Daftar Browser Terbaik Wajib Dipasang Buat Internetan

Daftar Browser Android/PC Terbaik Tercepat Untuk InternetanBrowser terbaik saat ini sangat dibutuhkan oleh para pengguna perangkat untuk internetan dengan cepat, aman, dan nyaman. Hal ini tentu saja sangat beralasan, karena banyaknya aplikasi browser baik yang dipasang di Android maupun di PC justru memberikan ketidaknyamanan saat surfing di internet bahkan memberikan sampah. 


Indikator Browser Android/PC Terbaik



Browser Terbaik
Keresahan warganet saat browsing lewat browser adalah internetan jadi lambat, perangkat terasa berat, bandwidth terkuras, dan munculnya virus-virus yang membuat Android dan laptop cepat panas akibat iklan di browser. Selain itu, tidak semua browser punya fitur yang bisa memperkecil kapasitas situs versi desktop di perangkat mobile. 

Yang perlu diperhatikan juga yaitu saat ini website sudah dikembangkan dengan kode-kode tertentu menggunakan aplikasi website maker seperti Bootstrap sehingga memungkinkan situs menjadi lebih responsive dan sesuai dengan tampilan mobile di ponsel atau tablet. Nah, tidak banyak web browser yang bisa menampilkan tampilan yang mobile dari situs tersebut. Alhasil ketika pengguna membuka situs di browser justru yang terbuka adalah tampilan versi desktop. Proses ini justru memakan bandwidth. Emang sih tidak permasalahan ini tidak melulu disebabkan penggunaan browser yang tidak kompeten. Karena ada kemungkinan si pembuat situs tidak memfungsikan pengaturan versi mobile di ponsel. Tapi ternyata masih ada browser yang tidak mobile friendly meskipun situs sudah diaktifkan versi mobilenya.

Perlu diketahui, pengguna internet di Indonesia tahun 2016 berdasarkan survey APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) adalah 132,7 juta user (51,5 % dari total penduduk Indonesia). Terjadi lonjakan sekitar 44,6 juta user dari tahun 2014. 


Baca Juga :


Pengguna internet terbanyak adalah usia 35-44 tahun sebesar 29,2 %. Pengguna internet terbanyak yaitu yang berprofesi sebagai wiraswasta/pekerja sebanyak 82,2 juta (62%). Browser yang paling sering digunakan oleh user adalah Google Chrome sebesar 66,6%.
Sementara itu, menurut Akamai Technologies (perusahaan penyedia komputasi awan asal Cambridge, Massachuset, Amerika Serikat) melalui rilis laporan State of The Internet Report Q1 2016 untuk akses internet cepat (broadband) rata-rata global Indonesia adalah 6,3 Mbps dan berada pada posisi 94 se-Asia Pasifik alias belum dapat menyaingi negara maju. 

Tapi untuk rata-rata kecepatan puncak, Indonesia berada pada posisi ke-3. Kenapa ? menurut laporan itu pembangunan infrastruktur IT Indonesia sudah semakin maju. Bahkan menurut Menkominfo, tahun 2019 semua wilayah harus terhubung ke broadband dengan kecepatan sama alias tidak ada lagi yang namanya internet lelet (sumber : CNN, 15/6/2016
).

Lalu apa hubungannya data survey APJII dan rilis laporan dari Akamai Technologies tadi dengan browser ? Kalau sobat perhatikan, Survey APJII, rilis laporan Akamat Technologies serta pernyataan dari Kominfo di atas berhubungan dengan internet dan akses internet cepat. Nah, untuk membantu akses internet cepat, sobat perlu bantuan aplikasi cepat internet yang bernama browser. 



Pengertian Web Browser Dan Contohnya

Untuk menggunakan browser terbaik untuk akses internet cepat harus terlebih dahulu memahami pengertian web dan browser. 

Apa itu browser ? Asal katanya dari bahasa Inggris (web browser), diistilahkan sebagai penjelajah web, peramban web atau penelusur web, yaitu perangkat lunak yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan sumber informasi di internet. 
Dengan kata lain browser adalah program yang dijalankan pada perangkat komputer untuk dapat terhubung dengan internet. Tanpa dukungan aplikasi browser terbaik akan sulit mengakses internet cepat.


Awal Pembuatan Web Browser 

Pada awal-awal terciptanya, penjelajah web yang dikenal adalah WorldWideWeb yang kemudian diubah menjadi Nexus. Tahun 1993 Marc Andreessen melakukan inovasi teknologi peramban dengan menciptakan Mosaic lalu dikenal dengan nama Netscape, peramban web populer pertama di dunia. 


Program ini menguasai hampir 90% penggunaan penjelajah internet di dunia. Lalu berturut-turut tidak mau kalah Microsoft menciptakan Internet Explorer. Tahun 90'an merupakan era awal perang penjelajah internet.


Saat ini, dikenal banyak browser di dunia. Contoh-contoh browser, diantaranya adalah browser terbaik di dunia yaitu Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, Safari hingga Baidu.

Memang sih, Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera dan Internet Explorer digadang-gadang sebagai aplikasi browser terbaik PC.  Tapi, apakah benar mereka layak disebut sebagai Browser Terbaik ? Lalu browser mana yang terbaik dari yang terbaik ?


Apa Kriteria Browser Terbaik ?  

Menurut Top Ten Reviews (salah satu situs review terkenal), browser terbaik internet dinilai dengan indikator berikut :


#1 Browser Terbaik Adalah Yang Punya Speed dan Compability (Kecepatan dan Kesesuaian/Kecocokan) Tinggi

Browser Terbaik PC dan Android adalah browser yang pengoperasiannya ringan dan cepat. Untuk menguji cepat dan ringannya sebuah browser, dapat dilakukan dengan membuka sebuah halaman website di PC melalui 9 browser. Percobaan dilakukan sebanyak 10 kali untuk mengetahui rata-rata loading pada halaman tersebut. 

Browser tercepat adalah browser yang dapat membuka halaman website kurang dari 2 detik. Tapi ini juga harus didukung dalam broadband yang sama lho. Gak mungkin dong membandingkan hasil pengujiannya sementara broadband Indonesia di bawah Singapura.


Selain itu, browser terbaik adalah browser yang mampu menjalankan semua aspek pendukung sistem pengoperasian utama (major operating system).




Perbandingan Kecepatan Browser Terbaik
Perbandingan Kecepatan Browser Internet 

Indikator dari Speed And Compability yang dinilai adalah Ease of Use (%), Initial Start Up, Average Start Up Time, Navigation Time, Mobile Browser App, dan Synchorization.


Berdasarkan infografis di atas, Mozilla Firefox unggul dibandingkan Google Chrome, Opera, Safari dan Internet Explore yang memiliki layanan yang sama, sementara 4 browser lainnya tidak memiliki indikator yang lengkap seperti 6 browser di atasnya. Untuk smartphone, Mozilla Firefox, Google Chrome dan Opera telah merilis aplikasinya dan merupakan aplikasi browser android terbaik saat ini.



#2 Aplikasi Browser Terbaik Itu Didukung Oleh Fitur-Fitur Canggih

Browser PC dan Android Terbaik untuk internetan adalah Browser yang punya fitur-fitur terbaik sehingga menciptakan kemudahan dan praktis bagi penggunanya. Semakin banyak fitur browser yang memudahkan user, semakin baik browser tersebut. Fitur-fitur yang menciptakan kemudahan antara lain menawarkan setting toolbar terkustomisasi dan mudah diatur, ada tab yang mudah diatur, menciptakan RSS feeds dan menyimpan bookmark.



Fitur Khusus Browser Terbaik dan Tercepat
Perbandingan Features Browser Internet
Indikator fitur yang dinilai dari Browser Terbaik Android dan PC adalah Tabbed Browsing, Bookmarks, Integrated Search Engine, Add-Ons, Save Tabs, Customization Options, Zoom, Find-On-Page Function, Password Manager, Autofill, Automatic Updates,Spell Check, Seamless Download Manager, Mouse Gestures, Voice Interaction, Open-Source Development, dan Parental Controls.
Berdasarkan indikator, hanya Mozilla Firefox dan Google Chrome yang paling lengkap. Namun secara rata-rata, Mozilla unggul dalam kemudahaan penggunaan dibandingkan Google Chrome. Untuk kategori fitur, maka browser terbaik dan tercepat di PC pantas disematkan pada Mozilla.


#3 Browser Terbaik Untuk Download Adalah Yang Punya Sistem Security (Keamanan) 

Mendownload serta mengupload file baik gambar, video, teks adalah aktivitas yang biasa dilakukan oleh pengguna internet. Sayangnya tidak semua orang tahu bahwa mendownload file berpotensi memasukkan virus, karena saat ini salah satu cara virus menginfeksi perangkat PC serta Android adalah lewat jaringan internet. BIla tidak punya sistem pengaman, virus dengan mudah masuk ke perangkat saat mendownload file. 

Browser terbaik untuk download di Android serta PC adalah browser yang memiliki fitur dan pengaturan anti malware, anti spyware, pop-up blocker, pengaturan privasi dan yang mampu menciptakan rasa aman dan nyaman bagi pengguna selama berinternet.


Masalah keamanan dalam menjelajahi seluruh laman sumber informasi (website) masih menjadi fokus sejumlah provider peramban maupun pemilik website itu sendiri. Hal ini berhubungan dengan hak cipta dan pencurian data elektronik yang dapat menimbulkan kerugian besar. Selain itu, kenyamanan dalam menjelajahi halaman website saat ini rentan dengan adanya iklan pop-up serta malware maupun spyware.




Fitur Keamanan Browser Terbaik Untuk PC/Android
Perbandingan Layanan Keamanan Internet Browser

Pada aspek Security, indikator yang diperhatikan adalah Pop-Up Blocker, Clear Data, Anti-Spyware, Anti-Virus, Anti Phishing, dan Private Mode.


Berdasarkan infografis di atas, hanya Maxthon dan Avant Browser yang tidak lengkap, sementara 7 browser lainnya lengkap. Namun dari sesi kualitas keamanan, sepertinya Mozilla Firefox lebih unggul dibandingkan lainnya.



#4 Web Browser Terbaik Adalah Yang Punya Layanan Help And Support

Browser terbaik adalah browser yang membantu dan mendukung user untuk mengetahui permasalahan yang mereka dapatkan selama menggunakan browser terdapat. Layanan seperti FAQ's, user guide, email, serta tutorial/technical support merupakan layanan yang disediakan oleh browser terbaik.

Pada aspek Help And Support, indikator yang diperhatikan adalah Online Knowledgebase, User Guide, User Forums, FAQs, Tutorials, Email Support.  Browser terbaik biasanya menyediakan layanan ini, namun tidak semua web browser dapat merespon cepat.




Browser Terbaik Dengan Layanan Support Terbaik


Daftar Browser Terbaik Untuk PC


Nah, berikut ini adalah Daftar Browser Terbaik Untuk PC berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan Top Ten Reviews berdasarkan indikator-indikator di atas. 



Browser Terbaik
Rata-rata Keseluruhan Penilaian terhadap Browser Terbaik


Dari perbandingan kriteria dan aspek penilaian terhadap browser tersebut, Mozilla Firefox menjadi browser terbaik dan tercepat di dunia untuk PC/Android dalam mengakses internet cepat. 

#1 Browser Mozilla Firefox

Mozilla Firefox berada di urutan pertama Browser Terbaik di Dunia saat ini. Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh Top Ten Reviews, nilai rata-rata Mozilla adalah 9,85 dan lebih tinggi dibandingkan Google Chrome. 

Browser Mozilla Firefox dulunya dikenal dengan Phoenix serta Mozilla Firebird. Mozilla merupakan peramban web open source atau lintas platform bebas yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. 


Mozilla versi 1.0 dirilis pada 9 November 2004, dimana setelah itu Mozilla terus mengalami perbaikan dan peningkatan pada versi-versi selanjutnya. Versi terbaru Mozilla saat ini adalah Mozilla 61.0.2 Quantum. Selain itu pengguna bisa browsing secara private dengan hadirnya fitur private browsing tanpa terlacak.


Kelebihan browser Mozilla versi update terbaru adalah 2 kali lebih cepat, serta 30% lebih baik dalam penggunaan memori, loading yang lebih cepat, desain yang lebih interaktif dengan fitur-fitur yang lebih canggih, serta powerful. Selain itu, browser ini sudah kompatibel untuk perangkat Windows, Mac. Linux. Mozilla juga sudah merilis versi mobile sehingga kompatibel untuk perangkat Android, dan iPhone. 


#2 Google Chrome Browser

Browser Terbaik setelah Mozilla adalah Google Chrome. Dari namanya saja sudah jelas kalau peramban web Google Chrome adalah milik Google. Browser terbaik dan ringan yang satu ini dirilis oleh Google pada 2 September 2008 yang masih diplot untuk Microsoft Windows saja, namun di bulan Desember tahun yang sama Google Chrome sudah kompatibel digunakan untuk semua sistem operasi perangkat komputer. 

Kelebihan yang dimiliki Google Chrome hampir serupa dengan yang dimiliki peramban Mozilla. Loadingnya jauh lebih cepat, lebih ringan, bisa dipasang ekstensi, mampu mengupdate otomatis, serta punya layanan private browsing. 


Web Browser terbaik 2017/2018 ini selain kompatibel untuk semua jenis OS di PC, juga sudah dirilis untuk versi mobile sehingga orang juga bisa internetan di Android, dan iPhone. dioperasikan di 


#3 Peramban Opera

Browser Terbaik ketiga diduduki oleh Web Browser Opera. Opera merupakan peramban web dan paket perangkat lunak internet antar platform. Web Browser terbaik untuk internetan ini merupakan aplikasi yang terdiri dari kumpulan software/aplikasi lainnya seperti browser, aplikasi membaca dan berkirim email. Yang terbaru, browser ini sudah punya fitur notifikasi sehingga orang bisa mengetahui email yang masuk, berita-berita terbaru dan lainnya. 

Browser terbaik 2017/2018 ini dibuat oleh Opera Software yang bermarkas di Oslo, Norwegia. Secara penggunaan, Opera Browser memiliki jumlah pengguna yang lebih sedikit untuk peramban PC. Tapi lebih banyak digunakan pada perangkat mobile. 


Kelebihan Opera yang cukup terkenal adalah kemampuannya meminimalisir penggunaan bandwidth saat browsing sehingga cukup cepat saat internetan. Kelebihan lain browser terbaik yang satu ini adalah sudah kompatibel untuk berbagai sistem operasi PC seperti Windows, Mac OS X, Solaris, FreeBSD, dan Linux. 


Versi mobile browser Opera juga sudah dirilis dimana pengoperasiannya cukup ringan dan hemat kuota sehingga cukup beralasan bila Opera menjadi salah satu pilihan browser terbaik iPhone dan Android. Kelebihan browser terbaik di Android ini adalah sudah adanya Ads Blocker dan Pop Up Blocker, sehingga pengguna bisa berinternetan dengan nyaman tanpa terganggun oleh iklan. 


#4 Safari Browser

Selain Mozilla, Google Chrome, dan Opera Browser, hadir pula Browser Terbaik lainnya yaitu Safari Browser. Berdasarkan hasil pengujian Top Ten Reviews, overall rating browser Safari adalah 9,00 dan menduduki urutan 4.

Browser Safari merupakan peramban milik Apple Inc yang pada awalnya ditujukan untuk perangkat dengan OS Mac. Safari sendiri dipasang bersama Mac OS X dan merupakan browser bawaan Mac OS. Dengan pengembangan yang menerus, browser ini akhirnya kompatibel dengan perangkat selain Mac, antara lain Windows.

Browser terbaik iPhone ini punya kelebihan antara lain yaitu pada fitur multi tab, ads blocker dan pop up blocker, pencari teks, pemeriksa ejaan, penjelajahan pribadi dan lainnya.

#5 Internet Explorer

Di urutan ke 5 diduduki Internet Explorer sebagai Peramban Web Terbaik PC. Internet Explorer dulunya dikenal dengan Windows Internet Xplorer, Microsoft Internet Explorer atau sering juga disingka IE atau MSIE. Penggunaanya mulai meluas sejak tahun 1999 dimana versi Internet Explorer 5 dan 6 mencapai 95% di tahun 2002-2003. 

Browser Terbaik Windows ini mulai stabil setelah Internet Explorer 9. Versi terbaru peramban web IE sendiri adalah Internet Explorer 11. Sejak rilis paling awal, Microsoft telah menambahkan fitur dan teknologi seperti penampilan tabel dasar, XMLHttpRequest yang membantu pembuatan halaman web, serta nama domain internasional. 

Kelebihan web browser terbaik PC Windows ini adalah cukup ringan, punya layanan help and support, internet security, serta fitur-fitur lainnya. 

Urutan Lengkap Browser PC/Laptop Terbaik/Tercepat Di Dunia Saat Ini : 

  1. Mozilla Firefox
  2. Google Chrome
  3. Opera
  4. Safari
  5. Internet Explorer
  6. Torch
  7. Maxthon
  8. SeaMonkey
  9. Avant Browser
Nah, itulah daftar browser terbaik yang paling recommended dipasang untuk perangkat PC/laptop. Seiring dengan canggihnya teknologi jaringan dan produksi smartphone secara massal, internetan bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun melalui ponsel.

Browser Terbaik/Tercepat Android dan iPhone


Sedikit berbeda dengan browser-browser yang dibuat khusus untuk PC, kemudahan berinternetan di ponsel lebih tidak nyaman karena saking mudahnya orang membuat aplikasi browser bisa menyisipkan iklan. Yang paling rentan adalah kebanyakan browser tidak punya fitur keamanan. 

Oleh karena itu, browser Android terbaik yang paling dibutuhkan pengguna perangkat saat berinternetan adalah yang punya kompresi terhadap penggunaan data, dan punya aplikasi pemblokir iklan. 


Android merupakan sebuah sistem operasi atau OS (Operating System) berbasis Linux. Android diakuisisi oleh Google pada 2005. Android dikembangkan secara khusus oleh Google menggunakan binari tersendiri yang disediakan oleh produsen agar Android bisa berjalan pada perangkat. Android memungkinkan pihak ketiga memasukkan aplikasi dalam galeri gratis ataupun berbayar, sekaligus memungkinkan penggunanya memasang aplikasi tersebut secara otomatis di perangkatnya
.

Nah, adanya Android memungkinan pengguna smartphone bisa mengakses internet. Oleh developer browser hadirnya Android dimanfaatkan untuk mengembangkan browser agar kompatibel untuk smartphone. Browser kemudian dibuat untuk versi OS smartphone Android, dalam bentuk browser App. Browser Android bisa didownload melalui Apps Store yang tersedia di Play Store Google atau situs penyedia link download Aplikasi gratis. 


Lalu, apa browser terbaik Android ?


Daftar Browser Android dan iPhone Terbaik Saat Ini

  1. Mozilla Firefox Mobile Browser
  2. Google Chrome For Mobile
  3. Opera Mini
  4. Yandex
  5. Baidu Browser

Baca Juga :


Untuk mendapatkan kemudahan menjelajahi dunia maya secara online melalui internet perlu menggunakan software peramban terbaik. Saat ini banyak browser yang bisa didownload baik browser android maupun PC tetapi malah membuat penggunanya tidak nyaman karena sisipan iklan dan sebagainya. Oleh karena itu, untuk hasil maksimal gunakanlah browser yang menyediakan kemudahan memberikan kenyamanan saat menggunakan internet. Menggunakan browser yang tidak kompatibel dengan perangkat misalnya pada pc/laptop justru menjadi penyebab laptop lemot.

Nah, itulah ulasan mengenai Browser PC/Android Terbaik Yang Wajib Dipasang Untuk Internetan.
Labels: Komputer, Smartphone, Software, Teknofocus

Thanks for reading Daftar Browser Terbaik Wajib Dipasang Buat Internetan. Please share...!

4 Comment for "Daftar Browser Terbaik Wajib Dipasang Buat Internetan"

Kalo di komputer pc ane pake chrome, pake mozilla berat

Utk saat ini aplikasi browser gw pakai mozilla di komputer desktop. Kalo di smartphone android gw pakai chrome

Kalau di pc aplikasi browser gw pake mozilla sih. Tp kalo android gw pake chrome

Waoooo this is incredible. some will have all this and those not know how to use it. Thanks any way. https://www.techfiver.com/chrome-cast-setup-needed-requirement-tv-streaming/

Back To Top