Manfaat & Kegunaaan USB OTG Untuk Back Up Data Smartphone

29 September
Kegunaan USB OTG terhadap back up data di smartphone semakin menunjukkan manfaatnya dalam mengamankan file-file penting dalam hp, meskipun vendor telah menyediakan internal storage yang berkapasitas besar.

Inovasi di bidang teknologi terus berkembang untuk mempermudah manusia menyelesaikan pekerjaannya dan menghasilkan banyak sekali alat dan perangkat canggih, misalnya smartphone. Tidak bisa dibantah, di era revolusi industri 4.0 yang sedang berlangsung saat ini smartphone menjadi salah satu perangkat yang seolah-olah tidak terpisahkan dan senantiasa menemani dan mendukung manusia mengarungi hari-harinya.

Bukan cuma untuk berkomunikasi saja, tapi smartphone juga digunakan untuk bermain game, membayar belanja online, menerima dan mengirim file-file perusahaan, hingga mendokumentasikan momen-momen terbaik.

Dalam perkembangannya, smartphone canggih kini dibuat dengan spesifikasi menggiurkan. Mulai dari kamera puluhan megapiksel, RAM besar, hingga ruang penyimpanan yang cukup lapang untuk menyimpan berbagai video, foto-foto, aplikasi, hingga file-file untuk pekerjaan. Khususnya ruang penyimpanan atau ROM saat ini disediakan oleh vendor dengan beragam ukuran mulai dari kapasitas 16 GB hingga 1 TB. Wow, terasa lapang kan ?

Tapi ternyata ruang penyimpanan yang besar tidak menjamin smartphone kamu aman dari kehilangan data.

Pentingnya Melakukan BackUp Data Smartphone

manfaat back up data di smartphone

Pandangan dan perilaku keliru tentang back up data smartphone ini terungkap setelah hasil survey bertajuk Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey yang dilakukan Western Digital Corp. dan melibatkan 1.120 responden dari Jakarta, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, dan Makassar beberapa waktu lalu dirilis.

Salah satu hasil survey menyatakan bahwa sebanyak 97 persen responden menjadikan smartphone sebagai perangkat utama dalam aktivitas harian. Fakta lainnya adalah responden yang berusia muda cenderung menggunakan smartphone untuk berbagai penggunaan, mulai dari gaming, video streaming, navigasi, maupun berbelanja online.
cara melakukan back up data di smartphone dengan usb otg
Penggunaan smartphone oleh masyarakat Indonesia (sumber : Western Digital/ilustrasi : TeknoPlug)
90 persen responden menggunakan smartphone untuk mengambil foto daripada untuk melakukan panggilan (87 persen) atau ngobrol di aplikasi (72 persen). Seperti saya. Ya, dibandingkan untuk bertelepon atau chatting, saya lebih sering menggunakan smartphone untuk mengambil dokumentasi. Tak pelak ponsel saya 95 persen isinya foto dan video, dimana 99 persen dari 90 persen tersebut adalah foto aktivitas lapangan dan objek survey ! Bisa dibayangkan bukan gimana rasanya kehilangan foto-foto itu ? Serasa kehilangan separuh hidup.

cara mengatasi kelebihan memori di smartphone
Data seputar penggunaan memori di smartphone (sumber:Western Digital/ilustrasi : TeknoPlug)
Selain itu fakta lainnya adalah kebanyakan orang di Indonesia menggunakan ponsel yang punya memori internal antar 16-32 GB (56 persen). Saya yang punya memori internal 64GB saja selalu merasa kekurangan bila secara menerus mengambil foto dan video sehingga "terpaksa" menghapus sejumlah file, apalagi yang menggunakan gawai 32GB.

Aneh kan, membuang file penting supaya ada ruang untuk menambah file baru. Dan saya akhirnya kehilangan data penting karena tidak membackupnya terlebih dahulu. Kalau #DibuangSayang banget kan ?

Padahal sebenarnya file tersebut bisa dipindahkan tanpa harus menghapus. Sering saya merasa jengkel kalau tiba-tiba ada notifikasi "memori penuh" setiap kali mengambil foto. Hal yang sama yang dirasakan para responden tentunya.

Hasil lainnya dari survey tersebut adalah terungkapnya masalah kehilangan data. Kenapa para pengguna smartphone sering kehilangan data ? Bisa saja karena ada file yang rusak, ada virus, atau karena sengaja dihapus seperti yang saya lakukan karena memori sudah penuh. Tapi ternyata faktor utama penyebab terbesar kehilangan data adalah kesadaran dan niat pengguna smartphone untuk melakukan pencadangan.
Back Up Data Smartphone Dengan USB OTG
Penyebab kehilangan data di smartphone (sumber : Survey Western Digital/ilustasi : TeknoPlug)

67 persen responden pernah mengalami masalah kehilangan data, namun hanya sepertiga saja yang rutin melakukan backup data secara teratur (setidaknya sebulan sekali atau lebih).

Manfaat USB OTG dalam melakukan back up data di smartphone
Data kebiasaan orang Indonesia melakukan back up data smartphone (sumber : survey Western Digital/ilustrasi : TeknoPlug)
Dengan kata lain kebanyakan orang Indonesia tidak punya perencanaan untuk melakukan backup data secara teratur. Ini tentu berkaitan dengan perilaku, bukan ? Sudah tahu, tapi tidak melakukan antisipasi. Seperti saya.

Nah, lalu bagaimana caranya menyikapi masalah kehilangan data di smartphone ini, dan apa saja yang perlu dilakukan ?

Manfaat dan Kegunaan USB OTG Mengatasi Kehilangan Data Di Smartphone

Sebelum kamu kehilangan semua data dan file penting di smartphone, kamu mesti mempertimbangkan resiko apa saja yang bakal kamu dapatkan kalau tidak sesegera mungkin mengamankannya. Seperti saya, yang harus jungkir balik mengumpulkan kembali foto-foto yang sudah hilang.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi kelebihan memori dan kehilangan data di smartphone kamu.

menyimpan data smartphone dengan USB OTG

Mulailah Teratur, Segera Pindahkan File Dari Ponselmu Ke Laptop Atau Penyimpanan Eksternal

Cara mengatasi masalah kehilangan data yang pertama dan paling utama adalah mengubah kebiasaan. Memulai mengubah kebiasaan bisa dikatakan cukup sulit bila tidak disertai kesadaran dan niat serta tekad yang kuat.

Setelah menggunakan ponsel sesegera mungkin pindahkan filenya ke laptop atau ke flash disk. Tidak punya flash disk ? Pinjam punya teman saja, seperti saya yang mau tidak mau harus pinjam smartphone teman untuk mengambil dokumentasi lagi.

Pakai USB OTG Flash Drive

Cara smart berikutnya untuk menghindari kehilangan data di smartphone adalah memiliki dan menggunakan USB OTG flash drive untuk smartphone. Saat ini kebanyakan ponsel pintar telah memiliki port USB dan fitur Host Mode yang telah diperkenalkan Google sejak Android Honeycomb, sehingga bisa membaca flash disk serta menjalankan fungsi kelola data mulai dari membaca, memindahkan, hingga mengedit file.

Sementara USB OTG flash drive adalah perangkat peripheral yang bisa menjadi media penyimpanan sementara sekaligus menjalankan backup data maupun transfer file ke perangkat lainnya secara On The Go (kapan saja dan dimana saja).

Salah satu brand yang bisa membantu kamu mengubah kebiasaan sekaligus mengatasi masalah kehilangan data di smartphone adalah Sandisk. Pernah dengar Sandisk ? Kalau kamu sering menggunakan flash disk atau USB untuk menyimpan atau memindahkan file dari smartphone ke laptop maupun sebaliknya nama Sandisk pasti familiar. Ya, Sandisk adalah salah satu merk terkenal untuk urusan transfer dan backup data antar perangkat.

Nah, karena smartphone adalah gawai yang paling banyak digunakan di dunia saat ini dan punya potensi besar akan terjadinya kehilangan data baik disengaja maupun tidak disengaja Sandisk mengeluarkan dua produk terbaru agar pengguna smartphone lebih mudah mengelola dan membackup data. Produk terbaru Sandisk tersebut adalah USB OTG SanDisk Dual Drive (untuk Android) dan iXpand® Flash Drive (untuk iPhone).

Gunakan Sandisk USB OTG Drive Untuk Membebaskan Memori Smartphone Sekaligus Sebagai Media Penyimpanan Sementara

Bertambahnya fungsi smartphone baik untuk bermain game hingga bayar belanja online tanpa harus di depan komputer pastinya akan menguras kapasitas penyimpanan smartphone. Karena bersifat mobile dan apa saja bisa terjadi setiap waktu maka sudah sebaiknya kamu memiliki sebuah alat pendukung berupa USB OTG flash drive untuk memudahkan kamu membebaskan ruang yang sudah full di smartphone tanpa harus menghapus file-file foto, video dan file penting lainnya.

Sandisk USB OTG Dual Drive atau iXpand Flash Drive bisa kamu gunakan sebagai media untuk memindahkan file-file apa saja dari ponsel Android atau perangkat iPhone dan iPad meskipun masih melakukan aktivitas outdoor, di dalam kendaraan, maupun dalam ruangan. Nah kamu bisa tinggal memindahkan file dari USB OTG Sandisk tadi ke laptop, atau mungkin ke smartphone baru ? Semuanya mudah kok.

Instal Aplikasi Sandisk Memory Zone dan iXpand Drive Untuk Mendukung BackUp Data Lebih Praktis dan Cepat

Nah, pandangan bahwa melakukan back up data itu makan waktu dan ribet sekarang mulai deh dikikis. Karena ternyata teknologi Dual Drive USB OTG Sandisk dan iXpand Drive didukung oleh aplikasi online sehingga memungkinkan pengelolaan data baik memindahkan maupun memback up file berlangsung simpel, cepat, dan pastinya praktis.

Caranya adalah dengan menginstal aplikasi Sandisk Memory Zone di Android kamu atau iXpand Drive di iPhone. Dengan aplikasi ini bukan cuma cepat memindahkan foto dan video dari ponsel ke laptop tapi kamu juga bisa melakukan pengaturan back up otomatis.

Kerennya lagi, dengan dukungan aplikasi SanDisk Memory Zone dan iXpand Drive App konten-konten foto maupun video di media sosial kamu bisa diback up lho. Kamu gak bakalan kehilangan foto atau video kenangan yang pernah diupload, termasuk pula yang pernah ditag teman kamu.

Perluas Storage Smartphone, Gunakan Memory Card SanDisk Extreme® microSDTM

Kamu mobile gamer ? atau suka fotografi ? Kedua aktivitas ini benar-benar jadi trend beberapa tahun terakhir. Karena itu pasti kamu butuh smartphone yang bagus spesifikasinya. Cara memilih smartphone yang bagus untuk gaming atau fotografi salah satunya adalah dengan mengetahui spesifikasi pada kapasitas penyimpanannya.

Smartphone dengan ROM 32GB memang sudah lumayan, tapi tidak menjamin ruang penyimpanan kamu tetap lapang. Oleh karenanya kamu mesti mengupgrade kapasitas dan kapabilitas storage di smartphone kamu. Cara terbaik untuk melakukan itu adalah dengan memiliki kartu memori SanDisk Extreme® microSDTM yang punya spesifikasi A23 sehingga mobile storage-mu jadi lebih luas lagi dan kamu lebih nyaman serta lancar saat melakukan berbagai aktivitas berat di ponsel kamu.

Tapi kenapa mesti SanDisk ?

Tentang SanDisk Dan Western Digital

Western Digital Official

SanDisk adalah salah satu besutan Western Digital®, sebuah korporasi inovatif yang mendedikasikan dirinya di bidang digital dan mobile khususnya pengelolaan dan pengembangan data. Western Digital® menghadirkan inovasi-inovasi yang dibutuhkan untuk membantu para pelanggan dalam rangkaian proses penciptaan, penyimpanan, hingga pentransformasian data.

Merujuk pada trend Computer Cloud dan Cloud Data pada Revolusi Industri 4.0 yang sekarang sedang berlangsung, Western Digital® memberikan solusi-solusi terdepan untuk berbagai kemungkinan data baik dari data center, sensor bergerak hingga perangkat pribadi. Solusi data tersebut dipasarkan melalui berbagai merek antara lain G-TechnologyTM, HGST, UpthereTM dan WD®, dan SanDisk®.

Brand #SanDiskAPAC sendiri menjadi salah satu pemain utama secara global bagi para kompetitor khususnya yang bergerak di bidang penyediaan perangkat-perangkat pengelolaan data. Bahkan perusahaan yang berkantor di Milpitas, California (Amerika Serikat) ini menjadi yang terdepan secara global untuk solusi penyimpanan memori (Global Leader in Flash Memory Storage Solutions) sejak didirikan tahun 1988 yang kemudian diakuisisi oleh Western Digital tahun 2016 lalu.

Ada puluhan produk terkenal SanDisk® dengan berbagai ukuran, desain serta kapasitas. Mulai dari kartu Mobile Storage, Card Readers dan SD Card, USB Flash dan OTG for mobile, SSD (solid state drive), hingga MP3 Players.

Hadirnya USB OTG SanDisk Dual Drive untuk Android dan iXpand® Flash Drives (untuk iPhone) pastinya menjadi solusi bagi para pengguna smartphone agar terhindar dari masalah kehilangan data. 

Desain, Kapasitas, dan Kelebihan SanDisk USB OTG Dual Drive Dan iXpand Drive

Tentu kamu penasaran bukan seperti apa sih desain USB OTG SanDisk Dual Drive dan iXpand Drive ini ?

Apa saja kelebihan kedua flash drive USB OTG SanDisk terbaru ini sehingga perlu banget buat kamu miliki agar terhindar dari kehilangan data di Android atau di iPhone ?

Sudah Memiliki Konektor USB 3.0 Sehingga Kecepatan Transfer Tinggi

SanDisk USB OTG Dual Drive maupun USB OTG iXpand Drive memiliki konektor USB port 3.0 yang kecepatan transfernya tinggi. Ini karena metode transfer data USB 3.0 adalah full duplex, dimana komunikasi data berlangsung dua arah sehingga pengguna bisa menerima maupun memindahkan/mentransfer file dalam waktu bersamaan. Namun SanDisk tetap menyertakan konektor USB 2.0 di sisi lainnya.

SanDisk USB OTG Dual Flash Drive


Didesain Kecil, Unik, Dan Mudah Dibawa Kemanapun

Kelebihan lainnya yang bisa kamu temui dari kedua jenis USB OTG ini adalah desainnya yang unik, dan mungil, Kamu bisa mengantonginya di saku celana bahkan bisa dijadikan gantungan kunci. Dengan desain dan ukuran yang demikian pastinya akan memudahkan kamu membawa kemana saja dan selalu ada setiap kali dibutuhkan.

Didukung Oleh Aplikasi Yang Bisa Diunduh Gratis di Smartphone Kamu

Bukan hanya canggih dari segi desain dan bentuknya, kedua USB OTG SanDisk terbaru ini juga didukung dengan aplikasi. Untuk SanDisk USB OTG Dual Drive untuk Android aplikasi SanDisk Memory Zone bisa kamu unduh di Play Store. Sementara untuk SanDisk USB OTG iXpand Drive kamu cukup mengunduh aplikasi iXpand Drive di App Store.

Tersedia Dengan Berbagai Ukuran Kapasitas Sesuai Kebutuhan dan Budget

Selain itu, SanDisk juga menyediakan berbagai pilihan perangkat sesuai kebutuhan kamu. Mulai dari 16 GB hingga 256 GB, semuanya tersedia tergantung budget dan kapasitas memori yang dibutuhkan.

Kompatibel Dengan Berbagai Sistem Operasi

Kedua varian SanDisk USB OTG dirancang dengan kompabilitas yang baik, sehingga ketika melakukan transfer antar device misalnya dari ponsel pintar kamu tetap bisa terbaca maupun ditransfer ke laptop atau PC Windows, Mac, atau Linux.

SanDisk USB OTG Dual Drive Untuk Back Up Data Cepat di Smartphone Android

USB OTG SanDisk M3.0 adalah salah satu produk andalan SanDisk USB Flash buat kamu yang menginginkan USB OTG yang kompatibel dengan Android. Alat ini mampu membaca data hingga 150 MB/detik, pastinya sangat cepat.

Sandisk USG OTG M3.0 128 GB
USB OTG SanDisk M3.0 (sumber : sandisk.com/ilustrasi : TeknoPlug)

Ada berbagai pilihan kapasitas USB Sandisk M3.0, mulai dari USB OTG Sandisk Ultra M3.0 16 GB yang kecepatan membaca filenya 130 MB/detik hingga Sandisk USB OTG Ultra M3.0 128 GB.

USB OTG Dual Drive SanDisk Ultra 3.0 256 GB
SanDisk USB OTG Ultra 3.0 (sumber : sandisk.com)

Selain USB OTG SanDisk m3.0 kamu juga bisa kok memilih SanDisk USB OTG Ultra 3.0. Dengan kemampuan yang sama dengan SanDisk USB OTG M3.0, USB OTG Ultra 3.0 punya varian memori yang lebih besar yaitu hingga 256 GB.

Data iPhone Lebih Aman Dengan SanDisk USB OTG iXpand Drive

Selain untuk pengguna Android smartphone dan tablet, SanDisk juga merilis USB OTG iXpand Drive untuk pengguna perangkat berbasis iOS (iPhone dan iPad). Drive Sandisk USB OTG iXpand ini punya konektor Lightning™ yang fleksibel sehingga dapat digunakan untuk sebagian besar media dan konektor USB 3.0 untuk disambungkan ke PC maupun laptop Mac. Selain itu terdapat pula perangkat lunak yang terenskripsi sehingga bisa melindungi file melalui password. Pastinya lebih aman bukan ?

USB OTG Sandisk iXpand Drive
OTG USB Sandisk iXpand Drive untuk iPhone dan iPad (sumber : sandisk.com/ilustrasi : TeknoPlug)

SanDisk USB iXpand Drive ini tersedia dalam berbagai ukuran memori. Kamu bisa memilih SanDisk USB iXpand Drive 32 GB kalau butuh yang medium. SanDisk USB iXpand Drive 256 GB juga tersedia kalau ingin yang lebih lapang lagi.

Dimana Sih Mendapatkan USB OTG Flash Drive Untuk Android dan iOS ?

Saat ini cukup banyak outlet maupun toko yang menjual beragam produk USB OTG. Tapi kalau mau USB OTG resmi dan original tentu saja harus ke outlet yang terpercaya bukan ?

SanDisk USB OTG ini bisa kamu dapatkan di outlet resmi SanDisk situs belanja online Shopee. Bukan cuma USB OTG M3.0 dan USB OTG iXpand Drive saja lho, di outlet resmi SanDisk di Shoppe kamu juga bisa mencari berbagai pilihan produk SanDisk lainnya.

Jual Sandisk USB OTG Dual Drive di situs Belanja Online
Outlet Online resmi Sandisk di Shopee (sumber : Shopee Mall)


Mulai dari SD Card SanDisk seperti SanDisk Ultra hingga 256 GB, SanDisk Extreme 256 GB, dan SanDisk Exterme Pro berbagai kapasitas memori bisa kamu dapatkan di sini.

Atau cuma mau beli Flash Disk ? Deretan varian SanDisk USB Flash Drive Ultra, varian SanDisk USB Flash Drive Cruzer bisa kamu teliti di Shopee.

Sandisk USB OTG Ultra


Kamu butuh penyimpanan yang lebih lapang tapi kecepatan operasinya tinggi ? SanDisk juga menyediakan Solid State Drive berukuran 120GB hingga 2 TB dari varian SanDisk SSD Portable, varian SanDisk SSD Ultra 3D, maupun SanDisk SSD Plus.

Yang lebih keren, SanDisk memberlakukan garansi untuk produk tertentu. Jadi kamu gak usah khawatir kalau perangkat SanDisk yang kamu pakai mengalami rusak, selama masih dalam masa garansi kamu bisa kok mengajukan klaim.

Jadikan USB OTG Sandisk Teman Setia Agar Terhindar Dari Kehilangan Data Di Smartphone-mu

jual USB OTG SanDisk di Shopee

Teman yang baik adalah yang senantiasa ada agar kita terhindar dari hal-hal buruk, termasuk mengingatkan kita keluar dari kebiasaan-kebiasaan yang tidak teratur serta mendorong kita melakukan perencanaan yang baik dan konsisten. Seperti hasil survey Western Digital yang mengungkapkan kebanyakan pengguna smartphone (80 persen) tahu kalau back up data itu penting tapi hanya sepertiganya saja yang melakukan back up data secara terjadwal dan rutin.

Nah, mulai sekarang mulai deh Ubah Kebiasaan & Hindari Kehilangan Data di SmartPhone Dengan Sandisk USB OTG Flash Drive. Pastikan kamu menyimpan dan mengamankan file-file penting serta foto dan video yang penuh kenangan tentang apa saja di kehidupan kamu.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

22 Comments

Write Comments
30 September, 2019

Wah keren banget informasinya, aku pribadi masih blm aware sama backup data. Selama ini gunain otg baru sekadar untuk penyimpanan tambahan dan lebih simple kalo mau pindahin data ke laptop.

avatar
30 September, 2019

Penting banget untuk backup data kang, sebab kalo dah hilang, sakitnya tuh disini..

Soalnya saya pernah ngalamin, data data penting hilang karena gak di backup, akhirnya hanya bisa menyesal.

avatar
30 September, 2019

@harumi
saya udah sempat kecolongan...jadi pengalaman aja

@maman achman
iya benar banget tuh kang.

avatar
30 September, 2019

perlu banget kemana-mana bawa USB OTG. Apalagi kalo ukurannya kecil gampang dikantongi. data ponsel loss bisa dihindari

avatar
30 September, 2019

@Tradingku
saya setuju tuh, kemana2 USB OTG memang mesti standby...

avatar
30 September, 2019

betul juga sih, kita kadang lalai untuk backup data, giliran data hilang nangis deh. harusnya dah prepare dengan backup dengan usb flash drive

avatar
30 September, 2019

Makanya dicepetin mindahin file smartphone nya ke laptop. Sayang kan ada file penting trus dpt notifikasi memori penuh langsung maen hapus aja.

avatar
01 Oktober, 2019

hati hati lho mending kemana2 bawa flash disk atau USB OTG biar aman urusan data..

avatar
01 Oktober, 2019

gw juga udah berapa kali sih hilang data dr hp. sial banget pokoknya. kl skrng gw udah pake USB OTG, punya Sandisk juga.

avatar
01 Oktober, 2019

mantap bro lengkap hehehe

avatar
01 Oktober, 2019

sy dari kuliah dulu udah pake sandisk. tp kl usb otg masih pinjam nih punya adik sy. sandisk punya tipis tipis unik gt. sy buat gantungan tas malah

avatar
01 Oktober, 2019

Wah kudu punya nih. Secara blogger itu pasti harus motret dan berulang-ulang sampai hasilnya bagus. Gak kerasa udah gak muat aja gara-gara memorinya cuma sedikit. Dan itu sering banget saya alami.

avatar
02 Oktober, 2019

tetap cermat aja deh selama di ber-hp ria di mana aja bawa OTG

avatar
04 Oktober, 2019

wah saya harus beli ini, ternyata begitu banyak manfaatnya

avatar
06 Oktober, 2019

Kami juga punya pengalaman gak enak soal kehilangan data-data penting di smartphone

avatar
06 Oktober, 2019

Mantep jiwa Informasinya gan
tema.my.id
pixtech.net

avatar
15 Oktober, 2019

Mantap nih infonya...memang kemana2 harus standby usb otg biar bs nampung data banyak

avatar
Via
18 Oktober, 2019

keren infonya mas...emang sih kalau saya biasanya kemana-mana bawa usb otg, penting banget soalnya

avatar
18 Oktober, 2019

gw juga punya pengalaman buruk soal simpan menyimpan file nih. karna blm tau apa itu usb otg banyak banget file-file gw hapus. sialnya foto-foto penting semua. jadi ya gitu dehh.....dah bisa ketebak kan...

avatar