6 Aplikasi Android Paling Keren, dan Paling Canggih Buat Guru Mengajar

01 Mei
Aplikasi-aplikasi di smartphone android memberikan ruang yang cukup luas bagi siapa saja untuk memperoleh konten, baik konten hiburan maupun aplikasi yang membutuhkan kreatifitas seperti edit video maupun memainkan hero tank Mobile Legend secara online. Termasuk bagi para guru untuk mendukung aktivitas belajar mengajar di kelas. Ada banyak aplikasi pembelajaran online yang keren dan di Google Play Store. Tapi apa aplikasi android terbaik untuk guru mengajar ?

Pentingnya Aplikasi Smartphone Untuk Berinovasi Dalam Dunia Pendidikan

aplikasi android paling canggih buat mengajar
Infografis pengguna internet dan aplikasi di smartphone (Sumber : APJII dan sumber lainnya)

Di era teknologi serba canggih saat ini, saat dimana smartphone menjadi alat pendukung utama aktivitas harian bagi pelajar dari berbagai tingkatan umur dan jenjang pendidikan adalah fenomena yang perlu menjadi perhatian khusus para guru dan wali murid. Data dan Fakta Penggunaan Aplikasi Internet menunjukkan hal-hal sebagai berikut :
  • Hasil riset Indonesia Digital Association (IDA) yang dilakukan lembaga riset global GfK didukung oleh Baidu Indonesia di akhir tahun 2015 menyatakan bahwa 96% media untuk memperoleh informasi menggunakan smartphone, sementara melalui televisi 91% dan surat kabar 31% (sumber : techno.okezone.com).
  • Data yang dikumpulkan Hoosuite dari Biro Sensus AS, CIA dan berbagai lembaga lainnya menyatakan bahwa dari 3,8 milyar pengguna internet di dunia, 2,9 milyar orang diantaranya menggunakan media sosial (sumber : youthmanual.com).
  • Di Indonesia penggunaan smarpthone semakin meningkat setiap tahun, dimana pada tahun 2016 diperkirakan ada 65,2 juta, tahun 2017 sekitar 74,9 juta dan diprediksi mencapai 92 juta pada tahun 2019 (sumber : databoks.katadata.co.id)
  • Menurut APJII (Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia) pada survey 2016-2017, pengguna internet di Indonesia adalah 51,43% berjenis kelamin laki-laki dan 48,57% adalah perempuan.
  • Masih menurut APJII, 16,68% pengguna smartphone dan internet 49,52% berusia 19-34 tahun, sementara 16,68% berusia 13-18 tahun dan terus meningkat.
Berdasarkan tingkat pendidikan, 88 persen pengguna internet di Indonesia merupakan lulusan S2 atau S3. Sementara pengguna sarjana atau diploma sebanyak 79,23 persen. Pengguna internet lulusan SMA mencapai 70,54 persen, dan pengguna lulusan SMP sederajat sekitar 48,53 %. Pengguna lulusan SD sendiri mencapai 25,10 persen, sementara yang tidak mengenyam pendidikan mencapai 5,45%.

Dari data dan fakta diatas, dapat diambil kesimpulan sementara bahwa smartphone justru bisa menjadi alternatif untuk mendorong kualitas pendidikan dengan menjadikannya sebagai media alat penunjang kegiatan belajar mengajar.

Mengapa Guru Membutuhkan Aplikasi Pembelajaran Online

Saat ini murid dan guru bisa berinteraksi dengan media daring yang mendukung terlaksananya belajar mengajar online atau webinar melalui aplikasi-aplikasi meeting seperti Zoom. Anda bisa menggunakan aplikasi Zoom baik lewat laptop maupun smartphone.

Apa Itu Android

Android adalah sebuah sistem operasi (OS/Operating System) sumber terbuka (open source) berbahasa Linux. Platform ini awalnya milik Android, Inc. Android dirancang untuk gadget berlayar gerak dan sentuh (touchscreen). Oleh Google, Android dikembangkan dan menjadi salah satu platform terbesar di dunia.

Android memungkinkan pengguna gadget bisa memasang aplikasi pihak ketiga (third party) baik developer maupun komunitas kreator aplikasi. Aplikasi android yang dipasang di smartphone bisa melakukan pembaharuan secara otomatis.

Android telah dirilis dalam berbagai versi android. Mulai dari android versi Alpha dan Beta, hingga versi OS android terbaru Android 10 (Android Q). Aplikasi-aplikasi di android smartphone mulai banyak dirilis sejak munculnya ponsel dengan versi android Ice Cream Sandwich dan saat ini terdapat ribuan aplikasi yang bisa didownload di hp terbaik dan tercanggih (baca juga : Urutan Versi Android Hingga Versi Android Tertinggi Saat Ini).

Aplikasi android untuk pendidikan saat ini sudah banyak dibuat para pengembang untuk mendorong dan meningkatkan kualitas belajar dan mengajar lewat smartphone. Dengan catatan tentu saja smartphone tersebut didukung oleh spesifikasi yang bagus sehingga aplikasinya bisa dijalankan dengan lancar, misalnya GPU-nya. (Baca Juga : Processor GPU Android Terbaik Di Dunia)

Nah, bicara tentang aplikasi android untuk para guru, apa sih sebenarnya yang dibutuhkan oleh para tenaga pengajar tersebut agar semakin kreatif, lebih inovatif dan bisa mengarahkan para siswa di kelas ?

Kriteria Aplikasi Pembelajaran Terbaik Untuk Guru Dan Siswa

Menurut TeknoPlug, aplikasi terbaik yang dibutuhkan para guru adalah :
  • Aplikasi yang ringan tidak memberatkan smartphone.
  • Aplikasi keren dan mudah digunakan.
  • Aplikasi canggih dengan fitur-fitur terbaru untuk mendukung aktivitas belajar mengajar di kelas, termasuk di dalamnya berupa fitur tanya dan jawab.
  • Aplikasi yang pengaturannya simpel dan mudah dilakukan di smartphone
  • Aplikasi gratis (free download) yang tidak perlu mengeluarkan biaya namun bisa mendukung aktivitas secara maksimal.
Semua kriteria itu bisa didapatkan dengan memasang aplikasi Android. Lalu, apa saja aplikasi android paling keren, dan paling canggih untuk para guru di kelas bila mengacu pada kebutuhan-kebutuhan para guru di atas ?

Aplikasi Android Paling Keren, dan Terbaik Untuk Guru Mengajar

Bila berbicara substansi opik ajar dengan kurikulum, maka 3 aplikasi berikut ini adalah aplikasi Android terbaik paling keren untuk para guru selama mengajar di kelas.

1. Aplikasi Ruangguru | Aplikasi Android Paling Keren Buatan Indonesia Untuk Guru Membahas Soal

aplikasi android keren untuk guru

Aplikasi Ruangguru ini sangat keren, cukup pantas dijadikan aplikasi harian para guru. Kenapa ? karena di aplikasi Ruangguru ini bisa mengakses ribuan latihan soal lengkap berikut pembahasannya sesuai jenjang sekolah SD, SMP, SMA.

Aplikasi Ruangguru juga memiliki fitur video belajar keren berupa konsepserta pembahasan soal sebagai persiapan UN maupun SBMPTN.

Di Playstore sendiri, aplikasi Ruangguru cukup mendapatkan respon positif dari penggunanya. Platform edukasi terbaik dengan rating ulasan bintang 4.6 ini asli buatan anak Indonesia.

Download aplikasi paling keren ini di Playstore atau bisa juga download aplikasi Ruangguru di situs ruangguru.com.

Baca Juga : Aplikasi Terbaik Untuk Membayar Tagihan Online.

2. Aplikasi Schoolmedia | Aplikasi Android Paling Keren Buat Memantau Perkembangan Akademik Siswa

aplikasi android paling keren untuk pendidikan

Selain Ruangguru, aplikasi android berikutnya yang paling keren yaitu Schoolmedia. Aplikasi android untuk guru ini adalah App berplatform android buatan Suitmedia.

Schoolmedia Android App adalah aplikasi berbasis Android yang memberikan kemudahan pada siswa untuk mengecek nilai akademik, data orang tua siswa, histori pembayaran dan lainnya. Pihak guru cukup terbantu memantau perkembangan nilai akademik sang siswa. Pihak sekolah dan wali murid juga cukup mudah mengetahui proses-proses administrasi si anak.

Fitur-fitur keren di Schoolmedia yaitu :
  • Nilai akademik untuk ujian harian, ujian semester, tugas, kuis dan lainnya
  • Daftar kehadiran tiap mata pelajaran
  • Perpustakaan
  • Pelanggaran (akan datang)
  • Prestasi (akan datang)
Bapak dan Ibu Guru serta wali murid bisa download aplikasi android paling keren Schoolmedia ini di Playstore.

Baca Juga : Aplikasi Nonton Bola di Android.

3. Aplikasi Edmodo | Aplikasi Paling Keren Di Android Buat Guru Menyusun Jadwal Tugas Murid

aplikasi android paling keren buat guru mengajar di kelas

Nah, kalau aplikasi paling keren di android yang satu ini buatan luar negeri lho. Aplikasi Edmodo ini sudah didesain ulang agar tenaga pendidik lebih fokus pada bagaimana berkomunikasi dengan siswa, orang tua dan rekan-rekan guru.

Dengan Edmodo, guru bisa menguasai siswa di kelas. Siswa bisa berpartisipasi dan mengecek tugas-tugas melalui aplikasi ini. Guru juga bisa mengarahkan diskusi sesuai dengan topik pelajaran.

Fitur-Fitur Terbaru Edmodo :
  • Guru bisa menyusun atau mengorganisasikan kelasnya.
  • Guru dan murid bisa melakukan chat mengenai topik pelajaran dan tugas-tugas yang diberikan secara real time.
  • Guru bisa menyusun jadwal dan PR/tugas buat para siswa
Guru dan murid bisa download aplikasi android paling keren Edomodo ini di Playstore, atau bisa mengunjungi situs Edmodo di www.edmodo.com untuk mendapatkan panduan mengajar menggunakan Edmodo.

Aplikasi Android Paling Canggih dan Inovatif Buat Guru

Nah, selain 3 aplikasi android paling keren buat para guru untuk memantau perkembangan siswa, menyusun PR, maupun soal-soal serta pembahasan soal di atas, guru juga perlu menggunakan aplikasi android yang canggih untuk mendorong siswa lebih fokus pada mata pelajaran.

3 aplikasi smartphone berikut ini merupakan aplikasi Android paling canggih dan inovatif buat para guru. Apa saja ?

1. Aplikasi Google Classroom | Aplikasi Android Paling Canggih Untuk Guru Lebih Inovatif dan Murid Tidak Bosan Di Kelas


aplikasi android terbaik paling canggih untuk mengajar

Sebagai platform yang menyediakan apa saja, Google memang nomor satu. Bukan hanya aplikasi-aplikasi hiburan di android yang notabene adalah milik Google saja. Google Android juga menyediakan aplikasi-aplikasi yang mendukung dunia pendidikan.

Aplikasi android besutan Google yang cukup canggih untuk mendukung aktivitas belajar mengajar yaitu Google Classroom. Aplikasi android paling canggih ini bisa dikatakan sebagai aplikasi android terbaik untuk mendukung pendidikan berbasis teknologi.

Keuntungan dan Fitur-Fitur Google Classroom :
  • Proses penyiapan yang singkat dan mudah
  • Guru bisa mengatur waktu belajar
  • Guru bisa menyusun tugas sehingga siswa tidak melulu mengerjakan tugas lewat kertas. Pengajar juga bisa memeriksa dan menilai tugas cukup lewat aplikasi ini.
  • Para pengajar bisa mengarahkan topik dan diskusi. Selain itu siswa juga berbagi materi dengan siswa lainnya.
  • Ini yang paling penting, aplikasi ini cukup aman dan nyaman digunakan karena tidak ada iklan.
  • Aplikasi android paling canggih ini tidak berbayar alias gratis.
Guru dan murid bisa download aplikasi android paling canggih Google Classroom ini di Playstore.

2. Aplikasi Plagiarisme Checker | Aplikasi Android Paling Canggih Bikin Siswa Jadi Kreatif Tanpa Plagiat


aplikasi terbaik paling canggih di android untuk guru


Apa jadinya kalau seisi kelas menjawab tugas atau pertanyaan yang diberikan dengan kalimat yang seluruhnya sama ? Pasti guru bakalan bingung siapa yang sebenarnya cukup bodoh, atau siapa siswa yang mencontek. Soalnya kata dan kalimatnya sama persis sih.

Nah, supaya siswa lebih kaya dengan penggunaan kata, kalimat dan kosa kata maka apikasi PlagScan sangat cocok digunakan para guru. Kenapa ? aplikasi android yang canggih ini membantu guru untuk cek dan ricek jawaban para siswa saat diberikan tugas, apakah memiliki kalimat yang sama persis alias mencontek. Jangan heran, budaya contek-mencontek ini atau sering disebut juga plagirisme sudah ada sejak ayah dan ibumu masih sekolah dulu.

Guru dan murid bisa download aplikasi android paling canggih ini di Playstore.

3. Aplikasi Quizlet | Aplikasi Android Paling Canggih Untuk Belajar Apa Saja Dengan FlashCard

aplikasi android tercanggih untuk mengajar di kelas

Ini dia aplikasi android paling canggih yang bisa membantu para siswa mengingat pelajaran. Melalui aplikasi Quizlet, guru sangat terbantu untuk mendorong siswa bisa mengingat topik pelajaran menggunakan flashcard.

Keuntungan dan Fitur-Fitur Quizlet :
  • Siswa bisa mempersiapkan diri menghadapi tes dan ujian dengan mode Pelajari
  • Guru bisa menguji hapalan siswa dengan mode Tulis
  • Guru bisa membuat kompetisi bermain menggunakan waktu dalam permainan Mencocokkan
  • Bisa membagikan flashcard ke teman sekelas
  • Guru bisa meningkatkan bahan pelajaran dengan gambar dan audio.
Guru dan siswa bisa download aplikasi android Quizlet paling canggih ini di Playstore.

Baca Juga :

Penutup

Nah, buat bapak dan ibu guru, itulah 6 aplikasi terbaik di android untuk mengajar di kelas. Namun tetap saja untuk proses mengajar harus mengacu pada standar belajar mengajar sesuai kurikulum.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 Comments

Write Comments
03 Mei, 2018

Ruangguru memang aplikasi paling keren untuk guru mengajar. Sodara saya pake aplikasi ini kalau les privat, bikin soal-soalnya juga pake aplikasi ini.

avatar
30 November, 2018

keren-keren aplikasinya ya, jadi bingung nentuin yg mana aplikasi terbaik buat belajar. Kayaknya ruangguru deh.

avatar
18 Oktober, 2019

ada banyak aplikasi belajar, cuma mungkin ada yg kurang cocok dipakai di indonesia. bakalan tambah banyak deh aplikasi-aplikasi serupa di masa depan

avatar