Review Zenfone Max M2 - Ponsel Gaming Murah Kekinian

09 Januari
Mobile gaming saat ini sudah mendapat tempat di hati pengguna smartphone, tapi gaming akan lebih nyaman dan lancar dimainkan di smartphone yang tepat. Pastinya kaum milenial Indonesia yang punya budget rendah menginginkan smartphone gaming terbaik yang harganya terjangkau.


HP gaming Android terbaik harga murah


Di era kekinian, smartphone menjelma sebagai perangkat yang dianggap bisa memberikan berbagai macam solusi lewat aplikasi-aplikasi yang dengan mudah bisa diunduh dari Google Playstore. Bagi penggemar game, smartphone juga menjadi perangkat yang dibutuhkan buat having fun selain console dan PC. Ini karena bermain game console dan PC punya keterbatasan : sukar dibawa kemana-mana. Alhasil bagi pengguna yang aktivitasnya mobile menjadikan smartphone sebagai media alternatif untuk bermain game selain digunakan sebagai ponsel harian.

Kehadiran esport, munculnya aplikasi-aplikasi game keren dari berbagai genre, serta fasilitas internet yang kecepatannya sudah memadai menjadi faktor-faktor utama mengapa mobile gaming secara perlahan menjadi salah satu aktivitas yang paling sering dilakukan pengguna smartphone.

Jumlah gamer mobile di Tanah Air mencapai 60 juta dan akan meningkat menjadi 100 juta di tahun 2020. Mayoritas aktivitas yang dilakukan masyarakat di smartphone-nya yaitu bermain game (25%), dengan rata-rata durasi waktu yang dibutuhkan adalah 53 menit. Mobile gaming menjadi aktivitas terbanyak, diikuti bersosial media (17%), streaming video (12%), browsing (10%) dan online shopping (7%). Uniknya, gamer cewek hampir seimbang (cenderung dominan) dengan gamer cowok (49% berbanding 51%) - Hasil studi tentang gim di Indonesia oleh Pokkt, Decision Lab dan Mobile Marketing Association (MMA) (dikutip dari tek.id).
Infografis Fenomena Mobile Gaming Saat Ini (Desain : TeknoPlug - sumber foto : pribadi)
Fakta di atas menunjukkan fenomena baru, yaitu game mobile sudah menjadi mainstream. Mobile Legend: Bang-Bang, PUBG Mobile, Arena Of Valor (AOV), Garena Free Fire hingga Clash Of King adalah game-game tenar dan kekinian yang bisa mewakili popularitas game mobile.

Fenomena lainnya adalah bahwa semakin banyaknya aplikasi-aplikasi game mobile canggih menjadikan smartphone gaming semakin dilirik.

Ngomong-ngomong soal smartphone gaming, pemilihan perangkat mobile yang tepat dengan spesifikasi yang mendukung performa menjadi faktor utama agar sensasi bermain game Android benar-benar berasa.

Banyak pengguna smartphone yang mengeluhkan ponselnya sering nge-lag, baterai ponsel cepat terkuras, bahkan seringkali cepat panas saat memainkan gim-gim kekinian dalam durasi lama. Tidak sedikit pula yang ngomel-ngomel karena ponsel terasa jadi lebih berat saat dioperasikan. Ini karena terlalu memaksakan menginstal serta memainkan game mobile di smartphone berspesifikasi semenjana. Memaksakan kondisi ini justru berakibat fatal : ponsel cepat rusak, akhirnya gonta ganti smartphone.

Spesifikasi Utama Smartphone Gaming

spesifikasi terbaik untuk smartphone gaming Android
Spesifikasi Terbaik Smartphone Gaming (Infografis : TeknoPlug)

Lalu, seperti apa sih perangkat yang tepat agar mobile gaming benar-benar bisa dinikmati oleh pengguna smartphone ? 

Kalau beli ponsel yang penggunaannya cuma untuk bersosial media, atau nonton video Youtube saja sebenarnya tidak menuntut spesifikasi yang tinggi-tinggi amat.

Tapi kalau sudah bicara ponsel harian yang juga oke buat gaming, maka beberapa hal berikut ini menurut TeknoPlug sangat perlu dipertimbangkan sebelum membelinya.

1. Chipset, Processor, Serta Core

Tidak jarang orang beranggapan bahwa smartphone gaming terbaik adalah yang punya core yang banyak. Padahal belum tentu seperti itu. Menurut TeknoPlug, smartphone yang terbaik untuk gaming adalah yang kustomisasi chipset processor termasuk pemilihan CPU dan GPU-nya tepat. Dari sisi merk, beberapa pilihan merk yang bisa dipilih. Qualcomm Snapdragon adalah salah satu yang cukup recommended saat ini.

2. RAM

Bagi sebagian pengamat gadget, RAM tidak memberikan pengaruh besar terhadap kegaharan sebuah smartphone yang bagus untuk gaming. Tapi menurut TeknoPlug, RAM sangat menunjang kemampuan ponsel secara keseluruhan khususnya dari aspek multitasking. RAM adalah memori tempat sejumlah aplikasi tersimpan. Semakin besar RAM-nya, misalnya 3GB, 4GB, 6GB atau bahkan 8GB sebuah ponsel akan semakin baik saat mengoperasikan sejumlah aplikasi dalam waktu bersamaan.

3. Storage (Ruang Penyimpanan)

Smartphone terbaik untuk gaming itu menurut TeknoPlug harus lapang. Lapang disini dapat diartikan sebagai sebuah ruangan luas untuk menyimpan banyak file dan data. Tidak jarang dengan memori penyimpanan internal 16GB saat bermain game penggunanya uring-uringan karena ponsel terasa berat. Semakin besar ruang penyimpanannya, pastinya akan semakin meleluasakan ponsel menyimpan banyak file dan data seperti video dan foto hasil jepretan. Dan secara langsung membuat ponsel lebih terasa ringan saat mengoperasikan aplikasi game mobile yang cukup berat seperti PUBG mobile atau Garena Free Fire dan Mobile Legend.

4. Baterai

Baterai menjadi sebuah spesifikasi krusial khususnya bagi pengguna yang mengoperasikan semartphone-nya untuk berbagai kegiatan mobile, seperti selfie, merekam video, hingga main game. Saya pernah mengalami sendiri betapa tidak asyiknya main game Clash Of King sambil berdiri dekat colokan listrik. Yang pasti, hp terbaik untuk memainkan game-game kekinian seharusnya punya baterai berdaya besar, dan pastinya lebih lama.

Masalahnya, untuk mendapatkan sebuah smartphone terbaik buat gaming dengan spesifikasi mumpuni harus rela merogoh kocek dalam-dalam. Pastinya, untuk masyarakat Indonesia membeli ponsel berharga mahal harus berpikir panjang.

Nah, pertanyaannya, adakah ponsel gahar yang bisa memenuhi kebutuhan gaming sekaligus aktivitas harian, tapi dengan harga yang terjangkau ? Jawabnya : Ada

ASUS kembali merilis ponsel kekinian bernama Zenfone Max M2. ASUS Zenfone Max M2 bisa jadi pilihan smartphone Android gaming yang tepat buat kaum milenial yang punya budget pas-pasan di kantong. Pastinya, Zenfone Max M2 ini juga ponsel yang pas untuk mendukung kegiatan harian.

Zenfone Max M2, Pilihan Tepat Smartphone Gaming Terbaru Bagi Milenial Berbudget Rendah

ASUS Zenfone Max M2 RAM Besar
Zenfone Max M2, Smartphone ASUS Terbaru 2018

Smartphone gaming menjadi salah satu perhatian besar bagi ASUS mengingat trend mobile gaming akhir-akhir ini sangat booming. Perusahaan mentereng asal Taiwan ini sudah mengantisipasinya lewat teknologi dan fitur sesuai kebutuhan. Maka tidak heran dalam beberapa tahun terakhir sejumlah perangkat ponsel ASUS mampu menjawab kebutuhan gamer akan sebuah perangkat mobile yang mumpuni untuk gaming mainstream.

Zenfone Max M2 merupakan smartphone gaming terbaru ASUS yang dirilis perdana secara ekslusif pada 11 Desember 2018 setelah sempat menjadi rumor hangat ketika 'saudaranya' Zenfone Max Pro M2 juga dirilis. Ada yang bilang Zenfone Max M2 adalah versi abu-abu Zenfone Max Pro M2 yang sudah lebih dulu tenar sebelum dirilis. Namun sebenarnya Zenfone Max M2 atau Zenfone Max M2 ZB633KL ini adalah versi kasual dari Zenfone Max Pro M2, dan merupakan penerus pendahulunya Zenfone Max M1.

Buat sobat milenial dan tekno readers yang penasaran dengan performa dan kelebihan Zenfone Max M2, TeknoPlug akan mengulas lebih dalam mengapa ponsel yang sudah berteknologi AI ini layak menjadi ponsel gaming pilihan terdepan bagi para milenial. Tapi ada baiknya kita melihat dulu spesifikasinya.

Spesifikasi Zenfone Max M2


Jaringan GSM / HSPA / LTE
Rilis Desember 2018
Dimensi 158.4 x 76.3 x 7.7 mm (6.24 x 3.00 x 0.30 in)
Berat 160 g (5.64 oz)
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran 6.3 inches, 97.8 cm2 (~88% screen-to-body ratio)
Resolusi 720 x 1520 pixels, 19:9 ratio (~269 ppi density)
Platform OS pure Android 8.1 (Oreo)
Chipset Qualcomm SDM632 Snapdragon 632 (14 nm)
CPU Octa-core (4x1.8 GHz Kryo 250 Gold & 4x1.8 GHz Kryo 250 Silver)
GPU Adreno 506
Card slot Triple slot (2 slot SIM Card dual stand by + 1 slot memory hingga 2 TB)
Internal 64 GB, 4 GB RAM or 32 GB, 3 GB RAM
Kamera Utama Dual 13 MP, f/1.8, 1.12µm, PDAF dan 2 MP, depth sensor (LED flash, HDR, panorama)
Video 2160p@30fps, 1080p@30fps
Self Camera 8 MP, f/2.0, 1.12µm (LED flash, HDR)
Video 1080p@30fps
Baterai Non-removable Li-Ion 4000 mAh 
Loudspeaker Yes
3.5mm jack Yes (Active noise cancellation with dedicated mic)
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth 4.2, A2DP, LE
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS
Radio FM radio
USB microUSB 2.0, USB On-The-Go
Sensors Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
Warna Midnight Black (Hitam), Space Blue (Biru), Meteor Silver (perak)

Spesifikasi Zenfone Max M2 beserta fitur-fiturnya tergolong lengkap untuk sebuah ponsel yang menyasar pada mobile gamer, dan ditengarai mengalami peningkatan dibandingkan pendahulunya Zenfone Max M1.

Lalu, apa saja key fitures dan bagaimana performa Zenfone Max M2 ini ?

Kelebihan Utama Zenfone Max M2

Zenfone Max M2 ZB633KL adalah smartphone gaming yang lebih efisien dalam hal daya. Ini berkat processor Snapdragon 632 yang ditanamkan didalamnya yang merupakan processor terbaru dengan performa kencang namun hemat daya.

"Snapdragon 632 dibangun dari mobile platform terlaris Qualcomm Technologies yang memberikan peningkatan pada performa, efesiensi daya, grafis, kemampuan AI serta fitur-fitur konektivitas - Kedar Kondap (Vice President - Product Management Qualcomm Technologies).

Kehadiran Snapdragon 632 pada Zenfone Max M2 bukan cuma memberikan dampak pada performa gaming mainstream saja, tetapi juga sejumlah pengalaman pengguna lainnya seperti video beresolusi 4K, konektivitas LTE berkecepatan tinggi, resolusi tampilan layar, fitur-fitur baru serta memungkinkan kecerdasan buatan bisa berjalan optimal.

Spesifikasi Zenfone Max M2 beserta fitur-fiturnya tergolong lengkap untuk sebuah ponsel yang menyasar pada mobile gamer, dan ditengarai mengalami peningkatan dibandingkan pendahulunya Zenfone Max M1.

Baca Juga : Deretan HP ASUS Terbaik Dan Tercanggih


Gaming Kencang Tapi Lebih Hemat Daya Dengan Snapdragon 632

Mobile gaming identik dengan performa serta kecepatan, dan rasanya tidak ada yang membantah itu. Zenfone Max M2 ZB633KL memberikan performa serta kecepatan yang memuaskan pada pengguna ponsel selama bermain game mobile. Kekuatan utama Zenfone Max M2 yang terletak pada performa dan kecepatan ini karena dukungan SoC Snapdragon 632, chipset processor terbaru keluaran Quallcomm.

ASUS Zenfone Max M2 ZB633KL Snapdragon 632
Snapdragon 632 Hadirkan Performa Gaming Tinggi Tapi Hemat Daya (Infografis : TeknoPlug)

Zenfone Max M2 adalah debut pertama Snapdragon 632 untuk smartphone kekinian. Snapdragon 632 yang berarsitektur 14 nm sendiri merupakan upgrade dari Qualcomm Snapdragon 625 yang terkenal karena kecepatannya yang tinggi, namun tidak cepat panas.

Pastinya performa Zenfone Max M2 cukup mumpuni 40% lebih baik dari generasi pendahulunya yang menggunakan SDM626, serta mengalami peningatan 1,5 kali lebih baik dari Zenfone Max M1. Skor Antutu yang mencapai angka 103372 mengungguli ponsel dengan processor versi sebelumnya (SDM625).

hasil pengujian performa Zenfone Max M2 ZB633KL
Skor 3DMark Zenfone Max M2 (sumber : laptophia.com)

Selain dukungan chipset Snapdragon 632, kecepatan di smartphone gaming terbaru ASUS ini juga disokong oleh kombinasi CPU octa-core yang terdiri atas 4 buah Kryo 250 Gold berkecepatan 1,8 KHz dan 4 buah Kryo 250 Silver berkecepatan sama. Grafisnya juga punya kualitas oke karena penyematan GPU (graphic processor unit) Adreno 506.

Namun saat bermain game mainstream (contohnya Garena Free Fire dengan PUBG Mobile) tampilan grafisnya harus diatur sesuai kebutuhan karena kualitas grafis pada setiap game berbeda. 


Pengoperasian Lebih Ringan Dan Cepat, Multitasking Mumpuni

ASUS menyediakan RAM hingga 4GB pada Zenfone Max M2. Dengan RAM sebesar itu, smartphone gaming 2018 milik pabrikan Taiwan ini punya kemampuan 'melompat' dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya dengan baik pada saat bersamaan.

Pengguna juga tidak perlu was-was saat menyimpan file-file berkapasitas besar. Zenfone Max M2 punya ruang penyimpanan internal hingga 64 GB. Dengan ruang penyimpanan besar, smartphone jadi lebih lega dan tidak berat ketika dioperasikan.

Selain kemampuan multitasking yang elok, pengoperasian Zenfone Max M2 juga lebih ringan karena pure Android Oreo 8.1. Ya, ASUS telah merilis sistem operasi pure Android khususnya Oreo 8.1 pada ponsel Zenfone terbaru. Sistem operasi pure Android 8.1 terkenal sangat ringan karena tidak lagi menyertakan aplikasi pihak ketiga (vendor) pada skinnya.


Stamina Masif, Gaming Tahan Lebih Lama Dengan Kapasitas Baterai Besar 

Salah satu penyebab kenapa para pengguna ponsel sering uring-uringan bahkan sampai rela berlama-lama ngegame dekat colokan listrik atau sambil nyolokin ponsel ke powerbank adalah masalah baterai. Pemandangan ini sangat sering TeknoPlug lihat khususnya di komunitas remaja gaul yang lagi nongkrong. Ini karena smartphone yang mereka gunakan untuk main game punya spesifikasi baterai yang rendah.

Sekarang pemandangan itu bakalan berkurang kalau sudah ngegame di Zenfone Max M2, karena sudah dibekali baterai berdaya sebesar 4000mAH. Dengan daya sebesar itu, kaum milenial bakalan puas nge-Youtube, dengar musik, bahkan main game seharian.

Kelebihan Lain Zenfone Max M2 : Bisa Buat Ponsel Harian


Selain kemampuannya yang bisa diandalkan untuk memainkan sejumlah game populer, Zenfone Max M2 juga bisa jadi ponsel harian yang bisa digunakan untuk menyelesaikan sejumlah aktivitas harian, misalnya mengambil foto hingga buat multimedia.

Body Dan Desain

Ponsel ASUS terbaru yang satu ini didesain dengan bahan metal sehingga terasa lebih premium dan elegan. Pada bagian belakang ini terdapat finger print scanner yang membulat, serta dual camera yang dibuat vertikal. Di Indonesia, pengguna bisa memilih varian warna hitam (Midnight Black), biru (Space Blue), atau perak (Meteor Silver).

Zenfone Max M2 memiliki layar capacitive touchscreen berukuran 6,3 inchi (720 x 1520 pixels) berteknologi IPS LCD dan sudah beresolusi HD dengan rasio 19:9 khas smartphone kekinian. Dengan layar yang luas seperti ini pastinya jangankan cuma nonton video Youtube atau melihat hasil jepretan kamera, main game juga akan lebih puas.

Ada satu kelebihan lagi yang diusung Zenfone Max M2 dari sektor desain dan display ini, yaitu dimensi yang tipis (7,7 mm). Meskipun punya baterai berukuran besar (4000mAH) tidak lantas membuat bodi menyembul. Justru kebalikannya, bodinya tipis dan relatif nyaman saat digenggam, serta tidak licin. Khas desain ponsel keluarga Zenfone Max.


Kamera 

Meskipun bukan menyasar sebagai smartphone fotografi atau ponsel selfie, ASUS juga membuat Zenfone Max M2 bukan sekedar smartphone gaming. Untuk mendukung aktivitas harian khususnya yang berhubungan dengan fotografi dan merekam video ASUS menyematkan kamera ganda pada kamera utama Zenfone Max M2.

Bidikan kamera Zenfone Max M2 hasilkan efek bokeh dan video 4K UHD (Infografis : TeknoPlug)

Sektor kamera utama sudah dilengkapi kamera ganda 13 MP dengan aperture f/1.8 dan 2MP dengan depth sensor serta fitur LED Flash, HDR dan  panorama. Kombinasi keduanya menghasilkan efek bokeh ciamik seperti kamera DSLR. Dengan teknologi Artificial Intelligence (AI), kamera Zenfone Max M2 bisa mendeteksi 13 jenis skenario. 

Kamera depan Zenfone Max M2 ini beresolusi 8 MP ber-aperture f/2.0 fixed focus dengan fitur LED flash dan juga berteknologi AI. Bagi sebagian pengguna yang berkutat dengan fotografi mungkin menganggap hasil bidikannya serasa kurang greget, tapi tetap saja kamera Max M2 ini masih bisa menjawab kebutuhan akan ponsel yang bisa diajak berselfie ria. Apalagi ada fitur Beauty yang disematkan didalamnya. Bahkan kelebihan lain dari sektor kamera ini adalah kemampuannya merekam video beresolusi 4K.

Baca Juga : Cara Memilih Smartphone Kamera Yang Bagus


Audio

Gaming yang asyik itu adalah yang suaranya menggelegar. Coba kalau kalian ke rental game console atau PC, keseruannya berasa banget kan ? Nah keseruan yang sama juga akan terasa saat menggenggam Zenfone Max M2, karena ASUS menyematkan teknologi audio yang cukup canggih di smartphone gaming terbaru yang satu ini. Secara umum fitur-fitur multimedianya sudah cukup lengkap disajikan ASUS, layaknya di ponsel ASUS lainnya.

Zenfone Max M2 hasilkan suara jernih saat gaming
5 magnet speaker dan NXP Aplifier Zenfone Max M2 hasilkan audio jernih (ilustrasi : TeknoPlug)

Salah satu teknologi yang dihadirkan ASUS dalam Zenfone Max M2 yaitu adanya 5 magnet speaker berlapis metal serta NXP Amplifier berdistorsi rendah sehingga menghasilkan suara jernih dan lebih menggelegar hingga 67 persen. Alhasil, bukan cuma main game aja yang terasa seru di ponsel ini, tapi juga nonton video atau dengar musik mp3 sambil baca Wattpad.


Konektivitas  

Zenfone Max M2 sudah dilengkapi tiga slot yang terdiri atas 2 slot SIM card dan 1 slot penyimpanan eksternal (SD Card) hingga 2 TB. Dengan lebih banyak slot, pengguna tidak perlu bingung untuk memasang kartu SIM karena keduanya aktif di saat bersamaan.

Canggihnya, kedua slot SIM card sudah mendukung internet berteknologi 4G LTE yang kecepatannya mencapai 300Mbps. Dari sisi konektivitas internet selain dukungan 4G LTE pada slot SIM Card, Zenfone Max M2 punya kemampuan mengakses Wi-fi berjarak lebih jauh.

Baca Juga :


Harga Zenfone Max M2
Buat milenial yang udah ngebet banget punya smartphone gaming tapi terkendala budget pastinya harus menunggu lama ngumpulin duit. Nah, Zenfone Max M2 ini bisa menjadi jawaban. Ponsel yang popularitasnya sempat adem ayem ini dirilis dengan varian model RAM 3GB/32GB ROM dan RAM 4GB/64GB ROM.

Dalam setiap paket sudah terdapat kelengkapan berupa charging adapter kapasitas 10W, kabel charging dan microUSB, SIM ejector tool, casing silikon, serta User Manual.

Untuk ponsel gahar berkecepatan tinggi dan kaya fitur, kisaran harga Rp 2,2 juta hingga Rp 2,7 juta yang dibandrol untuk Zenfone Max M2 di sejumlah outlet dan toko online tergolong ekonomis. Maka cukup wajar sebenarnya kalau Zenfone Max M2 berpredikat smartphone gaming murah yang tidak murahan.

Kelebihan Zenfone Max M2 Serta Fitur dan Spesifikasi
Spesifikasi Zenfone Max M2 (Infografis : TeknoPlug)

Kesimpulan 
Smartphone yang terbaik untuk mobile gaming haruslah memperhatikan spesifikasi processor, RAM, storage, dan baterai. ASUS punya perhatian besar pada trend mobile gaming dan oleh karenanya merilis ponsel-ponsel yang mumpuni untuk bermain game. 

Kelebihan utama Zenfone Max M2 terletak pada kecepatan dan performa tinggi namun tetap hemat daya serta tidak panas karena sudah menggunakan chipset Snapdragon 632 yang 40% lebih baik dari versi sebelumnya yang dipadukan dengan CPU Kryo 250 dan GPU Adreno 506.

Kelebihan lain Zenfone Max M2 terletak pada desain yang tipis dan lebih nyaman digenggam, layar lebih luas (6 inci dengan rasio 19:9),  ruang penyimpanan besar (hingga 64 GB), triple slot (2 slot SIM Card + 1 slot SD Card), pengoperasian ringan (menggunakan OS pure Android 8.1 dan RAM hingga 4GB), baterai besar (4000mAH) dan lebih lama. 

Zenfone Max M2 juga dapat digunakan sebagai smartphone harian selain untuk gaming, diantaranya untuk multimedia dan mengambil foto. Meskipun bukan ditujukan sebagai ponsel selfie dan fotografi, tapi Zenfone Max M2 punya rear kamera dual dan swa-kamera berteknologi AI (Artificial Inteligence) dengan fitur-fitur terbaru yang menghasilkan efek bokeh serupa kamera DLSR serta mampu merekam video 4K atau Ultra HD.

Untuk gadget kaya fitur berkemampuan mumpuni yang dibandrol diangka Rp 2 jutaan, Zenfone Max M2 pantas menyandang predikat smartphone gaming murah tapi gahar. 

Nah, itulah ulasan dari TeknoPlug tentang seperti apa seharusnya smartphone terbaik yang mendukung mobile gaming kekinian. Zenfone Max M2 layak untuk dimiliki para milenial baik sebagai ponsel harian maupun sebagai smartphone gaming kekinian. Masih belum puas dengan ulasan TeknoPlug ? Kenapa gak beli aja dan rasakan sensasi gamingnya. Kamu bisa beli HP terbaru online atau langsung ke outlet terdekat.

Baca Juga :

Diulas oleh : TeknoPlug (info lebih lengkap pada laman about di blog ini).
Referensi : Dari berbagai sumber.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 Comments

Write Comments
13 Januari, 2019

Lengkap abis pembahasan Zenfone max m2nya

avatar
21 Januari, 2019

Lengkap banget ulasannya mimin,
Kalau baterai 4000mAH rasanya bisalah ya buat gaming seharian.
Zenfone Max M2 pas banget jadi pilihan ponsel gaming terbaik harga miring.

avatar