test

3 Cara Mengecek Kecepatan Akses Internet Wifi, dan Android Di Laptop/HP

Supaya kamu tidak terlalu lama menunggu proses upload dan download file melalui internet Wifi di laptop dan smartphone, sebaiknya kamu harus tahu kecepatan internet yang sedang kamu akses. Cara cek kecepatan internet pada perangkatmu, bisa dilakukan melalui beberapa speed test internet.

cek kecepatan internet melalui web dan aplikasi di laptop dan di hp
Cara cek kecepatan internet wifi, broadband dengan akurat di laptop dan di hp

Internet saat ini tidak pelak seperti bagian tidak terpisahkan dalam aktivitas sehari-hari manusia. Hampir seluruh aspek kehidupan manusia bersentuhan dengan internet. Untuk berkomunikasi via Whatssapp atau Facebookan pasti menggunakan kuota internet. Apalagi upload video ke youtube atau bahkan mendownload film-film terbaru membutuhkan internet. Live Streaming Liga Champion atau live event di Facebook harus mengkases internet.

Apakah semua aktvitas online itu selancar yang diharapkan ? Belum tentu ! Karena kecepatan internet sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Kecepatan Akses Internet Serta Jenis Kecepatan Internet

Kecepatan akses internet adalah kecepatan transfer data pada saat mengakses informas melalui jalur atau jaringan internet. Satuan kecepatan internet dinyatakan dengan bps (bit per second), artinya seberapa banyak bit data yang ditransfer atau dipindahkan dari satu komputer ke komputer lainnya.

Saat ini perangkat komputer baik komputer server, komputer PC atau laptop maupun hp sudah bisa terkoneksi internet, misalnya internet wifi dan internet selular seperti internet 3G atau internet HSPA (4G).  Kecepatan internet yang bisa diakses berbeda-beda, tergantung jenis kecepatan internet yang digunakan serta faktor-faktor lain yang mempengaruhinya seperti teknologi, keadaan alam maupun perilaku pengguna.

Apa saja jenis-jenis kecepatan internet Wi-Fi maupun internet mobile / internet seluler ?

Kecepatan Internet Wi-fi / Speedy Serta Spesfikasinya

Internet wi-fi (sering juga ditulis Wifi atau WiFi) adalah sebuah teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data menggunakan gelombang radio (nirkabel) melalui jaringan komputer, dan merupakan koneksi internet berkecepatan tinggi. Wi-fi jaman now sering juga diistilah dengan WLAN.

Jenis Kecepatan Internet Wi-Fi :
  1. Koneksi internet wifi tipe 802.11a. Kecepatan koneksi internet tipe ini adalah 54 Mbps pada frekuensi bandwith 5 GHz dan kompatibilitas A.
  2. Koneksi internet wifi tipe 802.11b. Kecepatan koneksi internet tipe ini adalah 11 Mbps pada frekuensi bandwith 2,4 GHz dan kompatibilitas B
  3. Koneksi internet wifi tipe 802.11g. Kecepatan akses tipe ini adalah 54 Mbps pada frekuensi bandwith 2,4 GHz dan kompatibilitas b, g
  4. Koneksi internet wifi tipe 802.11n. Kecepatan akses internet wifi tipe ini adalah 100 Mbps pada frekuensi bandwith 2,4 GHz dan kompatbilitas b, g, a
Di Indonesia, layanan internet Wi-Fi yang cukup banyak digunakan adalah paket Speedy (Home Speedy) dari Telkom. Paket data ini berbeda-beda harganya tergantung jenis kecepatan yang diinginkan para pelanggan. 

Kecepatan Internet Broadband (Internet Mobile / Internet Seluler )

Broadband internet saat ini sudah banyak dimanfaatkan operator internet dalam bisnis teknologi jaringan, contohnya Telkomsel yang merupakan salah satu provider besar yang menjadikan jalur pita lebar LTE sebagai produk internet service andalan. Layanan internet 4G LTE dari Telkomsel bisa digunakan untuk semua pengguna perangkat smartphone dengan berbagai OS, termasuk android. Jenis teknologi internet broadband untuk seluler yaitu :
  1. DSL (Digital Subscriber Line). DSL adalah teknologi yang memanfaatkan bandwidth yang tidak digunakan pada jaringan telepon kabel tembaga. Pengembangan DSL menjadi IDSL (Integrated Service Digital DSL) menggunakan sepasang kabel dua arah (duplex) menyebabkan transmisi data dan informasi termasuk suara bisa dilakukan bersamaan dengan kecepatan akses internet hingga 144 kbps. 
  2. Fixed Wireless. Teknologi ini didedikasikan hanya untuk transmisi data saja, tidak termasuk suara. Sifatnya tetap (fixed).
Data-data berikut ini bisa menggambarkan perbandingan antara kecepatan internet di Indonesia dan kecepatan internet negara-negara lain di dunia.

Kecepatan Internet di Dunia
Kecepatan internet tercepat di dunia tertinggi saat ini adalah di Eropa dan Amerika Utara. Di Asia, kecepatan akses internet paling tinggi adalah Korea Selatan, sekitar  20,5 Mbps. Selain Korea Selatan, kecepatan akses internet paling cepat di Asia adalah Jepang,  dan Singapura merupakan negara dengan kecepatan akses internet paling cepat di Asia dan dunia 
Kecepatan Internet Indonesia
Bila Korea Selatan, Jepang, Hongkong dan Singapura termasuk dalam negara yang memiliki akses internet rata-rata tercepat di Asia dan dunia, akses internet cepat rata-rata global Indonesia menempati posisi 94 se-Asia Pasifik. Kecepatan rata-rata koneksi internet secara global adalah 5,1 Mbps hingga 6,3 Mbps. Artinya kecepatan koneksi internet Indonesia masih rendah, karena kecepatan rata-rata akses internet Indonesia hanya 3,1 Mbps.
(sumber :survey APJII dan rilis laporan dari Akamai Technologies).

Dari data dan fakta di atas, kita bisa mengambil kesimpulan sementara bahwa masalah kecepatan internet di Indonesia adalah teknologi. Meskipun demikian, kita cukup bersyukur dengan kecepatan internet yang ada saat ini, sembari menunggu teknologi internet di Indonesia semakin berkembang dan semakin maju.

Namun, kecepatan internet yang ada saat ini juga perlu diantisipasi. Seperti telah disinggung pada prolog pembuka di atas, banyak yang merasa jengkel dengan waktu yang cukup lama saat mengakses internet. Mungkin kamu juga salah satunya.

Jangan paksakan supaya lancar sementara kapasitas, teknologi maupun paket kecepatan internet yang kamu memang cuma segitu.

Artinya, kamu perlu mengukur kecepatan internet-mu saat ini, sehingga kamu bisa mengetahui kecepatan internet pada perangkatmu memungkinkan atau tidak untuk mendownload atau mengupload file dalam waktu tertentu. Sayang banget kan, di tengah proses download file tiba-tiba internetmu melambat bahkan berhenti sehingga harus ulang lagi (reload) dari awal akibat insiden "lost connection".

Bagaimana Cara Mengecek Kecepatan Akses Internet Wifi, dan Android (Speed Test Internet)

Bagaimana cara cek kecepatan internet ?

Untuk mengetahui kecepatan internet, kamu perlu cek kecepatan internet di perangkatmu. Cek kecepatan internet adalah salah satu langkah antisipatif agar kamu bisa mengetahui dan mengukur waktu download, upload file atau akses informasi lainnya. Dengan cara demikian, kemungkinan kehabisan paket data saat di tengah proses download dan upload file yang sia-sia bisa diminimalisir.

Manfaat Melakukan Uji Kecepatan Internet (Test Kecepatan Internet)
  • Kamu bisa mengetahui jenis internet yang kamu gunakan.
  • Kamu juga memperoleh gambaran mengenai kecepatan akses internet.
  • Mengetahui masalah lambat loading apakah pada jaringan, pada kecepatannya, atau justru permasalahannya ada pada perangkat.
  • Internet speed test sangat membantu kamu membuat estimasi waktu proses selama terkoneksi internet yang ada.
  • Kamu dapat mencari atau menggunakan alternatif jenis internet lainnya.

Cara Mengukur Kecepatan Internet Wifi dan Mobile/Android

Internet speed test atau tes kecepatan internet bisa dilakukan dengan beberapa cara. 
  • Bagi pelanggan atau pengguna internet Wi-Fi (misalnya Speedy Indihome), cara melihat kecepatan internet Wi-Fi bisa melalui website yang bisa diakses di laptop maupun di hp-mu.
  • Cara test speed Wi-fi juga bisa dilakukan menggunakan tools atau aplikasi. Aplikasi cek kecepatan speed Wi-Fi Speedy Indohome ada yang langsung terintegrasi dengan web (aplikasi web), ada juga yang harus didownload terlebih dulu. Aplikasi-aplikasi test kecepatan internet bisa didownload melalui situs-situs penyedia link download seperti Apps Market atau Android App di Google PlayStore. 
  • Pengguna smartphone umumnya bisa terkoneksi secara otomatis dengan Wi-Fi di Wi-Fi area selain tentu saja kuota internet seluler, misalnya Telkomsel. Nah, untuk speed test internet di hp bisa melalui website internet speedtest atau test kecepatan internet online menggunakan aplikasi mobile. 
  • Khusus bagi pengguna Wi-Fi, ada cara cek sinyal internet dan mengukur kecepatan internet Wi-Fi yaitu melalui ping test dengan CMD. 

Cara Cek Kecepatan Internet Wifi, dan Android di Laptop dan di HP Dengan Website Speed Test (Cek Kecepatan Internet)

Nah sob, Cara mengecek kecepatan internet melalui website ini adalah trik internet speedtest paling mudah. Kenapa ? Karena alat pengukur kecepatan internet sudah tersedia di website tersebut. Berikut ini adalah 5 website speedtest yang menyediakan alat pengukur kecepatan internet paling populer saat ini. Akurasinya tidak perlu diragukan lagi. Beberapa di antaranya bahkan buatan Indonesia. 

5 Website Internet Speed Test Paling Akurat Untuk Mengukur Kecepatan Internet WiFi di Laptop Serta Di HP :
  • Testspeed.Net
  • BandWidthPlace.Com
  • Testmy.net
  • Speed Test CBN
  • Fast.Com
Baca Juga

Cara Cek Kecepatan Internet di HP Android/iOS Dengan Speed Test Mobile (Check Internet Speed App)


Trik termudah untuk mengukur kecepatan internet selular di hp yaitu menggunakan aplikasi mobile. Agar bisa mengetahui kecepatan internet di hp androidmu, kamu harus menggunakan aplikasi speed test Android App yang harus didownload terlebih dahulu di Playstore. 

Kalau kamu pelanggan kuota internet seluler Telkomsel, cara mengukur kecepatan internet broadband Telkomsel di hp mudah saja. Sama seperti cara cek kecepatan wifi di laptop, menggunakan aplikasi test speed internet app besutan Speedtest.net cukup dengan tekan tombol maka speed meter pada aplikasi ini akan segera berjalan dan kemudian akan memberikan notifikasi hasil ping test, estimasi kecepatan download serta estimasi kecepatan upload saat itu. 

Aplikasi Untuk Cek Kecepatan Internet Android 

Untuk cek kecepatan internet 3, Mentari, Indosat, maupun paket internet seluler dari provider lainnya juga bisa menggunakan aplikasi Speedtest.net untuk android ini. Selain itu, Speedtest.net internet app speed test juga bisa dioperasikan di hp berplatform iOS (iPhone). Cek kecepatan internet wifi di hp juga bisa dilakukan menggunakan aplikasi test speed internet mobile ini.

Beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk cek kecepatan internet android atau mobile internet di smartphone antara lain yaitu :

  • Speedtest.net for mobile
  • Network Speed Monitoring
  • OpenSignal
  • Speed Test Master
  • Simple Speed Test.

Cek Kecepatan Akses Internet Dengan Ping Test CMD

Nah, ini trik rahasia yang TeknoPlug maksud. Sebenarnya sih bukan rahasia lagi, karena trik mengukur kecepatan internet Wifi atau internet broadband/internet mobile di laptop dengan ping test CMD ini sudah lama dilakukan. 

Untuk mengetahui kecepatan internet yang sebenarnya, ping test CMD ini cukup akurat. Fungsi utama ping sendiri yaitu untuk mengecek akses pada koneksi jaringan yang sedang digunakan. Intinya, ping test CMD ini adalah langkah speed test google karena ping testnya menggunakan dns dari google. Lalu bagaimana cara mengetahui kecepatan internet dengan ping test CMD ini ?

Trik Cara Cek Kecepatan Internet Melalui CMD Ping Test | Speed Test Google CMD 

  • Kamu harus memastikan laptopmu terhubung dengan internet atau jaringan internet. Lalu seret cursor mouse-mu ke arah Windows Start pada pojok kiri bawah laptop/PC Windows-mu (bisa juga dengan menekan tombol Windows + R secara bersamaan). Kemudian ketik "cmd", dan tekan "Enter"
  • Jendela "command prompt" atau CMD akan segera muncul. Ketik  "8.8.8.8 -t-1000 " (tanpa tanda petik), kemudian tekan "Enter". 
  • Di layar laptop-mu akan segera muncul hasil ping test. 
Perhatikan kode-kode ini : 

"8.8.8.8" merupakan angka dns dari Google, ketika melakukan ping berarti perangkat komputer dari dns yang ada di laptop kita sedang melakukan ping. 
"-t "adalah keberlanjutan ping hingga sampai diberhentikan secara manual oleh cmd.
"-1" merupakan besaran paket data yang dikirimkan dalam proses ping.
- Bila "Time=" semakin kecil maka kecepatan internet kamu semakin cepat
- Bila "Time=" semakin besar berarti kecepatan akses internet yang sedang kamu akses apakah itu wifi atau internet share dari sumber lainnya seperti internet 4G itu sedang melambat.
"request time out" artinya koneksi internet kamu terputus.

Nah sob, itu dia trik cara cek/tes untuk mengukur dan mengetahui kecepatan internet secara akurat di laptop dan di hp menggunakan website, aplikasi dan ping test CMD. Semoga bermanfaat. 
Labels: Internet, Trik Internet

Thanks for reading 3 Cara Mengecek Kecepatan Akses Internet Wifi, dan Android Di Laptop/HP. Please share...!

1 Comment for "3 Cara Mengecek Kecepatan Akses Internet Wifi, dan Android Di Laptop/HP"

Untuk cek kecepatan internet sih speedtest.net itu speedometernya cepat dan akurat

Back To Top