Jenis-Jenis Kecepatan Akses WiFi Yang Perlu Diketahui

Jenis Kecepatan WiFi- Meningkatnya pengguna internet di Indonesia dan dunia menunjukkan bahwa internet saat ini cukup mudah didapatkan. Provider seakan tahu betul bahwa di era revolusi industri 4.0 internet adalah bagian tidak terpisahkan dari aktivitas harian penggunanya yang mobile. Beragam produk berbasis internet pun ramai ditemukan, termasuk paket kuota 3G maupun 4G. Pengguna diberikan banyak pilihan paket kecepatan internet.


Namun bila anda adalah salah satu pelanggan kuota internet mobile yang merasa kurang puas dengan kecepatan yang diperoleh saat ini, maka internet WiFi bisa menjadi solusinya. Ini karena WiFi memberikan sangat banyak kelebihan.

Apa Itu WiFi

Internet WiFi Diantara Jenis Internet Yang Ada Saat Ini

Mengapa anda memilih akses WiFi untuk berinternetan di laptop dan smartphone ?

Pembahasan tentang internet selalu melibatkan topik kecepatan koneksinya. Kecepatan akses internet adalah kecepatan transfer data pada saat mengakses informasi melalui jalur atau jaringan internet. Satuan kecepatan internet adalahbps atau bit per second yang berarti banyaknya bit data yang ditransfer atau dipindahkan dari satu komputer ke komputer lainnya.

Kategori Kecepatan Akses Internet

Menelusur lebih jauh tentang kecepatan akses internet terdapat 2 kategori kecepatan yaitu kecepatan downstream dan kecepatan upstream.

Kecepatan akses internet downstream adalah kecepatan internet saat mengambil data-data dari server internet menuju perangkat komputer. Internet browsing (penelusuran di search engine) merupakan contoh downstream.

Sementara kecepatan akses internet upstream adalah kecepatan internet saat mengirimkan data-data dari komputer menuju server internet.

Macam-Macam Kecepatan Akses Internet Berdasarkan Saluran

Kecepatan akses internet berbeda-beda tergantung pada saluran atau jenis sambungan. Jenis kecepatan koneksi internet berdasarkan saluran yang digunakan akan diutarakan berikut ini.

1. Koneksi Internet saluran telepon (PSTN)
Internet paling awal menggunakan saluran telepon. Kecepatan koneksinya maksimal hingga 56 Kbps. Jenis internet PSTN terbagi atas Dial Up dan ASDL.

Dial Up, merupakan jenis kecepatan akses internet yang menghubungkan komputer ke sambungan internet melalui kabel telepon. Komputer yang digunakan adalah komputer tunggal. Jalur atau saluran internet yang digunakan menggunakan PSTD. Kecepatan akses internet dial up maksimalnya mencapai 56 Kbps. Di Indonesia jalur PSTD ini menghubungkan komputer ke ISP Telkom.

ASDL (Asymetric Digital Subcriber Line, adalah jenis kecepatan akses internet yang sudah menggunakan teknologi modem dengan saluran internet-nya berada pada frekuensi 34kHz - 1.104 kHz. ASDL memiliki kelebihan berupa kecepatan akses internet berkecepatan tinggi dan suara/fax secara simultan.

2. Saluran internet menggunakan gelombang radio (mobile internet)

Jenis internet berikutnya yang mulai lebih canggih adalah koneksi internet yang menggunakan gelombang radio. Berdasarkan kecepatannya saluran internet yang menggunakan gelombang radio ini terbagi atas GPRS, 3G, 4G, HSPA

GPRS (General Packet Radio Service)
GPRS merupakan komunikasi data dan suara menggunakan gelombang radio. Layanan GPRS dipasang pada jenis ponsel tipe GSM dan IS-136. Kecepatan maksimal akses internet gprs adalah antara 56 kbps - 115 kbps. Kecepatan akses pada rentang ini memungkinkan akses internet bisa melakukan pengiriman data multimedia.

Internet 3G
3G adalah third gerneration technology. 3G mengacu pada perkembangan teknologi nirkabel (wireless). Kecepatan akses internet koneksi 3G adalah 144 kbps untuk mobile dan 2 Mbps pada kondisi static (diam di suatu tempat).

High Speed Packet Acsess dan 4G
HSPA adalah hasil pengembangan 3G Release 99 (R99, gelombang pertama 3G). HSPA sejajar dengan Evolution Data Optimized (Ev-Do, perkembangan CDMA). Jaringan HSPA berada pada frekuensi atau saluran akses internet 1.900 MHz hingga 2.100 MHz. Ada juga diantaranya berjalan pada spektrum 859 MHz. HSPA terdiri atas HSDPA (downlink atau arus data turun) serta HSUPA (uplink atau arus data naik). Pada spektrum HSPA memudahkan akses penjelajahan dunia maya. Serat fiturnya rapi dan canggih sehingga mampu mengurangi biaya transfer data per mega bit. Kecepatan akses internet dengan hsdpa bisa melakukan unduh data hingga berkecepatan 3,7 Mbps di lingkungan perumahan.

3. Internet Wireless / WLAN
Teknologi Wireless LAN (WLAN) menggunakan gelombang radio. WLAN didesain modular, fleksibel dan bisa dioptimalkan pada lingkungan yang berbeda. Selain itu juga mampu mengatasi kendala geografis dan instalasi yang rumit. WLAN merupakan teknologi jaringan yang kemudian dikenal dengan Hi-fi dan Wi-fi.

4. Internet Kabel
Internet kabel saat ini sedang menggeliat di Indonesia. Ini karena internet kabel mengakomodasi kebutuhan pengguna internet sekaligus untuk menonton siaran TV dan juga berkomunikasi atau sering juga disebut TV kabel. Koneksi yang digunakan umumnya berkecepatan download maksimal 27 Mbps dan kecepatan upload 2,5 Mbps.

Nah, dari uraian di atas bisa kita ketahui bahwa WiFi tergolong internet tanpa kabel (wireless) yang menggunakan gelombang radio. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai jenis kecepatan koneksi WiFi yang perlu anda ketahui.

Apa itu Internet Wifi

Internet Wifi atau wi-fi adalah singkatan dari wireles fidelity, yang merupakan pengembangan istilah Hi-FI yaitu sebuah teknologi jaringan nirkabel. Wi-fi mengacu pada standar 802.11. Awalnya wifi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Local Area Network (LAN, jaringan area lokal). Namun saat ini teknologi jaringan membuat gadget atau portable bisa mengakses internet melalui wifi hotspot.

Dalam perkembangannya ISP telah mengembangkan WiFi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, antara lain paket home internet dengan beragam paket kecepatan wifi semisal kecepatan internet wifi 10 mbps hingga 100 mbps dengan biaya mulai Rp 100ribuan per bulan dimana keluarga bisa berinternetan sambil menikmati layanan siaran televisi.

Baca Juga :Daftar Paket Wifi Rumah Murah Terbaik Tahun Ini.

Bagaimana Cara Kerja WiFi

Cara kerja wifi sama dengan smartphone atau ponsel yaitu sama-sama menggunakan gelombang radio. Cara kerjanya adalah komputer berikut adaptor nirkabel (modem) menerjemahkan data yang dikirim menjadi sinyal radio. Sinyal yang sama ini akan dikirim melalui antena router (antena decoder). Setelah diterjemahkan, data akan dikirim ke internet melalui koneksi ethernet kabel.

Apa Saja Macam Macam Tipe Kecepatan Internet WiFi

Internet wifi memiliki beberapa spesifikasi kecepatan dan frekuensi. Spesifikasi kecepatan koneksi internet wifi ini yaitu :
  • Koneksi internet wifi tipe 802.11a. Kecepatan koneksi internet tipe ini adalah 54 Mbps pada frekuensi bandwith 5 GHz dan kompatibilitas A.
  • Koneksi internet wifi tipe 802.11b. Kecepatan koneksi internet tipe ini adalah 11 Mbps pada frekuensi bandwith 2,4 GHz dan kompatibilitas B
  • Koneksi internet wifi tipe 802.11g. Kecepatan akses tipe ini adalah 54 Mbps pada frekuensi bandwith 2,4 GHz dan kompatibilitas b, g
  • Koneksi internet wifi tipe 802.11n. Kecepatan akses internet wifi tipe ini adalah 100 Mbps pada frekuensi bandwith 2,4 GHz dan kompatbilitas b, g, a
Di Indonesia, salah satu provider internet broadband layanan wifi adalah Telkom. Telkom telah mengeluarkan sejumlah paket layanan internet melalui produk Telkom Speedy dan Telkom Indihome. Teknologi yang digunakan yaitu teknologi wireless menggunakan serat fiber (fiber optik).

Keuntungan dan Kelebihan Menggunakan Layanan Internet WiFi

Paket kecepatan WiFi yang ditawarkan oleh ISP (Internet Service Provider) sangat beragam. Anda bebas memilih jenis kecepatan koneksi WIFI yang dibutuhkan.

Beberapa keuntungan yang didapatkan ketika berlangganan WiFi antara lain yaitu :
1. Kecepatan internet Wifi yang bagus, lebih cepat, dan lebih stabil.
2. Tidak perlu menggunakan perangkat telepon.
3. Proses koneksinya cukup mudah, cepat, dan otomatis selama anda berada di area wifi hot spot.
4. Sangat cocok untuk anda yang ingin download file-file besar semisal mengunduh software, video call, bahkan streaming game menggunakan Google Stadia.
5. Lebih ekonomis sehingga tidak perlu mengisi kuota internet berkali-kali dalam seminggu.
6. Bebas biaya pendaftaran dan pemasangan (tergantung providernya).

Bagaimana Gadget Terkoneksi Ke WiFi

Agar dapat mengakses internet WiFi anda membutuhkan dua perangkat utama, yaitu router WiFi dan perangkat hot spot di gadget.

Gunakan WiFi Router (High Speed Internet Wifi Router)


router WiFi
Salah satu jenis router Wifi yang digunakan oleh ISP di Indonesia
Router adalah alat utama agar WiFi bisa diakses pengguna. Router berbentuk box dengan antenna. Cara kerja router ini adalah memancarkan sinyal WiFi dalam radius tertentu. Wifi router ini juga bisa dijadikan hot spot di area-area tertentu di mall, restoran, cafe, atau perkantoran.

WiFi Hot Spot
Perangkat pintar sekarang sudah cukup canggih, salah satunya adalah adanya perangkat konektivitas didalam gadget sehingga secara otomatis bisa langsung terhubung ke internet di area yang terjangkau hot spot.

Bagaimana Mengetahui Kecepatan Koneksi Wifi Yang Diakses

Apakah WiFi benar-benar merupakan jenis internet yang paling cepat dan paling stabil ? Jawabannya adalah tergantung. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet termasuk kecepatan WiFi.
jenis jenis kecepatan WiFi
Salah satu cara menguji kecepatan WiFi dengan WiFi speed test
Untuk mengetahui berapa kecepatan akses Wifi yang anda akses ada beberapa kiat yang bisa digunakan yaitu dengan menggunakan aplikasi mengukur kecepatan Wifi dan menggunakan metode ping CMD.

Menguji berapa kecepatan upload dan download akses Wifi juga bisa dilakukan via website speed test. Baca Juga : Tes Kecepatan Internet WiFi Menggunakan Website Speed Test.

Koneksi Internet WiFi.id Lambat ? Ini Solusinya

Meskipun kecepatan akses WiFi adalah yang tercepat dibandingkan jenis internet lainnya bukan berarti tidak ada hambatan ketika anda internetan menggunakan WiFi. Ada berbagai Penyebab Koneksi Internet Lemot ketika anda mengaksesnya di laptop dan Android.

Bila anda ragu kecepatan WiFi anda melambat karena jaringan itu sendiri, sebaiknya lakukan pengujian. Setelah itu lakukan metode mengatasi koneksi WiFi yang lambat berikut ini :
  1. Mempercepat Akses Internet Wifi Dengan 3 Trik Rahasia
  2. Mempercepat Koneksi WiFi Yang Lambat di Android
  3. Mempercepat Koneksi Internet Wifi Lemot di Laptop Windows

Nah, ketika anda masih mengalami lemot saat internetan, bisa jadi itu bukan karena jaringan tapi justru dari perangkat anda sendiri. Dengan kata lain ada banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan akses WiFi.

Faktor Yang mempengaruhi Kecepatan Akses Internet Wifi

Di atas telah disebutkan bahwa terdapat 2 jenis kecepatan akses internet, yaitudownstreamdan upstream. Artinya kecepatan koneksi internet saat transfer data dari server internet ke komputer dan kecepatan akses internet saat mengirimkan data pada komputer ke jaringan saling mempengaruhi.

1. Spesifikasi Perangkat
Perangkat yang dimaksud seperti Komputer PC (Desktop dan Laptop, Tablet (Tab) dan gadget (smartphone). Spek minimal perangkat khususnya pada Sistem Pengoperasian (Operating System atau OS), Processor, memori operasional (RAM), memori penyimpanan file (storage), compatibility (kesesuaian) antara software atau aplikasi dengan Operating System atau dengan spek lainnya pada perangkat.

2. Software Yang Digunakan
Menjalankan software atau aplikasi pada saat bersamaan apalagi RAM-nya kecil sementara file software tersebut berkapasitas besar akan menyita RAM. Hang atau lag ini menyebabkan sejumlah aplikasi tidak berjalan atau lambat operasinya. Tabrakan menyebabkan korban, pada perangkat device mirip dengan terjadinya error lalu aplikasi tertutup sendiri (closed). Lebih parah lagi jika aplikasi lain yang kena dampaknya dan tidak bisa lagi dijalankan, harus diinstal ulang.

3. Infrastruktur Jaringan Dari ISP
Perlu pemahaman terhadap produk-produk dari provider internet ini. Hal terpenting harus diketahui apakah provider penyedia internet murah atau internet cepat (fast internet) memiliki broadband internet service kompeten, memiliki broadband internet dengan frekuensi jaringan legal, menggunakan teknologi paling upgrade mengelola jaringan internet broadband, memiliki infrastruktur (BTS/tower, server,) sendiri, memiliki manajemen yang sehat atau tidak. Oleh karena itu, dapatkan kecepatan koneksi internet dari provider kompeten.

4. Posisi Antena Router Yang Tidak Tepat
Penggunaan dan posisi modem wifi sangat mempengaruhi kecepatan akses yang diinginkan. Meletakkan modem di antara ruang bersekat dengan material beton, besi dan kayu bisa menghambat sinyal jaringan internet, dan sudah pasti juga mempengaruhi kecepatan koneksi internet untuk mendapatkan sinyal maupun mengirimkan data.

5. Junk Files (File Sampah)
Browser Cache dan Junk Files merupakan layanan dalam aplikasi browser internet. Keduanya memiliki keterkaitan dalam penyimpanan data riwayat pencarian di browser internet saat melakukan browsing. Setiap browser internet memiliki kapasitas penyimpanan cache maupun cookies ini. High speed internet atau internet cepat bisa diperoleh bila membersihkan cache dan cookies ini. Siapa tahu kecepatan koneksi internet menurun karena overload atau ada virus maupun malware.

6. Virus dan Malware
Seperti diketahui, virus dan malware sangat fatal terhadap performa perangkat. Biasanya virus dan malware bisa masuk ke dalam sistem baik offline (melalui pertukaran file via USB atau disket) dan online (melalui situs yang menyimpan virus). Bila sistem sudah terjangkit virus dan malware, sudah bisa dipastikan kinerja perangkat dalam mengakses data internet menjadi sangat lambat karena sejumlah komponen aplikasi dan sistem operasi tidak berfungsi.

Dapatkan penjelasan selengkapnya pada Penyebab Koneksi Internet WiFi Lemot.

Nah, itulah semua hal yang perlu anda ketahui tentang WiFi dan Jenis Kecepatan WiFi yang ada saat ini. Tertarik menggunakan WiFi ? Silakan berlangganan dengan providernya.

12 komentar

  1. Perhatikan sebelum beli hape atau laptopnya gan, udh support atau belum. Internetnya pake apa, wifi atau beli kuota ? Percuma jg kalo beli kuota tp cm buat medsos aja, padahal laptopnya atau ponselnya spek tinggi. Trs langganan internetnya yg dipercaya aja. Kalo sekarang udh bnyak tuh provider internet nawarin paket broadband internet tp pas kenyataannya beda sm promosinya. Sayang kan duitnya...

    Dr aan-pengguna internet

    BalasHapus
  2. Nurut gw poin nomer 14 broadband internet paling punya pengaruh soal #kecepatan koneksi internet. Gw jera pake provider gk tepat janji. Kuotanya gede tp aksesnya lemot bikin gregetan, secara hape gw oke punya speknya

    BalasHapus
  3. Masih ada yg kurang tuh gan. Ini hubungannya dgn traffic nya atau bandwidth. Tampilan web, jenis file yg diunduh atau didownload. Trs pengiriman email apakah menyertakan data gede atau gimana. Lalu web yg dibuka apakah text atau berupa audio atau video. Semuanya menguras bandwidth. Kalau dipakai pada saat bersamaan apalagi di web yg trafficnya tinggi ya siap-siap aja ngantri

    BalasHapus
  4. Gw setuju sm yg atas ane soal kecepatan akses internet dipengaruhi

    BalasHapus
  5. Ternyata bnyk juga ya faktornya.

    BalasHapus
  6. Soal kecepatan koneksi internet gk melulu karena hape. Bandwith sama broadband juga punya pengaruh

    BalasHapus
  7. Kirain cuma 5-6 faktor, ternyata banyak juga ya. Emang sih kalo diperhatikan itu hardware sama software dengan akses layanan internetnya saling mempengaruhi kecepatan

    BalasHapus
  8. Yang terpenting Ada paket internet Dan sayanya gan, Kalo belum Ada mana bisa internetan.

    BalasHapus
  9. Walaupun sebenarnya kemungkinan mempercepat internet sangat kecil, karena tergantung kecepatan dari opertor itu sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju mas, kecepatan dari operator dan teknologi jaringan yang mereka punya

      Hapus

Posting Komentar