Table of Content

10 Rekomendasi Situs Freelance Indonesia Terbaik Untuk Pemula

Rekomendasi situs freelance untuk mendapatkan berbagai jenis job freelance online dengan bayaran menarik, bisa untuk freelancer pemula & professional.

Situs Freelance Indonesia - Mendapatkan penghasilan tambahan dari job freelance kini sering dilakukan para profesional dan karyawan kantoran. Bila kamu belum bekerja tapi punya keahlian tertentu, berbagai job online dengan bayaran beragam bisa kamu dapatkan di situs-situs freelance.

Job freelance di tahun 2024 semakin dilirik oleh banyak orang. Selain bisa kerja freelance online di rumah, penyelesaian tugas juga hanya bermodal internet, selain tentu saja keahlian tertentu sesuai iklan lowongan kerja freelance.

Menariknya, project freelance juga bisa dikerjakan seorang pemula. Bahkan seorang pemula bisa mendapatkan job dari situs freelance berkali-kali dengan bayaran bervariasi untuk setiap tugas yang diselesaikan.

Namun, apa situs freelance yang menyediakan job yang kamu butuhkan? Pada artikel ini, TeknoPlug akan mengulas tentang beberapa situs freelance Indonesia yang menyediakan beragam job online.

Rekomendasi Situs Freelance Indonesia Untuk Pemula

situs freelancer pemula
Rekomendasi situs freelance untuk cari job online

Bila kamu seorang pemula dan ingin mendapatkan bayaran pertamamu dengan mengerjakan project online, berikut adalah rekomendasi situs freelance Indonesia yang bisa kamu kunjungi untuk menemukan sejumlah job menarik.

1. Freelancer.co.id

Freelancer.co.id adalah situs freelance terbesar di Indonesia. Situs ini menawarkan berbagai macam pekerjaan, mulai dari penulisan, desain, hingga pengembangan web dan pemrograman.

Keunggulan Freelancer.co.id:

  • Menyediakan berbagai jenis kerja freelance untuk pemula maupun profesional.
  • Memiliki sistem rating yang dapat membantu Anda menemukan klien yang baik
  • Memiliki komunitas freelancer dan publisher yang besar dan aktif

Baca juga: 9 Contoh Ide Bisnis Digital Yang Menguntungkan

2. Sribu

Sribu, sebelumnya adalah Sribulancer, adalah situs freelance untuk pemula yang berfokus pada berbagai macam pekerjaan, termasuk penulisan, desain, dan pengembangan web.

Situs freelance Indonesia ini telah digunakan oleh 30,000+ bisnis UKM, menengah dan besar untuk kebutuhan promosi dan branding bisnis mereka, dan memiliki sistem rating untuk membantu menemukan klien yang baik.

Keunggulan situs freelance Indonesia Sribu:

  • Fokus pada desain grafis
  • Menawarkan beragam campaign bagi freelancer, mulai dari kontes desain logo hingga desain produk.
  • Memiliki sistem rating yang dapat membantu Anda menemukan klien yang baik
  • Memiliki komunitas yang besar dan aktif

3. Projects.co.id

Projects.co.id adalah situs freelance Indonesia yang berfokus pada proyek-proyek IT, seperti pengembangan web, pemrograman, dan desain grafis. Nah, bila kamu punya skill software desain grafis, kamu bisa cari job freelance di sini.

Projects.co.id merupakan salah satu situs freelancer terbaik untuk menemukan berbagai jenis job dengan bayaran menarik. Situs freelance yang satu ini mempertemukan seller dan buyer (pemberi job dan freelancer/worker) dengan sistem perangkingan.

Keunggulan Projects.co.id:

  • Fokus pada proyek-proyek IT
  • Memiliki proses seleksi yang ketat
  • Semua user yang teregistrasi, otomatis menjadi Buyer, Seller, Owner, dan Worker.

4. Fiverr

Fiverr adalah situs freelance yang berfokus pada pekerjaan-pekerjaan kecil, dengan harga yang relatif murah. Situs ini dapat menjadi pilihan yang bagus untuk pemula yang ingin mendapatkan pengalaman dan membangun portofolio.

Keunggulan Fiverr:

  • Fokus pada pekerjaan-pekerjaan kecil
  • Harga yang relatif murah
  • Dapat menjadi pilihan yang bagus untuk pemula
  • Memiliki komunitas yang besar dan aktif

5. Fastwork

Fastwork adalah situs freelance desain grafis, pemrograman, penulisan, videografi, dan pekerjaan kreatif lainnya. Situs freelancer untuk pemula ini menawarkan berbagai macam fitur, seperti perlindungan uang, sistem rating, dan komunitas yang besar.

Bila terbiasa menggunakan software video editing, situs Fastwork bisa menjadi tempat kamu mencari job freelance yang sesuai keahlianmu.

Selain menawarkan job untuk freelancer pemula, situs ini juga menjadi media yang banyak digunakan oleh perusahaan dan pelaku bisnis pemula untuk memperkenalkan produknya.

Keunggulan Fastwork:

  • Menawarkan 70 kategori job untuk freelancer
  • Menawarkan berbagai macam fitur
  • Memiliki komunitas yang besar

6. OLX

OLX adalah situs jual beli online yang juga menyediakan layanan freelance. Situs ini menawarkan berbagai macam pekerjaan, mulai dari penulisan, desain, hingga pengembangan web.

Keunggulan OLX:

  • Memiliki banyak pengguna
  • Menawarkan berbagai macam pekerjaan
  • Harga yang relatif murah

7. LinkedIn

LinkedIn adalah situs jejaring sosial profesional yang juga menyediakan layanan freelance. Situs ini dapat menjadi pilihan yang bagus untuk pemula yang ingin mendapatkan pekerjaan dari klien profesional.

Keunggulan LinkedIn:

  • Merupakan situs jejaring sosial profesional
  • Dapat menjadi pilihan yang bagus untuk pemula
  • Menawarkan berbagai macam pekerjaan

8. Glints

Glints adalah situs pencarian kerja online yang juga menyediakan layanan freelance. Situs ini menawarkan berbagai macam pekerjaan, mulai dari penulisan, desain, hingga pengembangan web.

Keunggulan Glints:

  • Merupakan situs pencarian kerja online
  • Menawarkan berbagai macam pekerjaan
  • Memiliki komunitas yang besar

9. Intellifluence

Ingin belum memiliki pekerjaan dan ingin mendapatkan penghasilan? Kamu bisa mencobanya di Intellifluence.com, sebuah situs freelancer untuk pemula maupun profesional mendapatkan beragam job online.

Intellifluence.com adalah salah satu rekomendasi situs freelancer terbaru dan terpercaya, karena menyediakan berbagai jenis job, mulai dari penulisan artikel blog, copywriting, hingga desain grafis.

Keunggulan Intellifluence.com

  • Mempertemukan berbagai brand perusahaan dengan freelancer yang tepat
  • Menyediakan berbagai kategori job freelance yang bisa dikerjakan freelancer pemula
  • Upah atau bayaran untuk freelancer bisa berupa uang atau produk

10. Indeed

Situs untuk freelancer Indonesia yang juga menawarkan job online dengan gaji menarik, adalah Indeed.id. Salah satu situs freelancer terbaik ini juga menawarkan berbagai full time job.

Salah satu hal yang menarik dari website freelance untuk pemula maupun para pencari kerja ini, yaitu mengalihkan lowongan job freelance ke situs perusahaan yang memberikan pekerjaan. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya lowongan kerja palsu.

Keunggulan Situs Freelance Indeed.id

  • Menyediakan ratusan hingga ribuan lowongan kerja freelance online, part time job, maupun full time job.
  • Iklan lowongan kerja dialihkan ke situs perusahaan yang memberikan pekerjaan.
  • Menyediakan filter sesuai jenis job, brand, dan perusahaan.

Apa Itu Kerja Freelance?

Bekerja freelance bukanlah hal baru. Kerja freelance luring sudah ada jauh sebelum internet berkembang luas, namun istilah freelance semakin melekat di era digital.

Melekatnya istilah kerja freelance di era digital, tak lepas dari peran internet dan hadirnya situs-situs freelance yang menayangkan iklan lowongan kerja freelance online.

Freelance adalah penyebutan untuk profesi atau pekerjaan yang dilakukan seseorang tanpa ikatan perjanjian atau kontrak tertentu pada perusahaan.

Freelancer, adalah orang yang melakukan pekerjaan tersebut.

Jumlah freelancer Indonesia, menurut data BPS (Badan Pusat Statistik), memasuki tahun 2023 berjumlah 34 juta. Ini dapat mengindikasikan bahwa berprofesi sebagai pekerja lepas juga diminati di Indonesia, selain ASN dan karyawan perusahaan.

Apa Itu Situs Freelance?

Job freelance beragam jenisnya, tergantung jenis dan bidang dari perusahaan sebagai pemberi project. Biasanya project freelance ditayangkan di situs freelancer.

Situs freelance adalah website media yang mempertemukan para pemberi job dengan freelancer. Umumnya pemilik job atau project adalah perusahaan-perusahaan dari berbagai latar belakang bidang bisnis dan produk.

Freelancer bisa memilih job yang tersedia, sesuai lowongan kerja freelance online yang ditayangkan di situs.

Contoh Kerja Freelance Online Yang Sering Dicari

Jenis pekerjaan freelance relatif banyak, sehingga kamu bisa memilih project yang sesuai dengan minat, bidang, dan keahlian. Biasanya job freelance yang mengutamakan skill tertentu, bayarannya makin mahal.

Berikut adalah contoh kerja freelance yang paling banyak dicari orang di situs freelance, kamu bisa mencobanya sesuai keahlianmu.

Job Freelance Penulisan artikel

Penulisan artikel adalah lowongan kerja freelance paling umum ditemukan di situs freelance. Contoh kerja freelance sebagai Penulis freelance antara lain dapat menulis berbagai jenis artikel, seperti artikel berita, artikel opini, artikel promosi, artikel blog, dan lain-lain.

Cara kerja penulis freelance adalah dengan menulis artikel sesuai dengan permintaan klien. Klien biasanya akan memberikan spesifikasi tentang artikel yang diinginkan, seperti topik, panjang, dan gaya penulisan.

Bayaran penulis freelance bervariasi, tergantung pada jenis artikel, pengalaman, dan reputasi penulis. Secara umum, bayaran penulis freelance untuk artikel berkisar antara Rp100.000 hingga Rp1.000.000 per artikel.

2. Desain grafis

Desain grafis adalah jenis pekerjaan freelance yang juga banyak dicari. Desainer grafis dapat membuat berbagai macam desain, seperti logo, desain web, desain kemasan, desain poster, dan lain-lain.

Cara kerja desainer grafis adalah dengan membuat desain sesuai dengan permintaan klien. Klien biasanya akan memberikan spesifikasi tentang desain yang diinginkan, seperti topik, gaya, dan ukuran.

Bayaran desainer grafis bervariasi, tergantung pada jenis desain, tingkat kesulitan, dan reputasi desainer. Secara umum, bayaran desainer grafis berkisar antara Rp100.000 hingga Rp5.000.000 per desain.

3. Pengembangan web

Pengembangan web adalah jenis pekerjaan freelance yang membutuhkan keahlian di bidang pemrograman. Pengembang web dapat membuat berbagai macam situs web, mulai dari situs web sederhana hingga situs web kompleks.

Cara kerja pengembang web adalah dengan membuat situs web sesuai dengan permintaan klien. Klien biasanya akan memberikan spesifikasi tentang situs web yang diinginkan, seperti fungsionalitas, tampilan, dan target audiens.

Bayaran pengembang web bervariasi, tergantung pada jenis situs web, tingkat kesulitan, dan reputasi pengembang. Secara umum, bayaran pengembang web berkisar antara Rp1.000.000 hingga Rp10.000.000 per situs web.

4. Pemrograman

Pemrograman adalah jenis pekerjaan freelance yang juga membutuhkan keahlian di bidang pemrograman. Programmer dapat membuat berbagai macam aplikasi, mulai dari aplikasi sederhana hingga aplikasi kompleks.

Cara kerja programmer adalah dengan membuat aplikasi sesuai dengan permintaan klien. Klien biasanya akan memberikan spesifikasi tentang aplikasi yang diinginkan, seperti fungsionalitas, tampilan, dan target pengguna.

Bayaran programmer bervariasi, tergantung pada jenis aplikasi, tingkat kesulitan, dan reputasi programmer. Secara umum, bayaran programmer berkisar antara Rp1.000.000 hingga Rp10.000.000 per aplikasi.

5. Penerjemahan

Penerjemahan adalah jenis pekerjaan freelance yang membutuhkan keahlian di bidang bahasa. Penerjemah dapat menerjemahkan berbagai macam dokumen, mulai dari dokumen teks hingga dokumen audio dan video.

Cara kerja penerjemah adalah dengan menerjemahkan dokumen sesuai dengan permintaan klien. Klien biasanya akan memberikan dokumen aslinya dan bahasa yang diinginkan.

Bayaran penerjemah bervariasi, tergantung pada jenis dokumen, bahasa, dan tingkat kesulitan. Secara umum, bayaran penerjemah berkisar antara Rp100.000 hingga Rp5.000.000 per dokumen.

6. Data entry

Data entry adalah jenis pekerjaan freelance yang membutuhkan keahlian di bidang pengetikan. Data entry dapat mengetik berbagai macam data, mulai dari data teks hingga data angka.

Cara kerja data entry adalah dengan mengetik data sesuai dengan permintaan klien. Klien biasanya akan memberikan data yang harus diketik dan format yang diinginkan.

Bayaran data entry bervariasi, tergantung pada jumlah data, tingkat kesulitan, dan reputasi data entry. Secara umum, bayaran data entry berkisar antara Rp50.000 hingga Rp2.000.000 per jam.

7. Customer service

Customer service adalah jenis pekerjaan freelance yang membutuhkan keahlian dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Customer service dapat membantu pelanggan dalam menyelesaikan masalah atau pertanyaan mereka.

Cara kerja customer service adalah dengan memberikan layanan pelanggan kepada klien. Klien biasanya akan menghubungi customer service untuk mendapatkan bantuan atau informasi.

Bayaran customer service bervariasi, tergantung pada jumlah klien, tingkat kesulitan, dan reputasi customer service. Secara umum, bayaran customer service berkisar antara Rp100.000 hingga Rp5.000

Nah, untuk mendapatkan skill-skill agar bisa menyelesaikan pekerjaan online di situs freelance, kamu harus membekali diri dengan belajar mandiri, atau ikut kelas bootcamp.

Itulah ulasan tentang situs freelance untuk pemula mendapatkan penghasilan yang bisa kamu coba. Berminat mendapatkan project berkali-kali dengan bayaran menarik? Coba saja bergabung di situs tersebut, dan pelajari cara kerja dari masing-masing project.

Suka Teknologi