Cara Menerbangkan Drone MJX Bugs 5w Untuk Pemula Cepat Mahir

Tutorial cara menerbangkan drone diulas lengkap langkah-langkahnya dari awal quadcopter lepas landas hingga pendaratan.
Drone saat ini mengalami perkembangan sangat pesat. Pengguna drone pun sangat beragam, terlebih karena harganya sudah relatif terjangkau untuk semua kalangan. Meskipun murah dan beragam, namun cara menerbangkan drone masih sering jadi kendala bagi orang awam.

Menerbangkan Drone Model MJX Bugs 5w

tips menerbangkan drone dengan mudah dan cepat
Tips Menerbangkan Drone MJX Bugs 5w Bagi Pemula (sumber gambar: Youtube)
Berbagai merk misalnya Drone MJX, Drone Apex, Visuo, atau TXD berbagai tipe bisa anda dapatkan dengan harga (relatif) ekonomis. Model-model drone ini dirilis dengan berbagai fitur dan spek kamera mulai dari kamera 4k hingga drone kamera c6000 brussless.

Namun drone dengan spek mumpuni ini akan tidak punya arti dan fungsi bila anda tidak tahu cara menerbangkannya. Sesuai dengan artinya, drone adalah pesawat tanpa awak. Artinya drone berfungsi sebagai pesawat dimana anda sendiri yang menerbangkannya.

Bagi pengguna profesional cara menerbangkan drone mungkin tidak jadi soal. Akan tetapi untuk pengguna drone pemula cara menerbangkan drone cukup merepotkan. Agar bisa menggunakan drone dengan optimal pengguna harus sering berlatih menerbangkan drone. Bila tidak dilatih dengan tekun dikhawatirkan drone justru akan rusak atau hilang.

Sembari berlatih menerbangkan drone anda juga harus menguasai komponen-komponen drone berikut prinsip kerja dan cara kerjanya Dengan menguasai konfigurasi komponen beserta cara kerja drone anda akan sangat terbantu saat mengoperasikannya.

Baca Juga : Bagian Drone dan Fungsi Serta Cara Kerjanya.

Agar anda mahir menerbangkan drone dengan cepat bisa mencoba tips menerbangkan drone berikut ini.

Yang Perlu Dikuasai Sebelum Menerbangkan Drone MJX

Agar bisa menerbangkan drone dengan cepat yang perlu dikuasai adalah penggunaan remote control yang memiliki pemancar di dalamnya. Pemancar dalam remote control terhubung dengan transmitter yang terdapat dalam drone. Penguasaan terhadap remote control inilah yang seringkali menjadi kendala saat menerbangkan drone.

langkah langkah menerbangkan quadcopter
Remote drone MJX Bugs 5w

1. Remote Control, Stick, dan Tombol

Pada sebuah remote control terdapat 2 stick yaitu stick kiri dan stick kanan yang masing-masing berfungsi untuk melakukan manuver sekaligus mengirim dan menerima sinyal untuk mengendalikan masing-masing 2-motor (2-motor penggerak baling-baling searah jarum jam dan 2 motor penggerak baling-baling berlawan arah jarum jam).

Semisal anda punya drone MJX, cara menerbangkan drone MJX Bugs 5 tidak jauh beda dengan cara menerbangkan drone Apex maupun drone Visuo prioritas penguasaannya tidak jauh beda : menguasai remote control, stick, dan tombol.

cara menerbangkan drone untuk pemula dan profesional
Konfigurasi stick kiri dan kanan pada remote control agar bisa menerbangkan drone

Tongkat Kiri (Left Stick)

Pada stick sebelah kiri terdapat dua fungsi penerbangan drone yang harus dikuasai, yaitu pergerakan (Yaw) dan ketinggian (Throttle). Kedua fungsi ini diibaratkan absis (x) dan ordinat (y) pada sumbu koordinat kartesius dalam matematika.

  • Yaw (fungsi x / absis)
Istilah Yaw dalam remote control drone adalah fungsi tongkat mengarahkan pergerakan drone saat terbang di udara. Ketika stick digeser ke kiri atau ke kanan, maka arah terbang drone akan berubah menurut pergeseran tersebut.

  • Throttle (fungsi y / ordinat)
Istilah Throttle diibaratkan sebagai fungsi y (ordinat) yang mengartikan ketinggian drone saat terbang di udara. Ketika tongkat kiri digeser ke atas atau ke bawah maka ketinggian drone akan berubah.

Tongkat Kanan (Right Stick)

Pada stick sebelah kanan terdapat dua arah pergerakan sesuai garis x dan y namun sangat berbeda fungsinya dibandingkan stick kanan.

  • Roll
Fungsi roll pada stick kanan saat menerbangkan drone adalah mengubah arah permukaan ke samping, Saat stick digeser ke kanan atau ke kiri sesuai garis x, maka drone akan menghadap ke samping sesuai arah pergeseran stick. Jangan lupa, anda harus menguasai tombol sebelah kiri. Ketika anda menggerakan tongkat kiri dan kanan ke arah kanan maka drone akan bergerak ke kanan tapi dengan posisi menyamping.

  • Pitch
MJX Bugs 5w Berbeda dengan fungsi tongkat kiri bila diarahkan ke atas atau ke bawah akan mengubah ketinggian drone saat terbang, maka fungsi pitch di tongkat sebelah kanan bila digeser ke atas atau ke bawah justru akan menggerakkan drone maju atau mundur. Jangan lupa ketika anda menggerakkan tongkat sebelah kiri ke atas lalu stick sebelah kanan ke bawah akan membuat drone bergerak naik lebih tinggi lalu bergerak mundur.

Dari sini dapat diambil konklusi bahwa :
  • Anda harus mengetahui dan menguasai fungsi dan kegunaan masing-masing stick serta manuver-manuver yang akan dihasilkan.
  • Anda mesti mengetahui mana bagian kepala dan ekor drone.

2. Penguasaan Tuas Kiri dan Kanan Pada Remote Control

Trik menguasai drone agar lepas landas dan landing dengan lancar dan tepat yaitu melatih intuisi dan kecermatan dalam mengkombinasikan pergeseran atau pergerakan tuas baik stick kiri maupun stick kanan remote control.

Masalah utama yang sering dihadapi para pemula saat menerbangkan drone ini adalah kecanggungan dalam mengkombinasikan semua fungsi tuas.

3. Penguasaan Area Terbang, Area Lepas Landas dan Landing

Sering kali pemula bermasalah dengan area. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan ketika menerbangkan drone adalah menerbangkan pesawat di area yang luas, padat permukiman. Kesalahan lainnya adalah menerbangkan drone lebih tinggi dari ketinggian maksimal drone tersebut. Kesalahan ini bisa jadi disebabkan karena masih kurang mumpuni mengontrol stick, bisa juga disebabkan karena lupa akan ketinggian maksimal yang tertulis di buku petunjuk.

Oleh karena itu sangat disarankan bagi anda pemula untuk membaca buku petunjuk saat membeli drone.

Baca Juga : Cara Membuat Drone Sederhana Dari Barang Bekas.

Bagiamana Menerbangkan Drone Tahap Demi Tahap Pada Pemula

Cara menerbangkan drone bagi pemula sangat berbeda dibandingkan cara menggunakan drone oleh para profesional. Perbedaan ini terdapat pada tingkat penguasaan remote control, arah yang dituju, luas area penerbangan drone, manuver-manuver yang dilakukan, serta stabilitas dan pengendalian mulai dari awal menerbangkan drone hingga drone turun.

Agar pemula lebih mahir menerbangkan drone berikut ini adalah tahap demi tahap menerbangkan drone dari awal. Kita contohkan saja cara menggunakan drone MJX Bugx 5w.

  1. Lakukan Pengisian Baterai Drone

  2. Sebagai awal memulai tahap menerbangkan drone terlebih dahulu memastikan baterai drone sudah terisi dengan full. Bila belum terisi maka lakukan charging. Baca juga buku petunjuk pengisian baterai, didalamnya biasanya diulas waktu maksimal pengisian baterai drone.

  3. Mengatur Posisi Quadcopter

  4. Langkah selanjutnya adalah coba atur posisi drone. Pada tahap ini anda harus sering melatih mengenali mana bagian depan drone dan mana bagian belakangnya.

  5. Mengatur Stick Pada Posisi Nol

  6. Perhatikan stick pada remote kontrol. Pastikan yaw, throttle pada stick kiri dan roll, pitch pada stick kanan sudah di posisi nol.

  7. Menyalakan Quadcopter

  8. Tekan tombol power yang tersedia di remote control dan drone serta nyalakan transmitternya. Sebelumnya anda harus menghubungkan terlebih dahulu baterainya. Ketika selesai melakukan penerbangan langkah ini juga harus dilakukan yaitu matikan baterai lalu matikan transmitternya.

  9. Menerbangkan Drone Serta Melakukan Pendaratan

  10. Pada tahap ini anda coba drone agar bisa lepas landas. Ketinggiannya pun tidak usah terlalu tinggi, cukup sebatas dada atau kepala saja. Areanya cukup di sekitar pekarangan rumah. Nah, kendalikan remote control dan mulailah melakukan manuver. Lakukan secara perlahan saja, yang penting anda mulai memahami dan menguasai stick kiri dan kanan. Pertama-tama coba throttle ke atas dan ke bawah, lalu geser yaw ke kiri atau ke kanan. Kuasai dulu stick kiri.

    Setelah itu cobalah latihan bermanuver ketika drone sedang terbang, yaitu dengan menggeser pitch sehingga drone terbang maju dan bergerak mundur. Ketika anda telah selesai melatih stick kiri dan kanan sekarang saatnya melakukan pendaratan. Anda harus menargetkan posisi pendaratan adalah titik nol saat anda melakukan lepas landas.

    Setelah selesai, anda bisa mengulanginya lagi.

Tips Agar Pemula Menguasai Cara Menerbangkan Drone

Selain berlatih menguasai langkah-langkah agar mahir menerbangkan quadcopter tersebut, anda juga perlu mengingat dan menerapkan tips-tips berikut ini :

1. Pastikan Drone Selalu Terbang Dekat Dengan Anda

Karena anda belum menguasai betul remote control, maka sangat disarankan agar menjaga jarak terbang drone selalu berdekatan dengan anda. Bila terlalu jauh, dikhawatirkan drone tidak terkontrol dan bisa saja hilang atau jatuh di area yang tidak anda ketahui.

2. Pastikan Berlatih Drone Terbang Sesuai Daya Baterai

Tips agar bisa menerbangkan drone dengan mahir dan cepat selanjutnya yaitu tetap mengingat daya baterai. Bila pada buku petunjuk disebutkan bahwa daya baterai adalah 2 jam (120 menit) maka pastikan drone anda sudah mendarat 30 menit sebelumnya. Cara ini akan menghindari drone anda kehabisan daya saat terbang yang akibatnya bisa fatal bila kehabisan baterai ketika masih di udara : drone jatuh di tempat yang tidak anda ketahui.

3. Lakukan Perawatan Pada Drone

Tips berikutnya agar anda bisa menggunakan drone dalam jangka waktu yang lama adalah tetap melakukan pemeliharaan drone. Anda bisa membersihkan debu-debu, mengisi baterai tepat waktu,

Nah, itulah langkah dan tips menerbangkan drone MJX Bugs 5w yang bisa diterapkan sebelum menggunakan drone untuk keperluan anda.

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>