainnya untuk segmen yang sama.

Laptop ASUS Windows 10 X555BP tidak bisa diremehkan. Meskipun menyasar segmen consumer mainstream, spesifikasinya sangat bertenaga. Ini karena penyematan chip CPU AMD A9 9420 Dual Core APU yang terintegrasi dengat grafis Radeon R5 M420 Graphics.

Processor AMD A9-9420

CPU AMD A9-9420 adalah chip entry level dari seri APU berarsitektur Stoney-Ridge (7th Gen APU) yang dirilis tahun 2016. Stoney-Ridge merupakan arsitektur versi dual core dari arsitektur Bristol-Ridge dan merupakan suksesor dari arsitektur Carrizo.

AMD A9-9420 menjadi processor tercepat untuk prosesor APU versi arsitektur Stoney-Ridge karena CPU clocknya mengalami peningkatan 100 MHz dari versi sebelumnya, A9-9410 dalam penggunaan daya yang sama.

Prosesor AMD model yang satu ini terintegrasi dua core CPU (1 modul Excavator dengan 2 integer dan pada modul lainnya pada unit FP). Clock-nya tinggi, berkisar antara 3 GHz hingga 3,6 GHz (saat Turbo diaktifkan). Ini menyebabkan kecepatan dan performa laptop cukup tinggi menjalankan sejumlah software.

Dengan konsumsi daya (TDP) pada rentang 10-25 W, prosesor model ini sangat hemat dan efisien. Efisiensi ini sangat cocok disandingkan dengan laptop tipis dan ringan serta berlayar 15 inci seperti ASUS.

Radeon R5 M420 Graphic Card

Kartu grafis Radeon R5 M420 Graphics merupakan salah satu model terbaru dari Radeon R5 yang dirilis tahun 2016. Graphic Card Radeon R5M420 dibuat dengan teknologi 28nm berbasis prosesor grafis varian Jet Pro yang support DirectX 12.0.

Radeon R5 M420 memiliki 320 unit shaders dengan 20 unit mapping tekstur dan 8 ROP. AMD menyematkan memori DDR3 sebesar 4GB yang terkoneksi dengan interface memori 64-bit. Kartu grafis ini beroperasi pada frekuensi 780 MHz (hingga 850 MHz) dimana memori berjalan pada 1000 MHz.

Radeon R5 mendukung integrasi CPU dan GPU secara otomatis melalui teknologi Enduro yang memiliki Dynamic Switchable Graphics menyerupai nVidia Optimus. Selain itu Radeon juga mendukung antar monitor karena menggunakan teknologi Eyefinity. Konsumsi dayanya hemat dan penggunaannya bisa diatur karena menggunakan memasukkan teknologi ZeroCore yang mampu mengurangi konsumsi daya saat kondisi turned off dan teknologi Power Gating untuk menurunkan konsumsi daya pada core yang tidak aktif selama masih dalam rentang TDP rendah.

Bertenaga dan Hemat Daya

Adanya integrasi Radeon R5 M420 pada prosesor AMD A9-9420 Dual Core menyebabkan laptop ini cukup bertenaga meskipun didesain tipis dan ringan.

Performa single core-nya cukup baik, sementara pada sisi lain performa multi core juga tidak kalah. Untuk segmen entry level pada performa clock speed, turbo clock speed, L2 Cache Memory serta GPU clock speed ASUS X555BP mengungguli Intel Core i3 5005U dan setara dengan laptop yang menanam prosesor AMD A6 7th Gen A6-9220.

AMD APU model A9 Series memang memiliki performa lebih baik dengan meningkatnya base clock dan turbo clock, dimana clock speed tertinggi mencapai 3,6 GHz pada mode turbo. Adanya dukungan DirectX® 12/Vulkan™ menyebabkan Laptop ASUS A9 dengan Windows 10 ini bisa menjalankan game-game berbasis API.

Apalagi baterainya sangat hemat dan awet karena menggunakan baterai polimer yang terkenal 2,5 lebih kuat daripada baterai Li-ion silinder. Meskipun telah melakukan pengisian ulang berkali-kali, tingkat keawetannya cukup signifikan karena masih bisa menyimpan 80% daya dari kondisi awalnya.

Apalagi teknologi hemat baterai yang dimiliki processor AMD A9-9420P yang TDP-nya cukup rendah (pada rentang 10-15W) untuk mencapai kecepatan (clock speed) maksimal dan penyematan teknologi serupa pada kartu grafis menyebabkan baterai laptop ASUS X555BP bisa bertahan hingga 33 jam.

asus gaming windows 10 laptop support multimedia
Laptop ASUS Gaming dan Multimedia Dengan Windows 10

Kelebihan Lain ASUS X555BP

  • Kualitas Suara Terbaik Dengan ASUS SonicMaster

ASUS laptop Windows 10 support teknologi SuperSonic untuk berbagai kegunaan, termasuk nonton video maupun bermain game.

Kualitas suara dengan efek-efek bombastis untuk mendukung multimedia juga terdongkrak karena adanya Audio Built-in Speakers And Microphone dan SonicMaster. Bagi pengguna yang suka dengar musik atau nonton video dengan efek menggelegar seperti bioskop laptop ini sangat pantas menemani keseharian pengguna dengan menggunakan koneksi antar device.

  • Support Konektivitas Tinggi Untuk Koneksi Antar Device

Konektivitas tinggi dan support Wifi adalah salah satu andalan laptop ASUS terbaru X555BP ini. Didukung perangkat dan komponen terbaik agar bisa terkoneksi dengan internet wifi, laptop ASUS tipis dan ringan ini juga menyediakan port wifi serta port USB maupun port koneksi support multimedia.

Buat pengguna yang sering menyimpan data atau berbagi file dari dan menuju laptop prosesnya sangat cepat karena tersedia port USB 3.0 yang 10x lebih cepat ketika melakukan transfer file. Selain itu juga terdapat port USB 2.0 untuk menghubungkan berbagai macam device ke laptop.

Selain itu pengguna juga tetap dimudahkan menyimpan atau mentransfer file dalam bentuk kepingan disk karena meskipun slim ASUS menyediakan Disk Drives DVD yang lebih cepat.

Koneksi dengan perangkat lain contohnya antara laptop dengan laptop/komputer lain, atau antara laptop dan speaker bahkan dengan media visual lain telah didukung dengan port audio jack, VGA port dan RJ45 LAN.

Spesifikasi Lengkap ASUS X555BP Dan Harga

laptop amd asus murah terbaru
Spesifikasi Laptop ASUS X555BP
  • CPU AMD A9 9420 Dual Core APU with Radeon R5 M420 Graphichs
  • Graphics Radeon R5 M420 Graphichs
  • Operating System Windows 10
  • Memory 4GB DDR3 Memory
  • Storage 1TB HDD
  • Display 15,6” 16:9HD (1366x768)
  • Optical Disk Drive Super-Multi DVD
  • Input/Output 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 1 x VGA port/Mini D-sub 15-pin for external monitor, 3 x USB 3.0 port(s), 1 x USB 2.0 port(s), 1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert, 1 x HDMI
  • Camera Built-in HD camera and array mic
  • Connectivity Integrated 802.11ac, BT 4.0 support
  • Audio Built-in Speakers And Microphone, SonicMaster Lite Technology, ICE Power support
  • Dimension 38.2 x 25.6 x 2.58 mm
  • Battery 37 Whrs Polymer Battery
  • Harga Rp5.599.000
  • Garansi 2 Tahun (global)

Baca Juga

Rekomendasi
X555BP adalah Laptop ASUS Windows 10 Terbaik Untuk Gaming dan Multimedia Terbaik Untuk Pelajar dan Mahasiswa
So, anda masih ragu ? Bila ya, coba anda baca lagi dari atas dan mulailah membayangkan hal-hal luar biasa yang akan anda dapatkan dalam laptop AMD ASUS X555BP.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 Comments:

Write Comments
17 Februari, 2018

Terima kasih sudah berpartisipasi dalam Blog Competition ASUS AMD - Laptop for everyone. Good luck yaaa...

avatar