test

10 Macam Jenis Virus Komputer Paling Berbahaya Dengan Track Record Buruk

10 Macam Jenis Virus Komputer Paling Berbahaya Dengan Track Record Buruk-Ada puluhan, bahkan ratusan macam jenis virus komputer, malware, maupun trojan di dunia yang kapan saja bisa menginfeksi file dan informasi di dalam komputer. Dalam sejarah komputer, objek-objek mencurigakan tersebut dibuat dengan nama virus komputer tertentu. Berikut ini adalah 10 nama virus komputer paling berbahaya yang menimbulkan kerugian besar baik bagi pengembang, penyedia perangkat lunak, maupun semua pengguna komputer di seluruh dunia. 

Apa Akibat Yang Ditimbulkan Virus Komputer Paling Berbahaya 


virus paling berbahaya di dunia yang menyerang komputer
Virus-virus komputer paling berbahaya menyebabkan kerusakan


Jenis virus komputer paling berbahaya ternyata bukan hanya virus worm saja. Selain worm yang menjadi ancaman terhadap keamanan komputer juga terdapat virus komputer lainnya yang cukup menakutkan dan punya daya hancur tinggi. Malware seperti trojan bahkan jenis virus komputer terbaru golongan ransomware dengan nama virus komputer termutakhir WannaCry, cukup menggemparkan dunia. Sejak awal kemunculannya, worm maupun trojan cukup mengkhawatirkan keamanan perangkat karena mempunyai track record buruk. 

Perkembangan macam dan jenis virus komputer belakangan ini cukup canggih dengan media penyebaran virus yang variatif. Bila dulu penyebarannya melalui transfer file lewat media seperti floopy disk dan 3 1/2 floopy disk (disket), penyebaran virus secara signifikan terlihat jelas melalui sistem dan jaringan internet. Beberapa sistem keamanan jaringan cukup mudah dibobol. Memasang antivirus kala itu pun tidak cukup ampuh menahan penyebarannya. Yang lebih mutakhir, malware seperti trojan maupun spyware cukup canggih menyebar melalui iklan internet. 

Worm, trojan maupun beberapa jenis virus komputer yang diprogram untuk menyerang aplikasi adalah virus komputer yang paling canggih dan paling banyak variannya. Microsoft Word, Microsoft Excel dan beberapa jenis aplikasi paketan Microsoft Corp. adalah langganan serangan malware tersebut. Tidak tanggung-tanggung, OS Windows yang notabene juga milik Microsoft adalah yang paling rentan terinfeksi. Dimasa lalu, OS Windows adalah bulan-bulanan malware virus dan trojan. 


Dampak dan Akibat Yang Ditimbulkan Oleh Berbagai Jenis Virus Komputer Paling Berbahaya 

Ada banyak dampak buruk yang diakibatkan oleh virus-virus nakal. Salah satunya adalah sebagai Penyebab Laptop Lemot Loading Lambat dan Hang, Sering Not Responding. Meskipun anda mungkin sudah tahu Cara Mengatasi Laptop Lemot Loading Lambat Mudah Panas Cepat Hang dan Sering Restart, bukan berarti anda benar-benar aman dari infeksi objek-objek mencurigakan yang setiap saat bisa menginfeksi seluruh file dan sistem operasi di laptop anda. 

Dampak-dampak yang terjadi akibat virus komputer sangat menakutkan. Tidak percaya ? Inilah akibat yang ditimbulkan virus komputer terhadap aktivitas global antara lain :

  • Kemacetan lalu lintas di berbagai pusat kota, dimana saat ini sistem pengaturan lalu lintas telah berbasis komputer dan satelit.
  • Keyakinan nasabah terhadap bank, lembaga simpan pinjam, lembaga keuangan mikro menyebabkan terjadinya penarikan uang besar-besaran. Dana di bank pun kosong, perekonomian negara melemah.
  • Perekonomian dunia terancam goyang, sejumlah pasar saham terganggu, perbankan merugi dan bank-bank collaps karena tidak berjalannya perputaran uang secara global. Jaringan komputer merupakan alat utama dalam transaksi perbankan. Oleh beberapa oknum yang menggunakan virus untuk menyerang database komputer dan server perbankan akan dengan mudah merampok uang dengan dengan mentransfernya ke rekening tertentu setelah merusak sistem keamanan internet dan sistem keamanan komputer. 
  • Perdagangan lumpuh karena transaksi tidak berjalan semestinya.
  • Terlantarnya penumpang pesawat dan kereta api, karena alat-alat transportasi modern di era canggih saat ini telah menggunakan komputer sebagai alat untuk mengatur jadwal keberangkatan, alat petunjuk navigasi yang terintegrasi dengan sistem satelit semuanya menggunakan komputer.
  • Dampak yang lebih luas yaitu terjadinya chaos dan instabilitasi sosial, politik dan ekonomi yang melibatkan masyarakat secara langsung dan merembet pada kestabilan pemerintahan suatu negara, bahkan menyebabkan kerusuhan, penjarahan dan pengrusakan berbagai fasilitas.
  • Dampak yang paling mengerikan yaitu akan muncul ketidakpercayaan terhadap pemerintah oleh kelompok-kelompok tertentu yang kemudian mendorong pemberontakan serta memicu pertumpahan darah. Perang saudarapun terjadi. 
Keberadaan malware tentu saja sangat merugikan. Tapi tahukah kamu apa nama virus paling berbahaya yang pernah menjadi mimpi buruk di masa lalu ?

Indikator Virus Komputer Yang Digolongkan Sebagai Virus Komputer Paling Berbahaya 

Beberapa faktor yang menjadi pertimbangan mengapa beberapa nama virus komputer berikut ini tergolong virus komputer paling berbahaya antara lain :
  • Kemampuan menggandakan diri yang cepat.
  • Waktu penyerangan dan kemampuan duplikasi yang singkat.
  • Tingkat kerusakan perangkat komputer serta data dan informasi yang terinfeksi oleh virus komputer paling berbahaya.
  • Tingkat kerugian akibat serangan virus komputer.
  • Teknologi termutakhir dalam pemrograman virus komputer.
  • Kecanggihan tingkat keamanan perangkat komputer yang berhasil diserang virus komputer.
  • Firewall dan antivirus yang dipasang pada perangkat yang diinfeksi virus komputer.
  • Cara dan media penyebaran serta penyerangan virus komputer.

10 Jenis Virus Komputer Paling Berbahaya 2017/2018 Sepanjang Sejarah Dengan Track Record Buruk


Dengan memperhatikan faktor-faktor di atas dan dampak yang ditimbulkannya,10 nama virus komputer paling berbahaya ini adalah virus komputer terkenal menghadirkan mimpi buruk dan sejarah kelam dalam dunia teknologi komputer.


1. MyDoom

Virus MyDoom adalah virus komputer paling berbahaya dengan tingkat infeksi tinggi. Di masa lalu, sekitar  tahun 2004 virus ini menguasai 30% bandwidth yang digunakan para pengguna internet di seluruh dunia. MyDoom cukup terkenal karena merupakan virus kategori high risk. Daya hancurnya lebih kuat dan lebih tinggi daripada Sobig dan Welchia. Virus paling berbahaya pada komputer Windows ini kala itu mampu melakukan serangan DDoS ke situs milik Microsoft (microsoft.com), serta bisa memblok sejumlah situs antivirus.


2. Virus Melissa (Melissa Computer Virus)

Nama virus komputer Melisa (Melissa Computer Virus) menjadi mimpi buruk bagi Microsoft di era 1990'an, tepatnya tahun 1999. Virus Melissa diklaim sebagai virus komputer paling berbahaya yang bisa mengobrak-abrik kemapanan Microsoft dan OS Windows saat itu. Jenis virus komputer yang satu ini merupakan kombinasi antar virus macro yang menyerang Microsoft Word dan virus worm yang menggunakan addres book pada Microsoft Outlook serta Outlook Express yang bisa mengirimkan dirinya sendiri via e-mail. 


3. Virus Slammer (SQL Slammer)

Virus paling berbahaya pada komputer di awal tahun 2000'an berasal dari golongan jenis virus komputer worm. Macam-macam virus komputer worm merajalela pada era tersebut.  Tahun 2003, Slammer merupakan virus worm pertama yang berhasil menginfeksi lebih dari 75 ribu komputer di dunia hanya dalam 10 menit dengan kecepatan reproduksi tercepat saat itu (8,5 second/worm) !


4. Virus ILOVEYOU (Love Letter)

Jenis virus penghancur cukup unik namun paling berbahaya yang pernah menyerang komputer adalah ILOVEYOU. Jangan mudah percaya ketika mendapat pesan gombal "ILOVEYOU" melalui email. Ketika hatimu berbunga-bunga, tidak lama komputermu mati !. ILOVEYOU adalah sebuah pesan elektronik (email) berisi virus penghancur yang membuat komputer mati. Dengan disertai lampiran (attachment) dengan subjek file "LOVE-LETTER-FOR-YOU.txt.vbs" virus yang terdapat didalamnya seketika langsung menginfeksi file dan dokumen dalam komputer sesaat setelah kamu buka. Tidak lama kemudian, komputer langsung mati. Nah lho!


5. Virus Nimda

Nimda berasal dari kata Admin namun susunan katanya sengaja dibalikkan. Virus Nimda memakai email, folder serta file yang dibagikan melalui transfer. Virus Nimda menginfeksi komputer hanya dalam waktu 22 menit waktu penyeberannya. Kemampuannya dalam hal kecepatan menduplikasi diri dan menginfeksi data maupun informasi pada perangkat komputer cukup memberikan mimpi buruk sehingga menjadikannya sebagai salah satu malware komputer paling berbahaya di masa lalu. 


6. Conficker

Virus Conficker ini populer dengan nama lain semisal Kido, Downup, dan Downadup. Virus Conficker adalah virus komputer yang familiar menyerang komputer dengan sistem operasi Windows. Virus ini adalah virus komputer paling mengkhawatirkan sistem keamanan komputer, dimana virus komputer terbaru di era Windows ini diklaim telah menginfeksi komputer di 190 negara sejak kali pertama teridentifikasi tahun 2008.


7. Virus Code Red

Nama virus komputer paling menakutkan lainnya adalah CodeRed. Malware yang satu ini pernah merusak website Gedung Putih di whitehouse.gov. Kerugian akibat serangan virus ini mencapai 2 miliar dollar Amerika Serikat dan server yang diserang telah mencapai dua juta server. Selain itu tahun 2000 jenis virus komputer worm ini juga berhasil menginfeksi lebih dari 350 ribu komputer di seluruh dunia hingga menyebabkan kerugian lebih dari US$2,5M.


8. Virus Sasser

Salah satu nama virus worm komputer paling berbahaya dengan waktu infeksi singkat serta daya hancur tinggi yang pernah ada yaitu Sasser. Jenis virus komputer Sasser ini menghadirkan mimpi buruk bagi OS Windows dan memberikan kerugian besar bagi Microsoft. Sasser menyerang Windows 2000 dan Windows XP dengan memanfaatkan vulnerability hole dari sistem Windows tersebut. Sasser dibuat oleh Sven Jaschan yang saat itu masih menjadi seorang mahasiswa Jerman yang berusia 17 tahun. Virus komputer Sasser menyebabkan kerusakan hingga miliaran dolar pada tahun 2004. Virus komputer ini menyebabkan banyak komputer menjadi berjalan lambat dan crash, yang kemudian menyebabkan beberapa kerusakan cukup berat. Virus worm ini memiliki beberapa varian misalnya Sasser.E, varian pertama yang menyerang Mydoom dan Beagle, seperti Netsky.


9. Virus Komputer CIH (Win9x.CIH aka Chernobyl)

Nama virus komputer paling mengkhawatirkan ini cukup unik tapi tergolong virus komputer paling berbahaya karena sulit dideteksi. CIH atau .Win9x.CIH sering juga disebut virus Chernobyl. Virus komputer yang satu ini pertama kali terdeteksi di Taiwan pada bulan Juni 1998. Virus komputer ini mampu mengutak-atik BIOS komputer agar tidak bisa melakukan booting.  CIH akan menginfeksi setiap aplikasi yang ada di komputer. Dikabarkan kerugian yang timbul akibat virus ini mencapai lebih dari US$ 100 juta.


10. Ransom WannaCry

Inilah virus komputer terbaru, virus komputer paling berbahaya saat ini. Nama virus WannaCry adalah jenis malware golongan ransomware (malware yang menyerang komputer dengan cara mengunci komputer milik korban dengan mengenkripsi semua file sehingga si pemilik komputer tidak bisa mengaksesnya lagi). Track recordnya yang buruk tidak usah diragukan lagi. Selama tahun 2017, virus komputer paling berbahaya bagi dunia perbankan ini menjadi momok menakutkan dalam transaksi online. Sejumlah aktivitas perdagangan dunia lumpuh. Bahkan oleh beberapa pengamat dan intelijen di beberapa negara berasumsi bahwa WannaCry adalah serangan teroris.

Tahun 2017 lalu merupakan tahun serangan yang sangat menghebohkan jagat digital, bahkan di Indonesia pemerintah melalui Kominfo sampai mengeluarkan peringatan kepada seluruh pengguna komputer. Europol mencatat ada sekitar 200.000 korban WannaCry yang tersebar di 150 negara. Virus ini mengincar PC berbasis windows. Si pengirim virus meminta tebusan 300 dollar Amerika Serikat dalam bentuk bitcoin atau uang digital bila si pemilik komputer ingin membuka lagi data mereka yang terkena virus (mengutip dari Independen).

Dibandingkan ransomware jenis lain, WannaCry dinilai lebih berbahaya karena memakai senjata siber milik intelijen Amerika Serikat, NSA yang telah diretas peretas berkode Shadow Broker.

Nah, itu dia virus komputer paling berbahaya dengan track record buruk yang menjadi momok menakutkan dalam dunia cyber.  Apa kamu pernah mengalami masalah dengan 10 virus komputer paling menakutkan tersebut ? Semoga tidak ya sob. Supaya lebih terproteksi, coba ikuti tips TeknoPlug berikut ini supaya perangkat komputer PC atau laptopmu tidak mudah terkena infeksi malware. 

Lihat Juga :



Tips Cara Mengatasi Virus Komputer Paling Berbahaya Di Laptop

  • Bersihkan file khususnya junk file maupun cache pada browser menggunakan aplikasi pembersih seperti CC Cleaner atau sejenisnya.
  • Pasang firewall dan antivirus terbaik.
  • Rawat dan peliharalah perangkat komputer kamu (PC, desktop atau laptop) dengan melakukan scanning secara terjadwal menggunakan antivirus.
  • Update antivirus secara berkala sehingga antivirus menjadi lebih meningkat kemampuannya dalam memproteksi perangkat. Mengupdate antivirus juga memberikan keuntungan karena virus yang diidentifikasi oleh antivirus akan dikirim ke virus lab lalu diklasifikasikan untuk kemudian dibuat update berikutnya.
  • Bijaklah dalam berinternet. Jangan memasang koneksi internet otomatis di laptopmu ketika berada di area wifi.
Nah, itulah 10 Macam Jenis Virus Komputer Paling Berbahaya Dengan Track Record Buruk. Oleh karena itu sangat disarankan agar anda cermat saat melakukan transfer file dari media lain, bijak menggunakan internet, serta pasanglah antivirus terbaik di dunia untuk perangkat laptop/PC anda. 
Labels: Antivirus, Komputer, Teknonews

Thanks for reading 10 Macam Jenis Virus Komputer Paling Berbahaya Dengan Track Record Buruk. Please share...!

0 Comment for "10 Macam Jenis Virus Komputer Paling Berbahaya Dengan Track Record Buruk"

Back To Top