15 Aplikasi Android Yang Berbahaya Dan Harus Dihapus Dari HP

23 Oktober
Aplikasi Android Berbahaya kembali ditemukan. Menurut para peneliti SophosLab terdapat malware dalam Android tersebut sehingga sangat berbahaya bila dipasang di hp. Apa saja aplikasi yang harus dihapus dari ponsel Android tersebut ?


15 aplikasi android berbahaya

Bukan hal yang mengejutkan bila akhir-akhir ini terdapat sejumlah aplikasi Android yang tidak aman bila dipasang digadget. Aplikasi seperti Jelly Slice, Sparkle, Color Tiles, Snake Attack, Math Solver, ShapeSorter, Zombie Killer, Take A Trip, Join Up, Space Rocket, HexaBlocks, Neon Pong, Box Stack, Magnifeye, Cliff Diver, Just Flashlight, Table Soccer, AK Blackjack, Roulette Mania, Animal Match, HexaFall, dan PairZap adalah 22 aplikasi Android berbahaya tahun 2018 lalu dan sangat disarankan untuk segera dihapus bila pengguna ponsel sempat menginstalnya.

15 aplikasi Android berbahaya juga ditemukan tahun 2019 ini. Adalah SophosLab yang melakukan penelitian dan pengujian terhadap keamanan aplikasi-aplikasi untuk smartphone, termasuk aplikasi Android. Mereka menemukan adanya malware Android sehingga menyebabkan masalah keamanan bila ke-15 aplikasi yang terdapat di Play Store tersebut diinstal.

Nah, apa saja aplikasi Android yang sangat berbahaya dan harus segera dihapus dari hp ?

Daftar Aplikasi Android Yang Berbahaya

daftar aplikasi android berbahaya
15 Aplikasi Android Yang Berbahaya 2019 dan harus segera diuninstal (kredit : Sophos)
Inilah daftar aplikasi-aplikasi yang harus segera kamu hapus dari Android bila tidak ingin ponselmu mengalami masalah :

1. Aplikasi Generate Elves
2. Aplikasi Flash On Calls & Message
3. Aplikasi Savexpense
4. Aplikasi Image Magic
5. Aplikasi Read QR Code
6. Aplikasi Find Your Phone
7. Aplikasi QR Artifact
8. Aplikasi Auto Cut Out Pro
9. Aplikasi Scavenger - Speed guard
10. Aplikasi Background Cut Out
11. Aplikasi Image Processing
12. Aplikasi Photo Background
13. Aplikasi Auto Cut Out 2019
14. Aplikasi Background Cut Out New
15. Aplikasi Auto Cut Out

Itulah daftar aplikasi yang sangat berbahaya di hp Android. Tapi seperti apa ciri-ciri dan cara kerjanya sehingga aplikasi ini harus segera dihapus bila sudah terinstal di smartphone Android ?

Ciri-Ciri Aplikasi Android Yang Berbahaya Bila Diinstal

"Malware dalam aplikasi Android yang berbahaya ini punya cara kerja yang unik", demikian menurut Pankaj Kohli salah satu peneliti dari SophosLabs.

Pengguna menginstal program dan aplikasi untuk berbagai fungsi dan kegunaan, misalnya membaca kode QR atau memotong gambar. Tapi ketika didownload aplikasinya menghilang dari layar daftar aplikasi di smartphone (plain view) dan hanya bisa terlihat di 'App Info' saat membuka 'Pengaturan ' (Setting).

"Malware di aplikasi Android berkembang dengan cepat dalam jumlah besar, bisa dalam bentuk iklan yang sangat instrusif (mengganggu), dan mampu menyembunyikan diri (icon app) dari peluncur aplikasi agar sulit ditemukan dan dihapus oleh penggunanya. Banyak dari malware Android tersebut 'menyamar' di halaman pengaturan aplikasi."

Seperti umumnya sifat malware yang bisa memberikan dampak berupa kerusakan sistem dan kehilangan data di smartphone khususnya data-data pribadi tentu saja aplikasi Android yang memiliki malware didalamnya jadi berbahaya bila diinstal.

Lalu bagaimana mengatasi ponsel Android yang telah terserang malware melalui aplikasi yang sempat terunduh oleh pengguna ?

Cara Mengatasi Smartphone Kembali Aman Dari Aplikasi Android Yang Berbahaya

Menurut statistik Play Store hingga saat ini terdapat kurang lebih 1,3 miliar orang yang telah menginstal aplikasi Android berbahaya di atas.

Umumnya orang akan segera memasang antivirus terbaik yang memberikan perlindungan maksimal di perangkatnya.

Baca Juga :


Namun cara efektif mengatasi aplikasi Android yang mengandung malware yang berbahaya untuk ponsel bila pengguna sempat menginstalnya adalah dengan segera menghapusnya dan atau melakukan pengaturan opsi 'Disable'.

Langkah-langkah mengatasi aplikasi berbahaya yang sempat terinstal di Android yaitu sebagai berikut :

1. Tap Setting > Apps & Notifications. Selanjutnya akan muncul halaman daftar aplikasi. Aplikasi yang paling sering dibuka akan muncul pada daftar teratas di halaman tersebut.

2. Tap Force Stop > Uninstall bila terlihat aplikasi menggunakan icon Android dengan warna siluet warna biru kehijauan serta memiliki nama seperti 'Back Up', 'Time Zone Service', atau 'Update'.

Jadi meskipun Google telah menghapus aplikasi Android tersebut dari Play Store bukan tidak mungkin akan muncul aplikasi serupa yang mengandung malware. Oleh karena itu kamu sangat disarankan untuk memasang aplikasi Antivirus untuk Android sebelum menginstal aplikasi-aplikasi Android yang terlihat keren karena kamu tidak tahu apakah aplikasi tersebut benar-benar bersih atau malah aplikasi yang sangat berbahaya di smartphone Android kamu.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »